Mengatasi panas dan rewel kala hendak tumbuh gigi

Seputar pertumbuhan gigi anak dari milis nakita, dengan tajuk: “Mengatasi panas dan rewel kala hendak tumbuh gigi”

Kadang bayi rewel, tubuhnya hangat, dan tak nafsu makan gara-gara hendak tumbuh gigi. Walaupun akan hilang dengan sendirinya, tapi ada baiknya orang tua mencoba mengatasinya. “Kok, kayaknya akhir-akhir ini si Riska agak rewel, makannya susah dan badannya agak hangat. Jangan-jangan dia mau tumbuh gigi.” Demikianlah biasanya praduga sebagian ibu-ibu. Namun benarkah semua gejala tadi pertanda hendak tumbuh gigi?

Menurut drg. Taty Z. Cornain, SpKGA, dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, adakalanya memang kala hendak tumbuh gigi, bayi jadi rewel, tubuhnya sumeng/hangat, nafsu makannya berkurang. Namun adakalanya pula tak ada baca lebih lanjut

24 Tanggapan

  1. :P ok juga membantu

  2. lengkap bgt dan lgs dipraktekan… krna anak sy sekali tumbuh lgs keluar nya 3 atau 4 gigi dan rewelnya minta ampun…

  3. mohon informasi, bagaimana mengatasi sembelit pada bayi umur 7 bulan.
    terimakasih

  4. anakku lagi panas nih sdh 3 hari g turun2 cek darah kata dokter masih baik apa mau tumbuh ya giginya??????????????????

  5. [...] “Menurut drg. Taty Z. Cornain, SpKGA, dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, adakalanya memang kala hendak tumbuh gigi, bayi jadi rewel, tubuhnya sumeng/hangat, nafsu makannya berkurang. Namun adakalanya pula tak ada gejala berarti. Dalam arti, aman-aman saja. “Reaksi tersebut tergantung pada daya tahan tubuhnya atau ketahanan daya ambang sakitnya, yang pada tiap bayi berbeda-beda. Jadi, sifatnya individual sekali.” Biasanya, kalau daya tahan tubuh si bayi bagus, saat tumbuh gigi tak selalu bereaksi tubuh hangat. Selengkapnya… [...]

  6. Wah, bener2 kejadian deh, ma anakku Arsya hi hi hi, sempet kaget karena berbarengan Arsya panas setelah pulang dari perjalanan jauh… hiks hiks, kasian deh Arsya waktu itu, tapi sekarang udah “Cenghar” lagi deh :D

  7. bener dech..anakku juga panas diiringi tangisan histerian semalaman. Dia hanya tidur dipelukan mama atau abinya. kasihan banget ngeliatnya jadi g tega…

  8. 2 hari ini Darin panas. tadi pagi cek ke dokter, panasnya sampai 40 C. terus cek darah atas saran dokter, khawatir db atau gejala typus. tadi dokter bilang bisa jadi panasnya karena mau tumbuh gigi. memang seblm panas 2 hari ini, sudah periksa juga ke dokter, makanya tadi ga mau dikasih anti biotik. asal digendong atau diberi ASI sambil tiduran Darin bisa tidur pulas …. lekas baik ya Darin.

  9. Harus bagaimana aku? bayiku rusty 8 bln, 2 hari ini badannya panas dan sudah diberi penurun panas panadol drop nggak turun-2 (bukannya nggak turun, terkadang panas dan bukan naik turun tapi masih tetap hangat bukannya turun normal) apakah akan tumbuh gigi lanjutannya? gigi pertama dibawah sudah tumbuh, dan susah makannya, bagaimana mengatasinya untuk bayi yg tidak mau minum susu tmbahan dan makannya agak susah, terima kasih loh …

  10. @esti: bagaimana pemberian asinya? apa tetap lancar? ini berpengaruh… penyebab demam bisa macam2.. tinggal kita yang pandai untuk mengetahuinya. setelah diupayakan dng obat penurunan panas atau cara tradisional, tinggal ditunggu. jika lebih dari 3 hari…mulai dikhawatirkan.
    berat badannya berapa bu?..utk maminnya divariasi dgn tetap memberikan ASI

  11. baru dr dokter Spa,anakku hangat 37^ c,sdh 3 hari,kebetulan 3 hari yg lalu baru habiskan obat flu & antibiotik.

    saat itu malah tidak demam,setelah obat habis malah demam?

    plus rewel tidak bs tidur dan menyusu ASI,,,tp makan masih mau,, (?)

    memang sdh ada bagian gusi yg menonjol dibanding permukaan gusi lainnya,tp sbenarnya sdh terlihat dr sejak 1 mgg yg lalu,,kok rewel dan demam br muncul skrg?

    dokter yg baru sy datangi menambah obat lg,antibiotik,obat pilek dan sariawan,,,(duuh) (sariawan?)

    sama sekali tdk mengecek gusi,hanya tenggorokan yg katanya ada radang sedikit,sisa kmarin,,,juga sama sekali tdk mninyinggung ttg kemungkinan gigi tumbuh,,

    bgmn memastikannya?krn anak saya sdh bnyk makan antibiotik,dan takutnya sbnernya ini hanya krn gigi tumbuh,,

    mohon masukannya,,,trims

  12. Tenang Bunda, kejadian bunda sama dengan apa yang saya alami. anak saya juga panasnya naik turun, rewel, minum sama makannya jadi susah, setelah saya telusuri ternyata giginy atumbuh 2. tapi skrng sdh turun panasnya hmpr satu minggu, setelah saya beri obat penurun panas dan flu dari dokter. jadi Bunda tdk usah khawatir, pasti sebentar lagi panasnya akan turun dan kembali seperti semula. tapi Bunda lbh baik konsultasi ke dokter aja masalah panasnya, jika sdh lama.

  13. anak saya umur 9bln dok,kmr kejang,dan 2 hari panas tinggi,tapi kdg panasnya turun tapi dikepalanya kok msh panas.tiap minum obat turun panas sirup kok muntah,tapi kl obat jenis serbuk mlh ga.disarankan sm dokter untuk cek darah,kira2 gmn ya,mhn pencerahan.

  14. anak saya 10 bulan juga panas badannya, rewel, n ga mau makan..minum juga susah..maunya bobo di dada ibunya sambil dikasih asi..udh dibawa ke dktr, cek sana sini alhamdulillah ga knp2.. panasnya tiba2, udh 2 hari, dokternya juga bingung, ga tau apa penyebab panasnya..

  15. anak saya berumur 3 bln, kalau saya bekerja pastinya anak saya minum susu botol, tetapi 2hr ini anak saya tidak mau minum susu botol, teru air liurnya keluar terus…..diksh botolpun hanya digigiti saja….badan anak saya demam, batuk dan flu. yang mau saya tanyakan apakah seumuran anak saya secepat itu tumbuh giginya.

  16. wooowww,,,,,,

  17. artikle ini membantu banget lho…trims!

  18. thanks artikelnya..kebetulan anakku usia 6 bln lg mau numbuh gigi..:)

  19. waah dg bc artikel ini, ak sedikit lbh lega krn jd tau cara mngatasi anak demam, thanx bnget

  20. bayi saya baru 4 bulan sudah tumbuh gigi sebelum nya saya tidak tau klo uda tumbuh gigi, karna demam dan batuk saya bawa berobat ke dokter … sekarang demamnya sudah turun apa obat nya di minum sampai habis apa tidak saya minta di balas

  21. Waktu aziel, anak saya baru mau tumbuh gigi… daerah sekitar mulutnya dipijat gitu sama mbak2 terapis langganannya di mom n jo (didaerah dharmawangsa) jadi gak begitu rewel dan demam sih, cuma jadi lebih aktif aja aktifitas mulutnya. Sama terapis di mom n jo saya disaranin kasih teether (mainan yg bs digigit buat bayi) buat merangsang perrtumbuhan giginya. Kalo masa2 gitu tuh saya bikin aziel sibuk hehe… saya ajak pijat, saya ajak renang juga di mom n jo biar dia seneng diajak main terus

  22. bagus bgt infonya…

  23. anak sy usianya 1thn,udah 2 hr in rwel terus,badan panas naik turun smpai37,7,trus muntah setiap selesai d suapin mkan d tambah lg perutnya kembung,maunya minum air putih terus,apa in tanda mw tumbuh gigi susulan?karna pada saat tumbuh gigi sblumnya dy tdk mengalami hal”semacam in,mohon penjelasannya,thanks…

  24. eemmm…. dah tiga hari ini anaku azmi 10bln rewel badannya panas mau tumbuh gigi…. cepet sembuh ya sayang. makasi infonya… sangat bermanfaat… maaf numpang promo ya….. bunda2 like fan page aku yukkkk jual baju anak branded dan non branded murmer loh… terima kasih sebelumnya http://www.facebook.com/putrishoponline

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

