Makan banyak, berat badan tidak naik

Makan banyak, berat badan tidak naik

Banyak yang menduga penyebab dari kasus seperti ini adalah cacingan. Tapi sebelum mendjuge bahwa anak cacingan dan meberi obat cacing kepada anak, konsultasi dokter amatlah diperlukan.

Bisa jadi terdapat hal lain yang menjadi penyebabnya, seperti diceritakan salah satu member di milis bayi-kita@yahoo.groups : “Waktu adik saya balita dulu juga gitu, makanannya bergizi tapi anaknya gak tumbuh2, ternyata dia kena flek paru-paru”

Bisa jadi juga aktivitas anak yang tinggi, menyebabkan berat badan tidak cepat naik walaupun makannya banyak. Tapi seharunya tetap ada kenaikan.

Ada yang punya pengalaman lain dan saran2 dari DSA, yang dapat membantu mama-mama lainya.
Kenapa berat badan tak kunjung naik walau gizi dan makannya sudah baik?
bagaimana mengatasinya?
Bagaimana mendeteksi penyakit cacingan pada bayi?

About these ads

65 Tanggapan

  1. anak saya juga makannya banyak tapi berat badannya nggak naik – naik. sekarang dia lagi batuk. kata dokter kalau seminggu batuknya tidak sembuh dia harus dirontgen. tapi suami saya melarang anak saya dirontgen karena takut pada efek yang akan ditimbulkan oleh sinar x.

  2. Anak saya sekarang berusia 7 bulan, pada waktu usia 4 bulan menjalani operasi ligasi PDA di RS. Pusat Jantung Harapan Kita. Saat ini anak saya kemungkinan mengalami flek pada paru-parunya, karena kenaikan berat badannya lambat, diusianya sekarang berat badannya hanya 5,7 kg. kepala berkeringat pada malam hari, padahal “Nashwa” tidur di ruangan ber-AC. Setiap malam batuk keras, terkadang sampai muntah-muntah. Saat ini kami berusaha untuk pengobatannya. Mohon alamat dokter atau rumah sakit yang berkompeten menangani dan mengobati penyakit ini…Trima Kasih

  3. Info dari ibu dizie
    “Mbak …

    coba di bawa ke RS Persahabatan, kalau ga salah rs ini merupakan rumah sakit rujukan untuk penyakit paru.

    untuk yang negri bisa tanya di nomor: 4891708/4711220 atau ke Griya Puspa (Persahabatan Swasta) di nomor 4721943″

    “Bu …

    Mungkin bisa berobat pada dokter anak sub specialis respirologi, ada dr. Bambang Supri. Beliau selain di RSCM ada di Hermina Jatinegara dan Klinik Anakku Cinere (depan Cinere Mall)

    Semoga membantu ya … “

  4. aku punya keponakan umur 7 bulan 1hari. waktu dia selesai pub dibersihkan sama mamanya ternyata ada cacing yang keluar dari anusnya, otomatis di tarik sama mamanya. selera makannya masih tetap banyak tapi ga gemuk-gemuk, trus gimana nih, cara ngobati cacingannya mengingat dia juga alergi sama susu sapi, dia hanya makan dan minum semua bahan yang mengandung soya.

  5. bayi saya 1 tahun, berat 8,3kg. berat lhr 3216gr/48cm. usia 9 bln pilek, usia 11 bln batuk pilek, jadi beratnya smpat turun. saya konsultasi ke dokter soal BBnya, DSA mresepkan Enzim-enziplex. saya me-iyakan ktk DSA tanya” apa kalo’ makan sayuran pubnya juga ada sayurannya utuh”.jd mungkin penyerapan makann kurang bagus.apa dia selalu ketergantungan enzim ya, knapa dia tdk bisa menghasilkan enzim tsb secara alami?

  6. Anak saya usia 1 tahun,tapi berat badan masih 8 kg padahal berat lahir 3,700 gr/49 cm.waktu mendapat test darah ternyata ada masalah dg iron devinision. sy sudah mencoba memberikan makanan yg mengandung banyak zat besi,tetapi BB anak sy tidak banyak bertambah meski kelihatannya dia baik2 saja dan juga tidak pernah sakit.mohon bantuan solusinya apa dan bagaimana yg harus sy lakukan. Terima kasih

  7. mom anak saya usia 6 bulan,di feses anak saya akhir-akhir ini ada kayak cacing kecil-kecil.mohon bantuan dan solusinya.

  8. anak saya 14 bulan beratnya hanya 8 kg, makannya banyak dan aktif ngk mau diam. dia sering kena diare gede dikit sakit, kalo menu makanan yang bergizi mohon di bagi. terimaksih

  9. anak saya 2 bulan beratnya 4kg, lahirnya 2980gr..
    minum susu formula kulitnya merah2, trus kembung terus, kata dokternya alergi susu sapi, trus saya coba yang soya eh pup nya malah encer trus kulitnya juga merah2, dan pupnya ada lendir darah, lalu saya coba HA tapi tetep aja kulit merah2 dan lendirnya masih saja ada tapi kadang2..
    jadi saya bingung mesti kasi minum susu apa anak saya? mohon solusinya terimakasih.

  10. Anak saya usia 9 bln, sampe skr berat badan msh 7 kg. Dia hanya mau makan bubur Milna &gak mau yg lain. Saya takut ada apa-apa dengan anak saya. Apa yang harus saya lakukan untuk meningkatkan berat badan anakku?

  11. nidha,,coba ke Prof.dr.Agus Firmansyah di RSIA hermina bekasi,,kemarin anak saya usia 2 bulan jg sakit batuk,,saya sudah kedokter sebelumnya dan diberi obat tapi setelah ke Prof.Agus disuruh hentikan obat dan hanya diberi ASI,,ternyata alhamdulilah sembuh,,
    ada yang mau saya tanyakan,,saya khawatir anak saya yang berusia 2 bulan cacingan,apa boleh saya kasih obat cacing dan apa yah nama obatnya?trims

  12. anak saya umurnya 13 bulan tapi beratnya hanya 6.7 kg, padahal berat badannya waktu lahir normal 2.5 kg. Makannya mau, ngemil, minum susu formula dan kalau malam baru ASI tapi kog tetap badannya ga gemuk2 ya…
    Kenapa ya… Apakah ada yang bisa membantu ?
    BTw 1 minggu yang lalu saya baru liat di pubny ( siangnya dia makan jeruk dan besoknya pub ternyata masih ada jeruknya )
    Mungkin lambung atau ususnya kurang bagus… jadi apa yang saya harus lakukannya agar anak saya gemuk .

    Terima kasih

  13. anak saya umurnya 10 bulan tapi berat badannya cuma 7,5 Kg. padahal makannya banyak & lahap 1 hari 3x. tapi tiap kali abis makan kadang langsung pup. anaknya aktif nga bisa diam.atau mungkin minum susunya kurang (susu formula) 1 hari antara 4 – 5 botol aja (120 ml) malamnya minum ASI. atau ganti susu yang buat gemukin badan aja. Mohon solusinya biar anak saya bisa gemuk & bertambah berat badan.. terima kasih

  14. bayi saya lhr 3,6kg, mggu ke4 cm naik 0,5kg jd 4,1kg. Wajar ndak ya? Cm mimi Asi.

  15. anak saya umur 16 bulan, beratnya hanya 9.5 kg. Padahal makannya normal dan tertib ( sarapan, makan siang, makan buah dan makan malam), minum susu memang agak kurang, kurang lebih sehari hanya 400 Cc. Sehari-hari anak saya aktif, tidak rewel dan mandiri. Namun, minggu lalu selama 3 hari, anak saya agak susah makan dan rewel, badannya sempat panas (37,4) dan ngiler sampe bajunya basah…. saya berasumsi mungkin giginya mau tumbuh. Hari ke empat, dia berangsur sembuh dan kembali mau makan, hanya saja porsi makannya berkurang walaupun ngemil dan minum susunya bertambah (540 Cc perhari). Kira2, kenapa yah berat badan anak saya kurang? apa yang harus saya lakukan supaya berat badannya bertambah? apakah saya perlu memberi dia vitamin? bila ya vitamin apa yang baik untuk anak saya. terima kasih

    • anak ibu masih dlm perkembangan….saat ini bisa jadi merasa ada perhatian lebih setelah dia sakit..
      dan dia merasa nyaman dengan itu…karena makannya tergantikan dengan yang lain.
      vitamin…no. tidak ada vitamin yang baik…selain dari makanan alami.. karena efek kimia…akan senantiasa ada dalam tubuh…dan akan terus mengendap… dan itu lebih berbahaya

  16. anak sy cewek, umur 8,5 bulan beratnya hanya 5,9 kg, tinggi 43 cm, aktif dan tdk rewel…skr makan udah 4 kali sehari, biasanya 3 kali. 3 kali mkn bubur tim, 1x bubur susu, sekali-kali makan biskuit dan buah, msh asi, klo dititip di TPA, minum susunya hanya 90 ml 2 kali (Chilmil morinaga), bgm ya dok? apakah anak sy sehat tau ada penyakit lain…mohon petunjuk nya..skr anak sy sudah bisa berdiri berpegangan dan di tata berjalan

    • zulfa…anak aktif biasanya berpengaruh pada bbnya.
      kalo melihat cerita zulfa, gak ada yang salah dgn putrinya.
      sehat aja kok… selama anak aktif…itu pertanda dia sehat.
      mungkin diawal2 kelahirannya…perkembangan anak dilihat dari BB…tapi kalo sudah agak besar…selama dia aktif…gak masalah kok..apalagi makannya cukup kuat

      ok…tetap semangat ya…

  17. Dok, anak saya 13 bln. Bb lahir 3,15 kg dgn tgg 51cm.sekarang beratnya hanya 8,1 kg setelah sempat kena diare padahal sebelumya 8,3kg.dulu waktu dia mulai dikenalkan makanan padat, makannya lahap sekali di umur 6 bln tp memasuki umur 10 bln dia susah sekali makan padahal menu sudah saya ganti2 tiap hari mulai dr bubur sampe nasi saya coba berikan tp tetap tidak mau makan.dia selalu melepeh makanan yg ada dimulutnya padahal sudah saya usahakan dia makan sambil saya ajak main agar mau makan tp tetap saja tidak berhasil.dok,apakah ada masukan agar anak saya nafsu makan kembali?

    • bunda ana…
      ada dua cara agar anak mau nafsu makan:
      1. digendong bu…kalo orang jawa bilang jarik…silahkan dicoba putra ibu digendong dgn itu sambil diberi makan
      2. makannya ramai2 dengan bayi2 yg lain…terkadang dianya akan ikutan

  18. Anak saya cowok,usianya 13bln,skrg berat badannya 9kg,tinggi badannya 76 cm,termasuk normal gak ya?makannya sih doyan,sehari 3 kali,ditambah cemilan biskuit,memang dia agak kurang suka susu formula,paling 1 hari hanya 300cc..msh nyusu ASI jg kalo mlm hari aja,krn saya kerja.kalau emang bb nya terhitung kurang,normalnya brp ya??anakku jg aktif sekali,benar ga sih minum obat berkepanjangan bs menyebabkan bb nya susah naik..tx dok,saya tgg jwb nya

  19. bunda lidia,
    jika sudah menginjak satu tahun atau lebih, selain bbnya, yang terpenting anaknya sehat atau tidak.
    apalagi seperti yang bunda ceritakan..anak bunda makannya cukup dan dia sangat aktif. bisa jadi metabolisme dlm tubuhnya bekerja sangat cepat. sehingga sebanyak apapun makan habis diolah tubuh.

    • anak saya usia 10,5 bulan berat badannya 6,5kg susah skali naik …sudahh berlangsung skitar 5bulan…naiknya cuma sdkt skali…anaknya sehat motorik baik gamau diem alias aktif skali…saya udh ke bbrp dokter dan ahli gizi..katanya enzim jelek dan krg protein aja….jd saya harus bagaimana lagi bunda?makasih

  20. Saya juga mengalami batuk yang tak kunjung2 sembuh. Saya mengalami batuk seperti ini sejak masih umur 12 (smp) sampai skarang umur 21. Dlu pas smp saya prnah mngalami infeksi pernafasan. Dan saya pas umur 19 saya pernah sakit paru2, tpi alhamduliillah kata dokter paru2 saya sudah pulih, semenjak mengikuti obat jaln slama 6 blan scara trs mnerus. Tp knpa skarang saya mash mngalami batuk yng tak kunjung sembuh2. …. Saya takut trjadi ap2….. mohon solusinya ya Dok….

  21. dok Anak sy usianya 8bln n tgl 4janu ini usianya 9bln beratnya turun dr 7,8kg jadi 7,5kg turun 300g dan 3hr ini dia batuk apakah anak sy ad mslh dok bila turun bb nya byk.krn slm ini bb nya g pernah turun.tks

  22. saya punya anak cowo 11 bulan BB lahir 1,8 kg sekarang 8,3…kenapa yah dok anak saya doyan makan dan susunya juga doyan tapi kemarin timbangannya berkurang 0,3 kg..padahal makan tepat waktu dan banyak…mohon solusinya yah dok…terima kasih sebelumnya…

  23. Dokter bayi saya skrng usianya sd 6 bln,dgn berat lahir 2.5 kg sd 2 bln terakhir BBnya tidak nambah.
    Mentok di 4.6 kg,padahal sd di beri makan dan minum susu yang terjadwal.Dia perna mengalami batuk pilek
    tp sekarang kondisi badanya normal tidak demam dan tidak batuk pilek lagi.Kl kepintaranya normal,suda bisa
    telukup dan berguli guling sd mulai bisa bermain dan mengenal sekelilingnya.Saya khautir sekali Dok dgn
    perkembangan BB anak saya mohon bantuannya Dokter apakah anak saya sakit atw gimana dok.Atas perhatiannya
    terimakasi dok.

  24. anak saya berusia 9bln… tp berat badannya ga kunjung naik.. bb’nya sekarang 6.8kg… padahal makannya sudah teratur(bergizi) dan lahap sekali… minumnya jg. kl malam setiap 2jam bangun minum asi….. tp kl tidur biarpun dingin selalu berkeringat… apakah itu penyebabnya? apakah ada kelainan dengan anak saya?? mohon di bls ya dok!! makasi…..

  25. Dok anak sy umur 8 bln tgl 1 juni nanti. Pas 6,5 bln bbnya 9,1kg.pjg 74cm. Pas 6bln susuny sy ganti dg enfapro sblmny nutrilon.krn pk nutrilon pupnya cair trus,, dan gak lancar serta berwarna hijau tua cenderung kehitaman.stlh diganti pupny bgs dan lancar. Setgh bln stlh pergantian susu itu.. Bbnya naek 4ons. Saya senang skali.tp trnyata stlh itu anak sy ga naek2 bbny smpe skrg.terus tidurny jg ga nyenyak,kl mlm slalu tdr diatas jam 3pagi.biasa ga gt.ini berlangsung tiap hr.oh ya dok dia mkn padat hy 2x sehari, susu 4-5x(200cc).apa yg mempengaruhi bbny sp ga naek y dok?? Tolong dibalas secptny y keemail jg blh..urgently.. Thx dok

  26. Dok, anak saya laki2 umurnya jalan 24 bulan. Saat ini bb nya 12,5 kg dan bb pada saat lahir 3,4 dgn panjang 49 cm. Sejak umur 1 tahun, dia sulit sekali makan. Saya sudah bawa ke beberapa dsa dan dikasih beberapa macam vitamin tapi tetap saja tidak mau makan. Akhirnya saya perbanyak minum susu formula, kurang lebih 13 s/d 15 botol per hari (150 cc). Sekarang dia tidak mau minum susu kecuali pada saat tidur saja (hanya 6 – 7 botol perhari). Waktu kecil, dia sering sakit dan hampir tiap bulan. Juga dia tidak asi. Apakah hal ini mempengaruhi ? Apa yang harus saya lakukan ? Anak saya sangat aktif sekali.

    Terima kasih

  27. Dok anak saya umur 4th 5bln BBnya tdk naik2 setahun terakhir stabil 13kg padahal makan 3x dan minum susu3x sehr.saya kasih obat cacing jg tdk keluar cacingnya.apa yg hrs saya lakukan,mhn sarannya

  28. Problem yang sama juga saya alami, anak saya 3 tahun 4 bln berat badannya tidak naik2, apa sebabnya ya, tolong kalo ada yang bisa bantu saya,
    anak saya juga sering batuk, tapi batuknya itu cuma kalo di malam hari, saya udah coba konsultasi ke dokter mungkin alergi, tapi anaknya susah makan juga, aktifitasnya full, anaknya tidak mau diam.. selalu berkeringat. sekarang dia sudah di Playgroup. kata orang2 sich ndak papa, kasat mata anaknya sehat dan lincah, di lihat gemuk, tapi kalo di timbang beratnya nggak nambah2, saya coba timbang pakai beberapa timbangan takutnya timbangannya yang rusak, tapi tetep aja sama.

  29. anak saya 4 tahun, tapi beratnya hanya 11 kg. makannya agak susah tapi mau, terus ab. aktif sekali. gimana dok?

  30. dok..anak sy usianya 4 th,berat nya 20kg,3bln ini g naik2,kemarin waktu BAB sy lihat ada cacingnya,apa yg harus sy lakukan?sdh sy beri obat cacing kira2apa perlu sy bw kedokter.thanx

  31. saya berumur 25 thn saya makan sngat banyak bahkan orang gemuk pun blum tentu dapat menandingi pola makan saya..tapi sayang kok badan saya nggak gemuk gemuk..gmana niiii.

  32. kalo gemuk blm tentu sehat itu sie yg selalu terapkan ke anak saya ..agar anak saya selalu terjaga kesehatan saya memilih makanan yg bersifat instan dan kimia

  33. anakku juga ga gemuk2, dan biasa…ortu pasti bilangnya cacingan kali, kurang vitamin kali, bla bla, ampe kuping da panas dengerinnya, padahal gw ma suami waktu kecil juga kurus, nah tuh cacingan jg? Suka sebel deh klo orang beranggapan gemuk=sehat, padahal orang gemuk juga bisa terkena penyakit diabetes.

  34. anakku juga ga gemuk, kurus juga ga, bagiku sih sedang, toh anakku sehat dan jarang sakit, walau sama…klo ke rumah ortu selalu bilangnya kok anakmu kurus sih…huh…la gmn, makan mau,vitamin juga da minum, susu juga mau. Pernah sih direkomendasiin ma dokter susu yg berkalori tinggi biar anak gemuk, tp setelah aku cek kadar gulanya ga jd ah, gula tambahan kan ga ada nilai gizinya, cuma buat gendutin doank, biarkan anjing menggonggong, yg penting anakku sehat & aktif

  35. anakku juga ga gemuk, pesan nokap suruh kasih obat cacing setiap 6 bulan, padahal kan blm tentu anakku cacingan. Aku sih iya2in aja klo dibilangin, tp prakteknya ga lah, masa ga knp2 minum obat. Selama anakku sehat2 aja sih aku ga perduli mau kurus atau gemuk, yg penting jaga makannya, ga aku kasih klo jajan sembarangan dan makan makanan yg mengandung banyak gula tambahan, msg, pewarna, dll yg berbahaya bagi tubuh

  36. duhhh yg penting sehat deh, gak penting gemuk atau kurus. sekarang gemuk2 malaahan gampang kena penyakit…

  37. keponakan aku jg ada yg begitu, makannya banyak tp gak gemuk2 taunya ada flek paru. makanya kita ahrus kasih asupan makan yg nutrisinya bener deh biar anak gak gampang kena penyakit atau virus.

  38. hmmm..memangnya kalau berat tidak naik itu bahaya juga yah?
    anakku sih beratnya yah stabil2 ajah sih. makan nya juga cukup, susunya kuat. saya sih yang penting anak sehat, nutrisi cukup, dan konsumsi gula nya dikurangi sudah ckp deh

  39. anak yg sehat tidak harus gemuk, anakku juga tidak gemuk dan kenaikan berat badannya sedikit” yg penting tidak sakit dan kita selalu membatasi makanan yg manis” krn klo uda ketagihan gula tambahan malah yg ada kegemukan

  40. anakku aku kasi asi selama 2 thn dan selepasnya aku kasi susu yg ga terlalu manis krn ga mau kegemukan akibat gula tambahan yg ada di beberapa sufor…..kan kasian klo kegemukan, aktivitasnya terbatas dan petumbuhannya terganggu

    • Iya sy jg ASI selama 2 tahun nah selama 2 tahun itu beratnya juga gak banyak nambah kok. jadi anakku memang langsing aja. tapi setelah lepas ASI sempat naik banyak…ternyata setelah diselidiki gara2 susu formulanya
      akhirnya kuganti deh sama susu yang gak manis. seprem juga kalau dari kecil terbiasa makan manis takutnya keterusan…

  41. walaupun anakku ga gemuk dan berat badannya naiknya sedikit tapi jarang sakit tuh soalnya aku terapin pola makan dan teratur minum susu yg bebas added sugar

  42. haduh ngeri ya soal makanan anak2 jaman skarang… salah2 kasih yg bergizi malah bisa obesitas… klo obesitas penyakit2 lainnya malah bisa dateng juga.. serba salah deh kalo gak bener2 waspada…

  43. iya nih, jaman semakin canggih penyakit juga makin banyak..hehehe
    semakin banyak orang pemalas soalnya, maunya instaaannn terus.
    trus nutrisi memang harus dijaga yah..kebanyakan bisa obesitas, kedikitan juga jadinya gak baik..hehehe..
    seperti gula, klo terlau sedikit malah jadi lemes, tapi klo banyak obesitas…

  44. bunda jangan terlalu khawatir kalau berat anak tidak naik-naik, kalau berat badannya sudah sama dengan standar usianya ya bagus itu, kalau agak kurang-kurang dikit juga gak apa-apa. Tapi kalau mau di periksa ke dokter yang bagus

  45. Bunda kalau mau periksa ke dokter memang ok-ok saja, tapi kalau keadaannya tidak terlalu mengkhawatirkan, misalnya anaknya lincah, dan mukanya berseri-seri, saya kira anak itu tidak perlu dikhawatirkan.

  46. Saya lebih khawatir kalau anak saya terlalu gendut dari pada agak kurus dikit. Kalau gendut ancaman penyakitnya banyak lho.

  47. Makan banyak kalau bukan yang sehat gizi, mungkin juga tidak bisa mendongkrak berat tubuh anak kita. Beri mereka gizi yang seimbang dan biasakan memberi makanan dan minuman termasuk susu yang tidak manis. Takutnya karena mau menaikkan berat tubuh malah diberi yang manis-manis, eh bisa keterusan tuh.

  48. iya kl manis manis bisa bisa kena obesitas ya …kl saya sie membiasakna dr susunya yg no added sugar ya

  49. serem ya kalo anak anak kecil udh pd obesitas bener sie kita hrs menghindari susu yg ga ada gula tambahannya

  50. anak sehat itu tidak harus gemuk..kegemukan justru bisa memperlambat pertumbuhannya dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan..
    sebaiknya berikan anak pola makan yang baik yang banyak serat dan kurangi konsumsi yang manis2 agar meminimalkan resiko terjadinya kegemukan..

  51. ada anak yang memang gen dari orangtua nya tidak berbakat gemuk sehingga berat badannya pun kelihatan stabil dalam jangka waktu panjang..hal ini tidak perlu dikhawatirkan selama tumbuh kembangnya tetap sesuai dengan umur dan tidak sampai kurang gizi..
    penuhi gizi anak dan berikan susu formula yang tanpa gula tambahan setelah selesai asi..

  52. bila berat badan anak tidak gampang naik,orangtua jangan terburu2 memberikan anak susu penambah berat badan..karena biasanya kadar gula tambahannya tinggi..dan anak jadi gemuk tapi tidak sehat..
    lebih baik berikan 4 sehat 5 sempurna dan berikan susu yang tanpa gula tambahan..

  53. yang terpenting adalah perhatian orang tua kepada putra putrinya, terutama kualitas dari pola makan sehingga anak akan tumbuh optimal, karena isu gula tambahan sekarang sedang ramai dibicarakan… cari informasi lengkap dan benar dan jangan kata orang… bisa di cek di http://www.cekgula.com

  54. biasakan saja anak dengan pola hidup sehat, itu harus dimulai dari diri kita terlebih dahulu dan berharap akan menular kepada mereka, perhatikan asupan gizinya… yang seimbang sesuai dg kebutuhan mereka dan jangan berlbih yg bisa mengakibatkan kelebihan berat badan/obesitas.. mulai dg mengurabgi konsumsi gula tambahan…

  55. Anakku 1thn 2 bln skrng mknnya bnyk stlh minum vitamin tp perutnya buncit aku tkt cacingan ap gjala cacingan pd anak umur sgt dan aku jg tkt ad flek tp anakku pny asma ngaruh g y??

  56. Aq khawatir anaku pr 9,5th badan’y kurus berat’y gk naik2 pdhl mkn’y bnyk dan inshaallah nutrisi’y baik.

  57. Anakku perempuan usia 22 bulan berat badannya cuma 9,5 kg, makan biasa nggak susah-susah amat, memang diantara teman-teman sebayanya dia lebih tinggi 10 cm. Anaknya aktif & lincah. Pernah konsul ke dokter katanya kalo kondisinya sehat kemungkinan bawaan, tapi belum ada pemeriksaan/tindakan medis. Mohon tanggapan & solusinya…., Terima kasih.

  58. anak saya umurnya 9blan,,,giginya tumbuh tak beraturan,,,apakah itu baik?atau jelek?mohon tanggapannya

  59. betul betul biarkan anjing menggonggong walaupun dibilang kurus yang penting maemnya lancar sehat dan aktif ,,,,,,,daripada gemuk cuma minum susu tapi nggak suka makan………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: