Anak saya sering gumoh

Cara Mengatasi Bayi yang Sering Gumoh
Minggu, 30 September 2007
Konsultasi Kesehatan Anak
Oleh: dr Asteria

Tanya
Dokter, bayi saya baru berumur satu bulan. Dia seringkali gumoh. Bagaimana sebaiknya saya mengatasi bayi yang
sering gumoh ini? Sebaiknya dibiarkan atau anak ditahan? Karena kalau bayi saya gumoh, saya tegakkan bayi saya biar
tidak keluar gumoh/muntahnya. Terima kasih jawabannya dok.
Ny Artiana, Batam Centre

Jawab
Ibu, terima kasih atas pertanyaannya. Pertama-tama harus dibedakan antara gumoh dan muntah. Definisi: Gumoh terjadi karena
refleks bayi yang belum sempurna, sedangkan muntah adalah pengeluaran isi lambung yang disertai kontraksi lambung.
Keduanya dapat terjadi karena bayi terlalu banyak minum.
Cara mengatasinya: adalah dengan menyendawakan bayi, yaitu dengan menepuk-nepuk punggung bayi dalam keadaan
tegak, agar udara yang tertelan dapat dikeluarkan sehingga tidak mendorong keluar susu yang telah diberikan.
Untuk mencegah berulangnya gumoh:, bayi dapat ditidurkan dalam posisi miring ke kanan. Bila mendapati bayi gumoh
atau muntah, posisikan bayi miring untuk mencegah muntahan/susu yang keluar tidak tertelan ke dalam saluran
pernafasan.
Diambil dari batampos.co.id

ada yang punya tips yang lain? yang traditional juga boleh?

15 Tanggapan

  1. hallo salam kenal dari Ale

  2. makasih atas referensinya….

  3. mohon bantuannya dokter. saya punya anak usianya masih 14 bulan, anak saya pernah saya periksakan kedokter katanya alergi terhadap hawa dingin, pertanyaan saya apakah alergi terhadap dingin yang diderita anak saya bisa disembuhkan ? terima kasih atas jawabannya.

  4. mau tanya, kalau setelah ditegakkan nggak sendawa juga gmn? apa harus benar2 sendawa baru boleh ditidurkan? kalo setelah sendawa tetep gumoh gmn?

  5. salam kenal…
    saya pnuya adek umur 5 tahun, knapa tiap kali minum susu sperti milk pada waktu pagi hari, kok mesti muntah??.. apakah itu berbahaya.. mohon penjelasannya dokter..
    makasih…

  6. mohon di bantu bayi saya (2 bulan) sering sekali gumoh setelah minum ASI ataupun botol.sehingga pertambahan berat badannya kurang (turun grade).solusi apa yg bisa saya lakukan?terima kasih

    • tetep beri ASI bun, utk mengatasi kerepotan bunda mengganti baju yg basah, pake bandana bib aja bun… salam

  7. tips mengatasi gumoh dan pipi,dahi,kepala bayi berjerawat kemerahan di usia 10 hari?

  8. Dokter saya mo tanya, bayi saya baru berumur 1,5 bln dan sering gumoh & muntah, kata orang itu wajar smp usia 3bln. tp muntahnya ini kadang dari hidung juga dok.. apakah ini wajar? dan apakah bisa mengganggu sistem pernafasannya dok jika nanti sdh besar?

    mohon pencerahannya dok, terimakasih

  9. dokter,bayi saya berumur 5 bulan.
    setiap kali gumoh atau iler, baju yg terkena gumoh atau iler tersebut jika dicuci akan meninggalkan bekas yang tidak mau hilang (seperti getah berharna coklat muda). ini kenapa ya? berbahaya tidak..
    sebelumnya saya mengucapkan trima kasih untuk infomasinya…

  10. anak saya gumoh 3 kali sehari normalkah?

    • gpp bun, memang kalo baby baru lahir, biasanya suka gumoh… kalau untuk mengatasi baju bayi yg basah terus, pake bandana bib aja bun…

  11. kalo gumohnya sampe keluar dari hidung gmn?

  12. anak sya sdah usia 8 bln tpi msih ska gumoh,gmana ya cra mgtasinya?

  13. dokter, usia anak saya 48hari sering sekali gumoh & sendawanya lama sekali, bgmn mengatasinya?

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

