Bolehkah bayi naik pesawat?

Hari ini terdapat hit kunjungan yang tujuan sebenarnya adalah mencari jawaban atas pertanyaan “Bolehkah bayi usia 3 bulan naik pesawat?”

Pertanyaan yang serupa pernah dibahasa pada rubrik nakita
http://www.tabloid-nakita.com/ahli.php3?edisi=04184&rubrik=ahli

berikut kutipan  spesisfiknya.BAYI BOLEH NAIK PESAWAT?

Dr. Najib Advani SpAK MMed Paed,
Dokter Spesialis Anak Konsultan-Ahli Jantung Anak (Bagian Kesehatan Anak FKUI RSCM) dan Staf Pengajar FKUI-RSCM

Dokter yang baik, anak saya (3 bulan) saat ini sehat-sehat saja dan tak ada masalah apa-apa. Saya ingin mengajak putri kami ke Timika di Papua dengan pesawat untuk menyusul suami yang bertugas di sana. Umur berapakah sebenarnya bayi sudah boleh bepergian dengan pesawat, yang memakan waktu perjalanan 3-5 jam? Sebab, ada teman yang bilang ini berbahaya, khususnya bagi alat pendengaran dan jantungya. Adakah persiapan khusus yang perlu lakukan sebelum perjalanan? Mohon penjelasannya, ya, Dok.

Ny. Sularsi – Surakarta, Jawa Tengah

Kadang perjalanan jauh tak dapat dihindari meskipun kita mempunyai bayi. Tentu perjalanan dengan membawa bayi harus dilakukan dengan lebih hati-hati dan terencana baik. Tentang usia saat boleh melakukan perjalanan dengan pesawat sangat relatif, tapi untuk usia di bawah satu bulan mungkin sebaiknya dihindari jika tak terlalu perlu, meskipun tak mutlak dilarang. Bahkan, di negara maju sering terjadi bayi baru lahir yang sakit harus ditransportasi melalui udara untuk rujukan dari suatu daerah ke daerah lain yang lebih lengkap fasilitas kesehatannya.

Untuk putri Ibu yang berusia 3 bulan, sewaktu terbang perlu diperhatikan saat take off dan landing, yaitu saat terjadi perubahan tekanan udara dalam pesawat. Pada saat ini sebaiknya bayi diberi minum ataupun hanya dot agar ia menelan. Mulut, hidung, serta telinga sebaiknya dalam keadaan terbuka. Hal ini berguna untuk menyeimbangkan tekanan dalam telinga untuk mencegah kerusakan gendang telinga. Pada anak normal, perjalanan melalui udara tak membahayakan jantung. Persiapan lain, tentu ia perlu susu (jika ia tak minum ASI), pakaian yang tebal, kaos kaki, dan topi (suhu dalam pesawat dingin), serta pospak (popok sekali pakai). Segala kebutuhannya perlu dilebihkan karena bisa terjadi keberangkatan pesawat ditunda atau banyak transit.

39 Tanggapan

  1. Dokter,
    Saat membawa bayi dibawah 6 bulan di dalam pesawat, kira-kira di posisi seat di dalam pesawat yang paling nyaman buat bayi di bagian mana? Bukankah ebih baik bila di bagian yang tidak dekat dengan engine?

    Apakah bayi membutuhkan penutup telinga? Atau dibiarkan terbuka untuk menyeimbangkan tekanan? Bagaimana dengan kebisingan yang mungkin membuat bayi kurang nyaman bahkan menangis?

    Terimakasih,

    Terimakasih,

  2. Sebenarnya, dengan “Pada saat ini sebaiknya bayi diberi minum ataupun hanya dot agar ia menelan” bisa menyeimbangkan tekanan udara di telinga, seperti halnya orang dewasa mengatasinya dengan menelan ludah. tapi kalau kebisingan pesawat benar2 mengganggu putra/putri kita, ya gpp juga diberikan penutup telinga yang dari kain.

  3. Ibu , bayi saya baru berusia 2 bulan 1 minggu, bolehkah bayi saya naik pesawat, untuk menyusul ayahnya yang dipindah tugaskan ke Jakarta. Saya akan membawa anak saya naik pesawat dari Medan, perjalanan ke Jakarta memerlukan waktu 2 jam.

    Terima kasih

    Dahvina

    • Yth. Ibu dokter Anak

      Kami menanyakan apakah baby umur 2,5 bulan boleh naik pesawat dari Jkt-Solo Jateng lama perjalanan kira2 satu jam, saat ini kondisi baby alhamdulillah sehat2.
      Dan bila diperbolehkan mohon saran hal-hal yang perlu kami perhatikan demi kesehatan baby.

      Demikian kami sampaikan terima kasih

  4. Anak saya naik pesawat sejak usia 2,5 bulan. Sebelumnya saya menanyakan dulu pada DSA kapan tepatnya bayi boleh naik pesawat, dan kebetulan DSA itu baru saja membaca literatur ttg itu. Katanya, bayi nggak boleh naik pesawat kalau usianya masih dalam hitungan minggu, tapi mulai 1 bulan ke atas udah boleh. Memang sih, di bandara biasanya ditanya macam-macam. Untuk itulah, surat keterangan dokter sangat diperlukan. O ya, benar kata bunda kazbiika, sebaiknya pada waktu take off dan landing bayi diberi ASI, tetapi (sekali lagi menurut DSA) akan lebih baik lagi jika bayi diberi ASI sepanjang perjalanan naik pesawat itu. Memang agak merepotkan, tapi demi si kecil gak papalah!

  5. wah takut juga rasanya … saya ada rencana untuk bepergian balikpapan – jogja dalam waktu dekat ini menggunakan pesawat.

  6. mau nanya dg..minggu depan sy mau mudik pake pesawat bersama anak saya umurnya hampir 14 bulan, perjalanan 50 menit..nah apakah menyusui bayi pd saat take off & landing saja, pas dalam perjalanan bagaimana, ?
    dan apakah dalam pesawat kita boleh bawat termos?

    thanks

  7. Anak saya usia 6 bulan. Bolehkah dia naek pesawat saat dia sedang flu dan demam?

  8. saya juga pernah mengajak bayi saya naik pesawat jakarta yogya, usia 1.5 bulan…
    selama di beri ASI on the way, gak masalah…
    anak saya malah seneng banget waktu itu…lebih banyak barang yang explore selama dalam pesawt….

  9. sy berencana membawa bayi saya (berusia 1 bulan) dari manado ke jakarta untuk menyusul ayahnya yang bertugas di Jakarta. Perjalanan dengan pesawat kira2 membutuhkan +/- 3 s.d jam. Apakah relatif aman untuk bayi?

  10. Nigella,anak saya usianya 2bln,rencananya akan saya ajak menyusul ayahnya ke doha dgn perjalanan pesawat kurleb 8jam,kira2 bagaimana persiapannya?
    agar aman bagi saya dan anak saya?
    thx

    nigella’s mom

  11. Anak saya baru berusia 6 bulan dan bulan depan kita akan pindah ke England, pertanyaan saya apakah saya boleh bawa car seat ke dalam pesawat? dan kalau boleh jenis car seat dari merk apa yang telah di aprove?

    Thanks

    Kiesha mom

  12. Kalau membaca informasi diatas kesimpulan yang didapat pada umumnya bayi yang berusia dibawah 1 thn dan diatas 1 bulan sudah bisa berpergian dengan menggunakan pesawat terbang. Hanya sebelum dan selama penerbangan ada beberapa tips dan trik untuk itu.
    Saya juga berencana membawa anak saya dari Manado – Jakarta – Batam dan dia berumur 2 bulan, mudah-mudahan tidak ada masalah yang timbul dikemudian hari.
    Terima kasih banyak informasinya pak Dokter

    Salam.

  13. Anak saya usianya 9 bln. dia aktif sekali.. kadang saya takut jika nati di dlm pesawat bayi saya akan aktif ataupun rewel.bln dpn kami akan berpergian ke medan dengan menggunakan pesawat… apakah telinga bayi saya harus di tutup dgn kapas? bagaimana saya mengatasi hal tersebut?

    thanks

  14. Saya sekarang sedang hamil muda belum genap 1 bulan.., saya sdh punya rencana saat sebelum mengetahui bahwa saya hamil saya ingin sekali pada saat Hari Raya Idul Fitri nanti saya dapat pulang ke kampung halaman saya, karena saya saat ini merantau dengan suami. Yang saya tanyakan apabila:
    1) Boleh tidak pada saat saya hamil tua 8 atau 9 bulan saya berpergian dengan pesawat dgn lama perjalanan 1,5 jam?
    2) Apa bila saya sdh melahirkan, Boleh tidak anak saya pada usia 1 bulan berpergian dengn pesawat?
    Terima kasih.

  15. anak saya perempuan, usia 3 bulan. akan melakukan perjalanan JAKARTA – MALAYSIA pada tgl 28 Juni 2009. apa perlu surat keterangan sehat dari dokter untuk melakukan perjalanan ke negara lain ? antisipasi apa yang harus saya siapkan untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan bayi selama dalam perjalanan ? PENTING. MOHON BALAS SEGERA. TERIMKASIH

  16. dear Dr. Najib
    anak saya usia 3 bulan, waktu usia 1 bulan nafasnya agak tesegrak2 seperti ada dahaknya, tetapi terkadang hilang dan timbul kembali, pada usia 2 bln terkena flu, dan dahaknya semakin parah, padahal faktor2 penyebab alergi sudah saya hindarkan, pertanyaan saya apakah perlu di terapi asap? apakah terapi asap itu bisa mengeluarkan dahak yang terdapat di dada selain di hidung dan tenggorokan ?, terimakasih.

  17. Dear dr.
    Dokter,rencananya saya akan membawa bayi saya berusia 10bulan & kakaknya yg berusia 3 thn ke Bali.Menggunakan pesawat sekitar 1.5 jam. Apa yg perlu saya persiapkan agar mereka sehat & tenang jg nyaman saat dalam pesawat?Apa harus ditutup dgn kapas telinganya?Anak saya yg yg 10bln saat ini masih minum ASI,tapi kalau ditempat ramai sering tdk mau menyusui. Mohon informasinya dokter. Terimakasih

  18. Dokter, saat ini saya hamil 8 minggu, apakah boleh naik pesawat Jakarta – Medan (perjalanan 2,5 jam) ?
    Please advise Dokter.
    Terima kasih sebelumnya.

  19. trims atas share-nya kebetulan temen saya mau brangkat dari jkt ke kalimantan iseng-iseng nyari nanya sama om google eeeh ketemu blog ini… kamsia–kamsia– ditunggu kunjungan baliknya… :)

  20. bayi saya baru berumur 4 bulan apakah aman bila berpergian dengan pesawat terbang selama 3 jam dan persiapan apa saja yg harus di bawa

  21. Bayi saya mau keliling dunia, kira-kira persiapan apa saja ya??

  22. Saya sama istri mau ML di toilet pesawat apa boleh?

  23. selamat sore,
    dok, rencana saya akan k bali bersama anak saya yg berumur 3 bulan. Apakah tidak akan berbahaya? kiat-kiat apa yang harus saya lakukan agar anak saya tetap tenang di dalam pesawat dan sehat (telinganya tidak terganggu).
    mohon informasinya. Terimakasih

  24. dok, saya mau tanya, anak saya sekarang ini berumur 4 bulan, di dalam mulutnya ada warna putih putih dekat dengan gusinya dok, itu pertanda sariawan ataukah mau tumbuh gigi ?
    mohon informasinya,
    terima kasih.

  25. bolehkah bayi 5 bulan naik baby walker?

  26. rencananya besok har raya Idul Adha saya pulang ke jogja dari palembang dan membawa anak saya yang besok genap brusia 6bln. saya bingungnya gimana ngasih susu nya pas di pesawat karena anak saya minum ASI dan tidak mau minum dari botol/dot?

  27. Dear Dok,

    Saya tinggal di Bandar Lampung tp bulan depan saya akan melahirkan di jkt dok. Apakah 2 minggu setelah melahirkan saya boleh membawa bayi saya pulang ke bandar lampung dengan pesawat dok? lama perjalanan dgn penerbangan dari jakarta ke lampung hny 30 menit.

    mohon saran dokter… thx

  28. selamat siang,
    dok, rencana saya akan k bali bersama anak saya yg berumur 4 bulan 5hari.
    Apakah berbahaya?
    Kiat-kiat apa yang harus saya lakukan agar anak saya tetap tenang di dalam pesawat dan sehat (telinganya tidak terganggu).
    mohon informasinya.
    Terimakasih

  29. Bayi saya sekarang umur <6 bulan. Karena ada masalah sejak lahir (minum selain asi pup nya berdarah), bolehkah asi eksklusif sampai umur 9 bulan ? Trims.

  30. Rencananya anak saya berusia 19 bulan, mau berangkat ke Batam menggunakan pesawat! Persiapan apa saja yang diperlukan? apakah perlu Surat Keterangan Sehat dari DSA, terimakasih minta do’anya semoga selamat dalam perjalanan berangkat dan pulangnya nanti, Amien!Terimakasih,

  31. anak saya baru berumur 1 bln,dlm waktu dekat ini akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat dari denpasar ke jakarta, apa tidak berbahaya??

  32. banyak sekali yang tanya, sayang tanggapannya belum ada. sebenarnya saya sendiri juga ingin menanyakan hal yang sama. tapi mungkin harus mengambil kesimpulan sendiri.

    anyway, thanks for informasinya..

  33. Bulan agustus saya rencana membawa bayi saya berpergian ke amerika serikat. tepatnya di los angeles. waktu total terbang lbh dari 24 jam.
    Agustus nanti bayi saya berusia 6,5bln. tentunya sudah mulai makan. bagaimana cara persiapan makanan nya selama di pesawat dalam dalam masa tunggu di airport. karena saya sering bolak balik us-indo. lama perjalanan kadnag memakan 2 hari.
    mohon petunjuknya mengenai makanan bayi. makasih.

  34. Slmt mlm dokter, mhn sarannya…anak sy saat ini berumur 4bulan, dan rencana bulan desember nanti umur 5bulan, akan diajak ke ternate-maluku utara dari palembang dg menggunakan pesawat terbang.lalu besoknya perjalanan akan dilanjutkan kembali dr ternate ke halmahera tengah dg menggunakan kapal air selama krg lebih 2jam, dan jalur darat dg mobil krg lbh 3jam.yg ingin sy tanyakan:
    1.Apakah tdk berbahaya jika sy membawa anak sy di usia 5bln dg tekanan udara yg ada dipesawat dan jarak jauh yg ditempuh?
    2.Bagaimana membuat anak tdk rewel saat diperjalanan jauh tsb krn pasti bayi jg akan merasakan lelah/pegal dlm perjalanan?
    3.Adakah obat/vitamin khusus yg dpt diberikan kepada anak sy mengingat usianya msh 5 bln dan perjalanan ckp jauh?

  35. Slmt mlm dokter, mhn sarannya…anak sy saat ini berumur 4bulan, dan rencana bulan desember nanti umur 5bulan, akan diajak ke ternate-maluku utara dari palembang dg menggunakan pesawat terbang.lalu besoknya perjalanan akan dilanjutkan kembali dr ternate ke halmahera tengah dg menggunakan kapal air selama krg lebih 2jam, dan jalur darat dg mobil krg lbh 3jam.yg ingin sy tanyakan:
    1.Apakah tdk berbahaya jika sy membawa anak sy di usia 5bln dg tekanan udara yg ada dipesawat dan jarak jauh yg ditempuh?
    2.Bagaimana membuat anak tdk rewel saat diperjalanan jauh tsb krn pasti bayi jg akan merasakan lelah/pegal dlm perjalanan?
    3.Adakah obat/vitamin khusus yg dpt diberikan kepada anak sy mengingat usianya msh 5 bln dan perjalanan ckp jauh?

    Demikian pertanyaan saya dokter, mdh2an bs diberikan saran dan solusi yg terbaik.sblmnya sy ucapkan trm ksh..

    -Regards- “Dhafin’s Mom”

  36. Hya utk masukan sja..kmren sy hamil 8bln msh bsa naik pesawat dr papua k jakarta n dr jakarta k cirebon 1 minggu n plng lg k papua..dlm prjlnan cirebon k jakrta naik kereta 3jam n dr jakrta k papua naik pesawat 4 jam..allhamdulillah smuax lancar2 sja,klu mau bprgian jauh sbnrx trgntung kondisi ibu n babyx sja sih.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

