Larangan-larangan untuk ibu hamil

Bolehkah berhubungan seks saat hamil? bolehkah merokok?
bolehkah berolahraga? bolehkah melakukan rontgen? bolehkah mengemudi? bolehkah diet?

Terkesan memang ibu hamil banyak mendapatkan larangan-larangan, tapi pada dasarnya semua itu adalah anjuran untuk lebih berhati-hati. Bagaimanapun juga kondisi fisik ibu hamil adalah berbeda dengan kondisi normal, jadi kehati-hatian perlu dilakukan demi baca lebih lanjut larangan untuk ibu hamil

94 Tanggapan

  1. istri saya hamil 4 bln, pantangan – apakah yang tidak boleh selama masa kehamilan dan bolehkan ibu hamil bekerja. Untuk makan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi olaeh ibu hamil. terimakasih untuk infonya

    • tidak terlalu cape karena mengakibatkan keguguran apalagi msh hmil muda, dan memekan makanan yang bergizi seringlah berolhrga untuk kesehatan ibu dan bayinya

  2. Saya sedang hamil, sekarang usia kehamilan saya 4 bulan. Saya sering merasa sakit pada telapak kaki saya, seperti pegal-pegal tapi rasanya sangat kuat, sampai berjalan saja saya harus pelan-pelan sekali karena menahan rasa sakit. Bagaimana mengatasinya? karena saya bekerja, supaya tidak mengganggu aktifitas saya. Ditunggu jawabannya. Terima kasih………

    • ibu tuti…hal yang pling menyenangkn adl menanti kelahiran sang buah hati..untuk telapak kaki bengkak saya jg mengalaminya..sakit itu akibat peredaran darah yang tdk jalan,ibu harus sering menggunakan sandal bergerigi baik dirumah ataupun dikantor, harus sering jalan,jng menggunakan sepatu atau sandal berhak,rutin senam ibu hamil,untuk senam dirumah jg bisa dilakukan tanpa harus ikut club..smg bermanfaat….bagi-bagi info ya bu….

  3. saya sedang hamil, sekarang ini sudah jalan 21 minggu (5 bulan). sehari-hari saya bekerja dan tempat kerja saya ada di lantai 3. sebelum hamil ada minimal 3 kali saya naik turun tangga. tapi setelah hamil saya usahakan tidak sering-sering, kalau bisa hanya saat datang dan pulang saja. tiap hari saya naik kendaraan umum lewat jalan desa yang kondisinya rusak. dulu kalau ngantor saya pakai sepatu berhak tinggi, tapi sekarang saya ganti yang solnya rendah dan ukiran alasnya kasar. alhamdulillah, sampai sekarang saya sehat-sehat saja (semoga seterusnya, ya…^-^).
    saya pernah mengalami kram kaki waktu malam saat tidur, sampai terbangun. tapi itu karena selama beberapa hari saya kerajingan makan soto betawi yang isinya jeroan plus emping. semenjak itu saya makin hati-hati pilih makanan. Lalu sore hari sepulang kantor saya istirahatkan kaki sebentar sebelum mulai aktifitas lainnya, dengan duduk selonjor selama beberapa menit di tempat tidur. Kalau kaki terasa agak tegang biasanya saya rendam pake air hangat.
    Mba Tuti bisa ikuti cara saya, tapi kalau kurang membantu mohon maaf . coba konsultasikan sama bidan atau dokter kandungannya, mba.

  4. Alhamdullilah saat ini saya sedang hamil 9 minggu setelah 6 bulan menikah. Akhir – akhir ini saya terkadang stress berat sampai saya pendarahan. Bagaimanakah cara perawatan kehamilan pasca pendarahan. Apakah seperti sebelum mengalaminya. Apakah pendarahan mempengaruhi fisik si jabang bayi?

  5. Apa akibatnya jika ibu hamil sering menggunakan kosmetik yang banyak mengandung zat kimia, seperti pemutih muka, dan apa akibat dari pemakaian kosmetik tersebut?
    Apkah kosmetik yang bermerk “Tje Puk” baik digunakan untuk ibu hamil?

  6. Minta ijin untuk mengcopy yah … untuk adik saya yang sedang hamil.

    Terima kasih.
    Salam kenal

  7. sekarang saya juga lagi hamil pertama, senang bgt tp 2 minggu lalu saya kontrol k dokter kata dokter bayi saya sungsang (usia 21 minggu), saya juga kawatir. Saya cari banyak info mengenai bayi sungsang. dokter sich suruh saya (maaf) nungging. Saya pengen tau apa benar nungging bisa mengembalikan posisi bayi? dan jika bayi sudah k posisinya tp kita ga tau, kita masih nungging terus apakah gak berpengaruh pada bayi (mutar balik lg)?.

  8. Alhamdullilah saat ini istri saya sedang hamil 2bln, tpi dua hari yg lalu sa’at kami sedang ML,istri saya ada sedikit mengeluarkan darah pada kemaluanya. tapi istri saya nggak ngrasa sakit,tpi saya jadi khawatir dengan kejadian ini,yg mau saya tanyakan apakah berbahaya dengan kandungan istri saya. dan apa yg harus istri saya lakukan,agar kandunganya sehat.trms.

  9. Bu..sy skrg lg hamil 6 bulan makanan/minum apa utk membuat mudah saat persalina dan baik utk kecerdasan bayi? Terima kasih

  10. Bu..!sy skrng lg hamil 6 bulan,sy mau nanya makanan dan minuman apa sy yg membuat mudah di saat persalinan dan jg baik buat kecerdasan bayi. Terima kasih

  11. blm tau mau nulis apaan..

  12. Bu… sekarang sy lg hamil 3 bulan, sy mau tanya ni… trimester pertama kehamilan sy, sy sering sekali berjalan2 menggunakan motor. sy khawatir dgn goncangan2 yg terjadi saat sy berkendara. dan saat sy bersin perut bagian bawah saya terkadang merasa agak sakit. apakah berbahaya? seharusnya bagaimana? terima kasih

  13. sekarang saya sedang hamil 3 bulan dan bolehkah saya banyak berjalan jalan di tunggu jawabanya terima kasih

  14. saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan apa larangan yang bisa membuat bahaya buat yang sedang hamil karna saya sangat kawatir dengan kandungan saya mohon jawabannya

  15. Alhamdullilah saat ini saya sedang hamil 2bln, tpi dua minggu yg lalu sa’at sedang ML,saya ada sedikit mengeluarkan darah pada kemaluan saya. tapi sedikitpun saya nggak ngrasa sakit, saya khawatir dengan kejadian ini,yg mau saya tanyakan apakah berbahaya dengan kandungan saya. dan apa yg harus saya lakukan,agar kandunganya sehat.trms.

  16. Trima kasih atas tipsnya

  17. saya berusia dua puluh delapan tahun sudah menikah dan istri baru hamil jalan ke tiga bulan, hamil yang pertama. tgl 8 agustus 2009 menikah. tanya, saya suami yang sering mengajak istri untuk bermaik seks, apa mempengaruhi dengan kehamilan istri saya kalau keseringan melakukan hubungan seks?

  18. Saya skrg hmil 8 minggu 2 minggu trakhr mual2 truz dan skrg mualny tmbh parah kdang prut sampe skt skali…smg tipsny dpt brmanfaat.tks

  19. bu..saya jg lagi hamil muda ney…usia hamil saya 2-3 bln jln…selama hamil saya g bs makan apa2..sampe bdn saya kurus bngt…,dan kadang2 perut saya juga sering sakit,rasa’a kmbung..,saya jg udah periksa ke Dr dan hasil’a saya g ada apa2..dan kandungan saya jg sehat2 z…tp knp kok rasa sakit itu msh ada d perut saya…apa itu emang biasa bgi ibu ibu hamil…?tolong d bls y bu…..

    • itu memang biasa bagi ibu hamil dan itu bawaan bayi,ibu gak ush khwatir untuk kshtan bayi tapi ibu usahakan memakan makanan yang berg9izi dan berolhrga ringan aslkan jangn smpe kecapean serta minum vitamin.

  20. ass.. Alhamdulillah saya skr sedang hamil, usia kandungan saya skr 2 bln.. Saya mau menanyakan apakah memakai cream malam pada masa kehamilan berbahaya apa tidak ? Trima kasih atas infonya. Wasalam

  21. Salam.. cuma nak tny.. adakah ubat yang kita mkn boleh menjejaskan kandungan baju cthnya 2-3 minggu..

  22. Salam.. cuma nak tny.. adakah ubat yang kita mkn boleh menjejaskan kandungan baru cthnya 2-3 minggu..

  23. Saya mau nanya,sy skrg hmil 2 bln,blehkan minum air kelapa n ibuhamil muda,bolehkah tidur pagi

  24. bu istri saya baru hamil kurang lebih 2 bulan. saya bahagia karena ini anak pertama yang saya tunggu hampir 4thn dari pernikahan tahun 2006. yg mau saya tanyakan makanan ma kegiatan apa yang ga boleh dan makanan apa yang baik untuk kandungan? terima kasih

  25. maaf Bu, sya mw tnya2 sdkit.. istri sya skrg sdng hamil 14 minggu, saat kami periksa ke bidan lalu bidan tersebut menganjurkan untuk ke USG, hasil dari USG mengatakan bahwa tidak ada denyut jantung si bayi dan tanda2 kehidupan dari si bayi, tp setelah tes urin kembali, hasilnya positf hamil…. yg saya ingin tanyakan, Apakah yg harus kami lakukan ?? tolong jawabannya segera, terima kasih.

  26. penjelasan mengenai ibu hamil yang menyusui saya rasa masih kurang jelas dan tegas tolong dibalas . mengenai kebolehan ibu hamil menyusui, dalam pandangan ilmu kedokteran, trima kasih

  27. umur 41, hamil menginjak 6 bulan. kenapa badan2 terasa pegal terutama di bagian tangan , sampai menggenggam pun tidak bisa. trus tidur tidak nyenyak .
    apakah dari faktor usia atau dari faktor lain. kira2 apa obatnya untuk pegal2 dan makanan apa untuk mengurangi rasa pegal ??? terimakasih atas jawabannya

  28. hamil 2 bulan apa boleh mengadakan perjalanan jauh? jalannya belum aspal benjol-benjol.

  29. bu….sya mau tnya apakah org hamil tidak boleh makan mie instant krn sya suka bgt mkan mie instant,tp ada yg mberitahu sya bhwa org hamil tdk blh mkan mie instant saya mau tau knp alasannya? skrg usia kandungan saya 4bln……mohon informasinya,,,,trimakasih

    • setahu saya makan mie instan tidak boleh karena akibatnya kandungan akan cepat membesar sehingga akan mengganggu proses persalinan.

  30. klo ibu hamil boleh ga narkoba??ml gonta ganta pasangan blh ga??

  31. saya sedang hamil 23 minggu,apakah saya boleh berhubungan seks dengan suami saya….sedangkan saya suka merasakan sesak/sakit….bagaimana caranya????terima kasih

  32. sya bru pertama kali menggalami yang namax HAMIL, kni k hamlan sya beranjak 6 bulan . nah krne sya bru pertama kali hamil , makanan ap sja yang tdak boleh d makan saat hamil & makanan ap sja yg harus d konsumsi ibu hamil (baik )

  33. sekarang saya sedang hamil yang pertama sekarang kehamilalan saya 4bln. saya mau tanya kenapa yah kalau saya terlalu lama duduk tulang rusuk saya sering sakit?
    tolong kasih solusinya.

  34. istri saya hamil jalan 3 bln, tp mual2 terus gak ada brentinya, smp mengganggu kerjanya. Kenapa ya?

    • Itu pengaruh kehamilan pak, begitulh seorang ibu yang sedang hamil muda. Biasanya ada orang yang lebih para ngidamnya daripada istri bpk,ada yang tidak bisa makan sampai hamil 5 bulan,ada yang tidak bisa bangun karna kebanyakan muntah, ada yang tdk mau lihat matahari, ada yg tdk mau masak atau menyentuh dapur dll.popoknya macam2lah klo ibu2 pada ngidam.Jadi tdk usah khawatir,begutlh reziko kehamilan. Yg penting nutrisi untuk bayi bgus n vitamin yg cukup. Sabar yah pak,berikn semangat kpda istri bpk agar dia tdk stress. Selamat yah !

      • betul yang dikatakan oleh bunda nila, tapi saran saya isteri bapak dianjurkan makan-makanan ringan seperti biskuit pada pagi hari, ngak usah banyak… sedikit aj yang penting sering. kemudian, jauhkan makanan yang dapat memicu mual/muntah seperti makanan yang bersantan, gorengan, dan lain2 yang isteri bapak tidak suka.

  35. saya lagi hamil 2bln.saya merasa sering merasakan sakit pada perut saya.dan bagaimana cara solusinya?dan apakah pada saat hamil 2bln,saya dan suami saya tidak boleh melakukan hubungan suami -istri?apakah itu akan mengganggu janin yang ada dalam kandungan saya.blz yach

  36. kurang lengkap dan ada yg tidak terjawab

  37. saya lagi hamil pertama saya sering naik turun tangga sehari hampir 5x naik turun tangga,soalnya saya tinggal di atas,saya sering merasakan sakit sebelah kiri d bwah pusar sama pinggang klu hbs jln jauh terasa panas apakah itu reaksi dari kehamilan???
    apa yang harus saya lakukan agar kandungan saya tdk sakit lagi,dan bayi saya sehat

  38. waktu saya oprasi karena sakit payudara,saya lagi hamil pertama,kondisi saya lemah banget,sedangkan tidak ada satupun yang tahu bahwa saya lagi hamil termasuk dokter yang mengoprasi saya,selesai oprasi obat trus dikasi sama dokter,apakah obat-obatan itu bisa mempengaruhi kesehatan bayi yang saya kandung????

    • Masya Allah, ibu tdk boleh menyembunyikan kehamilan ibu sama dokter. ibu harus jujur kpdnya. Masalahnya obat yg dikasi itu keras dia akan membahyakn bayi dan ibu sendiri. klo obat itu tdk cocok dngn bayi jelas akan terjadi sesuatu. Insya Allah dokter akan beri obat yg aman untk bayi. Jagalh bayi ibu dan lindungilah dr sesuatu yg merusaknya. Segeralh konsul dngn dokter !

  39. saya sedang hamil 3 minggu, apakah masih boleh melakukan kebiasaan merokok?

  40. saya hamil 7 bulan apa ada pantangan bagi ibu hamil untuk rebonding atau smothing
    makasih tips nya

  41. saya hamil 4bln anak yg ke2.saya sering mengalami sakit perut,dan kalau mau melakukan hubungan suami istri sy merasa takut dan merasa kurang nyaman.Boleh atau tidak saya melakukan hubungan itu.

  42. makasih infonya….

  43. bolehkah wanita hamil menggunakan krim pemutih wajah?

  44. mau tny….kalo hamil 6 minggu, boleh minuman soda gak sm kopi tp kopinya biasanya copimix?ga kopi item? makasih….

  45. saya baru hamil 1 bulan, dan saya sering mengalami sakit perut bagian bawah dan nyeri setelah duduk… apa ada dampak negatif dgn keluhan saya ini?? tolong sarannya, terima kasih….

  46. Mau Bertanya ..!!.. Istri Saya sedang hamil 1 bulan. Pertanyaan Saya : Kenapa Istri Saya agak lebih sensitif & gampang emoso disaat sedang hamil ..??.. Bagaimana cara berhubungan Suami Istri yang sehat buat kami ..??.. Terima Kasih atas penjelasan Ibu .. .. ..Mau Bertanya ..!!.. Istri Saya sedang hamil 1 bulan. Pertanyaan Saya : Kenapa Istri Saya agak lebih sensitif & gampang emoso disaat sedang hamil ..??.. Bagaimana cara berhubungan Suami Istri yang sehat buat kami ..??.. Terima Kasih atas penjelasan Ibu .. .. ..

  47. saya baru hamil sekitar 1 bulan, saya bekerja n dtmpt krja saya berada dilantai4, tiap hari saya naik trun tangga waktu dtang n plg saja, apakah mengganggu kehamilan saya? terima kasih

  48. sy hamil 17minggu.sjak hamil sy mngalami kputihan,hingga sebabkn gatal2 di daerah V.apakh brbahaya atau wajar2 sj?

  49. sejak pertama kehamilan saya merasakan mulut pahit dan asam pinggang pegal2 kadang keram di bagian pinggang. Kehamilan saya sudah 3 bulan. apakah itu berbahaya dengan kehamilan saya?

  50. sya ,hamil baru msk 1 bulan,tp mengalami batuk2 dan sakit tenggorokan ,yang membuat perut jadi sakit.

  51. sy hamil masuk 4bulan…mslh sy yg skang nie adalh kmaluan sy slalu b’drh tetapi tdk merah…msuk hri ini da 2 mggu bgini….apkh yg b’laku sbenar nyer…sy pn tdk thu krn sy hamil ank sulung…

  52. sy sdng hamil 2 bln,sy ska skt dbwh perut dan mengeluarkan flek warna coklat.apakah tu brbhaya bwt kandngn saya.

  53. istri sy sedang hamil 7 bln, gi2nya sering sakit sampai ke kepala, obat apa yg harus d minum

  54. assalamualaikum,
    salam hormat saya,
    saya mau bertanya, istri saya baru diponis hamil baru 3 minggu. Katanya dia lemas2, mual2, dan merasa tidak ingin melakukan aktifitas apa2, apakah itu wajar?
    dan yang kedua, makanan dan minuman apa saja yang dilarang dan yang dianjurkan supaya istri saya mendapatkan kelancaran pada saat nanti melahirkan juga mendapatkan bayi yang sehat?
    Terima kasih sebelumnya!

  55. Sya bru menikah 1 thun,dan slma 1 thun ini mnggunakan KB suntik perbulan dkarenakan akn mnunaikan ibadah haji,jdi khmilan dtunda,dan skrg alhmdllah sdah slsai,dn ingin proses k’hamilan,
    Pemakaian KB suntik dhentikan,brp lama k’suburan rahim sya akn kmbli,krna ktany kalo KB suntik bkin rahim kering,dan solusi ap yang tbaik untuk m.ngembalikan k’suburan rahim sya,
    ☆ †h♌nk γ☺u ☆

  56. sya bru hmil 1 bulan tp sya bker ja slalu d dpan komputer slama berjam-jam dan trkadang skit d bgian punggung bgaiman cra mngatasi.a ???
    trima ksih …

  57. Bagus sekali artikel ini.kebetulan saya tengah hamil muda,memasuki bln ke 2

  58. Apakah ibu hamil tidak boleh makan kerang,udang dan cumi?

  59. Apa kah pda ibu hamil pada usia 2 bulan it g boleh ber aktifitas tyus ap g bolech lelah n ap bnr low trjatuh it membuat ke guguran pda bayi yg ad dlm purut it??? Aku tunggu jwban xa!!!

  60. saat ini saya sedang mengandung anak pertama saya. saat ini usia kehamilan saya menginjak minggu ke 35. yang ingin saya tanyakan apakah ibu hamil saat hamil tua seperti saya tidak boleh tidur siang? alasannya karena bayinya saat lahir nanti dikepalanya akan banyak kerak. terima kasih ditunggu jawabannya.

  61. Sore dok….
    Umur sy 31th,sy mau tanya,smpe skrg sy blm dtg bulan,mens trakhr sy tgl 1-7 januari,stlh d tespeck hslnya positif?
    1.sudah berapa minggu umur kadungan sy?
    2.sblm sy tespeck kmrnnya sy mengalami gatal yg amat sngt d bibir vagina,sy garuk2 smpe bentol,apakh kejadian itu akan brpengaruh pd janin sy dok?
    Atas jawabannya terima kasih

  62. Sore dok….
    Sy ibu rmh tangga brumur 31,sy mau tanya?smpe skrg sy blm dpt mens,mens trakhr tgl 1-7 januari,stlh sy tespeck hslnya pstf,
    1.sdh brp minggu umur kndungan sy?
    2.sblm sy tes,kmrn2 sy mengalami gatal2 yg amat sngt d bagian bbr vagina sy garuk2 smpe bentol,apakh kejadian td akan brpengarh pd janin sy?
    Atas jawabannya sy ucapkan bnyk terima kasih

  63. Sy hmil 1bln,mau tny,apkh kbiasaan sy mastrubsi,ml,tdr2 mlas2n,naik trn tgga n bkrja brbhya?

  64. Saat ini sy sedang hamil 3 bulan dan larangan makan apa yg tdk boleh di makan selama hamil.
    Terima kasih???

  65. saat ini saya sedang mengandung anak pertama & usia kandungan saya sudah 5 bln 9 hari.ada yg saya mau tanyakan : apa ibu hamil tidak boleh minum kopi?

  66. selamat siang dok,saat ini sya sedang hamil 2 bln ank pertama,yg mau sya tanyakan maaf dok,sudah 2 hri ini di celana dlm sya mengeluarkan warna coklat lalu bsknya keluar warna hitam,perut sya jg sakit dan sya mual dan muntah terus baik di rumah maupun di kantor.itu sebabnya knp ya dok?

  67. sya sedang hamil 2 bulan anak pertama.sudah 2 hari ini maaf di celana dalam sya keluar warna coklat dan warna hitam,lalu sya jga msh sering mual dan muntah baik di jalan maupun di kerjaan.itu sebabnya knp ya dok?

  68. kenapa ibu hamil mengeluarkan banyak keputihan…..ada solusinya?

  69. Sya skrng hmil 4 bln,,sya sring mnglmi pusing,sesekali saya sring mrsa kn mual,,
    bgaimna cra mengatasi ny n makanan ap az yg blh saya konsumsi.
    Dan apakah boleh saya smoting or diribonding?

  70. Saya mau tanya saya nikah uda dapat 6 bulan tpi bl0m jg ad tanda2 hamil,trus bgaimana crax supaya saya cpat dapat momongan..apakah faktor sakit dilep jg brpengaruh dlm hal kehamilan.

  71. bu saya sekarang sedang hamil 7bln knpa bawaan nya sllu stres apkh ini akn mengganggu khamilan saya,apakah solusi yg baik untuk mengatasi smwa ini

  72. gimna caranya untuk tau kalo kandungan saya sehat?selain dengan usg..karna saya ingin tau perkembangan dan keshtan janin saya setiap harinya…thanx

  73. istri sya skrng sdng hmil 7 bln sya mau tnya kn istri sya pke pemutih tpi tdk ada merek yh bahaya g yh???trima ksih

  74. sekarang saya hamil masuk 4bulan, pertanyaan saya bilakah saya mula merasa gerakan pertama pada bulan pertama..?..keadaan mual dan sering muntah yang saya rasakan sehingga bulan keberapa..?

  75. bolehkah ibu hamil pakai pemutih wajah?

  76. saya hamil 7minggu,boleh ga pake krim malam? saya takut wajah saya kusam kalo ga pake.. gmn solusinya? makasih

  77. saya hamil 5 bulan kok perut saya masih gak keliatan,,umur berapa bulan baru keliatan perut,,,

  78. Makasih infonya, ini sangat bermanfaat terutama bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Pengalaman saya, karena ketidaktahuan, saat hamil istri saya sering mengkonsumsi softdrink yang berkarbonasi, akibatnya fatal..sampai keguguran.

    • nany
      saya sekarang hamil memasuki usia 14 minggu..
      yang saya sering rasakan saat ini punggung bagian bawah suka terasa pegal”cara untuk mengurangi rasa pegel tu gmna ya, apakah saya harus minum jamu ..????? trimakasih ….

  79. Hamil 4 bulan sering pusing tensi dibawah 100/70 gimana y

  80. bu pengen share. .saya barusan berhubungan sama istri saya. ,istri saya lagi hamil 7 bln,ketika berhubungan ada darah sedikit dr vagina istri saya,,itu berbahaya ga ya dok?,trims. .wassallam.

  81. saya lg hamil jalan 8 bulan n keluar darah divagina apakah itu berbahaya bagi janin saya tolong dibantu jawabannya ya????

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

