Perkembangan gerak/motorik bayi lambat ?

Dari milis ayahbunda / booklet bonus ayahbunda

Sebenarnya anda dapat mendeteksi keterlambatan motorik aksar anak.
Gejala-gejala tersebut antara lain :
Bayi terlalu kaku atau terlalu lemah
Perhatikanlah apabila si kecil terus berbaring tanpa melakukan gerakan
apapun serta kepalanya tidak dapat diangkat saat digendong. Ini
menunjukkan motorik aksar si kecil terlalu lemah.
Gerak anak kurang aktif
Perhatikan bila gerak anak kurang aktif jika dibandingkan dengan anak
sebayanya. Misalnya pada usia 6 bulan belum dapat tengkurap.

Kapan Kita Perlu Waspada ?
Ukuran kepala abnormal
Anak yg kepalanya terlalu besar atau terlalu kecil dibandingkan dengan
anak sebayanya. Misalnya kasus Hidrosefalus (cairan menimbun dalam otak)
atau mikrosefalus (kepala kecil akrena otak tidak tumbuh dengan
maksimal)
Proses persalinan tidak mulus
Proses kelahiran sulit misalnya persalinan macet (bayi tidak dapat
keluar sehingga bayi tidak langsung menangis) ini juga dapat mengganggu
perkembangan motor kasar si kecil.

Penyebab keterlambatan motor kasar.
Penyebab ketelambatan motor kasar, menunjukkan adanya kerusakan pada
susunan saraf pusat seperti Celebral Palsy (gangguan sistem motorik yg
disebabkan oleh kerusakan bagian otak yg mengatur otot-otot tubuh),
perdarahan otak, benturan (trauma) kepala yg berat, adanya kelainan
sumsum tulang belakang, penyakit saraf tepi, atau Poliomielitis yg
menyebabkan kelumpuhan, dan terakhir Distrofia Muskulorum atau penyakit
otot.

Faktor pengahambat lainnya.
Selain berbagi penyebab keterlambatan motorik kasar anak, ada juga
faktor-faktor yg dapat mengahambat motorik aksar anak, yaitu :
Trauma di kepala, misalnya akibat kelahiran yg sulit.
Anak yg memiliki intelegensia rendah.
Kelahiran prematur.
Anak kekurangan gizi sehingga otot-otot tubuhnya tidak berkembang dengan
baik dan ia tidak memiliki tenaga yg cukup untuk melakukan aktivitas.
Anak yg sangat behati-hati ketika belajar berjalan.
Anak takut jatuh atau cedera, padahal ia sudah dapat berjalan sambil dipegang tangannya.
Tetapi kalau pegangannya lepas si kecil akan mogok berjalan dan langsung duduk.
Orangtua yg terlalu protekftif (melindungi) sehingga menghambat anak untuk melatih ketrampilan motorik kasarnya.

Cara Mengatasi Keterlambatan
Jika memang ditemukan adanya keterlambatan dalam perkembangan motor
kasar si kecil, harus segera ditelusuri penyebabnya sebelum menentukan
apa yg harus dilakukan. Bila penyebabnya karena masalah perbedaan pola
asuh (terhadap jenis kelamina anak) atau orangtua yg terlalu protekftif,
maka pertama-tama yg harus diubah adalah sikpa orang tua. Orang tua
harus membiarkan anak bergerak bebas sebatas tidka membahayakan si
kecil. Dengan upaya ini si kecil semakin terpicu untuk melatih semua
tahap perkembangan motor kasarnya.

Tetapi kalau penyebab keterlambatan tersebut karena kelainan tubuh
tertentu maka harus dikonsultasikan dengan dokter anak. Berbagai
kelainan tersebut misalnya otot yg tidak berkembang secara optimal atau
karena adanya gangguan saraf tepi, kelainan sumsum tulang belakang,
kurangnya tenaga untuk beraktivitas, ukuran kepala bayi yg abnormal
serta kerusakan susunan saraf pusat. Melalui berbagai pemeriksaan dokter
dapt mendiagnosa penyebabnya dan mengatasi gangguannya.

Selain kedua hal di atas masalah keterlambatan perkembangan motor kasar
si kecil dapat pula disebabkan kurangnya ia bergerak atau kurangnya
rangsangan. Kalau hal ini yg terjadi tata laksana yg dapat dilakukan
adalah dengan rehabilitasi medik antara lain melalui fisioterapi.
Fisioterapi dapat menajdi salah satu alternatif jalan keluar yaitu
dengan melatih otot-otot tubuh si kecil sehingga kemampuan motor
kasarnya diharapkan berkembang optimal.

Untuk menjadi manusia yg sempurna sejak dalam kandungan bayi mengalami
proses tumbu kembang yg kompleks. Dan hal ini berlangsung tahp demi
tahap seiring dengan bertambahnya usia seorang anak. Bisa saja tahapan
perkembangan motor anak tidak sesuai dengan perkembangan normal. Karena
pertumbuhan dan perkembangan setiap anak memang tidak sama, tetapi
seperti diketahui, keterlambatan ini ada yg tergolong normal, sebaliknya
ada yg tidak. Bila masih tergolong normal dengan lingkungan yg mendukung
atau rangsangan yg tepat maka keterlambatan ini bisa dikejar. Tapi bila
keterlambatannya karena suatu kelainan maka anak harus mendapat
penanganan yg tepat.

Oleh karena itu disinilah peran penting orang tua untuk memantau dan
memperhatikan perkembangan anak tahap demi tahap. Dengan demikian bila
ada kelainan dapat segera diketahui dan ditangani secara cepaat dan
tepat.

About these ads

97 Tanggapan

  1. saya mau tanya anak saya umur 9 bln 15 hari tapi belum dapat duduk sendiri, dia harus mencari pegangan untuk membantunya duduk. dan kenapa pada usia ini anak saya blm tumbuh gigi ? apakah ini masih tergolong normal ?

  2. dear mbak dini,

    pertumbuhan setiap anak kan memang unik dan nggak sama satu sama lain. saya juga pernah punya kekhawatiran yang sama terhadap anak pertama saya, yang umur 9 bulan belum bisa duduk juga. bahkan ketika didudukkan masih harus menggunakan penyangga (bantal/guling).

    kl anak mbak sepertinya sudah bisa duduk ya, hanya saja perlu berpegangan ketika ingin duduk. menurut yg saya baca, sebenarnya anak kita bukannya tidak bisa, tetapi belum tau caranya. nah…tugas kita sebagai ortu utk tidak bosan2 membantu dan membimbing anak kita dengan memberikan stimulasi dan mengajarkan caranya.

    kl tidak salah anak saya dulu umur 10 bulan baru benar2 bisa duduk sendiri dengan tegak, dan tidak melalui fase merangkak.

    oiya, utk masalah gigi berdasarkan yg saya baca, tumbuh gigi pertama pada bayi adalah 6-12 bulan. jadi saya rasa 9 bulan belum tumbuh gigi tergolong masih normal ko’ mbak.

    utk lebih lengkapnya info seputar gigi bisa dicek di sini:

    http://bayikita.wordpress.com/2007/10/31/dok-anak-saya-giginya-belum-tumbuh-juga/

    ~semoga membantu ya.. :)

  3. sy mo nanya,anak sy umur 6 bulan kok belum begitu kuat mengangkat kepalanya?dan kalo sy gendong atau pegang si de2k kok lembut sekali y,kayak tulangnya kurang kuat.apa yang sy harus lakukan

    • salam, sekarang bagaimana anaknya? sudah kuat? kira-kira kini umurnya mau masuk 3 thn. apa yan tuti hidapi itu kini saya juga mengalaminya.. nak saya sudah 6 bulan tapi masih belum kuat mengangkat kepalanya.. doktor sudah menjalani ultrasound, mri, ujian darah dan air kencing tetapi semua nya normal… saya jadi bingung dan masih mikirin apa yang perlu saya lakukan

    • saya mau tanya anak saya sdh usia 3 thn tapi ia belum bisa berjalan dan duduk, jika didudukkan harus dikasih bantal

      • anak saya tgl 17 besok 1 th….juga blm bisa duduk sendiri berdiri.coba bapak periksakan ke dr.specialis atau lwt fisioterapi

  4. Saya mau tanya? anak saya umur 11 bulan tapi dia belum bisa duduk sendiri.saya bingung, apa karna saya terlalu protect?apa yang harus saya lakukan?tapi gigi dah numbuh 6.

  5. anak saya umur 2 tahun, tapi masih belum lancar bicara. hanya sedikit kata yang jelas.mengenai kondisi fisik, sepenglihatan saya baik-baik saja. bahkan tahun lalu anak saya menang lomba ceria.apa yang harus saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicaranya ya?

    • berikan saja rangsangan pada anak dengan cara selalu aktif mengajak berbicara anak anda ,kenalkan benda bnda disekitar anda meskipun anak anda blum bsa berbicara tapi dia sudah bisa merekam apa yg anda katakan..
      dgn begitu nanti anak anda akan terbantu dalam berbicara
      jadi menurut saya anda harus menjadi seorang ibu yg cerewet dalan mengenalkan maupun mengajak anak anda berbicara

  6. Banyak kelainan pada kehamilan atau pun kelahiran yang disebabkan oleh infeksi virus TORCH (toxo, rubella, cmv dan herpes)

    Alhamdulillah, atas anugerah Allah SWT, kami telah banyak membantu mereka dengan metode pengobatan yang kami tekuni, Aquatreat Therapy.

    Silakan kunjungi website kami di http://www.spesialis-torch.com

    Semoga Manfaat.

  7. Say mau tanya Dok ?
    Usia anak saya sudah 10 bulan dia sudah bisa tengkurap sendiri , bisa berkata mama papa apa dengan jelas tetapi masih belum bisa duduk sendiri kalau masih di dudukkan biasanya masih agak goyang ? kalau gigi juga belum tumbuh ?
    apa yang harus saya lakukan?
    Terima Kasih

  8. Ass
    salam kenal

    Dok saya mau tanya, anak saya umur 8 bulan, anak saya tidak gemuk, sampai sekarang belum bisa duduk sendiri, baru bisa tengkurap itupun cuma sebentar-sebentar.kebanyakan anak saya terbaring. apa yang harus saya lakukan.? tolong saya dok

  9. Ass.
    Trimakasih atas informasi artikelnya.
    Saya punya bayi laki-laki usianya sekarang 5 bln. sampai saat ini bayi saya blm bisa tengkurap sendiri, meskipun saya sering melatihnya tengkurap. Tetapi, kalo dia diberdirikan di pegang ketiaknya oleh saya, dia sudah bisa menyangga dgn kaki, dan sangat aktif melompat-lompat senang. Kalo ditidurkan dia kadang gak mau dan lebih senang didudukan, juga selalu mengangkat bahunnya berusaha untuk duduk. Dari usianya 3 bln lehernya sudah kaku dan sdh bisa tegak. Berbeda dgn kawan seusianya di lingkungan sekitar rumah. Untuk usianya yg bru 5 bln itu apakah termasuk perkembangannya normal? Atau terlalu cepat? saya dengar bahwa gejala autis itu salah satunya adalah perkembangan motorik nya yang terlalu cepat. Mohon penjelasan, apakah saya boleh kawatir anak saya terkena autis. trimakasih banyak sebelumnya…

  10. dok, saya mau tanya anak saya perempuan usia 7 bulan sudah bs tengkurap dan suka guling2 di kasur,sudah tumbuh gigi,dan antusias banget ngedengerin orang ngobrol.kepala anak saya tdk mulus dok ada semacam lekukan dikanan atas dan dikiri bawah.saya selalu mengelus2 kepalanya kalo lagi digendong dan mandi.bahaya ga sih dok lekukan dikepala?

  11. Dokter, anak saya menderita hidrosefalus sejak lahir, saat ini usianya 2,5 thn, dan telah dilakukan operasin (shunting) pd usia 10 bln. Sejak lahir dan sampe skrg anak saya suka kejang walau badan tidak panas. Skrg hanya bisa berbaring dan belum bisa bolak balik atau tengkurap, kalo saya kasi tengkurap dan saya pegang kedua tangannya dia mulai berusaha angkat kepala. Saya sdh coba lakukan fisioterapi, namun belum ada perubahan. Terapi apa lagi yg harus saya lakukan, dan kalo dijakarta dimana saya bisa temukan yayasan untuk penderita hidrosefalus, krn saya butuh sharing dan informasi lebih lanjut untuk penanganan, trims. (indrakarlesa@ymail.com)

    • terimakasih sebelumnya anak sy juga ada cairan dikepala…. umur 2 tahun 6 bulan baru bisa jalan walaupun masih kurang seimbang, sekarang belum saya periksa lagi dengan MRI ataupun belum di operasi pasang selang,sy coba pengobatan alternatif karena sy baca di internet banyak yg mengalami penyumbatan setelah pasca operasi,sehingga harus dioperasi berkali-kali, saya beri minum air bio, mungkin air tersebut yg membantu anak saya sehingga bisa sehat dan ceria sampai sekarang, perbulannya kami habis 1 dus rp 300.000, semoga info dari kami bisa membantu,

  12. anak saya sudah usianya 2 tahun 10 bulan, sampai saat ini belum bisa berjalan sendiri, serta belum mau untuk mengunyah makan yang keras (nasi) sehingga sampai saat ini dia masih diberi makanan bubur. Untuk berdiri, sudah bisa tapi dengan bantun itupun tidak bisa terlalu lama. Kami sering memberi rangsangan untuk jalan dengan dibegang ketiaknya, dia kelihatan senang, tapi terusteranga kami khawatir karena ada yang bilang katanya kalau dipaksakan tulang kakinya akan cacat. Kami saat ini masih terapi Rehabilitasi Medik sudah hanpir dua tahunan, dan menurut dokter, katanya pertumubuhan tulangnya tidak ada masalah. Apa yang sebaiknya kami lakukan dok, supaya anak kami bisa cepat bisa jalan dan bisa makan dengan normal. Untuk duduk dia sudah bisa melakukannya sendiri.

    • Anak saya jg mengalami hal yang sama nih, belum dpt berjalan dan belum bs makan yang keras seperti nasi.. Anakny pernah diterapi dimana y? Mohon infonya. Anak saya skrg usia 20 bulan

  13. anak saya 3,11 tahun, secara fisik anak saya besar dan tinggi, namun saat bermain tangga, si Anak agak takut pada saat menuruni anak Tangga karenanya selalu berpegangan, serta pada saat memegang pensil untuk menulis disekolah (TK A) sepertinya lemas dan kurang tenaga, sehingga kesulitan dalam mengajarinya menulis, bagaimana cara melatihnya Dok, dan apakah ini merupakan bagian dari Motorik kasar yang kurang terlatih?
    Makasih

  14. Mau nanya ?
    bayi saya sudah 6 bulan lebih tapi masih blm kuat menahan kepalanya dan juga kakinya masih terlalu lemah.
    Apakah ini pertumbuhan yang sangat lambat.
    Atas jawaban kami ucapkan terima kasih

  15. ass.
    mau tanya anak saya sudah mau berumur 1 thn tetapi belum bisa tengkurap , duduk dan sebagainya …
    dia hanya tidur berbaring …
    ditengkurapin nangis … atau hanya sebentar setelah itu di ia balik lagi pada posisi terlentang

    saat d angkat kepalanya ikut mengangkat .
    gerak nya aktif .
    semua normal

    saya tidak tahu mengapa anak saya lambat …
    tolong informasinya …
    trmakasih

    • Mbak, sekarang gmn anak nya udah bs tengkurep ?

    • Apa kbr ny bu? Smoga dlm keadaan baik, juga dengan ank ibu, amin. Sy juga pnya baby 1,2 thn, tp blm bs dudk sendiri, dia hnya bs guling d lantai, klo mengguling mmg cukup lincah, skrg dah besar ank ibu kan? Klo boleh tau dah bs apa bu? N ibu terapi ato sprti apa? Mohon info ny bu buat kesembuhan ank sy. Trima kasih.

    • Mohon informasinya Bu sekarang anak nya ibu sdh umur 3 thn tahap perkembangan nya gmn apa sdh sesuai perkembangan?krn anak Saya jg seperti itu umur 7bln lebih masih belum bisa semua hanya bisa berbaring tangannya pun tdk bs meraih mainan atau memegangnya,tp gerak aktif kepalanya jg bs angkat klo ditengkurapkan, mohon informasinya y BU terimakasih

  16. ass.
    mau tanya anak saya sudah mau berumur 1 thn tetapi belum bisa tengkurap , duduk dan sebagainya …
    dia hanya tidur berbaring …
    ditengkurapin nangis … atau hanya sebentar setelah itu di ia balik lagi pada posisi terlentang

    saat d angkat kepalanya ikut mengangkat .
    gerak nya aktif .
    semua normal

    saya tidak tahu mengapa anak saya lambat …
    tolong informasinya …
    trmakasih
    Balas

  17. dok,

    tolong tanya anak saya usia 16 bulan tapi masih belum dapat berjalan. berat badan 10.7 kg perempuan, pada waktu hamil 2 bulan saya terkena cacar air. apakah hal tersebut mempengaruhi gerak motorik anak saya? kalau ya terapi apa yang harus saya berikan pada anak saya? terima kasih

    • Ibu patricia bisa konsul ke dokter spesialis anak atau bs datang langsung ke Fisioterapi, untuk membantu melatih anak untuk bisa berjalan. Terima kasih dan smg bs membantu..^^

    • Yang ibu patricia alami juga saya alami, anak saya sudah umur 22 bulan berat 12 kg klo jalan blum bisa tapi titah sudah tangan satu.

  18. Anak saya perempuan umur 14 bulan mengalami gangguan pertumbuhan pada bagian persendian dan tulang belakang kalau duduk harus disangga. apabila berbaring sendi selangkangan bisa lurus, sudah konsultasi ke dr. anak katanya tidak apa2 hanya perlu rangsangan namun sejauh ini sudah dicoba sesuai petunjuk dari dokter namun belum membuahkan hasil yang maksimal mohon pencerahan dan solusi terimakasih

  19. anak saya kasusnya sama seperti yang dituliskan saudara budi namun ada yang perlu ditambahkan belum dapat menerima respon yang normal seperti anak bayi pada umumnya yang ingin saya tanyakan bagaimana kiat-kiat untuk mengatasi permasalahan seperti ini dengan cara alami. terimakasih

  20. Anak saya 11 bln…. tapi kok baru tengjkurap….
    blm tumbuh gigi??
    blm bisa duduk????
    gimana ya????

  21. Aslm.dok mau tanya.anak saya 9 bulan belum bisa memegang,kecuali jari kita ketika diajak berdiri.kontak matany juga kurang.mainan didepan matanya pun tidak diperdulikan.ketika dipanggil/dibunyikan suara ex kucing,dia tertawa tp matanya tidak melihat ke arah sumber suara.kadang dia aktif menepuk nepung atau menendang tapi kadang seperti melamun.kenapa ya dok?

    • assalamu’alaikum,
      dok, sy mau tny,
      anak saya 5bulan jaln 6 bulan skrg,
      tp ko matany blm respon ya, belum bisa mngangkt kplanya sndri, dan belum bsa tngkurap. WktU umur 13 hari anak saya sakit neonatal infeksi, sampai masuk icu 15 hr!,
      gmN cra mlathny ya, agr tmbuh kmbANgny sma dgn yg lain seusiany?

  22. Asslamualikum Dok. Maw tanya anak saya umur 11 bln blom bsa duduk sendri, duduk dbantu bru bsa dan kaki kiriny klo dirikan jinjit (dbantu utk nelapak, nanti balik jinjit lagi) kenapa ya dok ??

  23. dok kenapa ya anak saya sudah 10 bulan tapi belum tumbuh gigi ?

  24. dok, anak sy umur 8 bln. umur 1 bln menderita pendarahan di otak sblh kanan, kini sdh sembuh,hny sj tumbuh kembangnya blm sempurna, blm bisa tengkurap dan duduk sendiri, angkat kepala jg blm tegak 100%, klo sy tengkurepkan suka menengok kekiri,dan klo sy dudukkan kepalanya selalu kebawah. jika sy ksh mainan tdk di respon. ukuran kepalanya 38, berat badan 7,3 kg. terapi apa yg hrs sy lakukan dan vitamin utk otak apa yg baik utk anak sy. terima kasih atas infonya

  25. dok,anak saya sdh 14 bln tp kok blm jalan ya?dia sdh bs berdiri sendiri.klo jalan pun plg byk 5 langkah..dan dia jg blm ada kata2 yg terbentuk.paling hy mama,ayah dan nenen..apakah masih dlm batas normal?

  26. dok, anak saya 6 bulan stengah,
    anak saya lehernya blum bsa tegak,tengkurep jg belum bisa dan respon terhadap mainan dan suara2 jg kurang dok,,,
    brat dan ukuran kpala normal,,
    apakah msh dlm batas normal dok dan apa yang hrus sya lakukan?

  27. ass. dokter mohon infonya
    anak saya usia 9 bulan , belum bisa duduk sndiri,tp klo di dudukan sudah bisa hanya masih goyang-goyang, dia juga belum tumbuh gigi. beratnya normal, dia sudah bisa merayap.

  28. Perkembangan motorik yg tidak sesuai tahapan perlu diperhatikan.anak saya usia 7 bln br tengkurap,duduk usia 2 thn,berjln usia 3,5 thn.namun dgn terapi dan kesabaran kini bisa mandiri seperti anak anak yg lain

    • Salam…
      Anak saya sudah 1,5th blum bisa duduk sendiri,harus didudukin. berdiri juga blum bisa.blum bisa ngomong,cuma bilaang ‘olok-olok-olok’ dan celotehan lain yg gak jelas. sudah periksa k dokter, tapi saranya cuma fisioterapi sdh sktr 1/2th ini pindah2 tempat karena saya krg mantab dg terapis sbelumnya. berdasarkan pengalaman anda ttg perkembangan putranya,bisa berbagi pengalamanya ke saya.. trimakasih banyak..

      • To :Ibu Lia..Anaknya kasusnya sama sperti anakku..dan aku jg pindahe tmpt terapi, cmn wkt umur 13 bln anaku diterapi dan dlm 1,5bln udh bs bangun sdiri, dan umur 15-16bln udh bs merangkak n rembetan..20bln udh bs jalan sdiri dan jalannya lgsung mantap..(tdk jatuh2)

      • Mbak Lim, aku boleh minta nama dan alamat tempat terapi nya ? Ato kalo boleh aku minta pin bb nya mbak biar bs share lebih banyak lagi. Terima kasih.

  29. Anak saya 1 thn 3 bulan tp kok belum bisa berjalan sendiri ya, kl jalan pasti cari pegangan seperti meja, kursi gitu.apakah itu masih normal. terima kiasih dok

  30. anak saya 10 bulan belum bisa duduk sendiri,tp sudah tumbuh gigi 2..apakah normal?

  31. mau tya..ank sy umo nyer 9 bulan,,tp msih belum boleh duduk sendir n mrangkak…

  32. as

  33. asslkm Dok,,maaf saya mau tanya anak saya umur 3thn,blm bs buat apa2,kata dokter kena vires Tkokshow,emang dlm kandungan bayi kembar yg satunya meninggal,dokter bilang perkembanganya lambat,yg saya tanyakan masih ada harapan kah anak saya untuk bisa berjalan seperti anak seusia mereka,terima ksh atas jawabanya.

  34. Ass..dok mau tnya..anak sy umurny dh 2th 9bl tp dy blm bisa bicara spt anak2 sebayanya..dy cm bs blng ‘mpak’ utk bapak,’mbuk’utk ibuk..maem,bobok,bebek..dy cma bs mniru satu kata2 sj,waktu tidurny jg kurang,dy sering trbngun dmlm hr kmdian susah dtdurkn lg,klo dh 1-3jm bru bs tdr lg,tdr siangny cm 1x dan it jg cm 1-2jm..klo sy htng total tidur siang-mlm tiap hri cm 9-10jm..dy jg g mau makan nasi..cma minum su2 dan cemilan spt kue nagasari.katom,biskuit..dll.tolong dksh advise…ap yg hrs sy lakukan

  35. anak saya 1 tahun belum bisa duduk sendiri,berdiri kakinya juga masih lemes..apakah hal itu normal,

  36. dokter anak saya usia nya sudah 2,6 tahun belum bisa apa apa….,anak saya lahir premature apa yg harus saya lakukan dokter…

  37. apakah anak premature bisa seperti anak normal…?

  38. Anak sy sdh mau msk 6 bln.. Tp kenapa ya blm bs tengkurap sendiri? Dan jika dibaringkan blm bs mengangkat kepala sendiri. Knp y dok?

  39. dok anak saya 12 bulan menuju 13 bulan, tapi kenapa belum bisa duduk? padahal dia aktif dan lincah, bahkan sudah bisa mengucapkan kata-kata yang jelas dan sudah bisa diperintah. Mohon satannya dok

  40. Ass dok saya mau tanya knp ya adik saya sudah umur 9 tahun tpi blom bisa jalan ?
    Apa kah ada kelainan apa gmna ?

  41. Mau tanya dok,anak saya umur 4 bulan belom bisa tengkurep,lehernya jg blm kaku.kakinya belom bisa napak ke bawah.saya sudah bawa ke tukaang urut dr usia 2bulan tp blm ada perkembangan

  42. @ rie: sabar aja mbak, coba tunggu 6 bulan, insya allah mungkin udah bisa tengkurep. tiap anak perkembangan beda2. Kalo masalah kaki belom napak atau tidak, mungkin memang belum waktunya. Biasanya rata2 umur 7-9 bulan.

  43. Anak saya umur 7bln 10hr, dr hasil mri dia mengidap seberal hemisfer, mikrosefalus,ubun”y dah nutup..kaki dan tangany aktif bgt tp kepala n’badany blm tegak..kalo dtengkurapin pasti nangis..tp lama lama dia angkat kepalay tp sebentar”..pandangany juga kosong..berat badany 8 kg..pa yang saya harus lakukan dirumah untuk ngrangsang perkembangan anak saya??

    • bu aisyah,gimana kabar anaknya skr?soalnya anak saya umur 5 bulan juga mengidap craniosynostosis(ubun2 menutup cepat).kaki tangan aktif,interaksi bagus tapi blm mau tengkurap, kalo di tengkurapkan kepala sudah mau mengangkat tegak.badan belum bisa duduk tegak,kaki juga belom mau napak.apa yg di lakukan ibu???

  44. saya pnya anak usia 3 thn menurut dktr terkena pnyakit syaraf motorik, kepala nya besar dan susah d tegakkan dan badan ya kurus dan baru bs tengkurap ttp utk menegakkan kepala susah, gimana cara pengobatan dan kl hrs k rumah-sakit mana, tks ,Dr.

  45. saya punya anak usia 1 tahun sampai saat ini belum bisa berjalan sendiri, padahal anak yang usia 6 bahkan 8 bulan ada yang sudah bisa berjalan, apakah ada pengaruhnya terhadap syaraf motoriknya?. kemudian tangan kanan kalu bermain selalu di kepal, jarang membuka, yang lebih aktif tangan kirinya, gimana cara pengobatannya padahal saya sudah berbagai cara melalui terapi, tp hasilnya belum begitu nampak, apa yg harus saya lakukan? trims dktr

  46. saya punya anak sampai sekarang belum bisa berjalan umur 5th jenis kelamin perempuan, tangan kiri selalu kaku tapi aneh kaki aktif dapat digerakan hanya lemas pada kakinya, sudah saya bawa kedokter sudah diberi obat paru2 sampai 2x pengobatan tpi belim menunjukkan gejala yg membaik juga terapi hasilnya juga belum nampak. saat ini saya gencar dengan vitamin kalsium juga susu yg berkalsium tinggi hasilnya lumayan bisa berjalan tpi dg menggunakan lututnya.
    saya mau berobat ke rsud yg lebih besar dan lengkap tpi biaya tidak ada solusinya gimana dok?

    • bagaimana kabar anak bpk skr??saya juga mengalami permasalahan yang sama.anak saya sekarang usianya 15 bulan16hari tetapi belum bisa duduk,belum bisa berjalan,belum bisa ngomong juga.anak saya badannya lemas kalau diberdirikan atau ditaruh dalam baby walker kakinya gak mau digerakkan.pandangannya juga gak fokus.saya sudah cek darah dan EEG otaknya tidak ada masalah.saya mohon sekali saran dan bantuannya.terimakasih

  47. as wr wb dok,… anak saya perempuan umur 11 bln berat badan 9,7 kg tetapi sampai saat ini belum bisa duduk sendiri, kl didudukan bisa dok apakah ini masih di bilang

  48. anak saya selalu mengeluh kakinya terasa panas dan kalau buat jalan bagian bawah terasa sakit seperti di tusuk jarum sehingga sampai sekarang umur 13 th tidak suka jalan kaki kalau di ahak jalan jalan ke mool misalnya ya 100% menolak maunya ya duduk duduk kalu kemana mana ya naik motor penyakit apakah ini dok dan apa efeknya nanti setelah dewasa.bagaimana solosinya dan apa obatnya.? terima kasih atas bantunya

  49. Anak saya umur 3thn blm bisa jalan kalo duduk bisa tp kedua tanganya harus menahan itupun hanya sendiri, berdiri bisa tp hrs dipegang kalo diajari jalan ketiaknya hrs dipegang melangkah pun lambat kadang2 tlapak kakinya berat kalo mau melangkah, udh sy bawa k dokter spealis anak& dokter kembang tumbuh anak kata dokter tdk ada masalah tolong dok solusinya? Saya pengen minta resep vitamin kalsium yg tinggi agar pertumbuhan tulang nya lbh keras agar cepat jalan dok

  50. Kpd Bapak Rudi Bangil boleh tau vitamin & susu kalsium tinggi apa agar pertumbuhan tulang kuat pak ? soalnya anak sy umur 3th blm bisa jalan tapi berdiri bisa kalo dipegang atas jawbnya saya ucapankn terimaksh byk

  51. ass…
    bayi saya imur satu tahun satu bulan, tapi tidak bisa bereaksi normal pada tangan maupun mata,konsul ke dokter katanya ada gangguan saraf motorik,tangannya tdk bisa pegang barang dan penglihatannya kurang jelas. klau trkana sinar mata hari biarpun tidak langsung mata agak terpejam(merem melek).
    dia belum bisa bergerak normal,dan belum bisa berjalan,bahkan belum bisa tengkurap.
    dan kalau di goda tidak ada reaksi.
    kira-kira itu kenapa,dan bagaimana cara pengobatannya,udah terapi tapi hasil kurang maksimal.
    mohon dijawab, kalau bisa e-mail ke saya.
    terimakasih.

  52. dok, anak saya 10 bulan, belom bisa merangkak, bisa nya ngesot. belom bisa duduk sendiri. Belom bisa ngomong apa-apa, kalo ngoceh2 iya, tapi trus kalo diajak bicara seperti cuek gitu dok, tp kalo dipanggil nengok dan tersenyum, tolong dok infonya, apa anak saya masih normal. saya harus bagaimana dok?

  53. dok, anak saya mau 10 bulan,masih mnum asi kalau sufor sedikit2 karena tidk suka , senang di gendong, sudah mengucapkan mama papa,belum bisa duduk sendiri dan tidak mau merangkak, ditengkurapkan selalu nangis mungkin karena dulu usia 6 bulan senang tengkurap tapi tidak bisa guling akhirny nangis dan tidak saya tolong akhirny sampai skrg dia takut tengkurap. kakiny sudah kuat untuk berjalan tapi badan belum kuat jd sering goyang karena dia suka sekali di titah,.bagaimana ya dok agar bisa bangun tidur duduk sendiri, dan mau merangkak?

  54. Dok, anak saya laki2 usia 1 tahun saat ini dia belum bisa tengkurap dan duduk, klo diangkat untuk digendongpun kepalanya tidak bisa dia tegakkan sendiri akan tetapi jika digendong dlm posisi duduk barulah kepalanya bisa dia tegakkan. pernah diperiksa terdapat cairan dlm otaknya. pengobatan & terapi apa yg harus dijalaninya..thx

  55. dok saya mau tanya anak saya 1 tahun 6 bulan koq belum bisa jalan ya belum bisa duduk tapi giginya udah banyak tumbuh dokter kalau di kasih jalan dia suka nangis dok terus matanya suka liat ke atas tolong sarannya dokter makasih

  56. Umur bayi saya udah 4 bulan,tapi bayi saya belum bisa tengkurap,padahal bayi saya ototnya kuat,digendong aja kepala berdiri,kadang kita duduk kakinya ingin berdiri,dan waktu dia pertama lain tangisnya sangat kencang,..faktor apanya yang menyebabkan dia belum bisa tengkurap,mohon informasinya,sebelumnya terimakasih

  57. Slmt mlm dok, sy memuliki anak sudah 2 tahun 2 bln. sudah bisa duduk tp duduknya sprti duduk orang jawa, klu duduk biasa belum bisa. belum bisa berdiri sendiri harus ada yang dipegang dan belum bisa berjalan. Belum bisa berbicara tapi mengeluarkan suara2 ocehan. gerakannya aktif, klo kita ajak berbicara matanya merespon dan suka senyum dan tertawa. apa yang harus saya lakukan agar dia dapat berdiri, berjalan dan berbicara sprti anak2 lainnya. saya pernah membawa dia ke fisioterafis selama 1 tahun, perkembangannya ada tapi sangat lambat. Mohon petunjuk dari dokter. Terimakasih

  58. Dear Dok, saya mau tanya anak saya umur 8 bln tepat hari ini. belum bisa duduk, ongkong2x/ nungging kadang-kadang. apa yang harus saya lakukan sebagai ibu untuk merangsang anak bisa duduk? Saua juga sudah bawa anak saya pijit bayi biasa di bagian fisioterapi dengan harapan bisa cepat duduk. Mohon saran. Thanks

  59. Ass.. Dok anak sy sudah 14 bln, tp blm bs duduk sendiri, n merangkak, bisa hanya guling2 d lantai, klo menguling cukup lincah, lahir 8 bln, dan sempat kuning lalu d rawat d r,h sakit 3 hr, sekarang ukuran kepalany 43 cm,tnggi 64 cm, dia bnyak mkn dok, tp ga bisa gemuk, klo kurus kali nggak juga sis dok, apakah anak sy nnti bs normal spt ank2 lain dok? Apa yg hrus sy lakukan dok? Apakah terapi bs dilakukan n hasilny maksimal tidak?

  60. malem dokter…
    mohon dihawab pertanyaan saya, anak saya ( anak kedua) tgl 18 juli ini berusia 16 bulan sampai saat ini belum bisa berjalan sendiri masih pegang telunjuk ibunya, gigi sudah tumbuh usia 3 bln, merangkak sangat ahli dan persalinan secara sesar (krn tidak bisa melalui persalinan normal sudah bukaan 10 tp tdk mau keluar) apa yang harus saya lakukan dokter? menurut dsa.nya pertumbuhan normal.
    apakah bisa saya bawa ke tukang urut/pijat? mohon jawaban secepatnya dokter. terima kasih banyak

  61. pagi dok..
    saya punya anak umur saat ini 1,5th tapi baru bisa merayap dilantai. duduk harus didudukin dan blum bisa bertahan lama,apalagi berdiri dan jalan. sdh tumbuh gigi 6, u ngomongnya blum bisa, baru ngoceh ‘uluk-uluk-uluk’ dan semacamnya. makan nya susah,maunya bubur dan camilan roti dan susu.
    anak saya seneng sekali dg nenen, kalau tidur, jarang banget pisah dg nenennya.
    sdh ke dokter spesialis anak katanya hanya perlu fisioterapi. cek darah terdeteksi igm cmv nya tinggi.
    saat ini sdg rutin menjalani terapi pijit pada tukang pijit bayi. katanya ada syaraf yang kejepit di sekitar pundak dan tulang tangan dan kaki. juga ada masalah pada suaranya yg agak serak2 basah.
    apakah terapi yg saya pilih sdh tepat dok?
    mohon sarannya, trimakasih…

  62. PERMISI PAK ,,,,aq punya problem masalah anak saya umur sekarang udah menginjak umur 9 bln ,,,,tapi klau di lihat perkembangan nya koq lambat ya? contoh nya
    1) negak kan kepala nya belum kuat
    2) tengkurap belum bisa
    3) badan nya kalau di angkat kaki nya gak mau nempel tanah atau lantai dll,,,
    maaf pak aku mau cerita dikit za masalah riwayat waktu melahirkan,,,pertama susah waktu melahirkan,waktu melahirkan si bayi ndak nangis terus terjadi kejang2 terus ku larikan si bayi ke rumah sakit di rawat di rmh sakit smpai 21 hari ,,,,,,terus gimn menyikapi si bayi semacam ini pak tlong minta solusi nya ,,,terima kasih sebelum nya,,,

  63. sy punya keponakan saat ini umurnya sudah 1,5 tahun tp ko tidak ada perkembangan sama sekali, tidak bisa tengkurap, berjalan,duduk sendiri dsb yg harusnya diusia segitu sdh bisa, kira2 bagaimana y mengatasainya, terima kasih sebelumnya…..

  64. Dok, sya pnya anak umur 2 bulan krang 3 hri, ank sya suka sekali di gendong dgn cra cradling hold sejak umur 1 bulan,yg mw sya tnya’n adalah apa benar menggendong bayi dgn cra cradling hold bisa m’buat bayi susa buang air besar?

  65. anak saya perempuan, umur 5th, belum bisa, bicara, susah mengunyah,masih mengeluarkan air liur, tangan kanan-kiri belum bisa pegang secara benar, tolong di bantu

    Terimakasih
    Jumadi

  66. Ass ,
    Dok , anaku ferlita udah 10 bulan kok belum bisa duduk sendri .
    Tp dia lincah banget udah tengkurap gulang guling udah pinter bicara{mimii,pipii,mamm,enen,dah,IƳɑ̤̥̈̊ªªªª}kalau saya belajar duduk dia malah mau ya berdri trs dan joget” geleng” .. Saya harus bagaimana dok agar anak saya cepat duduk ? Apa termksud normal di usia 10 bln blm duduk dok .

  67. dok mw nax anak sy usiax 1thn 1bln tp blm bs tengkurap,dduk,n bhsax msi au auu.. mlas mnum susu n blm bs mengunyah dgn baik… d usia 4 bln dia prnh trkena step 3kali dlm shri stlah itu sdh tdk prnh lg.. mhon jwabx, trimah ksih sblmx

  68. wah terima kasih atas informasinya dan sarannya jika anak aku pertumbuhannya lambat mungkin bisa aku praktekkan

  69. Saya punya keponakan usia 1 thn, badan masih lemas, leher blm tegak, kaki dan tangan lemas semua. Saya takutnya cerebral palsy tp kata Ibunya saat lahir hasil MRI bagus. Berat saat ini 7 kg. Apa sebaiknya yg kami lakukan? Fisioterapi Dan konsul dokter Sudah, Ada alternatif lain? Terima kasih.

  70. dok…anak saya 7 bulan belum bisa mengangat kepala..lehernya masih lemas. tolong saya dok.. apakah bisa normal kembali? saya sudah menunggu anak ini lama…

  71. Saya mau nanya,anak pertama saya perempuan skrg umurnya 5bulan 1/2 tp belum bisa nengkurep sendiri tp kl miring2 dia bisa n kl ditengkurepin kepalanya belum bisa tegak masih suka ke kiri n kanan.normalkah hal seperti ini.makasih info nya

  72. Mf dok sy ingin bertanya anak sya usia 7 bln,udah tumbuh gigi,tp anak sya wkt blan februari hbis drawat kt dokter anak sya kekurangan kalium,gmna dok untuk ngatasin y,masalah y anak sya kaki y kurang kuat

  73. dok anak saya umur 4 bulan, dah bisa miring kanan kiri, tertawa, berteriak, diajak bicara dia ngerti.tengkurap belum bisa tegak kepalanya.kalo didudukkan lehernya belum mampu/merespon untuk menegakkan / mengangkat kepalanya apa ada masalah dok dengan tulang lehernya, apa yang harus saya lakukan

  74. dok saya mau tnya anak sayaumur 8bln 11 hari skr,,tapi blum bs duduk ma merangkak,,apa itu msh normal dy bru bs guling2 aja m mgesot sdkit abis itu guling2 lg aja,,,,apa itu msih normal dok?maksih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: