Tips Mengoptimalkan Perkembangan Gerak/Motorik Bayi 10-12 Bulan

Dari milis ayahbunda / booklet bonus ayahbunda

Usia 10-12 bulan

Menjelang usianya satu tahun, kepandaian serta ketrampilan bayi makin
berkembang. Tonggak kepandaian motor kasarnya yg paling menonjol pada
usia ini adalah semakin mahirnya ia melangkahkan kakinya. Kini si kecil
semakin rajin melangkahkan kakinya ke samping sambil berpegangan pada
perabot rumah tangga. :Jatuh bangun” adalah hal yg biasa yg akan dialami
bayi dalam mengoptimalkan kemampuan jalannya. Oleh karena itu, sekali
lagi, keamanan di sekitar anak harus terjaga.

Di usia 10 bulan bayi sudah dapat duduk tanpa bantuan. Dengan
menggunakan kekuatan otot lengan dan baca lebih lanjut

About these ads

54 Tanggapan

  1. anak saya berumur 10 bln tp belum bisa apa2 gmn cara melatihnya spy cpt pintar

  2. bagaimana caranya agar sikecil dpt lebih cepat berjalan?
    anak saya berusia ahmpir 10 bulan (22 Nov), dan sy ingin agar dia dpt berjalan sebelum tgl 25 desember (usia 11 bulan)..
    terima kasih…

    • mending biarkan secara alami asal tercukupi nutrisinya anak akan cepat berkembang.tapi jangan dibantu dengan alat(apolo)karena banyak anak yang saya jumpai dibanto dengan apolo malah lambat untuk jalan dan bisa mempengaruhi syaraf dan otot kaki

  3. anak sy menginjak 10 bln.sdh bisa duduk,merayap,berdiri tp msh dipegangngin.apa itu termasuk pertumbuhan yg norml?

  4. anak saya umur 10 bulan sudah bisa jalan . latihan nya dia sering dorong kursi palstik. dari situ dia dia belajar berjalan.

  5. anak saya berusia 11 bulan,dah bisa berdiri tapi lum bs jalan.kapan yach dia bs jalan,sdang giginya baru 1

    • perkenbangan anak memang beda beda,tapi asal tercukupi nutrisinya anak akan berkembang cepat.anak saya umur 11 bulan bisa berjalan sendiri tanpa banyuan lg giginya 6.
      yg penting asi masih diberikan selain susu pendamping karena proses menyusui juga mempengaruhi emosional anak.
      sekarang anak saya umurnya 17 bulan gusinya udah4 bisa bicara 3 suku kata “buk adek aem”
      perhatian terhadap gizi anak memang penting dan gizi tidak harus beli yang mahal…

  6. Ayesha sekarang 11 bulan- seperti perkembangan anak pada umumnya, dia mulai suka memanjat segala hal dan belajar berjalan ke samping. jika dipegang ke dua tangannya, ia mulai melangkah ke depan beberapa langkah, belum bisa jalan sendiri sih…tapi menurut saya itu normal saja- meskipun ada bayi lain usia 10 atau 11 bulan sudah bisa jalan sendiri. Tak apalah…alamiah saja, saya yakin ia akan bisa.

    • benar itu ibu, jangan terlalu khawatir karena semuanya itu tergantung dengan keberaniaan anak tersebut. Kata orang2 kalau sekali berbuat dan sakit si anak tidak akan berani lagi ternyata itu isapan jempol aja, anak saya sudah terketok kepalanya pd saat bljr berdiri di dinding eh bukannya nangis n skt mlh dibuat lagi, nah bukankah itu trgantung anaknya sendiri

  7. anak saya berumur 12 bulan lebih tapi sampai saat ini dudukpun belun bisa apalgi jalan, sudah seruingkali saya ke dokter berbeda2 tapi jawaban selalu berbeda..
    saya bingung harus bagaimana lagi
    terimakasih atas jawabannya.

  8. mulai usia berapa sih anak bisa mulai jalan coz anak saya itu sudah dari mulai usia 7 bulan sudah bisa merangkak & berdiri sendiri dengan pegangan benda, tapi sampai usianya sekarang menginjak 10 bulan belum bisa berjalan

  9. anak saya umur sebelas bulan, sdh tumbuh gigi 8 biji, tp belum bs berdiri sendiri. cm bs berdiri pegangan, itu normal ga??

  10. anakku sdh jalan saat berusia 9 1/2 bln, skrg usianya 11 bulan n giginya baru 4. skrg lagi blajr ngomong n sangat suka main bola. cuman satu hal yg buat saya bingung, baby ku suka begadang. kalo malam ntar jam 12 malam baru tidur n pagi bangun jam 9 – 10 pagi

    • BabyQ terkadang juga tidur malam dan besoknya kita teler deh. Aku mengatasi dengan membuat dia asyik dan sibuk siang hari dan nggak tidur siang, jadi malam dia tidur pulas dan lebih cepat

  11. Anak sy dah 11 bulan makanNa susah bgt selama ini sy hanya kasih ASI dan makanan berupa bubur aja tnp susu formula tambahan dan sekarang dia blm bisa berdiri tnpa pegangan. Apa nutrisi anak saya kurang ya?….

    • Anak saya juga sempat ga mau makan, setelah dikasih vitamin sampai sekarang doyan makan. Sekarang umurnya 10 bulan

  12. anak saya, ghaniya(11 bln) udah bisa bilang: mama,ayah,gak (enggak mau),ak_ak(kakak).mamam, nanan(nenen), ya, cak(cicak)

  13. anak saya 10 bulan perkembangannya sudah bagus dari umur 7 bulan, mulai tumbuh gigi duduk juga berdiri tapi sampai saat ini belum juga berjalan satu hal lagi yang paling menyedihkan dia tidak mau makan walau sudah berbagai variasi saya buat

  14. kalo anggun sekarang dah 10 1/2 bulan dah du2k sendiri umur 9 bulan tanpa disangga dan dpat berdiri berpegangan,tp lum merembet baru disatu tempat.. tapi anaknya lincah banget n ceria.. kemarin dia badannya 3 hari panas banget tp te2p ja maenan n ceria..

  15. anak saya baru masuk usia 11 bulan, belum tumbuh gigi, ASI masih tetap saya kasih kadang sufor juga, dan makan buburnya juga lahap 3 kali sehari. sekarang udah bisa berdiri sendiri, bisa manjat2 kursi, bisa berjalan kalau pegangan di dinding tapi belum berani jalan sendiri dengan dilepas tangannya…..

  16. Alhamdulillah mecha mulai bisa melangkahkan kakinya sendiri tanpa bantuan di usia 9 1/2 bln.. kini di usia nya 10 1/2 bln mecha udah melangkah sampai dengan 10 langkah. sekarang lagi senangnya2nya berjalan, maunya jalan terus, dan satu lagi kebiasaanya, senang sekali memanjat. giginya sudah tumbuh 6.

  17. :) dengan senang hati, mecha ku dah lancar berjalan di usianya yg kini sudah 11bulan lebih, tp kenapa giginya masih 6, belum nambah lagi.

  18. anakku acha sekarang sudah 10 bulan, sudah bisa duduk sendiri, merangkak tapi belum tumbuh giginya, normal nggak yaa

  19. tolong dong menu makanan untuk bayi 11 bulan,,,, thanks alot ya…

  20. di usianya yang menginjak 10 bulan 2 minggu gigi putri ku kok belum tumbuh ya>>>ap ini normal ???

  21. Nisa umurnya 9,5bulan.belum tumbuh gigi.Dah pandai duduk tapi belum bisa berdiri,kalo di baby walker aja berlari-lari. Kalo di tateh-tateh mau sich tapi ko lambat.Gimana ngajrin anak berdiri agar bisa cepet jalan???balas.

  22. oh ya….kenapa nisa ga tumbuh gigi2 ya.Ada ga cara biar cepet tumbuh gigi?makan pun suuuuusah bgt…balas.

  23. wah aldan sekarang udah 8 bulan sudah bisa menggapai meja ato sofa bwt tumpuan berdiri dan bergerak ke samping kadang bereksplorasi mengelilingi tempat tidur sambil merambat di pinggirnya sejak usia 6 bulan emang dia dah latihan berdiri2 jd skrg sdh lebih mahir…rahasianya sejak 1 bulan sdh q ajak berenang :)

  24. apakah ada bahasan untuk anak usia diatas 12 bulan?

  25. Anak saya sudah 13 bulan tapi baru bsa duduk itupun dengan bantuan apa yang harus saya lakukan

    • sama pak….anak saya tgl 17 nanti 1th,blm bs duduk sendiri atau berdiri…sdh ikut fisioterapi slm 5bln blm kliatan hasilnya sama skali…mpe capek saya riwa-riwi k rmh sakit..tp jangan patah semangat pak,coba dilatih terus dirmh

  26. minta infonya ke email saya mengenai manfaat fisioterapi.Terimakasih soalnya anak saya sekayang lagi menjalani fisioterapi supaya badannya ga kaku.

  27. anak saya umur 10 bulan belum bisa duduk sendiri.itu bagaimana?

  28. anak ipar sy 9 bulan blm bs tengkurap,knp ya…?

  29. Anak sy umur 9 bln sdh bisa berjalan tp blm bisa merangkak

  30. saya mau bertanya,anak saya umur 10 bulan tp blm bs duduk n berdiri sendiri kira2 ap y penyebab ny?d umur 10 bulan skrg anak sy gigi ny dah tumbuh 6 dan sudah bisa menyebutkan kata2 seperti mamam dan lain sebagainya.tlg jawaban ny.trimakasih….

  31. puji syukur pda Allah swt.sekarang anakq berumur 10bln prkmbangannya bgus sekali dah bisa brdiri du2k sndri yg sngat bhgia anakq bsa manggil abi ma umi’ nya jelas sekali aplgi panggil mbah uti nya mlai umur 8 bln.thank’s to Allah

  32. rhsia para ulama untuk anak dalam kandungan mlai umur 2bln – 9bln supaya membrikan suplemen rohani.terbukti anakq pnter ngaji n cerdas skli.mau tipsnya bleh deh

  33. saya py seorg anak cewek yg udah berumr 28bln,tp perkembangannya agk lambt.bs dikatakan blm bs apa2 smp skr.awlnya usia 3bln kejang smp usia 8bln allhamdulillah udh tdk lg kejang tetapi terkadang kalau bdnnya pns cm bdnnya agak kaku2.trs semenjak itu saya jg terapykan anak sy&jg sempat ft MRI otak,itupun dr dokternya sendiri udah lepas tangan.ya akhirnya sy terapykan sendiri dirmh&yg paling penting jg asupan makananny.,tp kl boleh sy jg minta pendp buat penymbuhan anak sy.tx!

    • Mbak Dian, coba bawa anaknya ke pak haji Zein ∂ĭ ruko perumahan sakura regency jatiasih bekasi, semoga tertolong ¥ªªª…, disana diurut pak haji, tdk pakai obat, biaya sukarela , Uϑªh banyak ¥ªñğ berhasil mbak, semoga berhasil ¥ªªª… Bilang aja dpt info dr patty cibubur … GBU

  34. assalamualaikum
    saya arif punya anak umur 10 bln cew kok ga mau merangkak / pdahal anak temen saya umur 7 bulan udah merangkak, mohon masukannya donk, maklum anak pertama jadi kurang pngalaman…. makasih

  35. putriQ Jihan udah 91/2 bulan, giginya udh tumbuh 4..udah bisa duduk dan berdiri dng pegangan…tapi belum bisa mkn maknan padat, klo makan buburx harus bnr2 halus..normal kah ya??

  36. siang semuanya..mw tanya ni naira umurnya sudah 10 bln tapi kok blm tumbuh gigi dan berjalan ya??mohon di bantu infonya maklum anak per tama jd belum pengalaman

    • anak saya 10 bulan udah bs berdiri wlopun mash berpegangan sm benda disekitar giginya br tumbuh 2 gigi dibawah diapun udah bs berkata2 mamam,nenen nanana dll .sya mw tanya kl pengen cepet jalan gmn y?

  37. anak saya 10 bulan sudah bisa berdiri tapi hanya sebentar setelah itu jatuh lagi. juga sudah bisa bicara apa, mamam, dah, gigi sudah tumbuh 4, 2 atas dan 2 bawah. makan gampang tapi tim saring, klo makan nasi tim dia muntah dan beratnya hanya 8,9kg normal g?

  38. azizah ku berumur 10 bln. dah bisa merangkak sama berdiri. asi mau makan jg banyak. tiga x sehari .tapi kenapa bb cuma 6,5 kg. lahir bb2,8. apalgi yg kurang ya. adakah vitamin untuk menaikkan bb…..

  39. kenapa anak saya sudah 13 bulan belum mengerti mana ibu dan bapaknya dan belum bisa berdiri tanpa berpegangan

  40. Anak aq umur 3hri kejang-kejang skrg sd 9 bulan blum bs duduk.bgmanaya. . .

  41. anak sy yg no 2 sampai sekarang umur 3,5thn belum bisa berdiri,riwayat penyakit awalnya demam tinggi disertai diare,2 bln di RSUP tdk ada perubahan membaik.tolong bila ada yg bisa ksh solusi biar anak saya dpt berjalan dan berbicara…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: