Tips Mengoptimalkan Perkembangan Gerak/Motorik Bayi 7-9 Bulan

Dari milis ayahbunda / booklet bonus ayahbunda

Usia 7-9 bulan

Di bulan ke-7 ini bayi mulai senang mengangkat dan menurunkan bokong
serta punggungnya. Ketrampilan kakinya juga ditunjukkan olehnya,
misalnya saat ia diberdirikan di pangkuan kita si kecil pasti akan
meloncat-loncat gembira menggoyang-goyangkan kedua kakinya.

Merangkak merupakan aktivitas menonjol yg banyak mendapat sorotan dari
orang tua. Di usia ke-8 bulan bayi mulai merangkak dan mengesot
sepanjang lantai. Kepandaiannya merangkak membuat si baca lebih lanjut

99 Tanggapan

  1. Lagi-lagi ini emang artikel yang kami buthkan..thanks..

  2. saya sangat tertarik tetapi mohon kirimkan tips tips khusus untuk saya lewat e-mail karena anak saya sudah genap 9 bulan tetapi belum bisa duduk sendiri dan belum bisa merangkak.jika diletakkan benda didepannya dia tidak mau ambil tetapi jika diletakkan benda disampingnya meski jauh dia akan mengambilnya dengan cara mengguling gulingkan badannya.mohon secepatnya dibalas. terimakasih

    • jangan risau bayi saya genap 8 bulan baru boleh mengesot kedepan. bulan kesembiln baru boleh duduk dengan sendiri tp perlu diawasi takut terjatuh lak.

    • anak saya saja 8 bulan belum bisa duduk atau merangkak, cuma kalau dipapah maunya lari bukan jalan satu2

    • Mom Siwi…

      Boleh tanyakah tentang anak mom yg waktu umur 9 bulan blm bisa duduk sendiri & merangkak. Sekarang bagaimana anak mom?

      Kok anak saya sama ya kayak anak mom siwi, saya kuatir.

      salam,

      • sama anak saya juga belum bisa duduk tapi saya taruh di baby walker dia usa ke sana kemari.cuma ngangkat pantat doang.bagaimana nerapinya ya

    • Kok kasus na sama dengan anak saya…
      Gmn ya solusinya
      Umur anak saya 8 bln (Juni 2012) dia juga lom bisa merangkak n duduk sendiri jika diletakkan benda didepannya dia mau ambil tetapi nti dilempar lagi n tdk mau mengambil kembali, dia suka mengguling gulingkan badannya… Dari umur 6 bulan sudah tumbuh 2 gigi bawah…
      Mohon balasan n solusi nya…
      Terima kasih…

    • malam………..
      saya mau tanya, knpa bayi saya blum bisa duduk pdhl umurnya mau memasuki 9 bulan (16 feb), bilmn dilatih duduk pasti dia goyang2 terus tidk mau diam cumn dia blajar merangkak. mohon solusinya,,,,
      terimkasih…..

  3. good articles

  4. Saya sangat tertarik dengan tips ini, saya juga punya anak 8 bulan mau 9 sembilan tetapi sampai sekarang males untuk tengkurep dan belum bisa merangkak . apakah perkembangan anak saya ini termasuk lambat dan bagaimana cara mengatasi hal ini. Mohon infonya. trimakasih

    • salam kenal bunda rifa, oia mau tanya baby bunda umur 9 bulan blm bisa duduk dan merangkak…lalu umur berapa bisa duduk atw merangkaknya? karena anak saya juga seperti itu. minta infonya bun? trima kasih

  5. makasih banyak,tipsnya bermanfaat banget bagi saya :)

  6. thanks ya bayikita, informasinya amat-amat berguna. tapi miska(8,5 bulan) belum bisa merangakak, dugaan saya karna dia agak gemuk(9,3 kg)
    walaupun begitu, dia paling senang di berdirikan di pangkuan saya.
    Thanks again!

  7. anak saya 9 bulan tanggal 21 feb kemarin. dia bisa merayap kesana kemari dan sudah aktif berjalan dengan dipegangi dua tangannya. tapi dia belum juga bisa merangkak. selain itu, apabila diberdirikan di tembok untuk belajar berjalan menggeser ke samping, di tampak takut. oya, sampai sekarang tanda-tanda tumbuh giginya juga belum tampak. apakah ini normal?

  8. thanks ya bayikita…
    tips dan infonya bagus banget .terutama bagi ibu muda yang baru punya anak satu!
    anak saya sekarang umur 6,5bulan dan sudah bisa merangkak.

  9. very nice one. trimakasih bayi kita.

  10. Thanks atas infonya….
    Anak saya umur 8,5 bulan, sudah mulai merangkak dan dukuk tegap pada usia 7 bulan. Sekarang sudah bisa merambat pada kursi dan meja. Dan kadang-kadang secara tidak sadar dia berdiri sendiri. Ketika sadar dia kaget dan dukuk kembali.

  11. thanks bayi kita…. anak saya umur 7 bulan, dia aktif sekali, klo di gendong dia suka muter2 ajah sampai kita kewalahan dibuatnya, tenaganya besar sekali. sekarang dia dah pinter merangkak dan dah bisa berdiri dengan berpegangan, dan sikecil dah punya 4 gigi.

  12. saya mempunyai anak sekarang usianya udah 5th tapi ada masalah dengan motorik halus sama kasar tolong tips untuk mengatasinya

  13. thanks bayi kita tips nya berguna banget

  14. anak saya umur 9 bulan tetapi blum bisa merangkak apalagi duduk,apakah anak say normal terimakasai.

  15. anak saya umur 9 bulan tetapi blum bisa merangkak dan duduk sendiri,apakh anak saya tidak ada kelainan dan normal,terimakasi.

  16. anak saya umur 9 bulan blum bisa merangkak, dan duduk sendiri apakah bayi saya ada kelainan,terimakasi

  17. Anak saya Kiral pas 8 bulan hari ini. Alhamdulilah sampai sekarnag dia sudah merambat, merangkak, melonjak bahkan kadang2 sudah mulai coba-coba unutk berdiri dan melepaskan pegangan sendiri.. kadang kami yg melihat suka ngeri2 sendiri..2 Gigi bawahnya juga sudah kluar,. dan ngoceh 2 ga karuan..seneng sekali melihat pertumbuhannya, biarpun ga maksimal karena waktu bekerja dan kuliah saya.(huhuhu)

  18. anak saya dulu waktu 8 bulan nglasut alias tidur tapi sambil bergerak ataupun renang, tetapi setelah sekitar 9 bulan bisa merangkan dan sekarang umur 15 bulan belum bisa jalancepat. Paling 1-4 langkah trus malah merangkak????????? gimana tips yang baik??? Apa ada hubungannya dengan gizi ataupun asupan makanan ataupun kalsium???????? Mohon untuk memberikan jawaban di Email saya (heksawati@yahoo.com)

  19. terima kasih bayikita. arikelnya bagus sekali. anak saya 5,5 bulan tetapi sudah loncat-loncat tidak mau berhenti jika dia didirikan. apakah wajar? menurut artikel diatas bayi mulai loncat umur 8 bulan?

  20. Akhtar (7,5bln) udah ngesrot dgn hebohnya k seluruh sudut rumah.Bahkan dah pinter turun dr kasur setinggi 25cm.Tp dia belum merangkak n duduk.Gigi jg blm tumbuh.Wajar ga sih?

  21. anak saya sudah 9 bulan, tapi dari posisi tidur belum bisa langsung duduk harus dibantu, tapi kalo dibantu duduknya sudah bisa tegak, merangkaknya juga belum lancar baru satu kali sudah tengkurap lagi, tapi kalau kedua tangannya dipegang ia selau berusaha untuk berdiri, apakah perkembangan anak saya normal? dan bagaimana cara melatihkan kemampuannya?

  22. aku mom aqeela, aqeela umur na 9bln bsk (25juli07), kl ngerangkak dia dah cepet bngt, lg seneng menggapai2 meja tp saya takut coz meja nya aga tinggi u seukuran dia,kmrn jg sempet kejeduk lemari gara2 mo pegangan ke lemari tp licin..hiks..hikss..yg ada benjol&biru dah tu jidat…o ya aqeela jg skrng dah ngoceh dg bahasa bayi, he..he…he…meski kadang suka kceplosan omong au(mau),mbah,dadah,wau(bau),ya(iya),mba,yung(burung),hmmm palagi ya,lupa euy tp biasa na dia ngomong skali2 aja kl lg inget tu kata, kl ga mah ttp ngoceh pake bahasa bayi na..hee…hee..he….

  23. anak saya 7 bulan aktif dan sehat sekarang sudah mau mengangkat paunggung dan pantat dia begitu semangat

  24. salam kenal…sy mama suryasandya firdausy aghfaswara..bulan september ni usianya10 bulan. Aghfa lucu banget deh….kalo merangkak nggak ada yang ngliatin, sukanya ngadal gitu (merangkak gaya kadal)…kata kakaknya. Tapi kalo diingatkan….hayooo dede ngrangkak yang baik….baru bisa ngrangkak biasa. Selain itu dede’ aghfa sudah pinter narik2 taplak meja dan jago bikin rumah kayak kapal pecah. Mainan apapun diorat-arit….waduh…puyeng juga mamanya tiap hari jadi asisten bersih-bersih…hehe. Belum lagi hobinya njedotin dahi ke tembok…duk…duk…duk terus terkekeh2 gitu…. Kata kakaknya…..dede’ aghfa latihan ngatosne bathuk. So…ngocehnya dah banyak….papapa…mamama…mbaaa…tatata…yayaya, dan ada suara aneh kaya peluit yang keluar dari mulut mungilnya, yang saban subuh selalu membangunkan mamanya yang lagi tidur……Rrrrrriiiiiiiiiiiiitttttt! Dan bangunlan semua…… Tapi gak papa deeeh….itung-itung gantinya jam weker…hehe. Weker yang satu ini gak diproduksi jepang lho…… Btw…. thanks berat buat infonya….salam

  25. aduh…senengnya banget baca tips ini padahal sebelumya say bingung ayuthaya anak saya 9 bulan dah lincah banget ga mau diem dia dah merangkang,jalan -jalan di papah-papah… trus dia cerewet setiap benda yang dia liat pasti dia mau dan memasukan kedalam mulutnya…saya takut itu berlebihan,karna dulu saya pernah dikasih vitamin sama dokter dia bilang biar thaya tambah pinter… ngaruh ga ya….

  26. hi…..saya mama jojo, jojo 7 bulan 3 feb lalu…dia sudah bisa merangkak, walaupun belum jauh tapi kl dia dipancing untuk mengambil sesuatu yang dia mau pegang dia selalu dapat mencapainya……dia juga sudah bisa ngoceh papapa,mamama oooo banyak dech…..tapi kl duduk dia masih belum berani lepas sebelah tangannya yang dipakenya untuk bertumpu……giginya juga belum keliatan mau tumbuh…….

  27. Aduh seneng rasanya mengetahui motorik pada anak

  28. lam kenal, razan 9bl udah heboh merangkaknya & sekarang lg doyan jln dipinggiran tembok, dorong2 kursi plastik.kt2nya jg lumayan byk mama, papah, nenen, mamam, apa,teteh, agi,num.dari 0 bln -sekarang sering dinyanyiin,baca buku yang pasti sering diajak ngobrol oleh saya, ayahnya dan 2 org tetehnya & responnya jg bagus.berenang jg oke tuh untuk memperlancar gerakan kaki.

  29. waaah sueneng sekali yaaah… luuuucuuuu

  30. Anak saya jd kurus krn terlalu banyak gerak?2,5 bln tengkurap,4,5 bulan duduk berpegangan 1 tangan, dan sekarang 6 bulan sudah latihan berdiri, saya suka ngeri melihatnya, tapi kalau geraknya dibatasi dia akan menjerit dan meronta-ronta, apakah normal?kalo banyak gerak dia sering muntah

  31. Anak saya jd kurus krn terlalu banyak gerak?2,5 bln tengkurap,4,5 bulan duduk berpegangan 1 tangan,5,5 bln duduk tegak tanpa pegangan dan sekarang 6 bulan sudah latihan berdiri, saya suka ngeri melihatnya, tapi kalau geraknya dibatasi dia akan menjerit dan meronta-ronta, apakah normal?kalo banyak gerak dia sering muntah

  32. Atka sekarang usianya 7.5 bln,,,,,beratnya 12.5 kg,,,,,terlalu berat ga ya?tapi gerakannya lincah,,usia 3 bln udah tengkurep,usia 6 bln udah bs di dudukin walopun hrs dibantu tp dudujknya sdh tegap,, skrang kalo disimpan di baby walker jalannya cepat sekali,,,,tp sampe skrang belum merangkak .

  33. anak saya umur 3 tahun BB cuma 10 kg, sudah saya periksakan ke dokter spesialis anak tapi kata dokter sehat, vitamin apa saja sudah saya coba, tapi tetap saja tidak ada perubahan memang anak saya susah sekali makannya, bagaimana yach biar anak saya BB naik, trima kasih

  34. melody tgl 27 Des usianya 8 bulan.bisa tengkurap.Untuk membalikkan badan harus dipancing dulu baru mau.untuk duduk masih harus dipegang.kadang bisa duduk tegak tapi hanya beberapa detik saja setelah itu langsung membungkuk.untuk merangkak ataupun hal-hal lain masih belum menunjukkan tanda-tanda.tolong apakah anakku termasuk terlambat&bagaimana cara mengatasinya.terima kasih

  35. Anak saya yang kedua cowok,Hakam, mau 7 bln ,sejak usia 6 bulan sudah mengangkat menurunkan bokong.Sekarang sudah merangkak walaupun belum lancar.Kalau lihat mainan pasti dia berusaha untuk mengambil mainan itu sampai dapat, tapi ya itu suka memasukan benda ke dalam mulutnya. Kalau diberdirikan juga suka loncat2. Beda dengan kakaknya, cewek, dia agak lambat gerakannya, berjalan saja baru pada usia 16 bulan.Tapi Alhamdulillah semuanya sehat..

  36. Anak saya 8 bulan…giginya tumbuh bawah 2 atas 4…sudah bisa naik turun sendiri di tempat tidur atau kursi..atau jika berpegangan sudah bisa berdiri tegak..beratnya 9.3 kg..tapi kata-kata yg bisa diucapkan baru papa..pa…pa… umur berapa anak kosa katanya bisa lebih banyak??

  37. anak saya baru masuk 7 bulan, tapi sepertinya badannya koq belum bisa mengangkat bokong.palagi kakinya belum kuat mengangkat badannya sendiri. sedangkan untuk duduk belum bisa sendiri, kalo gak di pegang badannya membungkuk. sepertinya pertumbuhannya koq telat ya? mohon tips nya dongg?

    • anak saya bru memasuki usia 7bulan,tp sampai saat ini tdk mau mengkurep,tp dia sangat aktif gerakin tangan dan kakinya, dan di usia sekarang kok berat badan tidak mau bertambah dari bulan ke 6-7 berat badan masih tetap 6,2kg padahal ASInya ya kuat,saya beri susu pendamping tidak mau karena gak mau dot botol,saya mohon tips dan trik agar anak saya tumbuh sebagai bayi yang sehat..??

  38. anak saya sudah 9 bln tapi giginya blm tumbuh satupun itu knp ya?kalo ngerangkak udah bisa

  39. anak saya uda 9 bln tp blm bs bangun untuk duduk sendiri maupun merangkak,tapi mintanya selalu diberdirikan,bagaimana membantu dia tuk cepat merangkak,trims,balas ya

  40. aku punya anak umur 8 bln. sekarang udah berdiri sendiri tanpa bantuan. tetapi aktif sekali geraknya…. apakh ini menunjukkan tanda-tanda hiperaktif??? tanda-tanda hiperaktif apa??? soalnya anakku Cewek… trims atas infonya.

  41. anakku laki-laki skrg umur 6,5 bulan beratnya 7.8 kg, skrg sdh bisa duduk dan sedang belajar berdiri, giginya juga sdh tumbuh banyak didepan dan sudah pintar mengambil bola didepannya, gerakannya juga lincah banget sampe kewalahan kalu mengendongnya, apakah sdh ideal dengan berat segitu dan bagaimana supaya dia bisa cepat merangkak?

  42. anakku sudah berumur 11 bulan tapi ko belum bisa berdiri apakah ada kelainan pada anak saya? tolong dong aku minta tips biar anak saya bisa cepet jalan

  43. Halo, anakq Davin (6bln25hr) sudah bisa duduk tegak tanpa ditopang sejak 5 bulan dan sebelum masa MPASI sudah merangkak. Sekarang sudah berdiri2 n merambat. Kalau digendong gag bisa diem.
    Mungkin sebentar lagi tumbuh gigi, cz kalo gigit sakit bgt.

  44. Salam kenal semua, namaQ Rasyid, Alhamdulillah umurQ 6 bulan 10 hari sekarang sudah merangkak dan berdiri jika ada tempat untuk berpegangan, naik turun kasur/spingbed sudah hal yang biasa dan terkadang aku jalan merambat dipinggiran kasur/dinding. Kalau dipegangi suka sekali berjalan tatah. Mohon doanya ya biar aku cepat bisa jalan jadi bisa ikut bunda kemana-mana ^_-

  45. salam kenal smuanya.klo anakku namany Rosyid
    di usia 6 bln dah merangkak lincah trs
    di usia 7 bln dy dah rambatan tembok,jln dititah trs dah dititah ampe’ naek tangga lho Allah hu akbar dech….
    ‘n skrng
    di usianya 8 bln alhamdulillah dy dah duduk sndiri,jln dititah ampe lari cpt lho, dah bs tepuk tngan sndiri,tngannya dah bs da..da… , minum pakai sedotan/pipet, trs lg bljar bicara kata yg dah terucap skrng adlh ‘Allah’, ‘papa’,dah,hey…..’n msh byk lg………..
    mnta doanya ya agar dy tmbuh mnjdi anak yg sholeh,cerdas,berbakti pd ortunya,’n brguna bg nusa,bangsa ‘n agama.amin

  46. hai smuanya lam kenal ya. anaku ariq da umur 9 bulan tapi kok blum bisa merangkak dan duduk ya,tapi giginya da tumbuh 2 diatas 2 dibawah,dia aktif bergerak dan main.kalo diletakan dibaby walker bisa dia gerakan maju mundur. Tolong masukan dan tipsnya ya.

  47. thanks untuk semua infonya….anak saya namanya karang digdaya maheswara ariadi,dia berumur 7bulan 18 hari tapi udah pinter merangkak, duduk ,dan rambatan kalau orang jawa bilang giginya juga udah tumbuh 2,dia anak yang aktif alhamdulilah,asal dikasih di baby walker sudah bisa lari kemana-mana tapi yang mau saya tanyakan anak saya gak mau makan nasi tim,dia cuma mau makan bubur bayi,apakah itu akan mengganggu,mkash…..sun sayang buat karang dari bunda……

  48. anak saya bernama alif naufal suseno, umurnya 8 bulan, tp belum bisa duduk,merangkak, cuma kalau di tatah/dipegang kedua tangannya maunya lari bukan jalan satu2, tp udah bisa ngoceh , udah bisa panggil bundanya, kakeknya, neneknya,tantenya dan ayahnya, anaknya cerewet sekali sudah begitu anaknya ga bisa diam aktif sekali, juga giginya udah mulai tumbuh, apakah itu normal?

  49. Putra saya bernama zabil, berusia genap bulan dia sudah bisa merangkak dengan lincahnya, gerakannya juga aktif sekali,,,apakah itu normal??

  50. anak yang hiperaktif di usia 6-9 bulan wajar ga sii?
    suka ngerayap kemana-mana dan suka gerak2in tangannya sendirian,,ga jelas gitu..

  51. anak saya 7bulan di sangat aktif sekali jika dipangku dia pasti akan ngesot sendiri minta duduk dilantai, tapi dia blm bisa duduk sendiri / ngesot, jika didudukan dia baru bisa duduk sendiri tanpa dipegang tp tetap dlm pengawasan,,jika di papah dia pasti akan berlari kencang & menendang2 bola / sesuatu…apa itu tidak apa2…dia hanya bisa tengkurab sendiri & blm bisa berbalik lg dngan lancar..
    mohon sarannya di email saya y.
    terima kasih

  52. anak saya umur 9 bulan kok belum bisa merambat n duduk sendiri ya?tapi alhamdulillah jarang sakit karna masih ASI.

  53. anak saya umur 7 bulan….di cepet sekli merngag jika ada benda disekitar, udah bisa memindahkan bola dr tngan kanan ke kiri begitu sebaliknya.kalau ngoceh Alhamdulilah luar biasa n diumur 5 buln dah kluar giginy. tapi sekarang kalau tengkurap blm bisa kembli sempurna jika tidak di bantu…….bagaimana bunda…ibu….mama….cara merespon….makaci

  54. Bunda anak sy bru usia jln 7 bln tapi makannya susah bnget, gmn ya cr mengatasinya?

  55. anak saya cwek bb 7,5 kg umur 9 bulan.saya bingung dia nggak bisa duduk sendiri mau nya dibantu, ga bisa ngesot, ngerangkak, bisanya tengkurap tapi mundur itu jaga g tahan lama. maunya berdiri tapi belum bisa angkat badan kalau dibantu baru bisa.tolong dong apa solusinya kok anak ku seperti itu

  56. Anak saya umur 9 bln belum bisa merangkak, saya tanya SDA nya, beliau menjelaskan bahwa merangkak bukan suatu kepandaian dan keharusan dalam suatu proses tumbuh kembang bayi, jadi saya sebagai orangtua tidak perlu khawatir. mudah2an membantu ya mom(mohon kritiknya jika saya keliru). terimakasih

  57. Putraku “Alul” 5 bulan sdh ngangkat pantat dll kemudian di usia 6 bulan sdh merangkak dan sekarang jalan 7 bulan ia sdh mau merambat.

  58. Putriku aufa usia 7bln 20hr.berat 7,6 Alhamdulillah tumbuh kmbangnya lancar; 3bln tengkurap, 5,5bln duduk sendiri, 6bln merangkak, skrg udh bisa berdiri sendiri dan merambat pada pinggiran sofa,meja kcl,ranjang,tembok,n jika naik baby walker udah jalan ngepot bgt..sampe nabrak2.. Tp aufa msh mw nongol giginya,bicaranya jg msh bergumam, jerit2,gaber2,yg jelas seperti; mi2k,mamam,mama,eh,gihh. Yg mau sy tanyakan bgmana sih kriteria byi yg hyperaktif itu? Makasih respoñ Bunda

  59. putriku amira safa usia 7 bulan 15hr Alhamdulillah dia sehat 5 bulan dia udah bisa mengesot dan tengkurap, 6 bulan dia tumbuh gigi, 7 bulan dia blm bisa merangkak dan duduk sendiri tapi dia minta di tetah dan sekarang dia mulai belajar duduk sendiri. yang saya tanyakan apa boleh umur 7 bulan 15hr boleh ditetah karena amira lihat teman-teman mainnya jalan jadinya dia minta jalan/ditetah

  60. nice atikel..kebetulan bayiku mau memasuki usia 7 bulan..thanks.

  61. anak saya sekarang sudah berumur 7 bulan tapi belum bisa merangkak padahal ia sudah bisa duduk sendiri apakah itu normal?? tolong jawab terima kasih

  62. sy penegn larangan2x dong

  63. Anak ku nahdan usia 7 bulan 25hri, bisanya baru guling2 ja, kadang ngoceh, duduk sndri blm bisa…, tanda mau jalan blum ada, bb 10,2 kg, tb 78 cm, apa ini normal…

  64. anak saya usia 7 bulan skrg lg susah2nya makan bubur bayi maunya nasi lembek itupun makanya sedikit apa tdk berbahaya ke pencernaan usia 7 bulan di kasih nasi

  65. mlm bun,anak saya aqifa tgll 22 nanti genap berusia 9 bln.skrg sdah mahir ngesot ny cepet lagi.tapi lum bisa duduk tgak.ngoceh melulu.dah bisa dadah,pok ame2.tapi giginy lum da

  66. assalamu alaikum, saya mama puput, puput skarang usianya udah 8 bulan tp belum bisa merangkak dan belum tumbuh gigi, berat badannya juga nggak bertambah dari usia 6 bulan, beratnya hanya berkisar 5,3 kg sampai 5,6 kg. apakah bayi saya sehat? tolong jawabannya, trima kasih

  67. Bayi saya umur 7 bulan setengah,, alhamdulillah udah makan nasi tim dan dia suka. Cuma saya bingung,,mengatur menu makanan buat anak saya, saya khawatir dia bosan dgn menu yg saya buat setiap hari.

  68. alhamdllh bayi saya 8bln sudah bs berjaln.senangny hati ini,lucu skali.skrg usia sudah 9 bln smakin lancar,,hampir tdk prnh mau berangkang lg.dr usia 4bln sudah saya pakaikan babywalker,,,mungkin itu pnyebabny dia cpt jln.tp ntah lah,,,yg jls saya sngat senang pertumbuhanny cpt skali,,4gigi,2 atas n 2 bawah.sudah bs memanggil ku abu(yg saya artikan bunda),papa n mam (makan).asi eklusif tentuny.

  69. Bayiq usia 7 bulan belum bisa duduk sendiri/tegak dan belum tumbuh gigi apa itu masih normal trus bagaimana cara merangsangnya biar cepat tumbuh gigi dan bisa duduk?

  70. Ehmm cukup informatif juga

  71. Ikut gabung lah, bayiq usia 7 bln lebih sdh mrangkak dlantai pake perut & dada, apa yg menurutx menarik langsung didatangi. Hrs lebih hati2 nich!

  72. bayi saya usia 8 bulan,,dia sudah bisa merangkak,duduk,dan gigi nya udah tumbuh 6..tapi untuk berat badan naik sedikit-sedikit..apa itu normal??tapi makan nya banyak dan sering

  73. Anak saya 8 bulan dulu prematur skrg beratnya 7,7 ,blm tumbuh gigi blm bisa merangkak tapi tengkurap sambil gasur2 normalkah perkembangan anak saya.balas

  74. kok pertanyaan na ga dibales sih yang paling atas..soale anakku juga begitu..ud 9 bulan belum bisa angkat bokong dan merangkak..gimana ni…plisss kaci jawaban dund..

    • udah dapat jawaban blum.bagi2 dong.anak saya juga ada 9 bilan belum duduk.kalau taruh baby walker uda kesana kemari.kalau tidur ada benda yang rada jauh dia berusaha mengambilnya dengan cara bolak balik sambil tengkurep pasti dapat trus kalau tidur saya angkat tangannya dia ga mau duduk tp langsung berdiri.bagi2 solusinya dong.

  75. anak saya tgl 24 feb 7 bulan belum lihai menggenggam,gimana ya?

  76. Makasih banyak untuk ulasannya. Mohon dikirim ke email saya… Untuk perkembangan bayi setiap bulan. Makasih.

  77. Saya mempunyai bayi yang berusia 8 bulan. Tapi kok giginya belum tumbuh ya… Mohon penjelasannya… Makasih

  78. bayi sy pun blum bisa merangkak atw duduk sendri diusia 7 bulan. .ap i2 n0rmal. .??

  79. anak saya kayra 6 bulan sudah bisa merangkak , diusianya yang ke 7 bulan hari ini ( 10-12-2012 ) anak sy mulai belajar merambat ke ranjang dan tembok

  80. Tipsnya sangat bermanfaat sekali, thanks ya

  81. Gimana ya Putri saya usia 8bln lbh 2mnggu.Perkembangannya sih semua baik seperti apa yang digambarkan.Akan tetapi orang2 bilang kurus cuma 7kg,5ons.Gimana ya?Makan mau tapi suka dekat dgn wktu mau tidur jaraknya jd cuma sdikit yang masuk karena dia mengamuk pgn tidur,gizinya tercukupi cuma sekarang lg sakit karna perubahan cuaca.Tp anaknya hiper aktif.Mohon jawabannya,terima kasih!

  82. malam………..
    saya mau tanya, knpa bayi saya blum bisa duduk pdhl umurnya mau memasuki 9 bulan (16 feb), bilmn dilatih duduk pasti dia goyang2 terus tidk mau diam cumn dia blajar merangkak. mohon solusinya,,,,
    terimkasih…..

  83. anakku usia 7bulan baru bisa tengkurep.padahal anak lain seusia dia sudah bisa duduk dan merangkak.apakah ada yang tidak normal pada anak saya?

  84. Alhamdulillah,prkembngan anak ku sngat membanggakan,
    dr umur 3bln udh bs tngkurep,
    umur 6bln udh bs duduk sndri..
    7blan udh bs onggong2,
    8blan udh merangkak,
    skarang 9blan udah sneng manjat2 sama brdri sndri lepas tngan, pnter ngmng meski blum jelas,pnter nunjuk2 cicak,kucing,ayam, pkok na apa yg dy lyat pazti d tunjuk..
    anak sya aktf banget gak mw diem..
    apakah anak sya trmsuk anak hyperaktif?

  85. sore mom, saya punya baby umur 7 bln 2 minngu tp blm bisa berdiri ya. kira-kira ada masalah gak ya dg baby saya tolong tips nya mksh…
    tlng di bls via email ya

  86. Alhamdulillah bayi q 6 bln sdh bs merangkak & duduk sndri.. skrg 6,5 bln sdh lancar merangkak d lantai k sana k mari utk meraih mainan/bnda2 yg dy sukai. skrg dy lg sng2 na belajar berdiri wlwpun msh jtuh2 trs. Tp ttp smgt.. hny sj gigi satupun blm tumbuh. normal g y???

  87. […] Tips mengoptimalkan perkembangan gerak/motorik bayi 7-9 […]

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

