Apakah bayi umur 11 bln boleh makan nasi ?

Ada yang pernah menanyakan hal ini ke DSAnya masing-masing?

Di milis konsultasi anak ada pertanyaan dan sharing pengalaman atas pertanyaan diatas

Question :
“Mau tanya nich si kecil Karina usia (11 bln) sudah mulai bosen dengan
makanan babynya
padahal sudah di variasi menunya, herannya setiap di kasih makanan untuk
anak seusianya dia selalu mual (bahkan muntah), kemarin sore abangnya
makan nasi + telor dadar aku coba suapin ternyata maknnya lahap sekali.
Yang jadi pertanyaan bolehkan anak seusia Karin makan makaan untuk orang
dewasa spt Nasi + telor dadar, NAsi + sosis+ Nasi + Sup.


Mohon pencerahaannya, karena saya agak takut pencernaan untk usia karin
blm kuat dengan makanan spt itu.
Txs and GBU “

replay 1:
Mba Desy,

Tidak ada larangan anak 11 bulan untuk diberikan nasi selama tidak ada
masalah dengan gastro-nya.

Untuk pertama mungkin bisa dicoba nasinya agak dibuat lembek dulu spy
perutnya ngga kaget.

Memang selama ini belum dikasih bubur tim saring (halus & kasar)? Karena
itu merupakan proses perkenalan yang bagus untuk menuju makanan padat
(nasi, sayur, dll).

Menurut saya, selama anaknya mau dan tidak menimbulkan akibat yang tdk
baik sesudahnya (misalnya alergi atau sakit perut), berarti tubuh si
anak sudah bisa menerima apa yang diberikan. Hanya saja sangat perlu
memperhatikan segi kebersihan, kecukupan gizi, porsi takaran (jgn
terlalu banyak atau terlalu sedikit) dan keragaman jenis.

Jangan terlalu over worried memberikan makanan ke anak selama makanan
tsb bergizi, bersih dan sehat karena takutnya si anak malah bisa menjadi
picky eater (memilih2 makanan/jenis tertentu). Hal ini saya alami
sendiri waktu saya memperlakukan Diva (9 thn) – anak pertama saya. Saya
terlalu takut untuk mencoba makanan2 karena mungkin baru pertama jadi
belum punya pengalaman. Shg waktu anak saya msh kecil sempat menjadi
picky eater, susah sekali untuk memilihkan makanan yg dia suka walaupun
semakin besar hal itu akan hilang dgn sendirinya. Tapi hal ini tdk
berlaku bagi anak kedua saya Naira, makannya gampang sekali apa saja dia
suka. Karena waktu dia kecil saya tidak ragu2 untuk mencoba berbagai
jenis makanan selama bergizi dan sehat.
Selamat mencoba, semoga Karina makin sehat.
Regards,
Lies Permana

Replay 2
Dear Bu Desy, pengalamannya mirip bgt sama anak saya. Dulu waktu Briel
11 bulan secara nggak sengaja nyuapin nasi n lauk pauk pdhal mau nyuapin
ke keponakan umur 3th yg lg duduk disebelahnya. Waktu disuruh keluarin
nasi dari mulutnya malah anak saya minta tambah lagi. Sejak itu makannya
dah nasi terus tapi bertahap dibikin lembek banget sampe sama nasi yg
dia makan dengan nasi utk keluarga. Thank God sampe sekarang umur 2.5 th
gak pernah masalah dg pencernaan dan untungnya lagi dia nggak suka
sosis, nugget dan frozen food lainnya jadi lbh suka makanan yg
dimasak/makanan keluarga.
Smoga bermanfaat.
Caecil

Replay 3:
Buat saja nasi lembek. Dan sayuran yg di berikan sama si kecil dicincang. Saya rasa itu gak apa2. Si kecil sedang mengalami proses belajar mengunyah.
Justru kalau tidak diikutin nanti malah kebiasaan makan makanan halus dan jadi malas mengunyah.
Regards,
YUSRI

Replay 4:
kalau mau tau anak kita sudah siap menerima makanan berserat atau belum insya Allah gampang koq.. Allah sudah kasih petunjuknya. . yaitu dg tumbuhnya gigi.. jika gigi sudah mulai ada berarti sdh siap anak makan makanan berserat.. smakin banyak giginya.. pencernaannya semakin siap.. jadi.. kalo baru tumbuh 1 or 2 gigi saja.. kita belajarkan sedikit2 ke anak untuk pemberian makan padat dan berserat.. semoga bermanfaat. :)

Ada yang punya masukan lain ? :)

54 Tanggapan

  1. anak saya berumur 11 bulan tapi gak bs merangkak gmn caranya biar dia mau belajar merangkak?thx

    • berbagi ya bu,,coba biarkan babynya selalu bergerak bebas di tempat tidur,jgn terlalu sering di gendong n pijat tubuhnya setiap hari sebelum atau sesudah mandi terutama di bagian kaki,,,anak saya skg sudah 11 bln,,,merangkak sudah umur 5 bln n skg sudah bs jalan,,semoga bs bermanfat

      • saya mau tnya nih bu dewi anak sya jg sm dari umur 5bln sudah merangkak dan Alhamdullilah aktif anaknya dan skrng dah umur 11bln tp kok masih takut y untuk belajar melangkah? gmn y solusiny?

  2. maaf salah nulis.thx.

  3. Bayi umur 11 bulan boleh aja makan nasi.tapi agak lembek.anak saya aja dah makan nasi ama sayur spt wortel.asal gigi dah mulai numbuh tidak apa2.

  4. anakku umurnya 12 bulan tapi knapa blm jln2 juga ya? gmn caranya biar cepat jln…….

  5. anakku umur 11 bulan giguinya baru 1 dan tidak mau nasi, bubur nasi baru masuk…

    • diajarin bu dorong2 sesuatu seperti mobil2lan kecil atau baby walker dia.ank saya umur 11 bulan udh bisa jalan walau cm 5 langkah

  6. anak saya 11 bulan, giginya uda mo 8, uda makan nasi dan uda jalan ksana ksini..
    tapi koq dia ga doyan susu kaleng ya? saya takut dia ga bisa gemuk. trus menu apa sebaiknya yg musti saya berikan ya?
    selama ini dia makan ikan dan sayur, jarang daging ayam atau sapi.

    • sama juga dgn anak saya, cuma bedanya dia skrg masih belajar jalan 1-4 langkah…

      anak saya jg ga mau susu kaleng. jangan takut klu anak ga bs gemuk. yg penting makanan bergizinya selalu teratur. dan jangan takut2 utk mencoba makanan apa aja yg penting bersih. anak saya smp skrg masih bergantung ma ASI, badannya sehat & tidak kurus. tapi besar dan padat…

      masalah menu sih, perbanyak aja sayu2an hijau & buah. itu aja yg penting. (berdasarkan pengalaman saya).

  7. anak saya memasuki usia 11 bulan, gigi 2 bh.
    makanan sehari2 bubur bikinan sendiri dan sekarang dengan tekstur agak kasar.
    kadang juga aku latih dikasi nasi sedikit2.
    so far ga ada masalah dengan pencernaan anak saya.
    maunya sih kasi menu nasi/menu keluarga nanti kalo dah usia 1 tahun, karena ini anak pertama saya, kadang masih takut2 untuk melakukan progress,hehehehe.

  8. salam kenal,
    anak saya umur 11 bulan,jg sudah mulai saya berikan nasi tapi nasi yang agak lembek dan ternyata dia mau.lauknya juga sudah mulai saya berikan berupa makanan keluarga.alhamdullillah perutnya gak papa

  9. Anak saya umur 11,5 bulan, berat badannya 7,5 kg. Dia masih minum susu asi. Saya mo tanya kenapa anak saya kadang susah sekali untuk makan padahal udah tumbuh 4 gigi atas dan 2 gigi bawah. Selain itu dia juga susah untuk minum susu kaleng. Gimana caranya biar dia mau makan? Apa berat badannya kurang? terima kasih sebelumnya.

    • anak saya juga awalnya nangis mlulu setiap mo dikasih makan. tapi saya terus coba melatih anak saya untuk makan, dan akhirnya dia doyan sekali makan. Sabar aja bu untuk melatih si kecil… dalam porsi kecil aja dulu..

    • anak saya juga 11 bulan kalo makan saya ajak main ke tempat tetangga… biar suasananya enak… kalo dia ga mau susu disendokin aja… diatur jadwalnya sama makan jadi di kasih saat dia laper…

  10. buat moms yang bingung tentang makanan untuk bayinya, silahkan klik di http://www.menuanak.com/?id=makanansehat

    smoga bermanfaat

  11. anak saya qayla sekarang umurnya 10,5 bulan.. qayla sekarang sudah makan nasi lembek padahal giginya belum ada.. rada takut c dngan pencernaannya.. tp mw bgaimana lg dia udah ga mau dkasih makan nasi tim.. tp sbnernya bleh ga ya??

  12. anak saya umur 8,5 bln belum keluar giginya …….akhir-akhir ini kalo dikasih makan bubur masakan sendiri agak susah…tapi kalo dibuatkan jus alpukat agak seneng……dan sekarang dia udah mulai belajar jalan sambil pegangan pinggirannya kursi…..

  13. saya mau tny ni…anak saya sudah 10 bln…tp kok bicarax blm lancar seperti anak seumuranx…tp anakku sudah merangkak..dan mulai belajar jln smabil pegangan pinggiran kursi..kl mkn sama minum susux baik sekali malah lahap….tp knp y…badanx kok ga naik dan mulai menurun??apa krn masalah pertumbuhan gigi disertai mencret?mohon masukkanx…trimakasi…GBU

  14. anak saya 11 buala,udah saya kasih makan nasi yg dilumatkan coz klo dikasih tim susahnya minta ampun…lauk fav nya perkedel kentang n sayur sop n nasi..puji Tuhan tidak mengalami masalh spt mencret dsb…

  15. Bagaimana cara supaya anak 11 bulan doyan makan? anak sy susah sekali, padahal menu sudah diganti2, emang sih slama ini sama oma’nya krn sy bekerja. jd merasa bersalah krn sy tdk pernah terlibat langsung menyuapi dia…tlg ibu2 mungkin ada menu yg baik untuk anak yg gak doyan mkn, ato vitamin yg beredar di pasaran…thx b4.

  16. Anak saya skrng umur 11 bulan tapi susah bgt diks makan,kira2 apa ya penyebabnya?saya takut bgt kalau brtnya turun ,,,,,tp giginya udah 4,dan skrng dia dah mulai blajar jalan ….mohon saranya ya!!!!thank’s

  17. anak saya udah 11 bulan,gigi nya udah numbuh enam….tapi setiap di kasih makan nasi BAB nya sering bgt,apakah itu sehat?

  18. Anak saya umur 10bulan dia g mau susu kaleng makannya jg g begitu lahap.padahal dah divariasikan menunya.makan buah jg.dia jg suka jus avocado.tlng dong kasih tau kalo ada menu buat bayiku.thank

  19. Assalamu’alaykum..
    ikut nimbrung…Bernagi pengalaman dengan para ibu..zakariya sekarang udah 10 bulan..sejak usia 8 bulan, dia udah dikasih nasi tapi masih lembek, soalnya susah banget kalo dikasih makan makanan seusianya..padahal dah dicoba berbagai menu..dari mulai resep sendiri, resep temen, ampe beli yang instan di supermarket..tapi tetep aza mulutnya ngatup tak mau makan, pusing saat itu, tuz suamiku bilang, cobain dikasi nasi, eh malah minta nambah akhirnya, sejak saat itu aq kasih nasi sama sup, sayuran diblender, tahu tempe, dan lauk pauk…

    Wassalamu’laykum warrohmatulloh wabarokatuh…

  20. Ass, areen sbntr lg 11 bulan…sm bgt kyk crta2 diatas, areen mulai nolak makanan bubur tim kyk biasa…klo qt lg makan dia psti ngejer minta dsuapin, y dksh aja…asal dilumatin dlu..skrg bunda mulai ngasih mamam areennya dg nasi lembek dg lauk n sayur yg brvariasi, g msti ragu2 “ini boleh ap gk y?” asalkn sehat n brgizi itu bgus u/ anak, skrg areen giginy dh 8 n blm bsa jln, dlm proses bljr..tp intinya yg bunda tau setiap anak itu berbeda beda.. Wss

  21. anak saya 11 bln,sblmnya mknnya ga ada mslh,malah bs dibilang lahap. skrg mulai bosan mkn nasi tim saring. mungkin krn rasanya agak hambar krn sy ga pnah ksh garam tp sy ksh keju. Tanya nih: klo umur 11 bln boleh ga makan lauk yg digoreng? trus garam blh dksh ga sih? tks.

  22. klo sy ga mau Azzam jd sang picky eater..walo anak pertama ya ga over worried.9bln giginya 8buah,sy dah kasih bubur dan sayur tanpa saring,cukup dibejek di mangkok,11bln giginya 12 nasi lembek pake kuah2an.sy coba kasih susu uht seminggu 1x,perutnya ga papa.td pagi pas sy makan roti,dia mau,pdhl isinya ada meses..ya udah sy suapin..hehe.klo mandi ga di bak bayi lg..tp di tempayan air sambil berdiri pegangan…

  23. oiya..pernah jg sy suapin nasi plus sup cream dan perkedel di kfc..hehehe..nakal sedikit ga papa lah..buat pengalaman..

  24. anak saya,owen,11 bln 1 minggu,gigi nya udah 6,mao keluar lg 2.makannya udah nasi pake sayur sop,bayem,ayam kecap,sayur2an hijau.dikasih nasi udah sejak 8bln,tapi masih lembek dl mula2.ga ad masalah dngan pencernaannya..malah saya dr 8 bln tsbut,udah saya kasih agar2..tidak ada masalah.tapi,sayuran apa yg bgs,untuk anak seusianya ya?trus,saya mao tanya,apakah keju udah blh dikasih,sama roti?

    thank’s b4…

  25. anak sya 11 bln,,tp ko blm tmbh gi2 satu pun,,,biasany usia brp mlai tmbh gi2..

  26. ikutan nimbrung ah ………… kayaknya cerita2 diatas sama seperti anak saya sudah mau 11 bulan tapi blm duduk sendiri,blm tumbuh gigi dan badannya kurus makannya susah sekali minum susunya sedikit gimana ya saya kawatir anak saya jadi kurang asupan makanan …………………….. tolong donk yg py pengalaman sama bagi2 resepnya untuk mengatisinya…..thanks before.

  27. anak saya 8 bulan udah makan nasi. sebenarnya khawatir tapi sepertinya dia suka dan makannya lahap. tidak seperti makan bubur slalu di lepeh2. itu kira2 gapapa kah? anaknya masih full ASI. trus pernah juga makan sup cream nya CFC…. :), Es krim juga….

  28. Anak saya, Fritzi, usianya 10 bulan tiga minggu. sedang belajar berdiri lalu duduk sendiri. duduk dari posisi tidur atau tengkurep sudah sejak 9 bln 2 mingguan. juga dah mau merambat ke sambil pegangan ke apapun yang bisa diraih. waktu masih makan nasi tim makannya ga begitu lahap. eh dikasih nasi lahap sekali makannya. walaupun giginya baru mau tumbuh dia dah pintar ngunyah. dan alhamdulillah perutnya baik2 aja dan sekarang terlihat makin gemuk.

  29. thanks ya infonya…..goooooddddd!!!

  30. saya mau tanya…anak saya alfa dah 11 bulan…giginya dah 8..tiap hari saya kasih makan nasi+ayam/ikan+sayuran…makannya lahap…tapi berat badannya ko ga naik-naik ya???

  31. tanya dong.. anak saya masuk umur 11bulan.. dia pernah dirawat 2 kali dalam sebulan waktu umur 8-9 bulan karena diare akut, dia sudah tidak asi dari umur 6bulan, pernah didiagnosa dokter alergi lemak sapi, karna diare tak kunjung berhenti,sempat ganti susu soya, tapi lama kelamaan saya ganti dia dengan sufor sapi lagi dan alhamdulillah dia gapapa, tapi belakangan dia suka muntah kalo makan kenapa ya??? padahal dia masi makan nasi tim halus.. trus boleh ngga si dia dikasi sayur yg menggunakan bawang putih, atau bumbu dapur lainnya??? menu apa yg harus saya kasih supaya dia ga muntah dan mencret2 lagi..mohon sarannya terima kasih

  32. sy mewakili ibunya fabio mau tanya bu…anak sy 11 bulan tumbuh sehat sesuai umurnya sampe skrg minum asi dan blum dikasih formula, untuk urusan makan sdh 2 bulan dikasih nasi lembek di campur kaldu ayam/sapi, wortel, brokoli dll sblmnya bubur milna..nah dah hari ini BAB nya keras dan hari ini dah 6 kali BAB keras dan kehitaman. Pengaruh dari apa ya bu? mohon infonya. Trims

  33. Salam kenal bu.., anak umur 11 bulan makanan nya selain bubur/nasi di campur wortel,kentang,brokoli bisa di kasih makanan apa lagi ya.? saya bingung dengan variasi makanan nya… mohon di balas ya… atau email jenny_jhen@ymail.com

    terimakasih banyak sebelumnya….

  34. wk3…..ikutan atu dunD….salam kenaL ….anakku Narendra umur 11 bulan…gigi bru tumbuh 2 dan skrg lg getol2nya belajar jalan smbil pegangan di pinggiran tempat tidur…bwt makanannya jg mule diajarin maem nasi ma lontong yg dilumatin..bole ga ya..?..trus minta saran variasi makannya jg dung..mohon dbles… atau emai piwinoey@yahoo.com…….thankz….^^…..

  35. anakku udah mw 11 blan tpi blm jga tmbuh giginy..
    tpi dia pengenny makn nasi trs,kira2 gpp gx ya?

  36. sama banget,anakku udh mo 11 bln juga blm tumbuh gigi..maksimal usia brp tumbuh gigi? 2minggu-an ini makannya susaaah bgt smpe terpaksa bikin dia nangis,tp hr niy iseng2 kasih nasi lmyan mau walau ttp dikit,,g beresiko apa2 kn?

  37. anak saya berumur 11 bln tapi blm bisa makan nasi tim jadi msih mkn bubur susu tp sudah bisa berjalan dari umur 9 bln , sudah bs mngucapkan kalimat pendek sperti mama, papa, sudah , kucing dsb dan yang jd
    mslh giginya baru tumbuh 2 terus kalau dicoba dikasih makanan yg lembek / tim jadi muntah knp ya?tq

  38. baby ku mulai umur 8bln apakah sudah blh maem nasi?
    Utk maem bubur tim gak da mslh,tp usia standar baby maem nasi kpn y?

  39. Anak saya usia 11 bulan, terkadang kalau saya buatkan makanan untuknya(nasi yang dihaluskan dan campuran sayur sprt labu)hanya sedikit yang mau dimakannya, tapi ketika saya dan suami makan dan kami berikan nasi yang ada dipiring kami dia banyak memakannya walau dengan nasi saja, yang mau saya tanyakan sayur apa saja yang boleh diberikan untuk anak seusia dia…terimakasi atas jawabannya…

  40. Dear sis…anak ku udh 11bln tp blm tumbuh gigi normal gak?dr 6bln makan nya lahap dari bubur bayi instan smpe bubur bikinan sndri tp skrg udh mulai gak mo mkn knpa ya apa bosan?trims infonya ya….

  41. Dear sis…anak ku umur 11bln blm tumbuh gigi wajar gak sih?dr 6bln makan nya lahap bubur instan n bubur bikinan sndri tp skrg2 kok jd susah makan ya apkah dia bosan?mohon saran nya sis….trims

  42. Ankq jg bunda br 11 kalo sy ksh mkanan yg lembek malh g mau, dy lahap kalo mkn nasi biasa brsm kakaknya 4thn, sy kira g masalh.

  43. Anak saya tepat 11bulan hr ini dia masih makan bubur/nasi blender, sy bingung skali setiap dikasih nasi/bubur yg msh ada sedikit nasi gak keblender dia selalu muntah, yg saya tanyakan kenapa kok anak saya males bgt ngunyah ya trs solusinya apa, sy coba kasih nasi lembek jg bgtu, malahan di emut ujung2nya dilepeh. Padahal giginya dah 8 dan bb 9kg.oh ya dia baru mulai mnm susu kaleng itu jg disendokin.Kalo ada yg sama pengalaman+solusinya share ya thx before.

  44. anak saya umur 10 bulan, satu minggu kemarin saya kasi makanannya nasi dan sayur-sayuran karna tidak mau buburnya. tetapi skarang sudah mau makn buburnya lagi.
    kalau seperti itu kira-kira gimana yaa ???
    mohon solusinya.. terima kasih….

  45. […] Apakah bayi umur 11 bln boleh makan nasi ? | kumpulan […]

  46. Mohon petunjuknya ya? Baby saya baru mau msuk usia 11 bln,, dan baru punya gigi 4, atas 2 dan bawah 2,, kira2 kalau diberi makan nasi tim dan lauk pauk,, bagaimana? Mohon bantuannya, ya,, trmksh,,

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

