Kapan Gigi Bayi Tumbuh?

Diambil dari milis bayi-kita@yahoogroups

KAPAN GIGI BAYI TUMBUH?

Sampai usia 2 tahun anak punya 20 gigi susu.
Pertumbuhan gigi bayi sudah dimulai sejak dalam kandungan, tepatnya
sejak janin berusia 4 minggu sampai bayi lahir. Pertumbuhan ini masih
berlangsung di dalam rahang dan baca lebih lanjut gigi bayi

About these ads

50 Tanggapan

  1. anaku 8 bulan kok lum tumbuh gigi ya?

  2. Anak saya tepat berumur 4 bulan tumbuh dua gigi di bagian depan bawah… sama seperti saya waktu bayi dulu (menurut cerita orang tua)…

  3. anakku juga hari ini pas 8 bulan tp belum tumbuh gigi, padahal dia hobi bgt gigit-gigit

  4. terima kasih atas infonya, sekalian mau tau nih, apa benar gigi anak akan tumbuh diiringi dengan badan panas/demam

  5. anak saya usia 10 bulan lebih belum tumbuh gigi, sementara teman2 nya dah mau tumbuh 4. Mungkin benar waktu hamil saya kurang asupan kalsium karena gak doyan susu. terima kasih, tips nya akan saya coba.

  6. Makanan yang membuat alergi pada kulit bayi

  7. anakku 10 bulan sedang tumbuh gigi, waduh… rewelnya minta ampun dan nafsu makannya turun drastis sudah 3 hari nih. gak tau sampai kapan ya.

  8. Dear mama dan papa….

    Terimakasih atas comment2 nya selama ini..

    Untuk para mama dan papa jangan terlalu khawatir bila anaknya belum tumbuh gigi sebelum anak mencapai usia 1 sampai 2 tahun..

    Pertumbuhan gigi sulung/gigi susu memang berbeda tiap individu.. kita tunggu saja sampai usia anak 1 atau 2 tahun…
    Biasanya gigi sulung seluruhnya (berjumlah 20 gigi, 10 atas dan 10 bawah) tumbuh lengkap kurang lebih usia 2 tahun.. Bila sampai 2 tahun tidak kunjung tumbuh satu pun gigi susunya maka sebaiknya datang ke dokter gigi anak untuk dilakukan pemeriksaan…

    Dan jangan lupa… Bila sudah tumbuh gigi.. mulai dilakukan pembersihan setiap habis minum susu atau makan… mulai dengan kasa basah atau sikat gigi khusus bayi… tidak perlu dengan pasta karena takut tertelan oleh bayi kita..

    Dan juga mulai lah melatih anak datang ke dokter gigi anak sejak usia dini. Supaya tidak takut nanti nya..
    Dan kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali…

    Salam
    -eva-

  9. anakku umur 6 bln udah tumbuh gigi 2 diatas dan 2 dibawah… kalo demam biasa dokternya nganjurin minum sanmol drops… ( maaf memberi merk ) mudah2an bisa berguna buat ibu2 yg lain….

  10. Anak saya baru tumbuh gigi pertama waktu usia 14 bulan, dan sampai sekarang (21 bulan) jumlah giginya baru 6. Setiap kontrol rutin ke dokter sih dokternya tidak menunjukkan kekhawatiran. Tapi ingin juga mndengar share dari Ayah Bunda yg lain, mugkin ada yg punya pengalaman sama?

    • Bu Frida, saat ini anak saya juga sudah umur 14 1 hari, tapi giginya belum tumbuh sama sekali, sudah coba berbagai cara masih belum tumbuh juga, tapi sejak usia 10bulan sudah sering mengeluarkan air liur lebih seperti tanda2 mau tumbuh gigi dan sering menggigit semua benda kecil didepannya…saya coba bawa ke dokter anak, tapi dokter juga bilag tdk ada masalah, jika sudha 18 bulan belum tumbuh gigi baru diperiksakan lebih lanjut….tapi sebagaiorang tua saya cukup kawatir, kenapa pertumbuhan gigi anak saya lama…malahsaya bawa ke dokter anak yg lain..dokternya bilang ” sabar Bu…masak sampai dewasa anak gak tumbuh gigi… :(

      • halo mama gimana anaknya dah tumbu gigi nggak
        saya nih anak saya dah 14 bulan tapi belom tum,buh gigi saya jadi kwatir

    • maksudnya sudah 14 bulan 1 hari :)

  11. Anak saya umur 15 bulan sudah tumbuh gigi depan atas 4 dan bawah 4, dan ditambah lagi gigi belakang atas dua dan bawah 1. Yang mau saya tanyakan apakah ketika memakai sikat gigi dan pasta gigi yang aman untuk ditelan itu boleh diberikan????? Karena dengar2 ada yang tidak boleh memakai pasta gigi sebelum umur 2Th supaya email giginya tidak rusak ataupun hilang. Mohon apabila ada yang mengetahui kirim saja ke Email saya (heksawati@yahoo.com)

  12. Anak saya, Daryl sekarang usianya sudah 2tahun5bulan tapi kenapa jumlah giginya baru 16 (atas8 bawah 8) ya? apa ada obat/vitamin yang bisa bantu untuk tumbuh gigi? mohon infonya. terimakasih

  13. anak saya umur 9 bulan pada juni 08….saat mau tumbuh gigi..aduh…rewelnya..minta gendong terus…
    tapi cuman 2 hari. habis itu biasa aja…trims.

  14. anakku umur 4 bulan juga sudah tumbuh gigi tapi badannya sama sekali ga panas, ga nysahin deh…..

  15. Anakku umur 6 bulan kurang beberapa hari udah numbuh gigi dan sekali numbuh langsung dua, waktu numbuh gigi badannya sempat panas dan rewel, apalagi dibarengi dengan batuk dan flu wah kacau deh, nafsu makan juga kurang, tapi ga lama2, 2 hari kemudian juga dah ok lagi kok. oh ya kata orang tua kalo anak tumbuh gigi makin cepat nanti pas udah gede makin cepet pula ompongnya nah loh….(serem juga y..)

  16. anak saya 8 bln sudah ada 2 gigi kecil di bawah, tapi bentuk tumbuhnya ga’ bagus, pada sisi pertemuan kedua gigi, arah giginya ke dalam…bagaimana ya caranya menjaga arah/posisi pertumbuhan gigi yg rapi pada bayi?

  17. Zidane sudah 9 bulan lebih 3 hari tapi belum tumbuh gigi, apakah ada masalah?

  18. bayi aku dah 7 bln tp blm tumbuh gigi.tp suka gatal gigit2 jari ma mainan.

  19. Anak sy usia 10 bln udah pny 8 gigi.ni udah mau tmbuh lg.3hr ni rewel bgt.g mau mkan sma skali.cm minum susu aja d forsir. ;-)

  20. anak saya udah 10 bulan kok blm tumbuh gigi? tp emg dl kakaknya jg 12 bln br 2 gigi…kenapa yah?

  21. ank sya dah brumur 9bln tp blm tmbh gi” ya?

  22. anak saya,mutya,,10 bulan,sampai skarang belum menunjukkan tanda2 mau tumbuh gigi. kira2 apa ya penyebab anak yg mengalami lambatnya pertumbuhan gigi???

  23. anak saya berusia 14 bulan baru tumbuh gigi di bagian atas sisi depan, kira2 ini normal g ya..???? ( biasanya normalnya gigi tumbuh pertama kali kan dibagian bawah ).

  24. Ank sy 9 bln 21 hr koq blm tmbh gigi ya?apa pnybbny?kl da yg tau tlong kabarin,pdhal kaka misanny dr usia 5bln dh tmbh gigi ;-(

  25. Anak saya sdh setahun blm jg tumbuh giginya, Normalkah ini? Tapi dia sdh makan makanan keluarga spt nasi utk org dewasa, makan buah cepat habisnya…

  26. Anak saya umur 12 bln blm tumbuh gigi, normalkah ini ? Apakah ada kaitannya lambat tumbuh gigi pd anak dgn kekurangan kalsium? Pd masa hamil saya rajin minum susu tinggi kalsium dan anak saya minum susunya murni ASI. Tolong penjelasannya…

    • wahh.. sama kasusnya dengan saya, anakku tepat 12 bulan tanggal 15 Mei kmaren, dan masih belum punya gigi sebijipun, tapi makannya sudah nasi, sudah bsa jalan, sudah bsa ngomong. dia masih ASI full, sewaktu hamil, rasanya asupan kalsium sudah cukup, saya minum susu hamil, susu kedelai, vitamin dari dokter, hehehe.. tapi yaa sutralah.. kata dokter juga “ditunggu saja”.. jadinya tiap hari saya berdoa, smoga bsok sewaktu bangun pagi, terlihat gigi mungil ketika dia membuka mulutnya, amiin.. :)

  27. he..he.. tenang rasanya baca komen dr para mommy.. putri saya Bening 8 bulan 3 minggu blom nongol giginya, dah gitu blm mau duduk sendiri tp klo didudukin (klo pas mandi/di kasur udah tegak banget..) sempet kuatir tp kata dokter tumbuh kembang anak sendiri-sendiri.. kecuali sudah 12 bulan bl duduk baru di chek lagi.. soal gigi juga tunggu aja tgl mainnya yg penting kekuatiran kita tdk berlebihan yg membuat anak jd kurang nyaman..

  28. darpa anaku juga sekarang dah genap 10 bulan tapi blm ada tanda2 tumbuh gigi,kalo gigit2 mainan, makanan,kadang ampe gigit2 tangan aku jg…tp ampe skarng tuch gigi blm nongol jg…pdhl asupan kalsium waktu hamil aku rasa cukup…jd kwatir….help me.

  29. darpa anaku sekrng genap 10 bulan tp belum ada tanda 2 tumbuh gigi.aku jg kwatir nich.padahal waktu hamil asupan kalsium aku rasa cukup.help me.,,,,,,

  30. anak saya umur 9bln .. sekarang sudah tumbuh 2 gigi seri dibawah ..
    yg saya mau tanyakan .. kok ada 2 buah gigi di atas baru mau tumbuh tapi bukan gigi seri melainkan .. 1 gigi seri kanan + 1 gigi di samping kanan gigi seri … normal ga ya ??? apa itu gigi seri keduanya ? karena posisinya tidak tepat ditengah seperti gigi seri bawah ? apa ada pengaruh dari suka menggigit benda2 keras ?? mohon di balas .. terima kasih

  31. ank ku umurnya 13bln tp blm tumbuh giginya apa gak pa2 ya??tapi gusinya keras bgt soalnya klo gigit roti aja bs putus

  32. anak saya udah 10 bln tp duduknya masih dibantu, gmn ya????

  33. baby boy saya usianya 6 bulan dan dy rewel sekali beberapa hari ini mau minta gendong bunda nya terus dan dy suka menggigit apa saja yang ditemukan tangannya,, dan susah dikasih makan, apa ini termasuk tanda-tanda mau tumbuh gigi? badannya tidak hangat apalagi panas tinggi

  34. Ank sya umur 4 bln 1 minggu dh tumbuh gi”ny . . ^_^
    sneng bz liat gi” bwhny yg mungil . .
    Sempt cmas wkt dy skit pnas . .
    Mungkin tu jg tanda” mo tumbh gi” . .

  35. anak saya skrg ini dah 8 bln lewat 8 hari dan sampai sekarang ini blom tumbuh giginya, dah bisa duduk sendiri, banyak bicaranya, dah makan nasi tim saring, makan buah saring dan makan bubur..senang baca share dari teman2 semuanya, setiap balita memliliki waktu tumbuh gigi yang berbeda..semoga di bulan ke-9 ini my baby michele tumbuh giginya, amin.

  36. anak saya 10 bulan 2 mgg, blm tumbuh gigi jg. kmrn dikasih vitamin kalsium ama dktr. trus wkt hamil plasenta saya ngalamin pengapuran.pas bayi tercinta lahir, ternyata kekurangan kalsium n lsg dikasih vit. kalsium. mgkn ada kaitannya ya?

  37. anak saya 10 bulan 2 mgg, blm tumbuh gigi jg. kmrn dikasih vitamin kalsium ama dktr. trus wkt hamil plasenta saya ngalamin pengapuran.pas bayi tercinta lahir, ternyata kekurangan kalsium n lsg dikasih vit. kalsium. mgkn ada kaitannya ya?

  38. Anak saya hampir 11 bulan.. Smpi skrg blm tumbuh gigi.. Pdhl mkn nya udh nasi lho.. Udh bs berdiri n mulai merambat2.. Suka ngoceh jg.. Udh ngerti klu d ajak omong.. Pokoke lucu n pinter bgt deh.. Tp yg bikin cemas ya itu td.. Gigi nya blm tumbuh jg..gmn solusi nya ya..?

    • sama bun…anakku juga udah 11 bulan belum tumbuh jg giginya..makannya juga udah nasi…malahan mau bisa jaln sekarang

  39. Assalamu’alaikum…….
    bu dokter, saya mau tanya. anak saya sekarang 4 bulan, tapi sejak lahir sudah muncul gigi di rahang bawah 1 dan sekarang sudah 2 tapi giginya kaya ngga stabil. bisa tanggal ndiri ga ya? tapi kalo untuk nete ga rewel. makasih
    Wassalamu’alaikum

  40. Quinnara udah hampir 15 bulan,tapi sampai sekarang belum tumbuh giginya,padahal waktu hamil sy slalu minum susu khusus ibu hamil,dan makanan Quinnara juga saya berikan yang bergizi,sampai sekarang dia masih minum asi,kenapa ya gigi anaku belum tumbuh juga?sy jadi kuatir……gimana ya????

  41. Anak saya umur 16 bulan tapi belum bertumbuh gigi. Tapi pada umur 1 bulan bertumbuh 2 gigi ∂ï bagian bawah dan beberapa hari kemudian tanggal. saat Ǐƞǐ anak saya dalam keadaan sehat dan sudah agak jelas dalam bercerita ataupun meniru kata2 dan kalimat orang lain. Mohon penjelasannya …..

  42. Anak saya umur 21 bulan gigi sudah kluar tapi anehnya yang bawah kok cuma separo kira kira wajar apa enggak ya?

    • Anak saya umur 21 bulan sudah tumbuh gigi tapi kok yang bwah tumbuhnya cuma separo ke kanan yang kiri gak ada kira kira wajar apa enggak y? Mohon infony y. . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: