Dok, Anak saya, giginya belum tumbuh juga?

Seputar pertumbuhan gigi anak dari milis nakita, dengan tajuk : “Dok, Anak saya, giginya belum tumbuh juga?”

Pertanyaan ini kerap diajukan oleh para ibu. Terlebih bila si kecil usianya sudah hampir setahun tapi belum juga tumbuh gigi. Nah, bagaimana sebenarnya pertumbuhan gigi bayi. Sering kita jumpai bayi belum juga tumbuh gigi satu pun padahal usianya sudah hampir setahun. Orang tua pun cemas. Soalnya, bagaimana nanti si bayi bisa makan makanan padat. Namun tak jarang pula kita jumpai bayi yang sudah tumbuh gigi di usia sedini 1-1,5 bulan. Malah ada yang sejak lahir sudah punya gigi. Napoleon Bonaparte, misalnya, begitu lahir sudah punya dua gigi seri bawah. Sebenarnya bagaimana, sih, pertumbuhan gigi bayi? GIGI SUSU Pertumbuhan gigi, terang Prof. DR. Ismu Suharsono Suwelo, Drg, SpKGA., sudah dimulai sejak bayi berada di kandungan, yakni sejak janin berusia 4 minggu sampai bayi lahir. Karena yang dimaksud tumbuh gigi adalah pertumbuhan dari dalam, bukan dalam arti keluar giginya. Sedangkan keluarnya gigi yang terjadi setelah kelahiran disebut erupsi gigi. “Jadi tumbuh gigi dan keluarnya gigi itu berbeda,” jelas Ismu. Gigi, terangnya lebih lanjut, tumbuh dari epitel tulang. Mula-mula yang tumbuh ialah mahkota gigi yang berwarna putih dengan lapisan luar emailnya, lalu ke bawah ada dentin, ke bawahnya lagi ialah benak gigi (pulpa) yang menjadi tempat syaraf dan pembuluh darah, dan yang paling akhir ialah akar gigi. Ada 2 macam gigi, yaitu gigi anak atau gigi susu dan gigi dewasa atau gigi tetap/permanen.

Erupsi atau keluarnya gigi susu pertama terjadi di usia 6-8 bulan. Umumnya diawali oleh keluarnya gigi seri tengah bawah, lalu secara berurutan gigi seri tengah atas, gigi seri lateral atas dan gigi seri lateral bawah, geraham susu pertama, gigi taring dan geraham susu kedua. Tapi erupsinya tak sekaligus, melainkan satu per satu dan kadang ada juga yang sepasang-sepasang. Umumnya ketika anak berusia 1 tahun mempunyai 6-8 gigi susu (tapi kadang ada juga yang hanya 2 gigi walaupun tanpa disertai keluhan pertumbuhan) dan akan menjadi lengkap berjumlah 20 gigi susu (4 gigi seri atas-bawah, 2 gigi taring kanan-kiri di atas-bawah, dan 4 geraham kiri-kanan di atas-bawah) pada usia 18 bulan atau 2 tahun.

CEPAT-LAMBAT ERUPSI

Kendati erupsi gigi pertama terjadi pada usia 6-8 bulan, namun masih belum bisa dikatakan terlambat apabila di atas usia tersebut belum juga keluar gigi pertama. Karena, normalnya erupsi gigi terjadi pada usia 6-12 bulan. Lain halnya bila si anak sudah berusia lebih dari setahun tapi belum juga terjadi erupsi gigi, maka perlu diketahui penyebabnya. “Mungkin keterlambatan itu karena ada kelainan pertumbuhan gigi atau pertumbuhan gigi yang tak sempurna,” ujar Ismu. Misalnya, tak punya benih gigi, sehingga ditunggu sampai usia berapa pun tak akan ada erupsi. “Tentunya kelainan ini akan tetap berlanjut sampai dewasa, ia tak akan mempunyai gigi kecuali bila dibuatkan gigi susu.” Tapi apa faktor yang menyebabkan terjadinya kelainan pertumbuhan ini, menurut Ismu, tak diketahui secara pasti dan bukan diakibatkan kekurangan suatu zat tertentu. Diduga, kelainan ini hanya ada pada daerah-daerah tertentu seperti pernah ditemui di suatu daerah di Sukabumi. “Ada juga ditemui kasus yang dikarenakan perkawinan, misalnya, keturunan satu kakek.” Sementara erupsi gigi yang terjadi lebih dini juga dikatakan kelainan pertumbuhan, “karena seharusnya, kan, erupsi gigi itu menurut normal perkembangannya. Jadi kalau di luar normal perkembangannya, maka dikatakan ada kelainan,” terang Ismu. Tapi tak semua gigi yang erupsinya lebih dini adalah betul-betul gigi dengan memiliki akar gigi. “Ada juga yang bukan gigi betulan tapi semacam epitel atau tonjolan dari gusi yang keras seperti gigi tapi tak ada akarnya.”

Nah, pada gigi yang erupsi dini ini mesti dilihat apakah mengganggu atau tidak. Kalau dianggap mengganggu, maka mesti dibuang. Tapi kalau tidak, ya, tak apa-apa. Yang dimaksud mengganggu, misalnya, gigi tersebut goyang karena memang belum mantap, sehingga si bayi merasa sakit dan membuatnya rewel. Tentunya kalau gigi tersebut goyang dikhawatirkan akan lepas sendiri sehingga bila tertelan oleh si bayi. Jadi, harus dicabut. Begitupun bila sang gigi membahayakan si ibu pada saat menyusui. Karena gigi tersebut tajam dan akan membahayakan puting susu karena luka gigitan. “Jadi, bila gigi tersebut mengganggu sebaiknya dibuang saja. Toh, nanti akan tumbuh lagi,” kata Ismu. Jika dikatakan bahwa gigi yang erupsinya lebih dini akan lebih cepat membuat si anak jadi ompong, itu karena gigi sudah berada lama dalam mulut sehingga sering terkena susu atau makanan. Hal ini tentunya berisiko besar untuk membuat gigi rusak dan berlubang sehingga cepat ompong bila tak dibersihkan sejak dini. Lagipula, anak kecil, kan, belum bisa membersihkan gigi sendiri. Orang tua pun belum bisa membersihkan gigi anak dengan baik. Nah, faktor itulah yang menyebabkan gigi erupsi lebih dini jadi cepat ompong. Juga tak ada hubungannya sama sekali bila erupsi gigi lebih dini berarti erupsi gigi selanjutnya akan lebih awal pula. “Bisa saja terjadi ada gigi yang erupsi lebih dini dan gigi selanjutnya tak ada karena tak ada benih giginya. Erupsi gigi itu sifatnya tak teratur.”

MERANGSANG ERUPSI GIGI

Biasanya bayi menjadi rewel kala tengah mengalami erupsi gigi. Karena, seperti diterangkan Ismu, erupsi gigi biasanya menimbulkan gejala demam yang tak terlalu tinggi atau dikenal dengan istilah sumeng. “Ini terjadi karena gigi akan menembus lapisan gusi yang keras, sehingga diperlukan suatu energi yang kuat. Nah, reaksi yang ditimbulkan tubuh itulah yang menyebabkan si bayi jadi sumeng.” Selain itu, erupsi gigi juga menimbulkan gejala air liur mengences dan rasa gatal pada gigi. Itulah mengapa si bayi maunya menggigit-gigit sesuatu. Biasanya orang tua memberikan mainan plastik yang tak berbahaya untuk bisa digigit-gigit si bayi. Cara ini ternyata ada manfaatnya karena dapat merangsang erupsi gigi. “Ada suatu refleks yang mempercepat keluarnya gigi. Karena dengan menggigit-gigit, maka gigi yang runcing dari dalam akan menekan-nekan gusi sehingga mempercepat keluarnya gigi,” terang Ismu. Bila tak ada mainan yang bisa digigit, maka bisa diganti dengan wortel. Karena wortel agak keras, tak mudah putus dan yang pasti lebih murah. Untuk merangsang erupsi gigi juga harus diperhatikan makanan yang dikonsumi bayi. Makanan tersebut harus mengikuti aturan dari dokter anak. Misalnya, kapan saja diberikan makanan cair, makanan setengah padat dan makanan padat. “Pemberian makanan yang cukup sesuai aturan sebetulnya untuk memenuhi nutrisinya. Nutrisi ini berguna untuk tumbuh kembang dan merangsang pertumbuhan gigi dari dalam,” tutur Ismu. Pemberian vitamin untuk merangsang pertumbuhan gigi pada bayi juga bisa dilakukan sesuai anjuran dokter. “Ada zat yang dapat memperkuat gigi bayi, menjaga dan mencegah kerusakan gigi, yaitu zat fluor. Zat ini bisa diberikan pada ibu hamil sampai bayi lahir hingga berusia 10 tahun.”

RAJIN MEMBERSIHKAN GIGI

Sejak erupsi gigi yang pertama orang tua harus membersihkan gigi tersebut setiap habis menyusui, karena susu bisa menempel pada gigi dan berbahaya bagi kesehatan gigi. “Nanti di usia 1-2 tahun giginya bisa rusak dan berlubang kalau tak dibersihkan sejak awal,” kata Ismu. Juga bisa sampai berwarna hitam karena pengaruh dari sisa-sisa makanan yang menempel. Nah, kalau ini yang terjadi, berarti sudah ada kelainan. Sebetulnya, lanjut Ismu, sebelum gigi erupsi pun si bayi sebaiknya sudah diajarkan merawat gigi. Caranya dengan orang tua membersihkan gusi-gusi si bayi pakai kain kasa atau kapas yang dibasahi air matang. Posisi yang paling enak dengan memangku si bayi dan mendekap kepalanya ke dada ibu. Setelah giginya erupsi, gunakan sikat gigi khusus bayi. Sedikitnya dibersihkan sekali sehari tanpa memakai pasta gigi, dengan posisi kepala si bayi di pangkuan ibu. Setelah anak bisa berjalan barulah diajarkan menyikat gigi sendiri. Posisinya, ibu di belakang anak dan membantu anak menyikat gigi dari belakang. Gunakan sikat gigi khusus anak sesuai usianya dan pasta gigi yang mengandung fluor namun rasanya tak manis. Lakukan 2 kali sehari, sehabis makan pagi dan mau tidur malam. Pesan Ismu, orang tua sebaiknya memilih model sikat gigi maupun pastanya menurut kesukaan anak. Kemudian cara menyikat giginya yang penting adalah bersih. Anak dibantu dalam menyikat gigi sampai kemudian ia bisa dilepaskan sendiri untuk menyikat gigi. “Sebaiknya kebiasaan membersihkan gigi ditanamkan oleh orang tua sejak dini, sehingga kelak dengan sendirinya kebiasaan ini akan terbentuk dalam diri anak,” nasihat Ismu. Dedeh kurniasih

About these ads

99 Tanggapan

  1. anak saya usia 9 bulan sudah tumbuh 2 gigi bawah. tapi kemudian tidak tumbuh gigi lain lagi sampai usia 1 tahun kenapa?

    • permasalahan yang saya alami sama yang dialami oleh mbak riska. Anak saya sekarang 17 bulan. Waktu umur 9 bulan giginya udah tumbuh. Sampai sekarang giginya yang atas 4 dan yang bawah 2, kenapa ya? Saya bingung karena dari artikel diatas dikatakan usia 18 bln -2 tahun anak akan memiliki gigi sekitar 20. Wah jadi khawatir..mohon bantuannya

  2. anak saya suda 11 bulan lebih 1 minggu, tetapi giginya satupun belum ada yang tumbuh.gimana yaaaa,????
    jadi khawatir nih

  3. anak saya 8 bulan belum duduk dan belum tumbuh gigi? kenapa ya???????//

  4. dear mom slam kenal ya..mo sharing niy ..tumbuhnya setiap gigi berbeda2 di setiap anak.. ada yg cepet ad yg lama .. bisa dimulai dgn di rangsang dengan mainan khusus untuk digi2t bisa dgn makanan yg lebih bergizi alias lebih komplit lagi gizinya .. sabar aja dear mom nanti juga keluar sendiri ada yg disertai dgn rewel dan tidak mau maem bisa dgn agak demam bisa juga se de2k biasa2 aja.kalau masih ragu bisa di periksakan ke dr.gigi.

    buat mom rina..tenang aja dulu yudhi jagoan sya berdiri dulu baru bisa duduk,heheh duduknya telat.umur 7bulan langsung berdiri tp sewaktu mau duduk naah dia sekitar 10 bulan deh.. dipantau aja sikecil bu ..memang satu dgn yg lain ga sma itulah keunikan bayi dan pastinya kdg bikin kita khawatir n pusing heheh

    semoga bermanfaat bwt infonya ..salam…

  5. Anak saya sekarang 17 bulan. Waktu umur 9 bulangiginya udah tumbuh. Sampai sekarang giginya hanya 4 kenapa ya? Saya bingung karena dari artikel diatas dikatakan usia 18 bln -2 tahun anak akan memiliki gigi sekitar 20. Wah jadi khawatir..mohon bantuannya

  6. [...] berbagai sumber yang saya dapatkan sebagai wacana, ternyata bukan saya saja yang pernah mengalami hal serupa, beberapa ibu-ibu yang lain bahkan pernah [...]

  7. anak saya berumur 10 tahun tapi belum ada gigi yang tumbuh sama sekali….kenapa ya…??? padahal sudah sekolah.

  8. makasih ya..infonya sangat menarik..kebetulan anak saya lg bermasalah dg gigi

  9. Dok, anak saya udah usia 10 bulan belum numbuh gigi, saat ini semuanya ga ada yang beda.. tulangnya juga kuat apalagi tulang kakinya udah bisa jalan walo masih ditatah…
    tapi gusinya masih mulus banggettt.. hehehe.. belom ada tanda2 numbuh gigi… dan anak saya emang dari kecil kalo memasukkan makanan sering dilarang,,sehingga sekarang kalo liat mainan apapun juga ga dimasukkin mulut , sampe biskuit yang harusnya digigit ampe dipegang dan diliatin ajah..
    ada saran lain bagaiman merangsang pertumbuhan giginya? masih ompong melopmong … heheheh

    makasih yaa dokter..

  10. Anakku dah 15bln tp gi2na lum tumbuh sama skali, ada ga obt yg bs merangsang tmbh gi2.

  11. sudah 19 bulan koanak saya belumtumbuh gigi

  12. anak saya umur 12 bln lewat 2 minggu, sampai saat ini blm juga ada tanda2 muncul gigi…ginama ya????

  13. anak sy juga 11 bulan 1 minggu belum tumbuh gigi T_T

  14. anak saya sudah memasuki usia 16 bulan, tapi satupun giginya belum muncul… saya sudah mulai khawatir.

    dulu ketika berusia 6 bulan pernah diajak ke dokter gigi. ketika disorot dengan lampu dental unit, terlihat ada bakal gigi (garis putih) di gusi (tempat gigi seri bawah). tapi sampai sekarang belum muncul2….

    apa yang harus saya lakukan? T_T

    • Anak sy 15 bln blm tumbuh gigi…padahal pas 9bln pernah sumeng dan waktu diraba gusinya kasar sprti mau tmbuh gigi..

  15. anak saya usia 1 tahun 2 hari. sampai saat ini belum tumbuh gigi. sedangkan untuk asupan susunya lancar. baik ASI maupun susu formula. mohon penjelasannya dan tips yang bisa saya lakukan..

  16. anak saya usia 5 bulan ko udah numbuh gigi setaiap bulan gigi nya bertambah 2 itu kenapa ya,apa kebanyakan kalsium mohon penjelasan.

  17. Anak Saya sudah 1 Tahun 1 minggu belum tumbuh satu gigi pun, apa mungkin pengaruh obat karna dari 9 bulan sampai 6 bulan kedepan rutin minum obat radang di hidung & tenggorakan

  18. Dok,bayi saya 4bulan 10hari. Sprtnya sudah mau tumbuh gigi.tp bukan gigi seri..melainkan gigi samping bawah sebelah kiri..(Sy ga tau gigi apa)apa itu wajar dok? Trims

  19. anak saya dah 14 bulan tapi belum tbuh gigi lagi.nak makan nasi pun tak boleh lagi,dok makan nestum jer lah.mcm mn nk bgi anak saya tu tumbuh gigi,harap dapat bagi nasihat…

  20. dok,
    anak saya sudah 1 tahun 1 bulan masih belum tumbuh gigi juga satupun. please advise

  21. dok saya bingung sekarang anakku umurnya 9 bulan tapi belum bisa makan nasi tim hanya bisa disaring…apalagi belum tumbuh gigi….kenapa?

  22. Putri kedua saya uda 9 bln, blm jg kliatan bakalan tumbuh gigi..pdhl dia rajin banget gigitin sesuatu…..

  23. Dok,sya bingung banget nich…mo nanya.
    anak saya sekarang umurnya sudah 13 bulan.tapi sampai sekarang giginya belum tumbuh juga.sya takut banget kalo ada kelainan pada gusinya & harus membuat gigi palsu.
    Dulu pas dia lahir keluar dari rahim saya giginya udah numbuh 3 biji,tapi gak nyampe 2 bulan giginya itu lepas satu persatu.
    Dok,tolong jawab kebingungan sya ini ya.bagaimana caranya supaya gigi anak saya tumbuh.agar sya gak cemas lagi.terimakasih.

  24. Dok, anak sy 10 bulan setengah belum tumbuh gigi, klo berdiri dan diajarin titah jarang menapak lebih suka menjijit normalkah dok? Tks…

  25. Wah, banyak ternyata para mommies yg babynya blom numbuh gigi.

    Same with my baby moms, udah umur 10 bulan blum ada yg nongol sebijipun itu gigi. Padahal gusinya udah putih-putih semua, baik yg rahang atas maupun rahang bawah.

    Dari sejak umur 8 bulan kayak gitu2 aja penampakannya.

    What should i do?????

    Thanks…
    ~Mommy Aaron~

  26. dok anak saya umur 21 bulan sudah keluar gigi tapi jarang, kenapa ya???padahal dia suka makan dan ngeces hehehe…balas

  27. Dok,,,Usia anak saya udah 15 bulan,,tapi giginya belum juga tumbuh.tidak ada tanda2 mau tumbuh gigi sedikit pun.ini bagaimana ya dok???
    Apa yang harus saya lakukan??Terimakasih.

  28. dok,sya mau tanya ni,,
    ank sya umurnya 16 bln,tp 1 pun giginya blm ad yg tumbuh,,tanda2nya jg gak ad,,
    mohon penjelasannya ya dok,,
    sya bingung n khawatir,,

    • bunda amirah aku baca kalo anak ibu kmren umr 16 bln blm ada gigi ya?
      anakku juga skrg 14 bulan blm ada gigi dan saya khawatir sx….
      kalo boleh saya tau anaknya bunda amirah skrg udh punya gigi blm?trs tumbuhnya bln ke brpa ya? ada di rangsang pake apa?thx infonya

  29. Anak saya udah satu tahun sebulan belum juga tumbuh giginya,kenapa ya?dan paling lambat tumbuh gigi anak umur berapa?saya khawatir juga dan saya harus gimana?mohon petunjuknya…makasih.

  30. Dok, usia Alif 8 bulan giginya belum tumbuh, tapi gusi bawah sudah keras dan kelihatan putih apa itu yang gigi yang akan tumbuh? Apa pengaruhnya jadi demam, sebab kepala Alif sering panas tapi badannya nggak.

  31. Dok, anak saya sekarang udah 10 bulan setengah, tp sampe akrg belum muncul giginya, padahal dh sering gigit2 dr usia 5 bln, aq pikir waktu itu mungkin mau muncul nih, tp d tungguin sampe skrg blm kelihatan jg… tolong solusinya ya dok supaya bs cepat nongol giginya, trims

  32. Anak saya 16 bulan blm ada gigi satupun. dan ternyata banyak mom yg punya pengalaman sama. Apakah dari mom yg komen di atas, ada yang sudah ada progress gigi baby nya?

    • bunda ff aku baca kalo anak ibu kmren umr 16 bln blm ada gigi ya?
      anakku juga skrg 14 bulan blm ada gigi dan saya khawatir sx….
      kalo boleh saya tau anaknya bunda ff skrg udh punya gigi blm?trs tumbuhnya bln ke brpa ya? ada di rangsang pake apa?thx infonya bunda ff

  33. saya ada 3orang anak…2org anak saya tumbuh gigi awal ketika bayi seawal 6bln gitu…tpi anak yg ke3 ini belum juga tumbuh giginya…usianya sda 10bln setgh…adaka kekurangan zat atau faktor pemakananya mempengaruhi pertumbuhan gigi anak saya??benar khuatir sekiranya anak saya ompong sampai ke besar…hehe

  34. anak saya tumbuh gg 4 bulan..umur satu tahun giginya udah penuh cuman gg gerham belum tumbuh lg..

  35. Waah.. Koq sama yaak, Khansa anakq juga 10hr lagee msuk 1 taon tp giginya pd malez nongol. Pdhl gusinya udh putih smua, spertinya bakal giginya udh ada. Smpat dTnyain ke dokter anak, ktane sie emng sbnre giginya udh ada cma blom kuat merobek gusinya.. !?
    P’tanyaannya : Kiat apa yg msti Qt lakuin spy gigi buah atiku bsa sgera nongol Dok.. ?? Dlu Wktu usia 6Bln smpt di Ksih (klo ga slah) Calnic Plus & Elkana sbg penambah kalsium, apa boleh product itu dikonsumsi lagee, Makaciiiih Dokter.. !!

  36. Dok, anak ku umur 14 bulan belum tumbuh gigi, apa saja yang harus saya lakukan?

  37. anak saya sekarang sudah berumur 9 bulan ke atas tp belum tumbuh gigi nya.saya jadi khawatir..

  38. mau tany anak saya umur 2 tahun giginya diatas baru 4 buah di bawah baru 2 buah…. kenapa ya… ada gak obat untuk meran gsang pertumbuhan giginya.

  39. mbak anak saya baru berusia satu tahun setengah tapi kenapa ya kok giginya agak kuning?

  40. anak saya giginya yang depan baru tumbuh yang sebelah kiri 2 buah, kenapa yah.. yang kanannya blom tumbuh.. sampai sekarang?

  41. Wahh bgus sekali infonya,.mksh ya.

  42. dok anak saya usianya 14 bln, tp knp ya belum juga tumbuh giginya 1 pun, saya jadi khawatir.., ada tdk vitamin atau obat yg dapat merangsang pertumbuhan gigi

  43. Dok, anak saya umurnya 9.5 bulan. sudah bisa berdiri tapi ko giginya belum tumbuh2 ya. apakah itu wajar dan bagaimana cara merangsang agar giginya cepat tumbuh. trima kasih

  44. gigi saya mau copot nih gimana

  45. dok, fhadyl 1 minggu lg usianya 1 tahun. tapi napa giginya blm jg tumbuh? saya kwatir banget dok. mhon sarannya. trims

  46. Terima kasih penjelasan dr Ismu..Tapi Ɣªηƍ masih menjadi tanda tanya buat saya..siapa tau dokter bisa memberikan solusi.
    Saya memiliki putri umur 18 bln, waktu lahir telah memiliki 2 bh gigi seri tapi tanggal dgn sendiri pd saat usia bayi 1 bln. Anak saya lahir prematur 8 bln dgn berat badan 2,1 kg.
    Skrg usia putri sy 18 bln dgb BB 10kg. Tapi belum ª∂a̲̅ 1 pun gigi Ɣªηƍ tumbuh dan putri sy sdh makan makanan padat..Sy sdh konsultasi dgn dokter anak tapi ∂ï sarankan ke dokter gigi..Dan ∂ï dokter gigi hanya disarankan untuk menunggu saja.Mohon bantuan dokter ismu untuk memberikan solusi apa Ɣªηƍ harus sy lakukan. Terima kasih

  47. Anak saya udh 1 tahun umur nya tpi blm tumbuh” jga giginya … Pdhl gusinya udh keras dan dari usia 6 bulan udh suka gigit maenan karet … Itu knp ya …

    Mksh

  48. anakq udah setahun tp blum tumbuh gigi..solusiny gmn?

  49. dok annakku juga blom tumbuh gigi dah 11 bulan lho,apa ada obatna g?
    padahal ia g’ doyan makanan yg encer mawna kayak krupuk…padahal di kasih ASI Eklusif tanpa ASI tambahan dan di kasih gigitan bayi sejak umur 6 bln,saya sendiri juga minum susu.

  50. salam dok….anaku dah 11 bulan lebih tapi belum ada tumbuh gigi satupun padahal ia doyan makanan padat n krupuk. anak saya dah dikasih gigitan bayi dari umur 6 bulan ia minum ASI ekslusif tanpa ASI tambahan karna ASI saya terlalu banyak, saya pun sampai sekarang minum susu.gimana cara merangsang pertumbuhan gigina dok?kapan pertumbuhan gigi pertama bayi itu batas normalnya dok?makasih dok…

    • sabar aja bu, anakku juga tumbuh giginya umur 11 bulan lebih malahan anak temenku umur 14 bulan baru tumbuh gigi.

    • Ibu Suci, tak perlu khawatir yaa.. Tiap anak memang memiliki pertumbuhan gigi yg berbeda. Tdk selalu sama. Pertumbuhan gigi dipengaruhi faktor makanan; rata2 anak yg mendapatkan kalsium yg cukup akan memiliki tulang yg kuat dan dpt memperlambat tumbuhnya gigi TAPI tdk akan merusak gigi. Lalu faktor keturunan; ibu cek aja bgmn ibu atau suami dulu saat bayi di umur brp tumbuh gigi sulungnya?. Faktor kebiasaan; anak yg dilatih utk mengunyah makanan, meskipun blm ada gigi krn ia mengunyah dgn gusi akan merangsang gigi sulung utk keluar. Terakhir faktor kelainan; ini biasanya krn tdk ada benih gigi sulung. Jadi JANGAN khawatir ya buuu.. Sabar aja. Gigi bayi ga selalu keluar 2 depan yg bawah, ada juga yg lgs 2 depan atas bawah (jd skaligus 4). Semoga saran ya membantu yaaa (maaf sy bukan yg punya blog, hanya mencoba membantu saja)

  51. DOKTER NYA TOLOL..PADA NANYA SEMUA TP KAGA ADA YANG JAWAB BEGO NI DOKTERNYA

  52. ya nee kok nggak dijawab pertanyaan ibu2 dok,??????????????????????????

  53. Anak saya sekarang 17 bulan. Waktu umur 9 bulangiginya udah tumbuh. Sampai sekarang giginya hanya 4 kenapa ya? Saya bingung karena dari artikel diatas dikatakan usia 18 bln -2 tahun anak akan memiliki gigi sekitar 20. Wah jadi khawatir..mohon bantuannya

  54. tlong d bls pertanyyan d ats dok.terima kasih

  55. sama, anak saya jg 9.5 bulan belum tumbuh gigi,tapi eurupsinya kayaknya dah numbuh soalnya demam,.

  56. bagaimana cara mengatasi agar gigi tumbuh rata,,,,,

  57. dokternya tersinggung,karna dokternya sendiri ngga’ punya gigi,

  58. dokternya mungkin lagi sibuk praktek :)

  59. Anak saya sudah 12 Bulan giginya belum tumbuh tumbuh.
    Tapi setelah berobat 13 bulan Di Klinik Tong Seng Gigi istri saya langsung tumbuh semua.
    Terimakasih Klinik Tong Seng.

  60. sakit perut baca komentar ni artlkel…samp ngakak

  61. saya yuli, saya mempunya bayi berumur 11 bulan tetapi sampai sekarang ini belum juga mempunyai gigi (masih ompong) gimana yah? takutnya sampai setaun belum juga ada giginya. tolong diberikan jawaban yah dok?

  62. alkamdulilah gigi anak saya udah banyak

  63. anak saya udah 11bln lewat 2mggu tp blm tumbuh gigi jg,padahal udh dri umur 6bln gusi depan dan sampingnya terlihat putih,anaknya jg sering ngunyah roti pke gusinya dan gigitin mainan,tp knp blm tumbuh jg ya giginya???sementara anak tetangga2 saya yg usianya lebih muda dri ank saya malah udah tumbuh giginya,Ada gk sih vitamin atau obat yg bisa merangsang pertumbuhan gigi???

  64. dokternya mana yaaaaa

  65. anak sya 20bln lebih ko ru tumbuh 2gigi.apa itu normal????????????????????????????????????????????????????????????????apa ad obat tuk merangsang pertumbuhan gigi????klo gk ad bagaimana cara mengatasinya????????????????????????????

  66. wah..parah ni yg pny blog… ga bls komen2nya,,kasian ni para ibu…

  67. minum vitamin Calnic Syrup untuk mempercepat pertumbuhan gigi

  68. Ini bukan blog nya dokter moms n dads, tp artikel ttg bayi… Saya pernah tanya ke DSA kalo belum tumbuh gigi biasa sampai usia 14 bulan..jd ditunggu saja..bayi saya 8 bln jg blm tumbuh gigi..coba diberi mainan or makanan sperti penjelasan blog di atas..

  69. dok,anak saya umur 10 bulan hampir 11 bulan tapi sampe skg belum juga tumbuh giginya…padahal gusi nya dah keras banget…adakah cara untuk mempercepat pertumbuhan gi2

  70. Dok,annak sy umurny 10 bulan lbh,tp blom tumbuh gigi satu pun,ap Ɣªήƍ harus sy lakukan,trs makananny ap nasi disaring atau nasi Ɣªήƍ dilembekan/bertekstur ,mohon pnjlsanny dok

  71. Dok, mohon infonya anak sy sudah 11 bulan tapi blm ada giginya sama sekali, klo dr ciri2nya sudah ngences2 gituu, dan sering gigit2 benda sekitarnya. Yg anehnya lg, dy lbh suka nasi lembek alias sudah bosan bubur nasi, aq kunyahin bakso pun dy bisa ngunyah.

  72. dokter anak saya mau 14 bln tp belum tumbuh gigi, knp ya dok?
    batas waktu pertumbuhan gigi samapi umur berapa bulan?biar nanti klu lebih dari waktunya bisa loangsung konsultasi ke dokter gigi/anak
    mohon dijawab….terima kasih

  73. ibu ratna, gigi susu (atau biasanya skrg disebut gigi sulung) tumbuh mulai dr umur 8 bln sampai 27-29 bulan. sayangnya ibu tidak menjelaskan ada tanda2 lain dr bayi ibu. misalnya suka memasukkan tangan ke mulut, suka menggigit mainannya dan suka berliur lbh banyak drpd biasanya. coba ibu lihat di gusi bayi apakah gusi berwarna lbh pucat dan besar. krn itu tanda gigi akan segera tumbuh. semoga jawaban sy membantu. salam. (maaf sy bukan yg punya blog, hanya bantu menjawab saja)

  74. Dok anak saya umurnya hmpir 1 tahun akhir bln juli ini tp knp y dok kok smpai skrng blm tumbuh gigi jg y, wktu itu smpat 2hri panas tinggi dan gatal giginya gigit2 mainan plastik.saya minta solusinya dong dok, ap saya mesti konsultasi ke dokter gigi.

  75. dokter gigi saya berlubang saya berumur 14 tahun gigi saya akhirnya ditambal terus gigi yg di tambal rusak yang saya makan sakit sekali dan bisa mengeluarkan darah baunya busuk
    saya ingin mencabut gigi saya yang geraham bawah cuman apa masih bisa tumbuh jika dicabut jika tidak bisa saya tak mau mencabutnya krn akan menderita sekali
    dokter tolong beri saya solusinya atau obat krn gigi saya keluar darah dan sakit
    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: