Demam pada anak/bayi, Bagaimana mengatasinya?

Ulasan yang berkaitan dengan:
-demam pada bayi/anak
-panas tinggi pada bayi/anak
-kejang pada bayi/anak
dan cara mengatasinya. Diambil dari milis ayah bunda

Demam Pada Anak (Pls Read)
Merupakan Notulen Seminar “Fever In Children” dengan pembicara dr. Purnamawati

Definisi Demam:
Demam adalah kondisi dimana otak mematok suhu di atas setting normal yaitu di
atas 38C. Namun demikian, panas yang sesungguhnya adalah bila suhu > 38.5C.
Akibat tuntutan peningkatan setting tsb maka tubuh akan memproduksi panas.

Tiga Fase Demam
1. menggigil – sampai suhu tubuh mencapai puncaknya,
2. lalu menetap
3. dan baru akhirnya turun

Bagaimana dan Mengapa Demam Timbul
Peningkatan suhu tubuh ini disebabkan oleh baca lebih lanjut demam pada anak

About these ads

53 Tanggapan

  1. Patokan temperatur tubuh yang dipakai untuk demam yang disebutkan diatas berdasar pada ukuran yang mana? lewat pengukuran ketiak, mulut atau dubur? karena dari ketiga tempat tersebut akan memberikan hasil pengukuran yang berbeda.
    thanks

    wah makasih masukannya saya baru ngeh. Ketika saya baca artikel milis ini, asumsi saya adalah pengukuran lewat ketiak.
    Ada yang punya informasi tambahan?melalui mana pengukuran temperatur ini.

  2. Dear All,

    keponakan saya (15 bulan) mengalami demam seminggu yang lalu. 2 hari pertama demam, ibunya membawa dia ke dokter dan katanya keponakan saya mengalami “demam 5 hari”. tetapi setelah hari ke-4 demamnya tidak kunjung hilang. Lalu, ibunya pergi ke dokter lagi dan dokter mengatakan kalau setelah 5 hari masih demam, lebih baik dilakukan tes darah. Tetapi karena malamnya suhu menjadi 40 C, keesokan pagi ibunya pergi ke rumah sakit untuk melakukan tes darah kepada si bayi. Hasilnya negatif tifus atau demam berdarah. Lalu dilakukan tes urine dan hasilnya ia mengalami infeksi saluran kencing. dari hasil tes, sel darah putihnya sangat tinggi. Saya lupa berapa, tapi jauh diatas normal ( 5,000-15,000 ). Lalu ia dirawat inap pada hari ke-5 sampai sekarang (hari ke-8). Ia di-infus dan kemarin sel darah putihnya menjadi rendah (hanya 2000). Apa mungkin ini efek dari obat yang diberikan?

    Sekedar info, paman saya (dari mama) meninggal dunia di usia yang sangat muda karena kanker leukemia dan mama saya meninggal 2 bulan yang lalu karena septicemia. Asumsi saya, mungkin keluarga mama memiliki keturunan dengan ketahanan tubuh yang kurang. Kakak saya sendiri baru sembuh dari kanker limfa sekitar 2 tahun yang lalu.

    Saya takut ini terjadi pada keponakan saya. apakah si bayi juga dalam bahaya?

    karena mama saya juga meninggal dengan gejala panas yang tidak kunjung hilang dan sampai akhirnya merusak semua organ tubuhnya.

    trimz.

    • sekedar masukan untuk ibu2. kalau anak sakit, baik demam atau yang lain sebaiknya jangan langsung ke obat kimia. kita coba yg tradisional dulu yg ga ad efeksamping kayak obat2 kimia. misalkan anak panas, bisa di beri bwg merah parut di kepala, di beri minum air kelapa atau bisa juga di kompres dengan daun binahong. untuk meningkatkan daya tahan tubuh bisa mengkonsumsi madu atau yang lain.

  3. Mbak Iin, bagaimana kabar keponakannya?
    bagaimana kata dokter?

    saya nunggu ceritanya ya mbak….

    Semoga keponakan mbak senantiasa diberi kesehatan.

  4. @ mamami,

    Makasih atas perhatiannya. Aku share ceritanay untuk ibu2 yang lain juga agar lebih hati2.

    Pertama kata dokter kena ISK, setelah itu di cek darah lagi, katanya kena tifus. Tapi setelah dikasih anti biotik, panasnya ga mau turun. jadi, dokternya suruh cek jantung. Ternyata jantung nya ok. tapi menurut dokter-nya keponakan ku kena virus kawasaki. Jadi sesuai saran dokter, langsung di kasih obat “gammaras”. obat itu katanya si kuat banget effectnya. setelah itu besoknya keponakanku langsung pulang dari RS. Karena setelah di infus dengan obat itu sebanyak 8 botol, panasnya langsung turun dan ngak datang lagi. tapi dia tetap harus control jantung n makan obt terus. katanya si selama 2 bulan ini harus terus hati2. tapi keponakanku yang tadinya uda jago jalan sekarang jadi harus mulai belajar jalan lagi karena sudah kelamaan di kasur. Kasihan dia.

    sekedar info, virus kawasaki itu bahaya banget. kalau ga cepet, bisa kena ke jantung. dan obatnya sekali infus (kalau keponakanku pakai 8 botol satu kali infus) harganya mahal sekali (Rp. 15 juta).
    Virus ini yang kena 80% anak2. Dan kalau si dokter ditanya : kenapa bisa kena virus ini? kata dokternya “guru saya aja nggak tau apa sebabnya”. untungnya keponakanku belum kena ke jantung. ..

    tapi conclusion aku sih, mungkin keponakanku kena virus ini karena antibody nya lemah keturunan mamaku. jadi gampang kemasukan virus aneh2.

  5. info bagus…

    saya juga pernah mengalami hal yg sama pada anak pertama saya usia 1 th 7 bulan,
    kata dokter, pokoknya jangan sampai anak kejang, sehingga saya selalu sedia parasetamol,

    biasanya sih, saya cek di ketaik anak, karena kalo di dubur, dan mulut sangat susah banget, mengingat anaknya sangat banyak gerak…

    bapake aeshaa

  6. Anakku 7 tahun ( punya sejarah kejang pada umur 9 bln ) demam tinggi hingga 39.1C ( ketiak ) , 40C(telinga). 24 Jam kemudian periksa ke dokter ternyata radang tenggorokan, pernah baca bahwa DB juga punya ciri radang tenggorokan. Penurun panas diberikan setiap 5 jam apabila suhu naik ke 39C biasanya sianak gelisah dan tidak bisa tidur pada kondisi ini. Kita juga merendam anak dgn air panas yang dapat menurunkan suhu 1C. Sekarang sudah hari 6, tenggorokan masih terlihat merah. Hari 1 sd 2 panas tinggi, hari 3-4 37-36,6C , hari ke 5 naik lagi ke 38,7C. Hari 6 36,7 – 37C. Sejauh ini treatmentnya berendam diair hangat, minum penurun panas dan cairan banyak-banyak. Dan sianak tidak bersekolah selama sakit. Harapan saya dam 1-2 hari sudah dapat sekolah.

  7. Panas anakku sudah diseputaran 36C pada hari 7-8, pola panasnya mirip DB, hari ini mau periksa dokter untuk memastikan karena masih sariawan,batuk dan pilek. Mudah2an besok sudah bisa sekolah

  8. bayi saya berumur 6 bln.suatu malam sekitar pukul 01.00 dini har dia muntah2 kemudian mencret.badannya lemes.jarak rumah saya dg rumah dokter lumayan jauh apa yg harus sy lakukan u tidak membiarkan bayi sy smpai sakit parah.( sy tinggal mandiri )

  9. putra saya 13 bln 2minggu deman mulai jam 8 pagi puncaknya suhu mencapai 39,8 tampa gejala yang lain lags saya baw ke ugd rspi, hanya diberi obat demam&anti kejang karena tidak ada keluhan yang lain hanya pada hari ke 3 dirujuk unutk priksa lab.semoga hasilnya bagus. riwayatnya waktu umur 9 bulan juga pernah panas tinggi tapi disertai diare dan muntah2.. akhirnya di infus di BWCH pem.lab tidak semua normal hanya leukosit dibawah normal.pem urin&tinja tidak ada bakteri..semua bagus tapi perjalanan penyakit kurang lebih 5 hari-7hari..kesimpulan dokter penyebab sakit adalah virus…apakah penyebeb spesifik penyakit dapat diketahui? tq.

  10. anak saya batuk,pilek sudah 3 minggu suhu badannya tidak panas cuma di bagian kepala saja yang panas bagaimana cara mengatasinya? terima kasih.

  11. Info yang bermanfaat. Penjelasannya cukup lengkap. Minta ijin utk save ya mbak. Thanks.

  12. anak saya panas 39,5 udah 2 hari, kata dokter radang tenggorokan. tapi udah diminumin obat panas gak turun, pernah sebentar turun(normal), tapi 2 jam kemudian panas lagi 39,8. Saya masih bingung, kenapa dengan anakku ya ?
    Tks

  13. Anak saya usia 8bln.. udah4hari ini badan nya panas / demam.. suhunya sempat mencapai 40C. disekujur badan keluar bintik2 merahkecil2 & halus.kata orang Jawa kena “GABAK”. Udah dibawa ke dokter, katanya gak apa2..Sekarang udh hari kelima dia panas, suhu tubuhnya sudah normal tapi kepalanya tetap panas,,, panas banget malah..
    Anak saya kenapa ya…? Thx..

    • anakku juga beberapa hari yg lalu panas, timbul bintik-bintik kemerahan, aku pikir cacar, tapi usianya masih 7 bulan, katanya cacar utk 9 bulan keatas, ternyata, anakku kena alergi susu sapi.
      Mama_Manda

  14. Anak saya 10 bulan, udah 2 hari ni badannya panas. Udah d bawa berobat panasnya sempat turun tapi beberapa jam kemudian suhu tubuhnya naik lagi. anak saya sering sekali sakit padahal selama ini susunya hanya ASI, ternyata daya tahan tubuhnya masih lemah.

  15. anak saya baru berumur 4 bulan sudah 5 hari badannya demam terus suhu badannya antara 38 C sudah dibawa ke dokter dan sudah diperiksa di lab, ternyata hasilnya bagus dan sudah dibawa ke dokter THT juga hasilnya juga bagus dan dikasih obat tetes anak saya kenapa ya

  16. maaf, mau nanya anak saya umur 1 bulan sekarang terkena batuk dan influensa, bagaimana dan apa obat yang dapat di berikan dan cara mengatasinya. terima kasih.

    • itu biasanya disebabkan oleh ibu, apalagi kalau anak masih diberkan ASI. seharusnya ibu menjaga makanan dan minumnya….

  17. apabila anak panas sebaiknya cepat2 di konsultasikan pada dokter, terutama dokter spesialis anak.
    atau antisipasi awalnya adalah menyediakan obat yang berisi paracetamol. agar anak tidak sampai menderita kejang.
    namun, apabila obat tersebut dalam bentuk syrup atau drop agar memperhatikan jangka waktu lamanya penggunaan, selain batas kadaluarsa.
    karena, apabila botol tersebut sudah di buka, meskipun di letakkan pada lemari pendingin batas jangka waktunya adalah hanya 2 bulan.
    Alangkah baiknya membeli obat jenis “Paracetamol suppo (per rectal / dubur)”. ada beberapa merk yang menyediakan jenis preparat ini. namun yang paling lengkap, aman dan mudah adalah yang menyediakan dengan dosis pas, yaitu :

    Paracetamol suppo 80mg usia 0-2th
    Paracetamol suppo 160mg usia 2-4th
    Paracetamol suppo 240mg usia 4-12th

    mengapa Paracetamol suppo?
    karena biasanya obat jenis ini sangat cepat bereaksi. karena bekerja pada pembuluh darah di rektal / dubur, dan obat ini di kemas seperti tablet pada umunya. maka dari itu kita dapat menyimpannya pada lemari es dalam jangka waktu sesuai masa kadaluarsa obat (kurang lebih 2 tahun sejak obat dibuat). “Konsultasikan pada dokter anda”

    INGAT…!!! ini hanya informasi dan antisipasi. Tetap konsultasi ke dokter anda.

    “sabar adalah kunci sebenarnya,,, dan saran orang tua kita adalah baik…! karena mereka mampu membuat kita hidup sehat sampai sekarang”

  18. hay mam, saya bru punay anak 1, umurna sekarng 10 bulan kemarn 5 hari panas tinggi n di suruh tes darah, n hasilna menurutqu sangat kurang memuaskan bagi qu kata dr. cm trombosit turun n harus di rawat inap, padahal trombosit normal 150 anak qu 142 cm turun 7, tapi anak qu gax tak masukn ke dr. coz kondisi anak qu sehat n lincah gax isa diem n gax mencirikan kalx dia sakt, cm dia demam, kemar dah sembuh tapi kenapa tadi malm demam lagi, sebetulna anak qu sakt apa?
    Panasna cuma di kepala doang telapak tangan n kaki enggax, tolong dong dr. n mom, saya di kasih solusinya.
    Terimakasih

  19. Saya bingung karena informasi suhu normal bayi kok tidak standar ya ada yang normal 36-37 C tapi ada juga yg sampai 38C msh dianggap normal, mana yg lebih dpt dipercaya
    thanks

  20. anak sy bhima umr 15 bln pns tgg,39,5C sy kwtr ada apa2 dg anak sy krn pns’y gk trun2,pdhl sy sdh beri trun pns sanmol tiap 4 jam sekali,lalu dumin sehari sekali,ada usulan gmn cr’y agar pns’y turun selain dkompres???

  21. Anak saya umur 4bulan,pd saat itu dia mengalami panas,suhu39c. Saya bawa ke dokter 2 kali,tdk ada perubahan.lalu saya bawa ke rumah sakit,ternyata mengalami gejala deman.tidak positip demam berdarah.panas anak saya turun naik.cra menurunkan panas dan mengilangkan gejala demam berdarah gimana?mksih.

  22. anak saya 9 bulan sedang dirawat sejak selasa tgl 25 jan 2011, demam awal malam sebelumnya tgl 24 jan 2011,saat datang ke ugd cek darah yang bermasalah kadar lekositnya tinggi, diagnosa kena tipes positiv 2,tetapi sth 3 hari cek darah lg malah trombositnya yang turun jadi 60 diagnosa kena demam berdarah,.apa,pengaruh obat dan antibiotik?dan sampai sekarang belum ada penanganan lebih lanjut dari dokter utk pengobatan db,,apakah anak saya akan baik baik saja?

  23. anak saya berusia 4 bln 1 minggu, udh 2 minggu ini kondisinya kurang bagus dari awalnya muntah2,sariawan,demam,batuk n pilek, udh di bw ke dokter n minum obat tp panas n batuknya udh hampie 1 minggu blom hilang2,apakah saya hrs bawa anak sy untuk test darah atau memang hal biasa anak bayi yg batuk pilek demam nya sampai 38,2 derajat ?

  24. tanya….
    anak saya sering panas….
    pengalaman saya sama seperti Ny. Lin
    namun kata dokter itu biasa2 saja..
    dilakukan tes di lab ternyata nigatif dari penyakit yang berbahaya….
    anehnya sampai sekarang umur 19bln tetap saja (sering panas)… mohon tip dan sarannya

  25. anak sy skrg flu dan panas obat apa ya yg manjur?

  26. hati2 buat semua panas kejang pada anak bisa mendadak…

  27. Ass.. Saya mw minta saran.. Anak saya hmpir 3minggu ini panas bdn’y naik turun truz,udh d’bawa k’dokter smpe 3x,k’tukang urut 2x blm jg ada prubhan.. Udh d’tes darah,trombosit’y normal, memang dy k’kurangn sel drh merah, sel drh putih’y malah k’lebihan.. Gy tu d’ukur pns’y smpai 40-6,kta dokter’y untung anak saya kuat,kalo tdk dy bs kejang2&trkena step.. Yg saya tnyakn gmn cara menyembuhkan pns anak saya?? Thanks..

  28. Asslamualaikum. mau tanya nih.. saya punya keponakan dia sering sekali demam. saat ini umurnya 9 bulan. dia alergi susu sapi kita usah konsultasi dokter juga jd dia minum susu jagung, tapi dia lwbih banyak asi dari pada susu. berat badannya cuma 7 kg. skrng dia lagi tumbuh gigi dan suka demam ditengah malam. waktu itu pernah juga mencret mencret ternyata ususnya bermasalah. ada kah solusi untuk bayi yg alergi susu sapi dah pilih makanan sperti ini? supaya berat badannya bisa bertambah.

    thanks

  29. Anak saya habis diimunisasi combo3 suhu bdn 37C, biasanya setelah imunisasi 2 hari turun tapi sampai 5 hari belum turun meski sudah minum obat. Terus dibawa kedokter dikasih obat turun panas sama antibiotik. Hari ke-6 suhu 36,4 C. Tapi hari berikutnya suka naik turun suhu tubuhnya. Waktu demam kadang suka muntah bukan dr kekenyangan, tidak batuk pilek, tidak mencret hanya saja kadang suka muntah. Paling panas dikepala. Meski kadang tangan dan kaki gak panas tapi kepala tetap panas. Apa ada gejala lain akibat imunisasi atau gejala yang lain..mhn pencerahannya.

  30. Assalamu’alaikum,,sharing niy…anak q umurnya 10bulan,sekarang dia lagi panas nyampe 40 C,dah q kasih obat penurun panas tp tetep ja lum turun2.trs q bawa kedokter,udah mendingan tp panasnya cuma dikepala aja,,kira2 anak ku sakit apa yah……

  31. Mengapa demam ba naik turun? Demam ny mulai malam&siang hari.

  32. Anak saya usia hampir 5 bulan, keadaannya skr sering panas nyampe 39 C terutama pada kepalanya pdhl udh sya kasih obat penurun panas tp msh tetep aza gx turun jg sebelumnya jg udah pernah masuk RS dgn sakit yg sama, walaupun panas tapi untuk gerakannya tetap aktif, makan/minum jga biasa gak ada perubahan sma skali. yang ingin saya tanyakan gimana cara mengatasinya dan apakah ada faktor2 lainnya, trs sakit apa yah …….terimakasih atas jawabannya

  33. Terimakasih kepada teman-teman yang memberikan informasi untuk kesehatan balita. semoga saran dan kritik dari teman-teman bermanfaat untuk teman kita yang lain.

  34. berbagi cerita,,tlong kasih saran untuk penyembuhan tipes untuk balita umur 14 bulan,,skarang keponakan saya sdang d opname sgah 5 hari suhu naik trun,,,mhon petunjuk ,,,trims

  35. Terimakasih ya, atas info & ilmuya… bagus tulisannya

  36. anak sy panas cuma di kepalanya sudah 3 hari setiap mlm panasnya,tlg bagaimana mengatasinya sdh di bw ke puskesmas tes darah tdk ada gejala DB / TYPUS,mohon infonya …tks

  37. Asslmualaikum… Ikutan sharing ya… Saya Bunda dari M. Alwi Syaddadil ‘Allam (Adil), putraku 16 bulan… Saat ini Adil sedang demam tinggi memasuki hari ke 5… Tapi meskipun demam tinggi dg suhu minim 38,5-40*C, hari 1-3 dia masih ceria, berceloteh n bisa beraktifitas layaknya anak sehat, kecuali ketika suhu mncapai puncaknya panas. Saya biasa menangani demam anak dngan pengobatan tradisional… Maka hingga mmasuki hari ke-3 kami masih menggunakan ramuan tradisional. Biasanya dengan ramuan ini anak saya segera sembuh dari demamnya. Ternyata kali ini tidak, akhirnya Adil segera kami periksakan ke dokter n menjalani bbrapa pemeriksaan, termasuk pemeriksaan Darah… Semasa di RS, demam anak saya langsung turun, mungkin karena obat yg dimasukkan malalui duburnya..
    Satu jam setelahnya, hasil Lab dari pemeriksaan darah anak saya, tidak ada indikasi tyfus ato DBD. Hanya saja Leukosit dlm darah anak saya kurang dari jumlah normalnya. SampAi saat ini anak saya masih demam tinggi. Dari hasil pemeriksaan tersebut, anak saya dianjurkan untuk rawat inap, tapi saya tidak bisa menyetujuinya karna anak saya sAngat tidak bisa untuk dirawat di RS. Apalagi harus di infus , suntik, n tiduran sepanjang waktu. Dia sudah terlalu takut dengan serangkaian perawatan itu, bisa STRess nantinya… (Hehe) , Akhirnya kami pulang dari RS dngan mmbawa penurun panas + antibiotik..
    Jika ada yg berkenan untuk mmberikan solusi buat saya n anak saya supaya demamnya turun n segera sehat kembli,, dengan senang hati saya akan terima… Maturnuwun…

  38. Saya seorang bapak, berasal dari flores yang saat ini menjadi single parent dari malaikat kecil ku yang saat ini berusia 11 bulan. Pada sabtu dini hari tanggal 3 maret 2012, anak ku mengalami panas tinggi. Stelah diberi paracetamol, sempat reda tetapi pada sabtu pagi skitar jam 9 wita, suhu badan anak ku kembali panas dan kehilangan napsu makan (tdk ada gejala yang lain). Perlu diketahui, di tempat saya dokter libur pada hari sabtu dan minggu… Sementara di RSU, tdk bs dipercaya. Untuk itu saya sangat mengharapkan bantuan ibu2. Tolong anak saya.

  39. sharing yuk…anak saya 10 bln,sudah panas dua hari,saya tidak mengutamakan apabila anak sakit langsung kedokter,tapi saya akan mencoba dgn berobat secara tradisional.hari pertama anak saya balur dgn bawang merah dicampur minyak telonnya,panasnya turun,tp hari kedua ini agak panas lg..mudahmudahan panasnya aakan turun bila saya coba dg treatmen rendam air hangat…minta doanya ya agar anakku sehat..

  40. anak saya usianya 1 tahun 4 bulan, sudah beberapa minggu anak saya pilek batuk tapi ga demam cuma kepala yg agak hangat. tlg solusinya…. Tq

    • Mungkin lingkungannya lagi kurang sehat, kalau ada yg batuk pilek, pakai masker biar baby nya ngga ikut pilek/batuk.Kalau aku anak pilek biasanya ubun-ubun kepalanya dikasih kencur yg diparut biar hangat, dada sama punggung dibalur bawang merah campur minyak kayu putih, bawang merahnya di remas aja, biar getah nya keluar, jangan dibiarin di badan baby ya, soalnya bawang merah itu panas.

  41. anak saya udah tiga mgg batuk dan panasnya naik turun dan sekarang dia berumur 10 bln

    • mungkin alergi / ngga cocok sama makanan / susu,

      • Kalo anak demam, selain paracetamol atau ibuprofen syrup, kasi banyak minum, dan kompres.Dgn minum byk, akan byk pipis, shg panasnya keluar. Biasanya panasnya turun dalam waktu 3 hari, kalau lebih, mgkn perlu antibiotik. Anak ke2 sy pernah kejang demam 2 kali waktu umur 6 bln dan 1 thn, tp alhamdulillah, skrg dah umur 9 thn, sehat walafiat.

  42. kalau untuk menaikkan trombosit : rebus angkak (biasa di jual di pasar2 bentuknya seperti beras berwarna merah) di minum airnya.atau bisa juga airnya untuk membuat bubur.
    kalo obat tipes tradisional: cacing tanah (dbersihkan dngan air garam) + daun jarak di godok llalu diminum 3x shari

  43. Dok mo tny nih..anak sy kok kl pnas hny dikepala sj knp ya pdhl badannya tu biasa aj..sy tkut knp2..umur anak sy 16bln..tq

  44. mau berbagi info dengan pembaca blog bayikita, jika ada yang terkena DBD bisa mengkonsumsi susu powermix sunhope untuk menaikkan trombosit darah

  45. dear all
    saya punya anak ber umur 40 hari lucu skali
    sayanng skarang lgi batuk pilek dan panas 37.8 kadang sampai 38.
    please jika ada yg tau cara nyembuh in dngn herbal ato tradisional.
    kasian jika bayi umur 40 hari di kasi anti biotik

    tks

  46. […] Demam pada anak/bayi, Bagaimana mengatasinya? | kumpulan … […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: