Kebiasaan Bayi Menghisap Jari

Wajar, kok, bayi mengisap jari karena hal itu memang kebutuhannya. Justru menunjukkan si bayi sehat dan normal.
Setiap bayi pasti akan mengisap jari. Terlebih pada bayi baru lahir hingga usia 3 bulan,mengisap jari acap kali dilakukan. Hal ini menunjukkan si bayi dalam keadaan sehat dan normal, karena refleks isap memang sudah seharusnya dimiliki bayi sejak lahir. Itulah mengapa, bila bayi mau menyusu, puting susu ibu tak perlu dipaksa dimasukkan ke mulut bayi. Cukup pipinya digeser-geser dengan puting, maka bayi akan mencari arah puting.
Namun tak berarti semua bayi memiliki refleks isap yang baik, lo. Seperti dikatakan Prof. Dr. dr. Nartono Kadri, Sp.A(K), ada beberapa bayi yang reflek isapnya rendah, yaitu bayi yang lahir prematur dan bayi sakit. “Pada bayi prematur, refleks mengisap jarinya lebih pelan ketimbang bayi sehat, karena pertumbuhannya yang belum terlalu sempurna.” Sedangkan bayi sakit, misalnya, mengalami gangguan pernafasan berat. “Ini berarti bayi dalam kondisi lemah, sehingga refleks isapnya tak baik. Bayi yang demikian memerlukan selang karena ia tak bisa mengisap,” lanjut guru besar FKUI ini.

Kebutuhan Menghisap

Secara psikologis, menurut Dra. Betty DK. Zakianto. Msi, bayi mengisap jari karena lapar. Disamping bayi memang memiliki kebutuhan mengisap, dari lahir sampai usia 3 bulan. baca lebih lanjut>>

About these ads

18 Tanggapan

  1. Anak saya berumur kurang dari 1 bulan kira – kira 28 hari, dan dia suka sekali mengisap, walaupun sudah saya kasih asi bahkan sampai muntah anak saya masih pingin terus mengisap, kalau tidak atau dilarang dia akan menangis tak henti – hentinya, lalu sebagai alternatif terakhir saya kasih dia empeng/dot. apakah berbahay dikasih empeng? apakah empeng bisa membuat gigi menjadi keropos/gigis (bahasa jawa)? saya tunggu jawabannya.
    terima kasih.

  2. kalau yang aku tahu sih bu, menghisap adalah insting bayi. Jadi kalau akhirnya bayi tetap menghisap jari, walaupun sudah kenyang diberi asi, menurut saya itu masih nggak masalah.

    Justru kalau diberi empeng, dikhawatirkan bayi justru akan menghisap udara, dan jadi kembung. Belum lagi kalau, empengnya kurang terjaga keHigienisannya.

    Ibu coba bersabar dulu, dan perlahan-lahan jarinya ditarik, jangan dipaksakan ke bayinya. Harusnya sih nanti berhenti sendiri bu…

    Keculai kalau usia bayi sudah mencapai 7 bulan lebih, ibu baru perlu mencari akar permasalahannya.

  3. Anak saya sampai umur 3 tahun masih suka mengisap jari ketika dia mau tidur, atau ketika dia mau minta susu pertanda dia haus atau lapar. Bagaimana cara menghentikan hal ini berbagai cara telah dicoba mulai dikasih pengertian ” jika suka ngisap jari, kuman masuk, lalu sakit, lalu kasih obat, ‘Mau kasih obat terus” Dia jawab ndak mau. Tapi ya tetep aja. Tiap mau tidur juga tangan saya pegangi, lalu nangis. . Akhirnya biar dululah pelan- pelan pikir saya. tapi sampai kapan? Mohon masukan supuya tidak suka ngisap jari. , Terima kasih

  4. Anak saya sekarang 14 bulan. Dari dia umur 5 bulan tidak lagi menghisap jempol tapi dia lebih suka bermain dengan selimut pada saat minum susu dan memasukan selimut tersebut ke mulutnya pada waktu tidur tidur. Hal ini menurut saya masih wajar jika dibandingkan dengan si anak yang menghisap jempol. masalahnya kalo kemana2 saya harus bawa selimut. Saya silalu menarik selimut tersebut jika dia terlelap tidur. Tapi pada saat dia terjaga, anak saya itu seperti kehilangan sesuatu yg sangat berarti, yang bisa membuatnya nyaman dalam tidurnya.

  5. anak saya kembar perempuan umurnya 4 bulan, tapi yang satu suka banget isep jarinya. kadang malah sampai dalem dan pengen muntah. kalo yang satu mulutnya itu gerakkannya kayak sedang minum aja. apa itu normal dan bisa ilang dengan bertambahnya usia??/ thanks

  6. anak saya umurnya 5 bulan, suka ngemut jarinya terutama kalo tengkurap, itu gimana ya, kalo lagi tidur ato dipangkuan, dia nggak ngemut jarinya karena disibukkan dengan becandaan opanya

  7. Terima kasih atas infonya…..Sangat bermanfaat.

  8. Infonya bermanfaat.
    Anak saya 6 bulan dan acara isep jempol itu kadang-kadang berlaku kalo mau tidur, sampai dia tertidur.

  9. Bayi saya 2 bulan 2 minggu suka sekali ngisap jari, saya coba kasih empeng dia tidak mau, bgmn ya agar dia mau pake empeng?

  10. Dok mau nanya, gimana cara menghilangkan kebiasaan mengisap jari pada keponakan perempuan saya yg sdh berumur 12 th.berbagai cara kami coba, tapi dia smkn menikmati jempolnya. Terimakasih.

  11. Aku mau tanya, anak aku usianya sudah 13 bulan, tapi masih saja menghisap ibu jari. sulit kali menghilangkan kebiasaannya. terlebih kalau dia mau tidur, pasti dia mencari ibu jarinya, walaupun sudah diberi ASI? kalau seperti itu bagaimana ya?

  12. anak saya 4 bulan..sering menghisap jari sampe muntah,apa normal dok hal itu?

  13. salma,on oktober 9,2011 at 06:22 pm said:

    adik saya dari lahir sampai 4 bulan suda isap jari misalnya dilepas
    nangis, terus pas tiharap juga isap jari,ngisap
    jari nya nunduk lagi,bagaimana ya?

  14. Anak saya 2,5 bulan sudah sering isap jari,adakah epek samping nya?mohon di beri jawaban nya ya..

  15. anak saya umurnya 1 tahun 14 hari, selama usia 6 bulan dia sudah menghisap jempolnya sampai sekarang, pada waktu awalnya saya sudah mencoba untuk menarik jempolnya sedikit demi sedikit di saat tidur tapi malah anak saya menangis. anak saya kalau sudah makan dan mau tidur selalu menarik selimut merahnya untuk menghisap jempol dan itu berlangsung terus menerus sampai sekarang, akan tetapi jikalau sudah tertidur anak saya tidak menghisap jempol lagi. bagaimana solusinya untuk melepaskan isapan jempol itu dari anak saya?apakah dampaknya sangat besar di kemudian harinya?

  16. kalau sampai usia 5 bln masih ngisap jari apa tidak ada dampak nya..!!tolong dijelaskan..

  17. tpi bukannya jika bayi menghisap jari itu bukannya takut adanya kuman yang nempel di mulut si bayi?
    terimakasih ;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: