Tips Hamil Kembar

RISIKO kehamilan kembar lebih besar dari kehamilan tunggal. Pada kehamilan kembar, Anda akan mengalami perubahan fisik yang sama seperti ibu hamil lain. Namun, karena tubuh Anda menopang lebih dari satu bayi (multiple), rasa tidak nyaman akan terasa lebih berat. Kenaikan berat badan lebih cepat.

Akibatnya akan muncul kesulitan lain seperti sakit punggung, sesak napas, dan sering berkemih. Anda juga lebih rentan terhadap rasa nyeri pada perut, sembelit, dan bengkak. Penambahan beban pada jantung, paru-paru, dan ginjal mengakibatkan Anda merasa lebih cepat lelah.

Tentu saja Anda tak perlu harus cemas. Berpikir lah positif. Bukankah Anda meiliki kelebihan dibandingkan ibu lain? Setidaknya jika orang lain yang hendak punya dua anak harus hamil dua kali, Anda hanya perlu sekali bukan? Yang Anda butuhkan adalah kesiapan fisik dan mental, baik selama kehamilan, saat persalinan maupun pasca persalinan.

Bagi ibu hamil kembar, ada saran yang perlu disimak:

1. Terapi nutrisi. Ini harus diterapkan bagi semua ibu hamil kembar, tak peduli berapa berat badannya untuk memastikan pertumbuhan janin optimal dan berat badan lahir lebih tinggi.

2. Makanlah diet seimbang termasuk padi-padian, produk susu, buah, dan sayur segar, makanan kaya protein, seperti ikan, ayam, daging, keju, kacang-kacangan, dan telur. Ingat, Anda memerlukan sekira 1,5 kali lebih banyak daripada ibu hamil tunggal.

3. Banyak minum air putih. Minumlah delapan sampai sepuluh gelas air perhari untuk mencegah dehidrasi. Jika dokter memberikan suplemen penambah darah, minumlah secara teratur untuk mencegah anemia dan sekaligus sebagai nutrisi untuk kedua janin.

4. Banyak istirahat. Kehamilan kembar menambah beban tubuh Anda sehingga Anda perlu banyak istirahat. Seringlah berbaring agar aliran darah ke plasenta meningkat dan pertumbuhan janin lebih pesat. Jika Anda termasuk wanita berbanyak aktivitas, pertimbangkan cuti lebih awal.

5. Kontrol kehamilan secara teratur. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa merasa lebih tenang karena kehamilan kembar Anda dimonitor secara teratur, sehingga dapat membantu menurunkan risiko atau komplikasi yang mungkin terjadi.

6. Siapkan mental. Anda mungkin mengalami perubahan suasana hati. Jangan sungkan membicarakan segalanya dengan pasangan. Tak kalah penting, rencanakan apa yang akan Anda lakukan setelah kelahiran si kembar. Mintalah dukungan suami dan juga keluarga Anda.

7. Cari dukungan positif. Hindari cerita-cerita menyeramkan tentang kehamilan kembar. Lebih baik simak cerita dan pengalaman positif dari orang yang pernah hamil anak kembar.

8. Gandakan biaya. Ada baiknya Anda bersiap-siap secara finansial. Seorang anak saja sudah memerlukan tambahan biaya, apalagi mendapatkan dua atau tiga anak sekaligus. Jadi, gandakan saja biaya perawatannya. Sebaiknya Anda mulai menyediakan biayanya mulai sekarang.

Inspirasi: Mom& Kiddie

bibiling.wordpress.com [mytwins-care]

About these ads

47 Tanggapan

  1. lucu juga ya kalau ntar punya anak kembar….
    tapi apa gak repot tuh ngurusnya

  2. halooo.,.,.,.. salam kenal,., mapirr di blog kuu yaaa,.,.

    n post lagii yang baru2.,., thx.,

  3. maksih ya tips-tips nya.. soalnya sy skrg sedang hamil bayi kembar…

    http://imansri.page.tl/15-minggu–d–Dede-Kembar.htm

    • salam kenal bt imansri,sy sngt senag klo bs berkenalan dg anda,beta senangx anda dg kehamilan kembar,sy pingin bangt pada kehamilan ke2 nti bs hamil kembar,apa anda bisa membagi tips2x agar bs hml bayi kembr,sy tdk px gen kmbr.trims ats tipsx

  4. info bagus, klo saya belum menikah ..hehehe :)

  5. Aq pingin pnya anak apa saja, baik kembar maupun tdk kembar, yg penting bs hamil lg dn punya anak yg sehat. saya baru aja mengalami keguguran di kehamilan pertama saya yg br 5 minggu. tp sy tetap optimis walau pernikahan sy br berjalan 9 bulan. yg saya ingin tanyakan bagaimana cara memilikianak yg sehat dn sukses bs hamil sehat????? Thangs.

  6. @essy: senang anda tetap bersemangat… pernikahan anda masih muda dan tetap berkesempatan.
    pada saat keguguran…seharusnya dapat diketahui penyebabnya. dan dari sanalah …tindakan dan langkah2 dilakukan.
    secara umum….tetap menjaga maminnya yg sehat dan banyak berdoa.

  7. sebagai ortu kembar, tak elok kalau tak singgah sejenak.

  8. aq,,, mauuuuuu,, anak kmbar,,,

  9. aku pengin bgt punya ank kembar..ada g cow yg bibitnya bagus n pnya kembaran BIBIT,BOBOT,BEBET, aku mau dunk jd istri yg solekhah buat dia.085747976777.19 th..

  10. alhamdulillah saya sedang hamil anak kembar. Senang sekali rasanya. Sekarang umur kehamilanku sdh 5 bln.
    Makasih ya informasinya…

  11. alhamdulillah.. saya juga sedang hamil aak kembar 8minggu. lagi penasaran apa jenis kelaminnya:) ini kehamilan ketiga saya, tapi mereka insyaAllah anak ke 2 dan 3. doakan sehat sampai lahir yah.. thanx 4 the info..

  12. Alhamdulillah, saat ini saya juga sedang hamil anak kembar dan sudah 8 bulan. Hasil usg, dua2 nya perempuan.
    Tapi kenapa ya, sudah 2 minggu ini kaki kanan saya sakit jika di buat jalan ato di gerakkan???
    Barangkali ada yang sudah pernah mengalaminya atau tau solusinya untuk mengatasi rasa nyerinya???

  13. saya mauuuuuu punya anak kembaarrr :)

  14. Ahamdulillah saya sekarang juga lagi hamil kembar masuk 6 bulan. enam tahun lebih saya tunggu2. minta doanya ya biar selamat sampai lahir. saya juga ngalami rasanyeri di lutut kalo bangun tidur. gimana ya posisi tidur yang enak belakangan suka susah tidur. maaf ya banyak nanya maklum baru pertama kali hamil.

  15. ass,alhmdullilah sy jga lgi hamil ank kembar..seneng bgt plus deg2an sih..mka y lgi nyari2 info ttng ank kembar..seneng bgt y klo dibayangin ank y sht n lucu2 tp tetep ad kehawatiran, sbrnya ni khamilan ke 2,yang pertma usia 3thn 2bln..usia kndunganku dah 4bln…doain y mdh2an bayi2 ku smpurna n sht…amien

  16. alhamdulillah aq juga hamil kembar,dah 4,5 bulan,dokter bilang 2nya cowok,dan ini kehamilan ke 3,anakku berumur 8 th dan yg kecil baru 8 bulan. seblmnya asaya ndak menyadarinya sampai kehamilanku berumur 4 bulan. karena skrg aq kerja di taiwan. dan pas medikal blm ketahuan positif. jadi terkejut banget soalnya dr 2 pihak keluarga tak ada gen kembarnya. kira2 apa karena kehamilan ini terlalu dekat dgn kelahiran anakku yg ke 2 ya?
    kerjaku sih ndak berat tapi sering naik turun tangga sehari bisa 10 kali. dan hamil kembar bahaya ndak naik pesawat?

  17. saya sedang hamil kembar umur 3 bulan,tapi kok masih mual n muntah aja ya? barangkali ada yang punya pengalaman serupa atau masukan mohon pencerahanya… makasih

  18. Saya lagi hamil kembar 20 minggu, mau tanya boleh gak sie hamil kembar naek pesawat?dokter tidak merekomendasikan tp sepupu saya hamil kembar usia 7 bulan boleh sm dokternya padahal pernah keguguran. Please info

  19. wah, kalo kembar berarti kudu bikin rumah lebih besar :D

  20. aku dari dulu pengen anak kembar, tapi mpe sekarang belum kawin2, nyari cwe baek2 susah , pada matre smwa….

  21. aku dari dulu pengen anak kembar, tapi mpe sekarang belum kawin2, ada yg mau…? mdxproject.blogspot.com

  22. sya sbntar lgi menikah tapi keinginan saya buat mempunyai anak kembar begitu besar dri keluarga sya ga ada gen punya anak kembar tapi dri gen calon suami sya jg ga ada pa kemungkinan sya bsa dpet anak kembar?
    tapi ada yg sya takutin dri keluarga mami sya puny anak bnyk tpi dri papi ga pa sya bsa punya anak?
    pa sya subur? mohon sarannyo yo!!!

  23. [...] Tips Hamil Kembar Posted on Februari 20, 2009 by bayikita [...]

  24. bisakah hal itu terjadi?
    dan jika yang dirasakan seperti diatas apa yang harus diperbuat?

  25. alhmdllh skrg sya lg ngndung byi kembar bru 24mggu,cemas bgt bnyk ktakutan2 yg saya alami,tp mudah2n dg saya mmbca tips ini saya bsa lbh tenang n brpikir positif..amien
    minta doa.y ya..

  26. Saya br nikah juli 2011 lngsng hml, skrg udh 3bln. Hsl usg g nyangka trnyata kembar. Stlh ditelusuri trnyt emg ad sejarah kembar dr kluarga suami.

  27. selamat buat semua ya,. mudah2an Allah memberi kemudahan bg kta semua Amien,.dan semoga putra/i kta menjadi yg terbaik bagi semua., jgn lupa., slalu bersyukur.,., Alhamdullilah.,

  28. senang rasanya punya anak kembar apalagi ce dan co,,,alhamdulillah saya sdang hamil 5 minggu,,,tapi belum tau kembar atau tidak,,,, ^_^

  29. seneng banget baca komentar temen2,ternyata banyak yang sedang mendapatkan hamil kembar,semoga aku juga bisa dapat kehamilan kembar di kehamilanku yang ke-4 nanti…amin

  30. ~~
    ~~ makasih yaa, tipsnya.. istri saya soalnya lagi hamil kembar (3), jadi gak panik lagi kek dulu ^^ (doain selamat melahirkannya, ya.. anak pertama, pro men)

  31. Uwa.. Nervous juga nih, hamil kembar 3 udah 4 bulan.. Makasi banget ya tipsnya, jadi gak susah nanya ke dokter lagi deh ^,^

  32. Thx bgt, y.. Ak br nkh lsg hml.. kmbar 4 pla lg.. Klo bs tips hml anak kmbar 4 y.. Biar rileks gk pnk lg : P

  33. Sekarang, saya baru nikah 29 oktober kemarin, alhamdulillah sekarang sudah hamil kembar 2. Trimakasih ya, tipsnya. Kini, hanya pulsa yang melayang, bukan uang yang melayang

  34. Ooh… Mas Bhagas udah comment duluan yah

    Kalo gitu Astrid nggak jadi comment, ya.. : )

  35. Gimana caranya mendapat anak kembar

  36. pengen bget punya anak cowo kembar…..iih pasti lucu tuh…hmmmz

  37. pengen bget punya anak cowo kembar…iiih pasti lucu bget,,ga sabar…

  38. q pngen punya anak kembar…, tp takut ..

  39. Gimana ya caranya bisa hamil kembar.suami saya kan kembar ada tidak kemungkinan kami punya anak kembar

  40. adakah faktor genetik yang bisa membuat bayi menjadi kembar?

    kunjungi juga ya Mengenal Masa Kehamilan terima kasih :)

  41. Terimakasih, saya jadi lebih tenang menjalani kehamilan kembar ini.

  42. makasih yah infonya..
    aku juga skrg hamil kmbar ank ke 2..udah mau 7 Bulan nih..
    mmg beda bgt sama ank yg prtama..skrg aku lebih cpt capek trus perut aku terasa berat zx…gk sabar pgen cepat2 punya baby…mudh2han lahir sehat selamat..amin

  43. Ya, tips yang sangat bermanfaat untuk kehamilan kembar, karena sangat beresiko terutama bayi lahir prematur

  44. makasih info.y.. doakn berhasil ya,,,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: