Pertolongan pertama bayi jatuh

Diambil dari milis bayi/nikita

PERTOLONGAN PERTAMA BAYI JATUH
Hati-hati jangan langsung menggendongnya. Pastikan dulu bagaimana
kondisinya!

Usia bayi adalah masa rawan terjadi kecelakaan. Saat ia belajar
berguling umpamanya dan orangtua lengah, ia bisa saja terjatuh dari
tempat tidur. Untuk itulah manajemen penanganan kasus bayi terjatuh
amat diperlukan. Yang pasti, saat si kecil terjatuh, jangan hanya
mengkhawatirkan bagian kepala saja, karena semua anggota tubuhnya baca lebih lanjut

31 Tanggapan

  1. Putra saya 2, jarak kelahiran mereka +/- 5 tahun. Si Abang, Zidan, selalu menganggap adeknya, Izaaz, sekuat dirinya. Maka tak jarang adek sering jatuh karenanya.
    Selama 1 bulan terakhir ini adek sudah 2 kali jatuh dari sepedanya. Tapi berkat artikel ini saya sedikit tenang. Tapi dalam waktu dekat ini, saya berniat untuk konsultasi ke dsa, atau langsung CT scan.
    Ada yang bisa sharing?

  2. Iya saya juga baru tahu hal ini dari blog ini.
    Buat mbak esy Zidan umurnya berapa tahun?

  3. Miska, 8,5 bulan sudah 2 kali jatuh dari tempat tidur dalam 1 bulan ini..yang terakhir ini,saat saya temukan,posisinya sudah terlentang dan kepala berada diatas guling. dia menangis keras sekali..lansgsung saya angkat dan beri air putih. setelah itu tangisnya mereda dan langung minta menyusu ke saya dan segera jatuh tertidur. mudah2 an tidak ada yang berefek buruk pada tubuh dan kesehatannya. namun besok saya akan bawa ke dokter nuntuk pemeriksaan yang lebih cermat dan menyeluruh….

  4. membaca artikel ini seperti menghadapi mimpi buruk saya. skitar 2 bln yg lalu anak saya jatuh dari tempat tidur waktu brumur 6 bln.. ktika saya lihat ia sudah terjatuh pada keadaan terlentang. terakhir saya lihat dia sebelum jatuh dia sedang duduk. rasanya sedih sekali dan marah pada diri sendiri krn bisa sampai lengah dan mengakibatkan anak saya jatuh. segera setelah mendengan “gedebuk” saya lsg melihat dia sedang terlentang sambil menangins. skitar 5 detik membiarkan dia menangis di lantai saya gendong sebentar, mencium, & tangisnya mereda. kemudian saya cek reflex dan kebiasaan gerak dia thd setiap stimulus yng diberikan. alhamdulillah responnya ada dan kuat. stlh itu lsg saya bawa ke rumah sakit & stelah observasi 3×24 jam dia tidak muntah, pingsan, ataupun lebih pasif.

  5. 4 hari yang lalu Indi (5 bulan 2 minggu) terjatuh dari tempat tidur dengan ketinggian 1 meter. Posisinya tengukarap saat saya temukan. Terjatuh miring atau tengurap langsung saya tidak tahu. Saya angkat anak saya langsung saya peluk dan cium untuk meredakan tangisnya. Setelah reda tangisnya baru saya beri minum air putih. Saya periksa bagian kepala tidak ada yang benjol, tapi bagian pelipis kiri dan pipi terlihat merah. Kaki dan tangan saya gerakkan juga punggung saya periksa dan anak saya tidak merasa kesakitan. Saya sedikit agak lega. Sampai saat ini (hari ke empat ) setelah anak saya jatuh dia tetap gerak aktif seperti sebelumnya.

    • kejadiannya persis seperti yang terjadi pada anak sya, Lutfan, 5,5 bulan. Setelah jatuh saya raba kepalanya ada benjol. Setelah diberi minum, dia tenang. Syukurlah dia masih bisa aktif dan tersenyum seperti biasanya. Sampai 13 jam kemudian saya perhatikan, dia tampak baik-baik saja.

  6. Anak saya tadi pagi baru jatuh dari tangga (1anak tangga) posisinya di dalam baby walker dan sedang memegang sisir ,posisi jatuhnya muka dan dada yang berbenturan dengan lantai dan tertiban baby wolkernya otomatis ( gusi atas megeluarkan darah lumayan agak banyak untuk ukuran bayi dan mulut atas nya bengkak sekarang ) tindakan pertama yg saya berikan memeluk dan memberikan air putih lalu dia diam ,walau nangis nya masih ada sedikit 2, saya bingung apa ada salep untuk mengobati gusi dan mulutnya itu

  7. Tadi malam, hampir jam 12, anak saya, 5,5 bulan, jatuh dari kasur spring bed, sekitar 30 cm.. Saat saya tinggal, ia tertidur lelap, nggak sampai setengah jam, tiba2 lampu mati, sebentar kemudian terdengar suara gedebuk,disusul tangisannya yang keras.
    Dalam gelap kutemukan dia telungkup di lantai. Langsung kuangkat dan kutimang, setelah diam baru menyusu.
    Alhamdulillah sampai siang ini baik2 saja, cuma nggak mau ditinggal. Mungkin masih takut jatuh lagi kali ya.

  8. 2 minggu yang lalu anak saya Ghazy 2 Bulan, terjatuh dari boxnya setinggi 1 meter. Jatuh terlentang, tidak menangis ( tapi menangis setelah di gendong…walaupun tidak histeris), tidak ada lebam dan luka. setelah diperiksa oleh dokter, ternyata diagnosa baik2 saja. Tapi suami ngotot mau ct scan atau MRI, apa boleh ya ? any suggestion?

  9. Tadi pagi saat aku selesai mandi, dikagetkan oleh suara tangisan anakku, tidak kencang sich, cuma biasanya saat mendengar dia menangis, aku pasti langsung tergesa menghampirinya,betapa kagetnya aku saat di kamar anakku yg tepat hari ini berusia 6 bln sudah ada di lantai dalam posisi tengkurap. Langsung ku gendong, ku ciumi dan berkata2 “maafin mama yah, klo kamu sakit, pindahin aja sakitnya ke mama”. Saat itu aku bingung skali krn pagi2 skali suamiku sdh brangkat ke Pontianak,ada tugas kantor. Saat ku telp suami ku, suamiku berusaha menenangkan, Alhamdulillah skrng aku sdh tenang dan smoga Ya allah kondisi anakku baik2 saja (Amin)

  10. bayi kami kemarin jatuh juga. setelah 3 hari benjut gede sekali.
    apa yang harus kami lakukan?????????????????????????

  11. bayi saya6 bulan juga 2 minggu lalu terjatuh dari tempat tidur,waktu saya dengar suara orang terjatuh saya lihat bayi saya sudah di lantai dengan posisi terlentang dan menangis.langsung saya gendong saya beri air putih nga lama kemudian nangisnya berhenti dan langsung tertidur.saya periksa tidak ada yang benjol maupun memar,besoknya langsung saya urut.puji tuhan nga ada apa2 sampai sekarang pun masih sehat nga ada keluhan.

  12. Anak saya, berumur 14 bulan. tadi terjatuh dr tempat tidur. posisi jatuhnya terlentang. Ia muntah, karena sebelumnya ia minum susu, semua susunya keluar. tapi gak lama kemudian ia sudah seperti biasa lagi. Saya mw nanya ada efeknya ga ya. saya hrs berbuat apa ya? anak saya memeng tergolong aktif hampir setiap hari kepalanya kejeduk. bs mempengaruhi kecerdasannya ga ya.
    Anak se umur itu sudah bs di scan ya?

  13. bayi saya saat 1 bulan pernah jatuh terguling dari bantal, trus usia 4 bulan pernah terjatuh dari springbed kira2 90 cm, usia 5 bulanan juga jatuh lagi dari springbed. Trus rasanya kapook bgt,springbednya jadi diambil 1. alhamdulillah dia ga mengalami muntah/ demam.semoga tidak apa-apa ya…doakan

  14. bayi saya umur 1 buLan jatuh dari ayunan tinngi setengsh meter dgn posisi teLentang………kira2 brpengaruh gak ya dg otak belakang….

  15. ank sy Adryan laki2 umur 12 bln, td pagi jam 05 subuh jatuh dr tempat tidur yng kira2 tingginya dr lantai 45 cm.
    Seperti biasanya setiap mlm tidur diatas bersama sy, sedangkan papa nya tidur dikasur bawah. Tp br kali ini jatuh, itu krn jam 5 pg dia udh bgn & ngoceh sendiri. Sy pun membiarkan dia main sendiri sdgkn sy tidur krn masih ngantuk. Tidak lama kemudian sy kaget betul mendengar tangisan ank sy yng sgt hebat, stlh sy lihat ank sy sdh berada dilantai dgn posisi telantang.
    Spontan dgn mata yng masih mengantuk langsung sy gendong & cium, tdk lama kemudian nangisnya berhenti & sgera sy beri air putih & susu formulanya.

    Sy tdk tahu persis posisi jatuh nya entah tengkurap atau telantang, yng sy temukan dia dlm posisi telentang. Tetapi tidak ada benjolan dikepala maupun muka.

    Yng jadi pertanyaan sy sampai saat ini, knp tidak ada benjolan pdhl jatuh dr tempat yng lumayan tinggi. Setidaknya kalo ada benjolan sy tau dimana letak yng sakit itu. Apa perlu ya sy bawa ke DSA utk ct scan ?.
    Mohon bantuan nya ya…

    Trima kasih

    mama adryan…

  16. salam kenal semua, saya Laila (panggilan Ela) mengalami kejadian ga enak :
    anakku 6 bulan jatuh dari ranjang setinggi 60-70cm semalam jam 10.30 langsung menangis kencang :((
    dan saya merasa sangat khawatir, walaupun tidak sampai panas dan muntah,
    tapi tetep aja saya sangat khawatir dan merasa sangat bersalah.
    Dan pagi harinya pas mau mandiin saya liat popoknya ada sedikit darah :((
    mohon pencerahannya dong, apa yg harus saya lakukan? terima kasih.

  17. salam kenal semua,,,anaku 7 bulan jatuh dari ranjang setinggi 60 cm pas jatuhnya sy tidak tau bagaimana posisinya yg saya lihat dalam kedaan terlentang tp anehnya yg kemerahan itu dahi bagian atas,,sy sngt khawatir dan merasa bersalah,,,apakah kepalany perlu dironsen atau bagaimana ya????

  18. Salam..

    Anak saya baru brumur 1 bulan jatuh dari tmpat tdr setinggi 50cm..
    Posi2 jatuh tengkurap,saat jatuh..saya kaget sekali,dan mendengar tangisnya saya sngat mrasa brsalah,lalu saya langsung menggndong,me2luk’y..stlah tu dberi su2..
    Tp tdk da tnda2 bnjol,muntah,hanya saat diangkt setengah muka’y merah..haruskah dlkukn ct scan?
    Tlg bri advice y..
    Sy sgt ktkutan..smga tdk trjd pa2 pd Nazzala Anakku..amin y Rabb

  19. Anak saya umur 10 bulan,jatuh dr ketinggian krg dr stngah meter dlm keadaan telungkup,dia kelihatan baik2 saja,tp dalam hdgnya sedikit berdarah

  20. Anakku mouktaf baru jatuh dri tmpat tdr, tp untgx d bwh ada matras, tipis sih. Krn itu dia mnangis kncang, tp skrg reda. Dn sdh mulai aktf lg. O iy pas trjatuh ak trttdr d dktx. Ak mrh pd driku sndri.

  21. anak saya kayissa usia 6bln br saja jatuh dari tempat tidur setinggi 70 cm dgn posisi telentang..saya baru hendak ambil air minum dan tidak lama terdengar suara gedebuk dan langsung terdengar tangisan kencang anak saya..saya lgsg kekamar dan liat anak saya telentang dilantai..dan lgsg saya angkat dan saya ikut nangis juga..saya lgsg susuin dan dia diam dan tertidur..lalu saya perhatikan kepala belakang tidak ada benjolan..dan punggungnya saya elus2 sambil ditekan pelan2 tapi anak saya tidak nangis.. apa mungkin tidak ada apa2 dgn kepala dan tubuhnya?

  22. anak saya umur 2,5bulan kemarin juga habis jatuh dr ranjang dengan ketinggian 1meter. saya liat yang jatuh kelantai kepala sisi kanannya.waktu itu dia menangis, kemudian saya angkat utk menenangkannya dan bayi saya diam.bebrapa jam saya perhatikan bayi saya baik2 saja.dikepalanya jg tdk ada luka memar ato benjolan. tetapi setelah 1 minggu saya liat2 kok kepala yg habis jatuh itu terdapat benjol yang klo dipegang nyut2 gt ya? ada yg punya pengalaman sama g ya?

  23. salam bunda” semua
    sama nih ak juga punya anak umurnya skrng sudah 1 th,anak ku sangat aktif sekali umur 10 bln di sdh bisa jalan,kebahagiaan & kekhawatiran ada di benak ku,bahagia anak ku perkembangan”ya sangat cepat & khawatirnya dngn kelincahn”ya takut dia terjatuh,alhasil kekhawatiran itu trjadi,sering sekali anak ku jatuh posi”nya terlentang sumpah bunda gemeteran dan sedih dan mnyalahkn diri sendiri sampai bisa lengah,tapi alhamdulillah anak ku sampai saat ini tetap aktif.

  24. Entah mitos ato apa katanya bayi ♈ƍ sekali jatuh dia akan jatuh lagi. Bayiku Gifta tadi pagi jatuh lagi dari tempat tidur setelah 5 hari sebelumnya dia jatuh dr tempat tidur juga. Masya Allah, padahal dia lagi bersama aku ∂ï kamar, aku lagi ganti baju mau ke kantor dia lagi maen2 ∂ï tempat tidur. Aku selalu ngawasin dia kalau ƪάƍΐ ∂ï tempat tidur, tp saat itu aku cuma berpaling sebentar utk ambil celana ∂ï hanger, tiba2 dia Uϑªh ada ∂ï pinggir tempat tidur dan aku melihat saat dia jatuh cuma aku nggak keburu pegang dia, keburu dia jatuh dgn posisi pantat dulu lalu kepala ke lantai. Aku lsg panggil tukang urut takut anakku kenapa2. Abis urut dia tidur, Alhamdulillah sptnya dia nggak papa, mau makan n ceria lagi spt biasa. Aduh..aku bener2 takut skrg, takut terulang lagi. Semoga Allah sll melindungi anakku, amin.

  25. salam kenal semuanya..!
    lima hari yang lalu, anaku terjatuh dari ayunan setinggi -+ 80 cm. kejadianya dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. terbangunnya saya dari tidur karena mendengar suara tangisan yang begitu keras, dan betapa terkejutnya saya ketika melihat sang buah hati sedang merintih kesakitan dilantai.Sejak saat itu saya merasa menjadi ayah yang durjana.! hew.! betapa tidak anaku baru berusia 4 bln 3 hari. harus mengalami kejadian seperti itu.
    saya angkat, peluk, cium dan saya periksa sekujur tubuhnya dan ternyata ada sedikit goresan merah dikepala namun tidak benjol. saya beri dia susu kemudian tangisan buah hati pun menjadi reda. saya sangat bersyukur karena ternyata anakkua baik-baik aja hingga saat ini. peristiwa ini cukup menjadi pelajaran bagi saya dan istri saya agar lebih ekstra dalam mengawasi sang buah hati.

  26. Anak saya umur 6bln,kmrin hbs jatuh dari ayunan setinggi 1mtr. Tapi saya lihat ga ada luka atau benjolan sdikitpun bahkan merahpun juga tidak. Habis jatuh anakku lgsg panas lalu dibawa ketukang urut sama yg momong,krn wkt jatuh sy sedang bekerja. Habis diurut anakku lgsg tidur dan sesudahnya aktif main sprti biasanya. Alhamdulillah dia ga apa2 paginya lgsg bljar ngrangkak lagi. Tapi saya khawatir klo ada apa2 sama otak atau organ dalam lainnya. Meski ga da yg luka perlukah saya bawa kdokter?? Saya ingin tau mulai umur brp anak bisa di ct scan?????

  27. Anak’ku Kevin tadi mlm tepat pukul 21:00 terjatuh dr ranjang setinggi 60cm.posisi terlentang tapi aku krg tau pasti posisi jatuhnya seperti a pa.begitu Ada tangisan lgs aku gendong Dan aku cek sekujur badan Dan kepala tdk Ada memar.langsung td pagi aku bawa ke tukang pijit bayi.setelh dipijit dibahu sebelah kanan Dan kiri terdapat memar sedikit,kondisi seperti itu apakah tidak apa2?apakah perlu CT Scan dikepala ya?tetapi saat ini kondisi bayi normal seperti waktu belum jatuh.

  28. Anak saya umur 6bln jatuh dari ayunan kira2 tinggi nya stengah meter,2hri yg lalu pukul 08.30wib,dsaat itu saya sdnag tdur di bwah ayunan dya sambil jagain dya,mungkin saya trllalu lelap tdur hingga anak saya jatuh saya tdk tahu,tiba2 trdengar suara Gedebuk,di tdur lelap saya lgsung kaget mndengar suara itu,pas sya lihat ank saya sudah telentang smbil mnangis keras,saya pun ikut teriak melihat dya menangis lngsung sya gndong nak saya akhrnya pun reda,lgsung sya menyusui,tpi tidak ad bnjolan ap2 di kepala ank sya,bdanya pun tdk memar,apkah prlu sya ronsen kapalnya,sya merasa brsalah skli mnjdi org tua tlah lalai mnjga ank

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

