Fakta dan Mitos Mengenai Imunisasi

Diambil dari website Grup Sehat

Sejak pemberian vaksinasi secara luas di Amerika Serikat, jumlah kasus penyakit pada anak seperti campak dan pertusis (batuk rejan/batuk seratus hari) turun hingga 95% lebih. Imunisasi telah melindungi anak-anak dari penyakit mematikan dan telah menyelamatkan ribuan nyawa. Saat ini beberapa penyakit sangat jarang timbul sehingga para orang tua kadang mempertanyakan apakah vaksinasi masih diperlukan.

Anggapan yang keliru ini hanya salah satu dari kesalahpahaman mengenai imunisasi. Kebenarannya adalah bahwa sebagian besar vaksin mampu mencegah penyakit yang masih ada di dunia, walaupun angka kejadian penyakit tersebut jarang. Vaksinasi masih sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan anak. Bacalah lebih lanjut tentang imunisasi secara lebih jelas dalam uraian berikut!

Apa yang terjadi pada tubuh dengan imunisasi

Vaksin bekerja dengan mempersiapkan tubuh anak anda untuk baca lebih lanjut imunisasi

8 Tanggapan

  1. suntik HIB itu apa ya? keuntungan utk bayi apa?, diberikan pd usia brp sampai brp?

  2. MMR untuk bayiku

  3. Apa benar imunisasi MMR bisa menyebabkan Autis?

    Dari yang pernah saya baca sih MMR tidak menyebabkan autisme bu,
    berikut ini adalah referensinya
    http://www.who.int/vaccine_safety/topics/mmr/mmr_autism/en/
    http://www.who.int/inf-pr-2001/en/state2001-02.html

  4. sebaiknya qta memberikan imunisasi ,sesuai dengan yg dijadwalkan dokter anak kita, atau bagaimana ya?

  5. dalam memberikan vaksin imunisasi ikuti jadwal dr dokter anak atau jadwal imunisasi dari website IDAI ikatan doketer anak indonesia bu ..tpi juga bisa konsultasi dulu dgn dr.anak.
    sekarang ad bbrapa vaksin baru bukan wajib tp disarankan… spti pnomokokus,influenza ..

  6. hib untuk mencegah meninghitis bu, radang selaput otak…..

  7. Kalau saya pribadi, bukan cuman masalah bahan kimianya tetapi bahan2 yang diambil dari binatang yang diharamkan Islam itu yang jadi permasalahn pokok.
    Anak saya yang pertama,lahir cesar..pake imunisasi lengkap-kap..saat ini usianya dah 7 thn, tapi selama usia 0 s/d 3 th. setiap bulan pasti ke klinik. ASI ? 2th malah saya lebihkan 6 bulan sebab istri sat itu aktif kerja. Buku berobatnya full.
    Anak kedua saya lahir normal, kalau maslah berat badan 2 anak saya dibawah normal, yg cesar 2,3 yg normal 2,1. Tapi justru yg kedua ini yg agak mengherankan. Karena saya memutuskan untuk sama sekali memberikan imunisasi konvensional. Dan alhamdulilah sampai saat ini buku berobatnya baru 2 kali diisi, itupun 6 bulan sekali. Tingkat kerentanan 2 anak saya ini juga berbeda, jauh lebih kuat anak kedua saya. Jadi menurut saya Imunisasi tidak harus yg konvensional seperti yang pernah saya alami juga, ada alternatif lain yang lebih aaman menurut Islam, dilihat dari bahan dasarnya.

  8. saya seorang ibu yang mempunyai bayi tapi sekarang saya bingung tentang imunisasi bayi, karena banyk sekali info2 yang mengerikan tentang imunisasi . info imunisasi yang kontra sangat lengkap terutama dari apa vaksinasi itu dibuat cara pembuatannya serta argumennya sangat ilmiah dan masuk akal sedangkan yang pro imunisasi argumen2nya tidak menyakinkan karena tidak membahas sedikitpun darimana dibuat vaksinasi itu yang dikomentari hanya manfaatnya saja. mohon kepada para yang pro imunisasi terutama pemerintah harus menjelaskan ke masyarakat dari apa vaksin itu dibuat supaya orang tua seperti saya ini tidak bingung.

Tinggalkan Balasan

