Manajemen Laktasi Untuk Ibu Bekerja

diambil dari sharingannya mbak uci 

Setiap wanita (baca ibu) berhak mendapat informasi mengenai manajemen laktasi..

Kenapa demikian?

Karena ASI merupakan makanan utama dan satu-satunya yang terbaik bagi bayi selama 6 bulan pertama dalam kehidupannya yang biasa disebut sebagai ASI ekslusive. Lalu bagaimanakah dengan ibu bekerja atau yang sering disebut wanita karir ? Bisakah untuk tetap memberikan ASI ekslusive selama 6 bulan atau bahkan sampai 2 tahun/lebih??

Jawabnya adalah BISA..

Yang diperlukan adalah niat, usaha plus dukungan dari orang-orang sekitar kita. Walau ada kalanya karena masalah kesehatan yang berarti memang ada ibu baik ibu yang baca lebih lanjut

10 Tanggapan

  1. Kantor saya bener-bener bukan tempat yang baik untuk memeras ASI. Gimana caranya ya

  2. terimakasih infonya. Kebetulan saya calon ibu baru yg sangat ingin memberikan asi eksklusif, tetapi kantor saya kurang mendukung. Jadi Informasi ini sangat – sangat membantu saya mewujudkan mimpi menjadikansaya ibu yg sebena – benarnya. Terimakasih banyak.

  3. maunya sih memberikan asi eksklusif, tapi apa daya…kantor sangat mendukung, tapi jadwal kerja yang tidak mendukung, setiap minggu saya harus keluar kota selama 6 hari. selama 6 hari itu, jarang sekali bisa memerah asi dengan baik apalagi penyimpanannya, dikirim ke rumah setiap hari ngga mungkin juga kan…pertimbangan ongkos kirimnya

    sedih deh…
    padahal dari awal sudah niat banget ingin asi eksklusif 6 bulan

    jadi iri ama ibu-ibu rumah tangga hiks…

  4. pertama kali juga saya pengen banget memberikan asi ekslusif, tapi bayi saya kembar. sedangkan saya kalo siang bekerja di kantor. awal bulan ketiga udah mulai masuk, ya peras asi di kantor. kebetulan atasan saya dan rekan kerja sangat mendukung hal ini. baru pulang setelah sore hari langsung diberikan. jadi saya optimalkan waktu dirumah sebisa mungkin saya berikan hanya asi saja. rasanya sedih juga si………nggak bisa memberikan yang terbaik bagi mereka. thanks

  5. halo mbak sri…
    Di milis yang saya ikuti (milis sehat) banyak juga lho ibu2 dengan anak kembar yg berhasil memberikan asi ekslusif kepada bayi2nya. bahkan dengan hasil perahan asi yang berlimpah. ternyata anak kembar bukan halangan utk bisa memberikan asi secara eksklusif. semuanya kembali lagi ke bagaimana manajemen laktasi kita. mungkin nanti bisa saya kirimkan artikel2nya ke imel mbak ya…

  6. Hi, mbak Uci, thanks buat sharing nya. Sejauh ini saya masih kasih Chiara 3.5 bln , asi ekslusif. Sy juga ibu bekerja. Manajemen laktasi yg sy ciptakan gak beda jauh sm mbak punya. Senang juga ternyata sy tidak meleset jauh.
    Puji Tuhan juga , kantor & temen kerja gak pernah masalahkan kalo setiap 3 jam saat sy pompa asi, pantry kantor sy kunci.
    Sy cuman mau tanya, botol yg mbak pakai apa ya?
    Chiara sejauh ini pakai Pigeon Peristatic, terkadang kalau telat kasih, dia suka marah, gak mau ngeyot dan nangis. Ngakalinnya kasih sebelum dia lapar banget. Tp 2 hari lalu saat sy tugas midnite, tengah malam papinya kasih asi, dia nangis gak mau ngeyot, untung aku cepat pulang.
    Ada saran buatku??
    Oh ya… aku mau kasih saran, asi perah juga bisa disimpan di plastik tahan panas. Karena kalo pakai botol , agak menuh2in tempat. Saat hangatin, tuang ASIP ke botol baru dipanaskan.

  7. Asi ekslusif sangat baik u/ bayi…istriku juga bekerja…pada saat cuti 2 bulan setelah melahirkan kita da prepare u/ nyiapin perseddiaan ASI..lumayan juga dapat banyak..disimpan dalam botol..yang perlu kita sadari bahwa ASI adalah yang terbaik tidak ada duanya de…dan ibu2 harus punya keyakinan kuat untuk selalu memberi ASI..Alhamdulilah saat ini istriku sudah 5 bulan memberi ASI…selamat berjuang ibu2……

  8. Hidup ASI! Sama mbak… aku juga kayak mau perang kalo ke kantor. Selain termos, es batu, botol susu, pompa… tambahan cemilan… banyak makan banyak asi kan?… Daripada ngeluarin duit buat sufor yang kalo aku itung sekitar 10rb/hari, mendingan buat beli daging sepotong dan keju seiris. enak buat aku, enak buat bayi!

  9. Pokoknya Asi is the best lah….teu aya tandinganya…aku dikantor selalu memeras setiap pukul 10.00wib dan pukul 15.00 wib hasilnya alhamdulillah,,minimal asi yang aku bawa pulang adalah 500ml,,,atau 4 botol susu ukuran 125ml….dan alhamdulillah dengan asi,,,diusia naku yg baru 4 bulan beratnya sudah mencapai 8kg…..Asi sungguh Luar biasaaaaaaaaa….!!!

  10. baby ku Boma asix 3 bulan satu minggu berattnya jg sudah 7Kg. ^^

Tinggalkan Balasan

