Tanda-Tanda Bayi Capek, Kepanasan dan Kedinginan

Untuk melihat ketiga hal di atas memang tidak mudah, tapi jika kita sudah tahu cirinya, jadi mudah, kok.
Menghadapi seorang bayi, orang tua memang kerap dibuat bingung dan serbasalah. Pasalnya si bayi belum bisa mengungkapkan apa yang dia rasakan atau apa yang dia inginkan dengan bahasa yang kita pahami. Mereka hanya bisa menangis atau bersikap rewel
Alhasil, kalau si kecil menangis dan popoknya tidak basah, maka kita menduga ia lapar atau sekadar manja. Padahal belum tentu, lo. Bisa saja dia menangis karena kedinginan, kegerahan, atau kecapekan.
Seperti diakui dr. Anna Tjandrajani, Sp.A. dari RSAB Harapan Kita, Jakarta, memang tak banyak orang tahu ciri bayi kedinginan, kegerahan, atau kecapekan. “Akan tetapi, kalau kita tahu ciri-cirinya, maka mudah saja, lo, mendeteksinya.” Untuk itu, ia pun baca lebih lanjut

16 Tanggapan

  1. kalo bayi kedinginan, apakah bisa dilihat dari tangan, kuping maupun hidungnya yang terasa dingin, dok? seperti orang dewasa kalau kedinginan, umumnya ujung2 jari, kuping, hidung yang terasa dingin. Betul gak, ya?

  2. saya mau tanya, berapa lamakah waktu normal yang diperlukan untuk memandikan bayi?
    Kakak saya memandikan bayinya yang berusia 8 bulan sekitar 1 jam setiap harinya, sebanyak 2 kali sehari. Juga mencuci badannya dengan air selama 15 menit setiap malam.
    Apakah efeknya kepada bayi tersebut?
    saya ingin menegurnya tapi saya butuh penjelasan yang kuat.
    karena saya tidak tahan mendengar isak tangis bayinya yang kadang sampai bersuara rendah kehabisan tenaga.
    Mohon bantuannya, terima kasih.

    • Bayi rentan terhadap sgl sesuatu, apalagi dimandikan terlalu lama. cukup 10-15 menit mandi pagi dan siang bila masih 8 bulan. Bayi kedinginan bisa menyebabkan gangguan pada syaraf otak dan jantung. Saya sampe merinding bu baca ini, tlg segera di bicarakan dgn kakak bu nancy. Sblm tidur apalagi sdh malam, cukup dilap air hangat saja bu.
      Terima kasih

  3. email saya :
    seredea2405@yahoo.com
    bukan :
    seredea2404@yahoo.com

    Sebenarnya berapa lamakah waktu yang diperlukan untuk memandikan bayi?
    kakak saya memandikan bayinya yang masih berusia 8 bulan sekitar 1 jam setiap harinya sebanyak 2 kali sehari.
    Juga mencuci bayinya selam 15 menit setiap malam.
    Apakah efek yang akan menimpa bayi tersebut?
    Saya sudah tidak tahan mendengar isak tangis bayinya yang kadang sampai bersuara tangis lemah.
    Tambah lagi bayi tersebut suka dibentak-bentak “DIAM!” sampai berkali-kali.
    Tolonglah saya,
    saya butuh penjelasan yang tepat untuk bisa menegur kakak saya.

  4. –komentar mamanya abyan di groups bayi-kita–
    Saya mo sharing sedikit masalah ini:
    Kayaknya “sungguh terlalu” dech kalo anak dibawah 1 th dibentak, walaupun diapain juga dia gak akan pernah menyesali perbuatannya kalaupun dianggap dia salah, saya punya teman yang anaknya selalu salah dimata teman saya, dalam hal bermain ataupun makan misalnya .
    Teman saya selalu membentak kalo melihat anaknya tidak melakukan perintah yang sesuai dengan keinginannya.

    Dampaknya sedikit-sedikit anaknya terlihat kaget dan ketakutan walaupun sama Ibunya sendiri dan dia lebih memilih ikut sama Ayahnya atau yang jagain dia.
    Kasian kan kita yang capek melahirkan malah dijauhi sama anak sendiri.

  5. setau saya bayi dimandikan dgn air hangat dan 2kali sehari lama memandikan 15 menit cukup kok ga perlu lama2 kasian si kecil… dan juga jgn dibentak2 kasian dia ga bisa apa2 cuma nangis senjata andalannya kan belum bisa ngomong… percuma juga dibentak2 toh dia ga ngerti dan gedenya nanti jadi penakut.. di gendong dan dipeluk nanti dia juga ngerti dan nurut sm kita.

  6. bilang aja mbak kalo bayi itu jg pny perasaan loh. kelak dia akan mencontoh tingkah kita. kalo kita jahat sm dia dan membiasakan dia hidup dgn kekerasan, ga heran gedenya dia jg akan jahat sm org lain dan ibunya sendiri. trus masalah mandi yg sampe sejam, org dewasa aja mandi kelamaan jg kedinginan kan? apalagi bayi umur 8 bln? keterlaluaaann deh.
    efek bagi bayinya : cb tanyakan ke dokter utk kesehatan fisiknya (apakah cm perut kembung, masuk angin, dll). tp mentally, dia pasti stres, atau paling tidak, merasa tidak nyaman berlama2 dgn ibunya.

  7. Untuk bayi yang terbiasa tinggal di daerah dinggin. Apabila bebergian ke daerah yang panas jangan diberi minuman/susu yang dingin. Berikan susu yang hangat. Jangan makan jeruk dan mandi air dinggin. Karena dengan udara yang panas jika anak (prungsang) anak akan menjadi pusing mual dan muntah sehingga menimbulkan batuk berdahak dan nafas yang tersengah-sengak.

  8. betul kt mb riska, sebaiknya bayi jangan terlalu lama mandi, karena kondisi fisiknya tidak seperti orang dewasa, kita aja kalo berendam di dalam air 1 jam tiap hari apalagi 2 kali sehari bisa ga kuat juga.
    sebaiknya mb nancy nasehatin dengan bicara dari hati kehati, mungkin bisa sambil ke dokter untuk imunisasi (imunisasi campak kan usis 9 bulan), mb nancy juga ikut ngedampingin dia, nah disitulah waktunya mb tanya ke dokter tetntang hal tersebut biar kakak mb bisa denger langsung.
    anak saya, agha, usianya 10 bulan sekarang, dia mandi 3 kali sehari, jam 6 pagi, jam 12 siang dan jam setengah lima sore. siang itu sengaja dimandikan, tapi cuma badan aja, kepala ga ikut dimandiin, biar saat dia tidur siang badannya ga gerah. semuanya dimandikan pada durasi yang ga lebih dari 15 menit.
    Saat bayi mandi kita bisa beri mereka mainan bebek2an atau apapun sambil kita ikut bernyayi atau cerita apa saja ke bayi. bisa juga sambil menjelaskan anggota-anggota badannya berikut fungsinya dan selalu menjelaskan kenapa harus digosok atau dibersihkan, biasanya bayi akan diam dan mendengarkan dengan seksama bahkan sambil senyum geli karena kita menggosok-gosok badannya.
    gitu aja mb nancy semoga bermanfaat.

  9. Dok saya mau tanya, kakak saya mempunyai anak yang baru berumur 4 hari tapi dia mendadak nangis sampai suaranya habis dan tidak mau minum susu ibuny mau pun susu formula, dia bawa kerumah sakit kata pihak rumah sakit anak ini terkene septis penyakit apa itu dok ? terima kasih

  10. anak saya kalo malam pasti berkeringat banyak mpe bajunya basah, dia tidur satu ranjang dg saya dan kami biasa tidur dengan lampu neon 20 watt dg jendela dan pintu tertutup rapat. apa dia berkeringat krn suhu ruangan yg terlalu panas? anak saya berumur 4 bulan. bagus ga sih kalo saya biasakan tidur dg lampu tidur yg redup? mohon sarannya..terimakasih.

  11. hai Mama Bintang, kenalin aku maminya Aurel. Aurel juga umurnya baru 3 bulan, setiap malam dia tidur pasti berkeringat sampai bajunya basah, di kamar kami tadinya lampunya pake lampu neon juga, dan biasanya dia susah tidur karena terlalu terang akhirnya kami memutuskan memakai lampu yang redup untuk tidur biar matanya aurel tidak silau dan badannya tidak terlalu berkeringat.

  12. hai mbak Nancy

    Setahu saya dan menurut dokter anak saya. Bayi itu bisa dimandikan 2 kali sehari pake air hangat dan waktunya juga gak terlalu lama paling lama 15 menit.
    Bayi kan tidak harus lama mandinya karena dia belum bisa main kotor kotoran juga. untuk ide mencuci bayi setiap malam selama 15menit itu dari mana ya, apa gak kasian ya sama babynya pasti kedinginan. apalagi babynya itu suka dibentak, padahal bayi juga kan punya perasaan, bilangin aja mbak nanti ke kakaknya nanti nyesel loh anaknya itu gak deket sama dia padahal masa – masa bayi anak itu gak akan terulang ke dua kalinya. Untuk urusan mengurusi bayi itu di buat enjoy aja yang penting semuanya sesuai dengan tata caranya tidak berlebih.

  13. The above writing was great. I find it very interesting and II will surely forward this to my friends online. Anyway, thanks for sharing this.

  14. I’m really enjoying the theme/design of your site. Do you ever run into any internet browser compatibility issues? A handful of my blog visitors have complained about my blog not working correctly in Explorer but looks great in Chrome. Do you have any recommendations to help fix this problem?

  15. It¡¦s truly a nice and helpful piece of info. I¡¦m satisfied that you shared this helpful info with us. Please keep us up to date like this. Thank you for sharing.

Tinggalkan Balasan

