Ekspresikan Kasih Sayang di Tengah Kesibukan

source : milist

Anak-anak, terutama balita, amat membutuhkan perhatian orangtuanya, coba saja perhatikan, apabila Anda sibuk melakukan sesuatu dan seperti mengabaikan balita Anda, pasti ada saja ulah yang ia lakukan untuk menarik perhatian Anda. Dan, itu biasanya berupa kenakalan atau perbuatan yang menjengkelkan, sehingga biasanya amarah Anda pun terpancing.

Bila rangkaian proses ini selalu berulan, Anda sibuk, anak berulah, Anda marah, lalu kembali ke kesibukan Anda, apa yang mungkin dirasakan oleh anak Anda? Belum lagi jika ucapan-ucapan yang bernada mencap keluar dari mulut Anda, seperti misalnya “dasar anak nakal!”, atau “kamu ini memang tidak bisa dibilangin!”. Ucapan seperti itu, selain tak ada gunanya karena tak akan memperbaiki tingkah laku anak, juga membentuk konsep diri negatif pada diri anak. Anak yang dicap nakal bisa benar-benar menjadi nakal karena ia merasa dirinya anak nakal dan kemudian malah akan bertingkahlaku sesuai dengan “cap” yang ia terima.

Jalan yang terbaik untuk mengatasi ulah balita ini adalah dengan memberi apa yang sedang ia butuhkan. Jika ia bertingkah, hentikan sejenak pekerjaan Anda dan luangkan waktu untuk menunjukkan bahwa Anda memperhatikan dan menyayanginya. Peluklah ia, ajak bicara sebentar, dan katakan secara gamblang bahwa Anda menyayanginya. Lalu, jelaskan kepadanya Anda harus menyelesaikan pekerjaan, dan akan kembali bermain dengannya jika sudah selesai.

6 Tanggapan

  1. aha bener bgt ..si de2k sy tinggal jemur pakaian n masak aj ampun deh jd pemain smackdown di box nya padhal byk mainan yg keras di dalemnya akhirnya sy ngalah sya pangku n sya nyanyi2 berhadap2an eee dia ketawa ngakak walaupun bru 13 bln tpi kyk anak besar aja capernya…

  2. hmmm….bener juga…bayiku 9 bulan, dari umur 2,5 bulan udah aku tinggal kerja.klo aku n suamiku pulang kerjanya telat n dia dah tidur tengah malem dia pasti bangun dan bikin ribut, nangis, teriak2, or nyakar2 mukaku n suamiku yg lagi tidur…setelah kita bangun, kita main2 dan nyanyi2 dulu sama dia baru deh dia mau tidur lagi sambil senyum maniiisss. coba klo ga dilayani dan dipaksa utk ditidurin lagi wuiiihhh mana mau…yg ada malah makin kenceng nangisnya…

  3. Wah, kalau saya menerapkan pola 1 jam bersama anak saya setiap hari sepulang saya kerja. 1 jam itu saya gunakan untuk bermain dan dekat dengan Faiq. Saat Faiq berumur 3bln saya tinggal kerja, sepulangnya saya selalu menyanyikan Faiq dengan lagu2 yang saya bisa, misalnya lagu I LOVE YOU, YOU LOVE ME, WE ARE HAPPY FAMILY, WITH …. sambil saya mengekspresikan kesungguhan rasa sayang saya pada Faiq lewat lagu. Sampai pada saat ini anak saya sudah 14 bulan. Saya merubah kedekatan saya dengan selalu mengajaknya melakukan permainan dengan huruf-huruf. Walaupun saya ga tau, apakah Faiq ngerti atau tidak. Tapi dari keseharian yang saya lakukan bersama Faiq, saya melihat dia amat menyukainya. Dan setiap kali saya pulang, dia pasti sudah selalu menanti saya di depan jendela rumah dengan ditemani si Mba yang menjaganya.

  4. kalo saya selalu berusaha di hari sabtu n minggu, bersama farissa..dari pagi sampe tidur lagi,kalo untuk tipa hari ketika berangkat kerja, saya n ayahnya selalu mencium jidatnya dan melatih mencium tangan kami, walaupun farissa saya masih berumur 2 bulan..

  5. anak saya arsya sepulang saya dari kantor kalo nggak langsung saya ambil dari pangkuan opanya pasti nangis n rewel, jadi ritme hidup saya sepulang kantor langsung menggendong arsya dan mengajaknya bermain dikamar kami, setelah itu dia baru saya susui, tapi tidak hanya itu dia sebelum tidur harus ditimang dan digoyang dulu didekapan saya baru deh dia tidur……..padahal umurnya baru 5 bulan, sesibuk apapun saya bekerja, sabtu minggu adalah hari saya dan arsya setelah senin sampai jumat bersama opanya sepanjang siang, tapi sebelum berangkat kekantor saya selalu memandikannya dan menyusuinya…

  6. klo aku plg kerja echa udah nyambut dgn senyuman termanisnya trs ngajak kekmr sambil narik2 bajuku minta nenen, bnr juga biasanya klo aku udah kelewat gak bisa nhn emosi biasanya aku berenti kerja n marah kedia tapi dia malah ketawa cekikikan apa mukaku lucu kaliyah???
    Thanks tipsnya…

Tinggalkan Balasan

