Mengajari Anak Gosok Gigi

Diskusi di milis bayi kita

Q:dear moms,
mau sharing juga nih, anaku usianya 33 bln tapi saya kesulitan utk mengajari gosok gigi, gimana caranya agar anak tertarik utk gosok gigi, tks?

A1: mba wahyuni,
aku ngajarin anakku gosok gigi sejak giginya tumbuh 4 biji. memang awal2nya susah diajarin, kadang sampai nangis kejer.
tp terus dikasi tau klo ngga gosok gigi bisa rusak dan harus diobatin ke dokter gigi. dia jg nonton film finding nemo dan ada scene di dokter gigi. dia takut dan ga mau ke dokter gigi. makanya kalau pas waktunya sikat gigi (mandi pagi, mandi sore dan mau tidur) akhirnya kita blg kalo ga mau sikat gigi nanti dibawa ke dokter yg kayak di film nemo. lama2 dia mau…

aku ngajarin sekitar 3 bulan lebih baru dia mau disikatin giginya. kalau dia lagi nangis kejer banget kadang aku stop karena kasian. tp terus aku coba.. skrg siy udah mau buka mulut sendiri dan mau disikatin. anakku sukanya sama spongebob. kebetulan aku dapet sikat gigi spongebob yg bisa nyala2. itu jg membantu bikin dia mau sikat gigi..

mudah2an membantu..

A2:Anak saya dari belum umur 1 tahun sudah dibiasakan gosok gigi, apalagi dia sering melihat kakak dan orang tuanya menyikat gigi. Belikan sikat yang lembut sesuai usia, biasanya merk Oral B ada tertulis untuk usia berapanya. Dan sekarang ini saya suka bilang : gigi nya disikat supaya semut di gigi bersih karena semut suka makan sisa makanan. Anak saya sekarang 2 tahun sudah mengerti dan sudah bisa berkumur dan buang (kumur pakai air matang dan odol untuk Balita

Q: dear moms n dads…
mo tanya nih… baby-ku nadine (2,1 thn) kan udah seneng sikat gigi…
cuma waktu harus kumur2, dia blm bisa buang keluar, pasti ditelen (aku
pake air matang)..
yg aku mo tanyain… bahaya ga ya? hbs aku dah blng “dibuang ya de,
dibuang begini caranya (aku dah ksh contohnya, cuma ttp aja ditelen.)
pls sharingnya ya… coz dia bisa 3 kali sehari sikat gigi (mandi pagi,
mandi sore, jelang tidur malam).
thanks b4.

A: sabar aja ya bu. mungkin nanti lama kelamaan anak ibu akan ngerti dengan
sendirinya. dulu anaku juga seperti itu kok saat menggosok gigi airnya
malah ditelan tapi sekarang sudah bisa membuang air bekas kumur. (tapi
tetap aja masih khawatir jadi masih pakai air matang deh
kumurnya.he.he.he):-) itu semua karena dia kalau mandi suka bareng
tantenya yang berumur 4 tahun jadi saat gosok gigi dia melihat tantenya
jadi suka ditiru deh ma dia cara gosok gigi ma kumurnya. maaf lo bu kalo
ga berkenan.

9 Tanggapan

  1. dear mom saya stress niy de2k 13bulan giginya udh banyak tiap di sikat nangis jadi sekarang cuma pake kain halus n air anget aja di gosok2 di gi2nya..nangisnya itu yg saya ga tahan teriak teriak padahal ga diapa2in..gimana ya sy takut gi2nya rusak soalnya blm pernah pake odol sm sekali..

  2. anak saya umur 9 bulan, sudah tumbuh gigi sejak umur 4,5 bln. skrg giginya ada 8 buah, sudah diajarin gosok gigi sejak umur 7 bulan, pakai sikat gigi karet, dan dia sangat antusias, kalau mandi dia sudah pegang sikat gigi sambil meringis nunjukin giginya. permasalahannya sekarang, dia tumbuh gigi terlalu dini dibanding anak sebayanya, dan sekarang gigi depan agak geripis dan kekuningan. apakah ada kaitannya dengan saya yang suka merokok?….
    atau ibunya yang waktu mengandung banyak diberi vitamin oleh dokter kandungan??
    mohon pencerahannya… terimakasih.

  3. Kalo anakku Aqsha 15bln, baru mo tumbuh geraham, ud boleh gosok gigi apa di lap pake kain kasa aja ya, soalnya mulutnya udah mulai bau, makannya udah gak babyfood banget

  4. Bayi saya umurnya 9 bulan, belum tumbuh gigi. Tapi herannya mulutnya agak berbau, tidak seperti bau mulut bayi kebanyakan. Apakah hal ini normal? Apakah mungkin bayi saya mengidap sakit pencernaan? Jika ingin periksa ke dokter apakah cukup periksa ke dokter anak atau harus dokter spesialis tertentu? Mohon bantuan dan sarannya. Terima kasih.

  5. Somehow i missed the point. Probably lost in translation🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Ablutions!

  6. […] terutama bagi orang tua yang mempunyai anak kecil seperti saya. Tentang pendekatan pola asuh dan pendidikan anak. Artikel yang sangat mengena sekali, secara saya sebagaimana mungkin kita-kita yang lain dulu juga […]

  7. Babykoe dah 13 bln nich. Udah mau gosok gigi tapi masalahnya kalo lagi sikat gigi odolnya ditelan, bahayakah?..gimana cara atasinya donk ?

  8. anakku 14 bulan susah banget nyikat giginya, nunjukkin giginya aja malas bgt, gimana ya supaya anakku mau sikat gigit.

  9. saya berumur 21thn. saya punya adik berumur 5 thn. dia anak perempuan yang aktif. dia minta ampun susahnya untuk disuruh sikat gigi. bisa sikatin gigi dia 2 minggu sekali aja sudah syukur. awalnya kami (saya dan keluarga) coba dengan cara ganti2 sikat gigi untuk anak dengan bentuk yang menarik, begitu juga dengan odol yg beraneka rasa. tapi sama sekali dia tidak mau sikat gigi. baru dibilang “adek sikat giginya ya” dia langsung spontan jawab “sikat giginya disimpan aja ya” dan otomatis lari..
    sampai terpaksanya dia harus benar2 dipegangi untuk disikati giginya. dengan terpaksa kami pun harus menahan gerakan yang berontak bukan main (diikuti tangisnya).
    tapi seusai berhasil menyikati giginya, dia sudah bisa berkumur dengan baik. tapi untuk soal menyikat giginya kami sudah kehabisan akal untuk mengajak dia sikat gigi tanpa harus memaksanya..
    minta sarannya ya para ibu sekalian… terima kasih sebelumnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: