Bila Anak Mogok Makan

 Tulisan singkat dari mbak maria sugioni di blognya mariasugiono.wordpress.com

Tidak hanya orang dewasa saja yang melakukan aksi mogok makan, terkadang si kecilpun melakukannya juga. Bila hal ini terjadi pada anak anda, jangan panik terlebih dahulu tapi carilah penyebabnya. Mungkin anak sakit sehingga nafsu makannya jadi berkurang. Bila ternyata anak anda dalam keadaan sehat ada beberapa hal yang ibu coba usahakan agar nafsu makan anak kembali, seperti :

  • Menciptakan suasana makan yang nyaman
  • Menjelaskan manfaat dari makan itu sendiri, tentunya dengan bahasa yang sederhana.
  • Saat jam makan hindarilah aktivitas lain yang lebih menarik seperti nonton TV atau bermain.
  • Sajikan menu masakan yang bervariasi agar si kecil tidak bosan.
  • Jangan pernah mengancam anak untuk makan karena ini akan mempengaruhi perkembangan psikologi anak.
  • Tetap tenang agar ibu bisa berpikir jernih.

 

Setiap anak adalah pribadi yang unik karena itu masalah mogok makan harus diatasi per individu tidak bisa disamaratakan.

26 Tanggapan

  1. jika anakku susah makan aku siasati dgn minum susu dulu baru dia mau makan tp aku memberikan susu yg tdk mengandung added sugar

  2. saya selalu mencoba memberkan variasi makanan tp makanan yg sehat ataupun susu tp ga ada added sugarnya

  3. emang apa sie susu yg no adeed sugar ?

  4. ada yg saranin klo anak ga mau makan ya udah biarin, ntar klo da laper juga minta makan, ga tega ah…klo ortu sih klo anak susah makan jejelin susuuuuu aja, gggrrr bikin sebel. Aku takut aja anakku obesitas, abis walau susah makan badannya gemuk aja tuh, apa karna susunya kuat yah??

  5. ih hati2 loh mom klo anaknya gendut karna susu, bisa obesitas loh klo susunya ternyata banyak zat gula tambahannya, pake susu yg no added sugar aja. Klo buat anakku sih aku pake anmum essential, soalnya anakku juga kuat nyusunya

  6. Bener bgt moms, harus hati2 klo pilih susu, jangan sampai maunya kita anak sehat, dikasih susu biar ada tambahan kalsium eh malah jadi sebabkan anak obesitas gara2 susu yg diminumnya mengandung zat gula tambahan.

  7. waduh bunda…jangan2 anaknya gemuk karena susunya ada gula tambahan tuh.
    Coba deh ganti susunya sama yang gak ada gula tambahan…
    seperti anmum essential…jadi kan gak perlu khawatir kelebihan gula yang menyebabkan obesitas

  8. anakku dulu suka mogok makan karena perutnya sudah terlalu kenyang oleh susu yg terlalu manis….dan ternyata mengandung gula tambahan pula….tapi sejak kuganti sama susu yg ga pake gula tambahan dan sering kuajak bergerak, napsu makannya membaik

  9. dulu asumsiku melihat anak gendut itu luu dan menyenangkan tapi setelah tau klo kegemukan itu bisa obesitas, aku jadi ngerti dan ga mau lagi kasi susu yg manis…..susu yg ga pake gula tambahan pun rasanya juga enak bervariasi dan manisnya wajar krn dr gula alami susu

  10. klo mogok makan kynya uda umum banget buat anak kecil ya….banyak bgt faktor penyebabnya apalagi klo giginya mau tumbuh atau kekenyangan minum susu bisa juga….apalagi susu yg kelewat manis…..uda pasti mereka ga mau makan makanan spt nasi apalagi sayur….sekarang anakku aku kasi susu yg pake gula tambahan selain ga mau anakku obesitas menjaga sejak dini agar ga kena diabetes pula

  11. kalo anakk mogok makan usahain dong bikin makanan kesukaannya, atau gpp dehh d ganti susu formula tp yg pasti jgn yg ada added sugarnya

  12. anakku susah bgt makannya, ya itu suka bgt mogok makan, tapi dia suka bgt mnm susunya, untungnya susunya no added ugar jd aku ga takut dia kebanyakan konsumsi gula

  13. anak susah makan emang bikin bingung dan khawatir yah, tapi kayaknya lebih bisa diakalin deh daripada anak yg nafsu makannya berlebih bisa obesitas. anakku termasuk yg nafsu makannya berlebih soalnya, malah susah menekan hasrat ngemilnya, makanya susu formulanya aja sih yg aku ganti ke anmum essential tanpa gula tambahan, jadi ngurangin konsumsi gula deh dikit2 takut obess..

  14. iya bun, skrg makanan anak2 rata2 mengandung added sugar, kan kalo berlebihan gula itu bisa jadi musuh loh.. bawa penyakit macem2..

  15. mommy musti pinter2 yah pilih2 menu buat makan anak.. biar anak ga bosen sm makanan nya dan semangat untuk mkn,kl sampe mogok makan repot juga yahhh… untungnya anakku ga susah dan suka g mnm susu anmumnya yg no added sugar lega bgt

  16. bener bunda, anmum essential keluarin produk bagus deh buat anak Indonesia yg jajanannya manis2 mulu..bayangin aja klo orangtua kena diabetes sakitnya ky apa, gimana anak2 balita coba? kasian kan?

  17. Anak saya memang kadang-kadang mogok makan. Untuk menjaga kecukupan asupan gizinya saya selalu memberi susu, tetapi yang tidak mengandung added sugar, dan memang benarsusu formula anmum cukup baik bagi anak-anak

  18. Saya sudah coba dan sekarang terus pakai Anmum Essential, bagus kok, dan saya gak khawatir anak saya kelak obesitas. Jadi kalau anak saya suka mogok makan, susunya saya perbanyak

  19. Kalau anak saya mogok makan, biasanya saya bikinkan lauk dari telur denga berbagai variasi dan tidak lupa memberi tambahan asupan susu dan untuk ini saya memang memilih susu tanpa added sugar dan pilihan itu akhirnya jatuh ke anmum Essential

  20. anak saya malah kebalikan dari mogok makan. kalau saya cegah dia ngambek dan nangis jadi gak tega deh. Untuk mengimbangi gizinya susu tetap saya berikan, tetapi yang tidak ada added sugarnya, makanya saya pilih Anmum Essential

  21. kalau anak saya lagi mogok makan, biasanya dia masih mau minum susu.. tapi saya berikan anak saya susu yg tanpa gula tambahan,karena saya tau kalau gula tambahan itu bisa memberikan efek yg kurang baik bagi gigi anak dan juga beresiko obesitas dan diabetes..

  22. anak ku suka mogok makan nasi..tapi dia masih mau makan sereal+susu, atau roti+susu..dan karena di roti maupun sereal biasanya sudah mengandung gula,maka susunya aku kasi yg tanpa gula tambahan..biar gak sampai konsumsi gula berlebih..

  23. untungnya anakku pintar minum susunya..😀
    malahan “rakus” he2..😛

  24. wah.. anaknya “rakus” susu yah?
    kalau boleh tau..minum susu apa?
    jangan sampe karna kesenangan anak minum susunya pintar.. jadi malah over loh minum susunya…

  25. minum sufor nya alhamdulilah yang zat kimianya nol koq..😀
    baru ngeluarin produk baru..😀
    jadi untungnya gak khawatir soal obesitas…😀

  26. jangan biasakan anak nyemil makanan/minuman yg mengandung gula tambahan..karena gula tambahan bisa menimbulkan efek kenyang palsu..jadi bisa mengurangi nafsu makan anak..
    kalau anak belum ingin makan,lebih baik berikan susu yg tanpa gula tambahan..agar anak tetap terpenuhi gizinya tanpa takut beresiko obesitas..

Tinggalkan Balasan

