Manfaat tidur siang bagi bayi

Tidur siang di kelas pada saat guru mengajar jelas bukan ide yang bagus,tapi untuk bayi,tidur siang dapat memertajam kamampuan mereka untuk belajar.Para peneliti di University of Arizona malaporkan bahwa bayi yang tidur siang menunjukan level belajar abstraksi yang lebih tinggi.

Ahli Psikologi Rebecca Gomez,Richard Bootzin dan Lynn Nadel memutar rekaman dari bahasa artisial kepada 48 bayi berusia 15 bulan,mengulangi frase-frase seperti ”pel wadim jic” hingga bayi-bayi familiar dengan frase tersebut.tiap frase mengandung 3 unit,dengan unit pertama dan terahkir membentuk hubungan,seperti ”pel” selalu di akhiri dengan ”jic”.

Kemudian,para ahli menguji kemampuan bayi mempelajari bahasa yang tidak bermakna tersebut.beberapa bayi tidur siang dengan teratur,dan yang lainya tidak tidur siang scara teratur.semua bayi mendengarkan rekaman tersebut lagi,tapi kali ini dengan frase baru yang di tambahkan pada hubungan unit yang baru.dengan mengamati pandangan bayi saat mendengar dengan seksama,para peneliti menilai tingkat perhatian,dan tingkat pembelajaran bayi.

bayi yang tidak tidur siang dengan teratur mengenal frase yang mereka pelajari sebelumnya,tetapi bayi yang tidur siang dengan teratur menunjukan pengetahuan dan antisipasi terhadap hubungan unit prediktif,bahkan ketika baru mendengar  suatu frase.

Jadi kesimpulanya jangan ganggu bayi anda saat dia tidur siang.

Satu Tanggapan

  1. bayi saya umur 2.5 bulan…sejak saya tinggal kerja …tidur siangnya sangat panjang dibanding tidur malamnya ….apakah itu baik untuk dia????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: