Susah Mencerna Makanan

Anak saya umur 20 bulan, saat umur 14 bulan tidak mau menyusu, sekarang minumnya susu kaleng. Perkembangan berat badannya sangat sedikit, dalam 1 bulan kadang naik 100-200 gram, kadang turun.Sekarang berat badannya 9,2 Kg. Setiap dia buang air besar, yang keluar apa yang dimakannya (utuh). misal dia abis makan bayam, yang keluar saat buang air ya daun bayam, dia makan jagung yang keluar butiran jagung dan lain sebagainya. Sehari dia BAB antara 3 sampai 6 kali. Kondisinya sehat, agresif dan sangat aktif. Yang saya tanyakan makanan apa yang sebaiknya saya berikan kepada anak saya tersebut? Bagaimana cara mengatasi permasalahan anak saya tersebut? Demikian pertanyaan saya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih. SARYADI, 32 tahun
Jawaban :

Halo Pak Saryadi, sebetulnya membaca surat Bapak, kami jadi agak khawatir, karena sepertinya system pencernaan anak Anda tidak mampu mencerna makanan secara sempurna, akibatnya apa yang ia makan akan keluar lagi dalam bentuk utuh. Kondisi ini jika dibiarkan terus menerus akan berbahaya, karena jika makanan tidak tercerna, artinya nutrisi dalam makanan juga tidak terserap dengan sempurna, akibatnya hampir tidak ada zat gizi yang masuk ke tubuh anak Anda, terbukti dengan kurangnya perkembangan berat badan anak Anda.

Pak Saryadi, proses pencernaan makanan kita sebetulnya dimulai dari mulut, yaitu proses mengunyah. Jika yang menjadi kendala pada anak Anda adalah sulitnya mengunyah makanan (dari cerita Anda bahwa kadang keluar butiran jagung dari fesesnya), ada baiknya anak Anda diberi makanan yang lebih lembut. Cobalah memproses atau memblender sayuran, serta mengganti nasi dengan bubur buatan sendiri. Karena jika tidak dikunyah, makanan akan masuk dalam potongan-potongan besar yang sulit diproses lebih lanjut di lambung dan usus halusnya. Selain itu tambahkan telur rebus yang dihancurkan pada campuran bubur untuk menambah asupan protein dan lemak. Proses ini mungkin akan berjalan agak lama untuk membiasakan anak Anda mencerna makanan dengan baik, namun dengan kesabaran dan ketekunan insya Allah bisa membantu. Untuk susu kaleng, cobalah untuk memberikan susu kaleng yang dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang bisa membantu pencernaannya dan juga untuk otaknya.

Cobalah berkonsultasi langsung ke dokter anak untuk memeriksakan kesehatan pencernaannya, karena pada usia di atas satu tahun, umumnya buang airnya sudah normal, setidaknya satu atau dua kali sehari, dan di atas 2 kali sehari bisa dikategorikan diare, yang artinya ada gangguan pada saluran perncernaannya. Jika ada infeksi atau gangguan pada saluran pencernaan, sangatlah mungkin hal tersebut yang mengganggu proses pencernaan dalam tubuh anak Anda tidak bisa berjalan normal. Yang terpenting dari semuanya, jagalah kebersihan dan sanitasi di rumah dan juga lingkungan tempatnya bermain agar tidak sembarang kuman bisa masuk ke dalam tubuhnya.

Semoga jawaban kami bisa membantu Anda, salam dari Mediasehat!

27 Tanggapan

  1. kalo anak saya susah banget dilatih masukin makanan ke mulut, paling berakhir diremas-remas sampai hancur, usia 15 bulan. bagaimana melatihnya yang baik ya? trim

    diulas juga donk urutan mendidik anak, saya pernah baca juga beberapa pendidikan anak di situs http://www.sisehatcerdas.blogspot.com

  2. cellullar nutrition is one of the solution

  3. sebaiknya anak sudah diperkenalkan aneka tekstur dan rasa makanan sejak usia 6 bulan, tapi dengan cara yang tepatm supaya nantinya ketika semakin besar tidak bermasalah dengan makanan dan pencernaan.

    informasi lengkap tentang hal ini bisa dilihat di http://www.menuanak.com/?id=makanansehat

    smoga bermanfaat

  4. saya ibu dari deva 12 bln mau meminta saran bayiku blm bsa du2k ,sy sgt khawatir gmn pnyelesaiannya ya???????? mhn srnx…

  5. anak saya sudah 2.5 tahun tp berat badannya hanya 12 kg.
    tlg bantu saran yach..
    trima kasih

  6. kalo anak sya kadang susah makan saya nerikan susu saja krn dia sdh lepas asi umur 1 thn…tp susu nya yg no added sugar krn kl terlalu manis jg terlalu bagus buat anak anak

  7. emang ada ya mba susu yg no added sugar khan rata rata susu manis rasanya

  8. katanya sie ada deh ..kl ga salah anmum saya baru coba nie mau ngecek bener apa ga….

  9. kalo susu yg no added sugar itu rendah gula kan ya? bukan berarti tanpa gula juga…

  10. susu anmum essential tanpa gula tambahan itu bener loh. tapi bukan berarti gak ada gula yah. dula alami yang memang dari susunya sih ada..tapi gak ditambah2in gula lagi.
    kan tubuh manusia juga butuh gula supaya gak lemes..tapi jangan kebanyakan.

  11. iyah, susu anmum essential masih ada gulanya, tapi gula alami bawaan susu. tidak ditambahkan gula lagi. jadinya bagus banget buat dikonsumsi 3-4 kali sehari. toh gak akan membuat gemuk. apalagi anakku sangat aktif bergerak

  12. anak saya suka susu anmum essentialnya. selama ini dy selalu mencari susu yang manis..tapi sejak diberikan susu, anak saya gak pernah komplain.malah dy suka, katanya susunya enak…
    saya sebagai orang tua senang banget tentunya, soalnya kan susu anum gak ada gula tambahannya

  13. Anakku juga 2,5 thn beratnya masih 11,5kg, emang ga normal yah berat segt? Selama ini sih aku santai2 aja , toh anakku sehat, aktif, jarang sakit, jd ga ada yg perlu dikwatirin. Pernah disaranin ma dokter sih untuk minum susu berkalori tinggi, tp aku ga cocok ma pendapatnya, karna susu yg direkomnedasikan pas aku cek gulanya lebih tinggi dr susu2 lainnya. Yah aku ga mau aja demi menggemukkan anak, harus konsumsi susu berkadar gula tinggi.

  14. Selama ini sih aku selalu cari susu yg ga manis, aku pilih yg plan, aku pakai susu lagto***, tp ternyata setelah ada an*** essential aku bandingin masih kalah loh, klo lagto*** gulanya 2gram, klo an*** essential benar2 0 gram loh.

  15. Aku juga pakai anmum essential sih sejak banyak berita yg bilang anak kecil banyak yg obesitas, anakku sekarang ini bbnya masih normal cuma takautnya ntar klo da gedean, da bisa jajan ini itu.

  16. iya bun bener, anakku juga susunya aku ganti pake anmum essential , untuk mengurangi resiko obesitas pada anak..karena kalau anak sudah diluar rumah terus terpengaruh sama temen2nya untuk jajan kan susah jg ngontrolnya.

  17. nah kalau soal jajan bun, bisa diakali dengan membawakan bekel untuk si anak kesekolah bun, supaya mereka ga jajan sembarangan yang penting sih kita bisa ngasih pengertian ke mereka kalau jajan sembarangan itu ga baik dan ga sehat.

  18. jangan dibiasain deh anak jajan sembarangan soalnya sekarang udah banyak bgd contoh anak yang sakit ini itu karena pola makan yang ga teratur, jadi sebisa mungkin kita mencegah dan meminimalisir anak untuk makan yg bnyk kndgan added sugarnya bun..

  19. sebenernya paling baik itu ASI..
    tapi kalau memang sudah tidak bisa memberikan ASI, harus dikasih susu formula yang memang paling baik untuk si kecil…
    cari yang kandungan gizi dan nutrisinya paling pas untuk si kecil…

  20. mungkin ada masalah dengan pencernaan atau dengan sufornya kali bun?
    coba deh kedokter dan cari sufor yang paling cocok dengan anaknya bun..🙂

  21. anakku juga tuh bun dulu..
    kalau anakku mencret2 gitu..
    pas diperiksa kedokter katanya gak cocok sama sufornya..
    kurang bagus dan gak cocok gt deh sufornya..
    trakir sih nyobain 1 produk..
    dan sampai skarang so far so good..
    dan pernah baca dimana gt.. katanya 1 produk ini ngeluarin produk yang gak ada gula tambahannya…

  22. kalo anak2 smp mencret gt mgkn ga cocok kali yah sm sufornya??untungnya anakku pke anmum cocok2 aa ga pernah ada masalah tuuu

  23. bahaya juga bunda… mgkn dari makanan juga bisa yah atau dari sufrnya….jgn d biarkan bisa jadi anak alergy atau apa.. mgkn juga terlalu manis kali yahh sufornya….

  24. kok bisa gitu yah mom.. mgkn pencernaannya ada masalah kali yahhh. kl dulu nakku gara2 ga cocok susu akhirnya ganti dgn anmum essenial ga ada masalah lagi smp sekarang

  25. anakku pernah kaya gitu tapi ya sekali2 doank..biasanya ada makanan/minuman yg kurang cocok sama pencernaannya..
    bisa dicoba dengan cara makanan di blender atau di berikan susu yg tanpa pemanis tambahan..semoga pencernaannya bisa lebih sehat kembali..

  26. saat pencernaan anak kurang baik, dokter anak menyarankan saya agar mengencerkan susunya..tapi setelah susu anak ku diganti ke anmum essential, alhamdulillah pencernaan nya tidak pernah bermasalah lagi.. mungkin karena anmum tidak ada gula tambahannya ya..

  27. memilih makanan bayi yang aman dan sehat untuk bayi anda bisa dibaca artikel ini makanan bayi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: