Berat Badan Bayi Kurang

Penybab berat badan bayi tidak kunjung datang ada bermacam, macam. Artikel yang di ambil dari http://arsipbayi.blogspot.com/2006/10/berat-badan-baby.html mudah-mudahan dapat membantu mama-mama sekalian:

—————-//

ACUAN KURUS

Normalnya, berat badan (BB) bayi baru lahir harus mencapai 2.500 gram. Tidak terlalu besar, juga tak kelewat kecil. Sebab kalau terlalu kecil, dikhawatirkan organ tubuhnya tak dapat tumbuh sempurna sehingga dapat membahayakan sang bayi sendiri. Sebaliknya, terlalu besar juga ditakutkan sulit lahir dengan jalan normal dan mesti lewat operasi sesar.

Nah, pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan. Baca Lebih Lanjut berat badan bayi

144 Tanggapan

  1. anak perempuanku Aqila 8 bln sekarang beratnya 8,5 kg kalo makan pasti sambil nangis… kalo dipaksa masuk makannya ya dia makan ga dimuntahi.. tapi liat sendok udah ..dech badannya muter-muter nangis ga mau makan..kadang kepikiran juga sih kalo dipaksa makan takutnya trauma.. tapi masak ga makan sama sekali.. susunya juga ngirit banget..bayangin aja bu 400 gr EnfaPro A+ bisa 10 Hari.. padahal saya kerja.takut kurang gizi tapi kalo dipaksa makan takut trauma.. gimana dong bu…

  2. Anak perempuan saya “Nashwa” sekarang berusia 7 bulan, tapi beratnya hanya 5,7 Kg. Pada usia 4 bulan anak saya menjalani oiperasi ligasi PDA di RS. Pusat Jantung Harapan Kita. Sekarang saya dipusingkan dengan gejala flek pada paru-parunya. Setiap malam kepalanya berkeringat, padahal tidur di tempat ber-AC. Batuk-batuk dan saking kerasnya, sampai muntah. Dulu sebelum operasi, malas minum dam makan, setelah operasi jantung dan divonis normal makan dan minumnya kuat. Tapi karena batuknya ini, berat badannya lambat naiknya, hanya 4 ons per bulannya. Sebagai informasi dia minum susu 6 botol perhari (150ml, 120ml), makan 3 kali sekari, jam 07.00, jam 12.00, dan jam 17.00. Kemana makanan itu?

    • anak saya pada umur 2 hari kelahiran telah dinyatakan ada masalah di jantung yaitu ASD dan PDA. Kemudian pada umur 17 hari anak saya di operasi ligasi PDA, saat ini pertumbuhan memang agak lambat padahal minum susu nya juga kencang banget. BB lahir 2,5 kg kemudian pasca operasi sempat 2.1 dan setelah 2 bulan kelahiran hanya naik 600 gr. jadi saat ini BB sekitar 2.7 dg umur 2 bulan.

  3. anak perempuan saya queency azizah 11 bulan beratnya hanya 8.6 kg saya selalu meberi makanan yng bergizi mulai dari sayuran ataupun lauknya.pada waktu umur 6 bulan queency di tes mantoux dan hasilnya positif dan sampai sekarang sedang menjalani terapi flek.pada umur 4 bulan queency tidak lagi diberi ASi dari semua merk susu sudah saya coba tapi queency tetap tidak mau andaikan mau itu juga harus sedang tidak sadar ( dalam keadaan tidur ) setiap harinya 12o cc 4x itupun siang hari 2x lalu malam hari 2x .apa yang harus saya lakukan ?? pertumbuhannya pun agak sedikit telat tumbuh gigi pertama pada umur 10 bulan.

    • Hallo ibu quency, turut prihatin ttg flek paru quency. Menurut teman2 saya y pengalaman dgn flek, stlh flek hilang, berat badan baru akan naik cepat. Pengobatan flek nya ini mmg agak ribet ya..musti minum obat ga boleh putus sekali pun, selama sekian bulan.

      Tapi.. menurut saya 11 bulan berat 8.6 bayi perempuan itu bagus. Kalau tdk salah quency berada pada 10-25 persentil di grafik pertumbuhan. Paling ideal 50 persentil, tp ini grafik orang bule y bikin, pakai standar bayi bule. Untuk bayi indonesia, quency tdk kurus/krg gizi. Setahu saya.

      Anak saya 11 bulan, 8.6 kg, laki2 dan baru numbuh gigi usia 10 bulan. Skrg baru 2 giginya. Mungkin krn makanannya krg Kasar. Alhamdulillah sdh minta dititah kemana2, sdh senang main dgn teman2nya. Belum bisa bilang ibu, tapi ngoceh nya makin banyak.

      Saran saya, ibu tdk usah terlalu khawatir ttg berat badan quency saat ini tkecuali jika beratnya tdk naik sama sekali selama 3 bulan berturut2). Yang penting dia sehat. Kalau ada flek, sgera diobati. Krn batuk itu nyebelin bgt kan, mengurangi kualitas hidup. Yang harusnya bisa happy happy sama keluarga jd bete krn batuk2 terus.

      Good luck ya ibu. Insyaallah quency akan tumbuh sehat sempurna pada waktunya nanti. Amin

  4. bayi saya 4 bulan. beratnya cuma 5.4 kg itu cuma naik 2gr dlm kurun waktu sebulan. sedangakan tingginya 62 atau naik 1 cm .pdhl waktu lahir beratnya 3,2 dengan panjang 50 cm. sepertinya ndak ada keluhan penyakit. bahkan geraknya cenderung aktif. exp sydah bisa tengkurap pd usia 2bln. selama ini msh asi eksklusif. tapi memang sejak lahir agak malas minum.bahkan sempat menguning. apa yang bisa dilkakukan untuk menormalkan berat badsn dan menambh nafsu minum asi-nya??? terimaksih

    • anak saya juga mengalami masalah yang sama bu.sulit sekali naik berat badannya.usia 4 bulan BBnya 5,4kg tapi ibu saya menguatkan saya,bahwa perkembangan anak memang beda.tidak bisa disamakan.nanti kalau sudah besar insyaalloh akan baik.semakin anak dibanding2kan,makin tidak tenang perasaan ibu,akan menganggu pula psikologis anak.Sekarang saya berusaha dan telaten saja menghadapi anak saya.Saya sudah bersyukur anak saya lahir normal lengkap, itu anugrah buat saya

      • Bnr bu anak sy jg 4 bln 5,4 kg beratny,, krn pd saat lahir hanya 2000 gram atw 2 kg cukup umur itu jg,,positif aj skrg yg pnting ank sehat, lincah Dan g sakit. Gendut blm tentu sehat bu 🙂

      • Sama nch anak saya juga 4 blan cma 5.4 tapi dia aktf bgt tengkurapnya juga udah nsa muter gitu, skrg perkembangan bayi ibu gmna??

  5. anak saya nak masuk 9bln,masa lahir berat dia 3.07kg sekarang berat dia hanya 6.7kg.berat dia tak berapa naik berbanding masa 5bln 6.2kg sedangkan makan memang berselera cuma ttdur nya kurang diwaktu siang.bagaimana caranya saya nak bagi naik berat badan dia

    • Hi Azlya,

      kita mempunyai masalah yg sama..ank saya sekarang pun 9bulan berat bdn cuma 6.8kg..waktu lahir 3.1kg..apa patut kita lakukan..mkn pun berselera..ank sya minum susu frisolac n susu badan…adakah pasal susu???sapa yang mempunyai cara utk menaikkan berat bdn sila email kepada saya..
      terima kasih..

      • sama ibu,anak saya jg skr 9 bln.sebentar lg mau 10bln,tp berat badanya cuma 6.8kg,,tp memang sih waktu lahir jg cma 2.7kg,dan baru 8bln lbh udah lahir..saya jg hawatir bgt,BB nya kecil,dikasih susu formula tu ga mau..gimana ya caranya supaya anak saya bsa lbh gemuk sdikit???thanks

      • Anak saya Mazaya, bb lahir 2.8kg tb 47cm.
        sekarang usianya sudah hampir 10 bulan dan beratnya hnya 7kg. dia makan apa saja mau, tapi untuk susu formula, dia tidak suka. saya sudah coba dari yang mahal-murah, tetap dia tidak suka.
        mohon kasih petunjuk ke saya, agar bb anak saya bisa naik sesuai dengan bb seumurannya. dia juga hampir sering terkena pilek.

      • Ibu hanya share aja keberhasilan saya kemarin hehehhe

        Anakku bilal umur 9 bulan kemarin timbang 8 kg ,dia banyak makan bgt dan suka ngemil . Aku heran knapa yah gak naik naik bb nya dari bulan kemarin ,tapu dia aktif bgt

        Trus aku browsing ternyata banyak makan tidak menjamin anak bb naik kalau kandungan din makanannya tidak lengkap . Dan diharapkan tidak memakai bubur instan ,karna aku pakai bubur instan bb cuman naik dikit hiks

        Trus aku coba sesuai anjuran dokter Anak di internet ,tiap hari aku masak sendiri buburnya

        Isinya harus ada sayur ,daging /ayam/telur (sumber protein),nasi ,sedikit keju dan minyak evoo

        Aku coba rutin setiaP hari 3 kali sehari Aku masakin itu
        Alhamdulillah jarak 1 minggu dari timbang aku beli timbangan sendiri jadi 8,5 kg .dan 10 bulan sekarang jadi 9 kg

        Monggo ibu ibu di coba ,siapa tau gizi seimvang jadi cepet naik bb nya

        Oinyah ,minyak evoo bisa di ganti margarin sedikit saja yah

    • anak saya lahir 2,6 kg sekarang berat 8.2 kg usia 10 bulan, dia senang ngemil dan makan juga gampang tapi berat badan susah banget naik. Sering batuk pilek. gimana cara menaikkan berat badan dan mengatasi sering sakit?

    • sama ceritanya dg anakku, gmn ya caranya agar berat badan anak kita bisa bertambah dg baik…?

    • Hi…
      Saya punya masalah yg sama anak saya umur 10 bln beratnya cuma 7 kg. Waktu lahir beratnya 2,65. Anak saya makannya banyak, minum sufornya juga kuat. Tapi berat badannya gak naik2. Kalau ada yg sudah punya solusi menaikkan berat badan anak, tolong email saya yach

      • anak q 11 bln brat bdn cm 7,3 dia gak mau minum susu formula sm sekali tpi msi asi dan itupun asi sy sdh mlai gk lancar.gigi nyapun bru tmbuh 1.tlng ya britau sy cra menambah brat bdn anak sy.trimakasi

      • sama ko bun. anak saya 9 bulan berat cuma 6.9 kg aja. padahal masih asi juga makannya banyak. tapi setiap ke klinik selalu aja anak saya di bilang keterlambatan, kadang sedih juga. gimana caranya agar anak cepat naik berat badannya 😦

  6. anak saya 19 bulan BB nya cuma 10 kg, makan gampang, ngemil gampang tapi g mau minum susu formula. gimana y solusinya???

  7. Anak saya usia baru berusia 1 tahun, BBnya hanya 8.6 kg. Makan bubur instan, tidak mau makan bubur saring, masih minum asi tapi frekwensinya sudah kurang (1 hari kurang lebih 5 kali). Sudah saya coba dengan menambahkan susu formula, tapi anak saya hanya minum sedikit saja (60 ml). Yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah bayi usia 1 tahun baik makan bubur saring atau bubur instan??
    2. Bagaimana cara mengolah makanan bayi agar vitaminnya atau kandungan nutrisinya tidak hilang (misal: wortel)
    3. Apakah BB anak saya masih tergolong normal??
    4. Anak saya suka ngemil, apakah itu baik untuk anak seusianya??

    • para bunda cobk liat tabel d bwh ya,,,apa bila tidk sesuai bs konsul k dokter,,,positif tingking,,,,

      Standart Tinggi dan Berat Badan Balita
      Usia & Jenis Kelamin Tinggi (cm) Berat (kg)

      Laki-laki Tinggi (cm) Berat (kg)
      3 bulan 61.1 6.0
      6 bulan 67.8 7.8
      9 bulan 72.3 9.2
      12 bulan 76.1 10.2
      18 bulan 82.4 11.5
      24 bulan 87.6 12.6
      30 bulan 92.3 13.7
      36 bulan 96.5 14.7
      Perempuan
      3 bulan 58.5 5.4
      6 bulan 65.9 7.2
      9 bulan 70.4 8.6
      12 bulan 74.7 9.5
      18 bulan 80.9 10.8
      24 bulan 86.5 11.9
      30 bulan 91.3 12.9
      36 bulan 95.6 13.9

  8. Anak saya baru berusia 6 bulan dan dia didiagnosa dokter terkena flek paru, berat badannya sekitar 6,4kg dan dia sekarang dianjurkan dokter untuk meminum obat selama 6 bulan & fisioterapi yang ingin saya tanyakan :
    1 apakah anak saya bisa sembuh total dan apakah setelah sembuh sewaktu2 bisa terserang kembali?
    2. sampai dengan saat ini dia belum bisa duduk dan merangkak padahal dia termasuk bayi yang sangat aktif sekali karena tidak bisa diam dan selalu berguling-guling, apakah dia termasuk terlambat didalam pergerakannya?
    3. makanan apa saja yang harus diberikan untuk menaikkan berat badannya karena dia lahir 3.75 dan panjang 51cm menurut dokter dia cukup besar pada saat lahir?
    4. thx atas bantuannya ya bu

  9. anak saya umur 1 th dengan berat 6,8 kg waktu lahir beratnya 2,2 kg.Belumpernah dipriksakan ke dokter
    kepandaiannya normal skrg mulai bisa merambat yg ingin saya tanyakan
    1.apakah berat badan anak saya normal
    2.makanan apa yg bisa unt meningkatkan berat badan

  10. anak saya waktu baru lahir BB 2,8 dan panjang nya 48 sekarang 4 bulan bb hanya 5,9 sering sekali batuk dan ingin muntah kaya enek2 gitu minta infonya dong anak saya kenapa yah, saya sudah ke dokter beliau mengatakan tidak apa2 nanti umur 6 bulan akan hilang dengan sendirinya, tapi saya masih khawatir tolong jawabannya……..thx

    • Salam kenal Pak Zahroni,
      Terlebih dahulu kenalkan dahulu,nama sy Novi,saya baru saja membaca surat bapak ini sekarang. Saya juga mempunyai masalah yang sama dengan bapak,anak saya sekarang sudah 2bulan lebih,lahir cukup bln dg berat 2,65kg, kalau minum susu ujung2ny kadang2 terasa enek dan mau muntah,detak jantungny cepat,sering kena demam,apalagi batuk dan mencret,,badanny juga lemah,berat badan susah naik.
      Gimana keadaan anak bapak sekarang?
      Saya harap bapak dapat sharing masalah sikecil dg saya.Terima kasih.

  11. Anak saya 8 bulan, ketika lahir, beratnya 3.01 kg dan terakhir beratnya hanya 6.8 kg, sama dengan 3 minggu lalu ketika dia imunisasi. memang 3 minggu ini dia sedang sakit batuk, pilek dan panas. Apakah berat badan anak saya kurang? sebagai informasi, anak saya tidak mengalami msalah makan, pagi makan biskuit/bubur susu, siang makan tim saring, agak sore minum jus buah, sore tim saring lagi, kadang malam dia makan biskuit/bubur susu lagi. mungkin karena makannya banyak, minum susunya jelek banget, kalau siang paling cuma menghabiskan 60ml x 2. kalau malam bisa 90 – 100ml x 3. gimana yah supaya minum susunya banyak?

  12. Anak saya umurnya 8 bulan, ketika lahir beratnya 3,2 kg, sekarang beratnya 7 kg, dia sangat sulit makan dan minum susunya sangat sedikit kadang-kadang tidak mau minum susu. gimana ya supaya mau makan dan minum yang banyak ?

    • Mbak Dewi, anak saya 8 bulan juga cuma 7.3 beratnya. Sama susah minum susunya, tapi dia memang aktif sekali, sekarang sedang mau belajar duduk. Saya juga bingung harus gimana, tapi menurut dokter-nya memang kenaikan berat pada dia tidak akan maksimal.

      • mbak Kharolina, gimana sekarang anaknya udah bisa apa? cz saya cemas2 juga lihat pkembangan anak saya, sekarang 7 bulan belum bisa duduk sendiri… dan juga anak saya jg jauh dari kesan bayi montok..

  13. Anak saya sudah 5 bl hanya 5,9kg dan 3 mg sebelumnya ke dokter utk imunisasi 5,8 kg jadi hanya tambah 100gr dlm 3mg, padahal BB lahir 3,650kg. Sampai saat ini masih ASI tapi agak malas minum karena ditinggal kerja, ASI diperas dan diminumkan dr botol. Bagaimana meningkatkan berat badan, apakah ASI saya kurang? Mhn saran. Tks.

    • sama dengan saya…
      alhamdulillah sbenarnya.. anak saya cenderung berat… cuma sejak pindah kota 2 bln terakhir ini kenaikan berat badannya sangat minim. dulu waktu di rumah lama beratnya dalam sebulan selalu naik 1kg lebih bahkan tembus 1,75kg per bulan…
      sekarang umur 4.5 bulan.
      3minggu kemaren beratnya 8150.. lha koq skrg cuma 8300.
      berat lahir 3750… saya mulai khawatir…
      sering muntah.. dan skrg kurang suka minum susunya. (saya masih pakai asi ekslusive). 😦
      apa ada exprnc yg lain untuk solusi??

      • Kasih aja asi yang banyakkk… minum booster asi sepertj jagung rehus, susu kedelai, optimis, pikiran tenang. Kalau bayi asi tidak perlu khawatir. Kecuali kalau bayi sufor kok kurus, perlu dikhawaratirkan

  14. anak saya 6 bl. BB 4,7 BB 59. waktu lahir BB 2.3 sering berkeringat dan sering muntah apabila mkn dan mnm terlalu byk. kata Dr lambung dia kecil. tapi dia bayiyg aktif. tapi saya khawatir krn perkembangan BB nya dibawh normal. mohon solusinya.

  15. Anak saya usia 6 bln 3 hari. Waktu lahir BBnya 39,40 kg panjang 51 cm. Selama 5 bln pertama saya beri hanya ASI saja, namun krn BBnya hanya naik sekitar 300-400 gr tiap blnnya dan bahkan pernah turun, maka pada bln kelima saya campur dg susu formula dan bubur instan. Tapi meski sudah begitu pertambahan BBnya tetap tidak banyak. Pas 6 bln kmrn dia ditimbang dan BBnya hanya 6,250 kg. Meski begitu, anak saya sangat aktif dan perkembangan aktivitasnya saya amati sudah sesuai dengan buku kesehatan yg diberikan oleh rumah sakit saat dia lahir. Sudah 3 hari ini dia mulai makan bubur saring (tepung beras + kaldu ayam, bayam, wortel, labu) yg saya masak sendiri. Bagaimana ya spy tiap bulannya peningkatan BB anak saya cukup banyak?

  16. Anak saya 7 bulan, BB nya 7,5kg.BB lahir 2.8kg.masih normalkah atau kurang?boleh minta saran cara pemberian dan jadwal makan untuk bayi?
    trimakasih

  17. anak saya umur 7 bulan 13 hari berat 7,3 kg. kata dokter beratnya kurang 1,5 kg. Dia sekarang lagi batuk2 terus, kadang lagi tidur jadi kebangun karena batuknya berdahak dan sering, kadang juga disertai muntah. udah ke dokter katanya ada infeksi paru dan dikasih obat panas, batuk juga antibiotik. Apakah anak saya bisa kembali sehat seperti sedia kala? apa yg mesti saya lakukan?

  18. Mohon jawabannya atas konsultasi saya ya!!!

  19. O, iya kalau kirim jawabannya ke albachtimi@albachtimi.com ya. Thanks 😀

  20. Anak saya sekarang sudah delapan bulan tapi berat badannya 6.5kg.sewaktu lahir beratnya hanya 1.95 apakah bayi kami termasuk kurus Dok?

  21. Anak saya kembar lahir pada usia kandungan 32 mgg dg spesifikasi Anak I (W=2100gr, L=44cm) dan Anak II (W=1650, L=43cm) sekarang umur 3,3 bln Anak I (W=4400gr, L=58cm) dan Anak II (W=3600gr, L=58cm), normalkah perkembangan anak saya dok? terima kasih

  22. slamat pagi dok.. saya seorang ibu dengan satu putri.. anak saya sewaktu lahir beratnya 2500, panjangnya 47.. skarang anak saya tgl 18 des besok berusia 8 bulan kemarin anak saya sakit batuk dan timbang berat badan nya skarang 7,2.. apa itu termasuk normal dok..? mohon jawabannya dok.. trimakasih atas jawabannya.. tolong jawabannya di kirim di risma1983@yahoo.com..

  23. Tolong tanya Dok, anak saya 9 bulan. Berat lahir 3.2 kg dan PB 49 cm. Saat ini BB 7 kg dan PB 70cm.
    Kurus,aktif sekali. Seminggu ini sembelit, BAB 2 hari sekali. itupun dibantu Pencahar dari dubur. Sudah makan tim saring Beras,Wortel,Ayam, kadang hati ayam dan udang, 1x sehari. Bubur susu 2x. Buah juga rutin alpikat, pepaya, pisang (hijau lumut).Sudah tidak minum ASI. Apa termasuk normal dan bagaimana cara atasi sembelitnya? Kepala sering panas meski pake kipas angin, apa wajar? Mohon jawabannya Dok. terimakasih

  24. anak saya umur 19 bulan,berat badannya hanya 9,4 kg.makannya susah sekali.berbagi menu sudah saya coba,tetapi hasilnya belum maksimal.setiap hari hanya minum susu sekitar 2-3 botol ukuran 120 cc.sekarang sudah selesai menjalani pengobatan flek nya selama 6 bulan.apakah setelah sembuh dari FLEK nya,nafsu makannya bisa meningkat?. gimana caranya agar berat badan anak saya bisa tumbuh normal sesuai usianya?

  25. anak saya umurnya baru 4 bulan dan beratnya hanya 6,1Kg padahal dulu baru lahir beratnya 3,7 kg, saya takutnya dia kekurangan gisi karena dia tidak mau minum asi dari sejak lahir makanya saya beri susu formula. dari baru lahir dia minum susu bendera tahap 1 trus setelah 2 bulan saya ganti menjadi susu bebelac.trus kalo dia mau minum susu itu susah sekali harus saat dia mau tidur saja. minta solusi dong, gmn caranya biar dia mau minum susu trus apa ada vitamin buat bayi umur 4 bulan agar dia tidak kekurangan gisi ya? please tolongin aku

  26. Anak saya Dika umurnya dah 8 bulan..tapi BB nya cuman 6.7 Kg. Normal gak sih Bu?…apa termasuk gizi buruk? Dika baru dikasih Asi dan bubur instan pemula,karena kalo dikasih bubur yang lanjutan dan tumbuh..malah muntah. saya kasih jadwal makan 3 kali sehari. kalo Asi semaunya dia, rata2 2 jam sekali. msh salah kah metoda penjadwalan makannya?.
    Saya juga minta Jadwal ngasih makannya ya…termasuk ukurannya..makasih.

  27. anak saya 6bln 3mg.berat bdnnya 6,5kg normal gak?wkt lahir Bb 2400Gram pjng 47cm. Waktu usia 4,5 blm hb darahnya rendah cuma 9.tp bayi saya termasuk lincah. Skr susah makannya kalaupun makan hrs encer.gmn ya solusinya.

  28. dok mohon dibantu saran,
    anak saya umur13 bln, bb:8,5 kg. waktu lahir bb:3 kg.
    apa termasuk gizi buruk ? anak saya makan nasi tim dari catering khusus bayi 2x, @50kkal itu aja makannya susah betul, sekali makan bisa 1jam. minumnya asi, susu formulanya susah sekali diminumnya, cara minumnya pake pipet. botol susunya sudah ga mau lagi (duulu sebelum 1th masih mau minum sufor di botol sehari bisa 2x120cc). sekarang susah sekali , minum cuma 120cc sehari.bagaimana nih dok.gmana ya solusinya

  29. Halo Dok
    Anak saya 6,5 bulan berat 6,2 kg. Padahal berat lahir 3,7kg
    Makan 3x kali sehari dan minum susu 5x 120to 150 ml
    apakah normal ga dok…

  30. dokter yang baik hati…..

    anak aku(laki2,9 bulan)susaaahh sekali makan nya….bb lahir 3250 gr dgn pb 50.5 cm…sekarang bb hampir 9 kg dan pb 71 cm,lingkar kepala 46 cm..normal gak ya dok?apa dia bosan dgn tim yg diblender ya dok?mengingat giginya sudah 6..
    dia juga asi ekslusif..sampai skrg masih asi…tanpa tambahan sufor..apa karena produksi asi saya yg berkurang ya dok?mohon sarannya dok…
    terima kasih

  31. Buat ibu yang bekerja perlu baca ini

    Menangkap basah baby sitter

  32. anak saya berumur 11 bulan makannya bubur tim instan tiap hari BB nya sekarang 7,5 apakah kurang beratnya ya?trus yang harus saya lakukan apa?biar BB nya naik….syukron

  33. dok, anak perempuan saya berumur 1 th 3 minggu. BBnya 7.6 kg, TB +/- 75,8 cm, LK 46 cm (tepat 1th kmrn).Bbrp hari ini dia mogok makan. Sblmnya dia selalu makan dengan porsi sedikit tapi sering.Buah (sering diberikan), nasi +laukpauk (2 kali/hari) dan selain ASI (frekuensinya masih sering) saya sudah mulai memberikan susu UHT/Pasteurisasi karena menurut dsanya dia ada bakat alergi (bruntus / merah2 di kulit). Apakah perkembangan bayi saya masih normal ? biar BBnya naik bgmn ? bgmn pola makan yg benar & agar tidak mogok mkn? apa normal cara menguyah mknan sebentar lalu ditelan ? Mohon sarannya dok…. Terima kasih banyak

  34. Dok, anak sy hampir 2th tp BB hanya 9kg TB 80 LK 46. Sdh berobat ke SDA bg pencernaan (gastro…) sdh berobat 1 bln tp blm ada perubahan. Anak sy diberi obat raniditine, zink, dan puyer yg isinya vit. Aman kah mengkonsumsi obat sedemikian byk secara terus menerus. Bgm mengatasi anak yg susah makan dan susah minim susu. Mohon sarannya Dok. Terima kasih byk.

  35. @trie:untuk anak usia satu tahun ke atas…mereka sudah sangat aktif. untuk itu keaktifan mereka perlu utk difasilitasi…. krnnya mrk memerlukan energi besar. hal ini juga menunjukkan bahwa mereka sehat.
    tidak ada masalah, variasi makanan dan penyajiannya…apakah diluar rumah…dihalaman…atau bermain bersama kawan2nya lainnya
    @intan: bagaimanapun juga obat2an pabrik sangat tidak dianjurkan utk dikonsumsi dalam waktu yang lama. cobalah untuk ke diberikan extract/dicampur dlm makanan/kue….daun pepaya &/tomat
    semoga bermanfaat…

  36. dok saya mau tanya, anak saya perempuan skr umur 9 bln kurang 3 hari. wkt lahir bb-nya 3,150 kg, pjg 52 cm. sampai skr kok beratnya cuma 7,1 kg. apakah itu termasuk masih normal atau kurang? minum susunya susah bgt. sehari +/- 740ml, makan sehari 3x. apakah masih normal ato kurang ya dok? terima kasih sebelumnya.

  37. Anak saya 5,5 bulan BB 5,5kg. Pada watu 4 bulan sakit infeksi bakteri sampe sebulan lebih baru sehat. Awal sblm sakit BB 5,8kg,setelah sakit jd 5,1kg. Apakah masih normal? BB lahir 2,9kg.

  38. baby saya umur 10 bulan.

  39. bayi saya umur 10 bulan sangat aktif, sudah pandai duduk kalau ditolong tapi belum pandai duduk dengan sendiri. mohon diberi penjelasan. adakah dia normal

  40. Saat ini anak saya berumur 11 bulan,berat badannya 8,2 kg dan tinggi badan kira2 78cm.waktu lahir berat badan 2.7kg.sudah bisa merangkak dan sdg belajar berjalan.anak saya aktif.makan dan buah tdk ada masalah,dan segala jenis makanan mau dia mkn.minum susu jg lancar.berat bdn bertambah tetapi hnya sedikit.jam tdr siang nya jg sedikit.bagaimana ya supaya berat badan anak saya bertambah?

  41. Dok.saya mo menanyakan anak saya gadiz usia 7 bulan 8 hr.BB 7KG Panjang 71 cm.apakah normal?dan sudah merangkak gerak aktif.mkn n mum su2 formula sehari 10botol(120cc).tetapi knp gadiz tdk gendut y dok?terima kasih

  42. dok, anak saya usia 15 bulan bb 8.5 kg TB 80 cm, lahir 2,8 kg minum susu pedia sure sehari +-500 ml, makan 3x sehari, buah 1x, tidur cukup .makan menurut saya cukup banyak, walaupun susa mkn tapi tetap habis porsinya krn saya suka ajak main. sejak usia 0-4 bln sdh 6,4 kg, usia 4 bln dan 7 bln pernah diare, usia 13 bln batuk pilek serta deman. Sejak diare kenaikan BB agak lama, anaknya aktip, 13 bln sudah jalan lancar. terkadang banyak dahak tapi tidak batuk. yang saya igin tanyakan normalkah BB nya, apa perlu saya test TB atau langkah apa yg saya ambil untuk meningkatkan BB?

  43. sedih bgt deh…anakku lahir 2.9kg…asi exclusive 6 bulan,setelah mulai makan,6 sendok kcl bisa1 jam, susu 60ml 45menit krn ga mau dot, jd harus disendokin.
    kl dah masuk sih ditelen….cuma buka mulutbya susah bgt. biarpun pipinya dipencet atau hidungnya…
    dah ke ahli gizi, sp.anak,profesor, akhirnya stress sendiri, krn tiap dokter pendapat dan anjurannya beda..kasian juga liat si kecil ganti2 vitamin dan obat…sampe urut. yang terakhir urut bagian syarafnya.
    yang ini seh lumayan ada perubahan, dah mulai mau makan walau ga banyak. tapi ini setelah usia dia 14 bulan… tapi karena dia sudah lari2 tetep aja naiknya ga banyak…
    sekarang umurnya 23 bulan, berat 8,2kilo… apa ga sedih dengernya. aku sudah berhenti kerja sejak melahirkan dan urus sendiri lo…
    gmn sollusinya ya? please… sekedar info, anaknya aktif, pinter dan jarang sakit. umur 14 bln dah bs hitung 1-10, sekarang dah mengenal warna, tau semua binatang, mengenal benda2, ngomong lancar, gigi lengkap. bisa do re mi sampai do tinggi,dll

    • maaf ibu kana sekarang adek umur berapa? saya juga mengalami hal yang sama anak saya 22 buln beratnya 8 kg lahir tahun 2013..

  44. soalnya saya dengar, kl berat badan kurang berakibat ke perkembanga otak si kecil.. apakah sulit maka itu menurun dari saya, atau karena asi exc? beberapa dokter akhirnya cuma bilang fanatik asi
    mohon infonya dokter..please..

  45. maaf dok, salah ketik…
    anak saya 21 bln berat 8.2kilo…please masukannya…

  46. anak saya qiara skrg usianya 10 bln tapi brtnya cuma 6,8 kg sejak dari usia 9 bln BB nya gk naik, saat lahir BB nya 3 Kg… sedih banget liat anak-anak yg lain pd gemuk dan lincah… qiara emang agk susah susunya sedangkan klo siang sy hrs bekerja, sehari dy hanya menghabiskan 2 btl @ +-90 ml susunya aku kasih Chil Mil, mkn 3 kali sehari tp porsinya gk terlalu banyak, qiara sdh aku buatkan makan sendiri jadi udah gk mkn bubur isntan lagi.
    untuk vitamin qiara aku kasih apialys kebetulan dpt resep dr DSA tp gk sptnya gk berpengaruh banyak, memang qiara saat ini sdg bermasalah dg tdr mlm nya, sering banget terbangun trus nangis jadi bkn dy gk nyenyak tdr malam…
    tolong dong ksh saran gmn caranya supaya qiara bs naik BB nya, biar dia jadi lincah dan cpt jalan, …

    • coba ke klinik tumbuh kembang bunda agar mendapatkan terapi, anakq raisa berat badan lahir 1,3kg panjang 46cm, skg 10 bulan 7,5 kg panjang 70cm..karena minumnya banyak

  47. anak saya,Caesar(2,5bl) BBL:3,3KG TBL:49 sekarang berat cuma 4kg dan panjang 60cm.ASI exclusif.Saya disarankan menambah sufor tp saya masih kekeh ASI exclusif.tp koq BB Caesar relatif gak nambah ya?mohon sarannya..thanx..

  48. tolong masukannya dan saran Dok,email saya di dee.dermawan@gmail.com yaa..makasih banyak.O ya anak saya aktivitas normal cendering aktif,sudah tengkurap usia 2 bl kemaren…

  49. Dokter,saya mau konsultasi..anak saya umurnya 9 bulan,berat badan 8,4kg,apakah masih normal?makannya susah sekali,maunya hanya bubur instan yg sangat encer,itupun tidak byk krn setiap saya kasi bubur yg agak kasar mesti semua isi perutnya keluar.saya sampai stres,sampai skrgpun dia juga blm bisa merangkak,duduk juga harus dibantu.mohon saran dari dokter..

  50. Anak saya Akhdan (11 bulan) berat badanya cuma 8.3 kg tiap bulan cuma naok 3 ons. makanya susah sama minum susu jg susah sebulan cuma habis 1200 gram sejak umur bln dah minumnya dah dibantu ma susu formula jd ga asi full. karena saya harus masuk kerja lagi.dari usia 0 bulan sampe 6 bulan berat badanya msaih normal tapi sejak usia 6 bulan pernah sakit dirawat si rumah sakit karena penyakit ISPA. dan pernah Diare seminggu jadi berat badannya turun drastis.di usia 11 bulan baru tumbuh gigi satu.totong dok saranya saya harus dimana supaya anak saya bisa makan banyak….

  51. dok..mungkin pertanyaan saya sama seperti postingan di atas, anak saya lahir dengan BB 2.7kg dan panjang 47 cm..berat badan anak saya sekarang hanya 8.5kg..minum susu normal dan banyak..lincah bergerak gak mau diem, kemarin sempat ada batuk tapi sudah sembuh dikasih obat batuk, sempat ada hangat tapi sudah sembuh makannya susah kadang menghabiskan waktu sampai 1 jam lebih untuk 20 suap sendok teh..bagaimana ya dok supaya BB nya tambah??makasih dok sebelumnya, mohon di balas ya Dok ke email asterienz@gmail.com

  52. Dok,anak saya laki2 lahir dgn BB 2,9kg PB 47cm. Skrg usia 9bln BB 7,3kg PB 71cm. Pertanyaan saya apakah normal bbny? Anak saya mknny agak susah, tp saya usahain trs.. Sehari 3xbubur saya masak sendiri (beras, sayuran,daging). Susunya asi. Bgmana supaya berat bdn anak saya naik Dok? Krn anak sy terlihat agak kurus. Mhn dibalas ya Dok ke email agnezzz_thoe@yahoo.co.id Thx…

  53. anak saya mateo (11 bualn). wkt usai 10 bulan BBnya 7,6 tinggi 70 LK 44. menurut bidan rumah sakit BB anak saya dibawah standart. mulai usia 6 bulan kenaikan BBnya susah bgt. jadwal makan bubur tim 3 kali sehari (+keju dan margarine), buah 2 kali dan masih makan cemilan. susu 120ml 4 kali dan msh ditambah asi. gmn dok agar BB anak saya bisa normal? bidan rmh sakitnya menyuruh saya memberi makan bubur tim 4 kali? saya stres dok klo dengerin bidan saya komentar dan suruh ini itu. mohon sarannya ya dok. terima kasih

  54. anak saya umur 11 bulan 2mggu berat nya 7.5 kg, satu bulan kebelakang ini berat nya cuma naik 2 ons, makan lumayan byk + buah + cemilan roti dan minum susu nya 2X100ml siang & 120ml malam, skrg udh mulai 1 2 langkah belajar jalan,alhamdulillah lincah,susu nya chil mill morinaga, akhir2 ini hampir tiap malam bangun & sllu menangis (dia msh ASI hanya malam saja) kenapa anak saya y dokter? dan bagaimana cara untuk menambah BB anak saya?thanks

    • sama anak saya juga 11 bulan cuma 7,5 kg beratnya ,makannya bubur saring 3 kali sehari, ditambah buah-buahan, roti, biskuit, minum susunya juga banyak, kalau malam anak saya juga nangis mungkin lapar, jadi setelah saya beri ASI sepuasnya dia lelap kembali…..dulu lahirnya 3kg dengan melalui operasi cesar…..apa benar bayi yg lahir cesar agak susah naiknya ya?

  55. Dok, anak saya lahir prematur BB nya hanya 1.2 kg, tapi sekarang udh 7 bulan dgn BB 6 KG dan TB 69 cm, skrg Vanest anak saya sudah bisa tengkurap dan ngoceh2, tapi blm ada tanda2 untuk bisa duduk, yang saya tanyakan normalkah BB anak saya sekrang??? dan terlambatkah dgn perkembangannya??? terima kasih

  56. Dokter, anak saya 21bln beratnya 8.6kg, waktu dia baru lahir beratnya 3.4kg, jenis kelamin perempuan. Dia aktif, tapi susah sekali makan. Dia suka makanan yg gurih2 daripada makanan manis (krn dari awal saya larang makanan manis)

    Yang ingin saya tanyakan :

    Bagaimana menaikan berat badan anak saya?
    Sebelumnya uda berbagai vitamin diberikan ke anak saya, tapi belum juga ada yg bisa membuat dia nafsu makan

    Bagus tidak bisa anak saya hampir setiap pagi mengkomsumsi keju (karena dia suka)

    Terima kasih

  57. dok mau tanya anak saya berat lahir 3kg n skrg umurnya 19 bln tp BB nya 8 kg saya bingung bgt…makannya rutin 3kali dikasih madu tiap hari sama vitamin tp BB nya gak da kenaikan…msh asi n gak mau susu formula

    minta bantuannya dok…n trims bgt

  58. Malem Dok, mo konsultasi nih. Anak saya bb lahir 3.4kg, sekarang usianya 5 bulan bbnya 6.1kg, selama 4 bulan ASI eksklusif dan sudah 1 bulan ini saya beri susu formula. Apa beratnya normal Dok? karena saya pernah baca untuk bb ideal usia 5 bulan itu 6.5kg. Yang saya bingung nih Dok, sikecil sekarang minum ASInya sedikit sekali, susu formula jg sedikit dan saya perhatikan semakin hari semakin kecil badannya. Mohon sarannya Dok, gimana caranya menambah bb sikecil? dan apa saja gejala penyakit flek paru2 / TBC paru pada bayi yang harus saya perhatikan. Terima kasih tuk sarannya.

  59. dok istri saya melahirkan anak dengan panjang 45 cm dan berat 239 gram apakah bayi saya permatur dan gmn cr penangananya . Terima kasih

  60. Malam dok… Saya ingin konsultasi yg bahasannya tidak jauh dari postingan di atas.
    Anak saya 18 bulan, berat badan 9,5 kg dan panjang 83 cm. Waktu lahir memang kecil, berat badan 2,72 kg dan panjang 45 cm. Sejak usia 12 bulan, makannya menjadi agak susah dan minum susu formula pun tidak banyak. Lebih banyak asi. Saya beri minuman nutrisi, karena khawatir dengan kurangnya nutrisi yg masuk. Dan vitamin penambah nafsu makan juga sudah.
    Pertanyaan saya, bagaimana cara untuk menambah berat badannya? Seiring dengan menambah nutrisi yg masuk jg. Saya khawatir kekurangan gizi. Apalagi anak saya termasuk anak yg aktif (tidak bisa diam).
    Terima kasih

    • Maaf ini semua komentar dijawab gak sih sama dokternya?
      kalo memang dijawab saya bisa lihat dimana??
      kok smuanya cuma keluhan pembacanya tapi gak ada satupun balasan jawaban dari sang dokter ini…??
      apa saya yang salah??

      • Lagi sibuk main mata sama produsen susu kali mereka.. 🙂 Makanya yang dipersoalkan adalah soal berat badan si kecil yang kurang…

        Buntut2nya si kecil disuruh mengkonsumsi SUSU FORMULA.. Capeee dehhhhhhh!!!

  61. alhamdulillah anak pertama saya, walaupun ga gendut tp berisi, usia nya 2thn 1bln bbnya 12kg tb nya skitar 88-90cm-an. bb wkt lahir 2692gr tb 47cm. bayi kembar saya, abbad (kaka, skarang 1bln 22hari) wkt 1bulan 8hari bbnya 4,3kg, lahirnya bb 2,7kg. abbas (adenya) wkt 1bln 8 hari bbnya 4,2kg, wkt lahir 2,6kg, dan mereka asi eksklusif! saya optimis asi lbh sehat utk bayi. dan ingat ibuk-ibuk,, tdk selamanya sehat diartikan dgn gemuk yah..dan belum tentu jg gemuk itu sehat..jd jgn terlalu pengen anak qt gendut yah..yg penting sehat..kl soal makan ibu harus telaten & sabar utk menyuapi anak..insyaAllah berhasil,,

    • ASI emang bagus sekali..tp pada kenyataannya tidak semua ibu2 dgn ASI eksklusif mendapatkan BB bayi yg sesuai dgn tabel dr Direktorat Gizi Depkes. Itu yang seringkali membuat cemas ibu2 termasuk saya. Saya pada awalnya keukeuh ASI, tp setelah BB bayi saya melorot dr Berat lahir, akhirnya saya campur dgn formula. Dan saya lihat ketiga anak2 mba berat nya sudah sesuai dgn tabel berat badan dan tinggi yg dikeluarkan Depkes. jd memang tidak ada kekuatiran berat badannya kurang. Maaf klo kurang berkenan

      • BU Arum,

        Apa yang anda harapkan dari pihak, yang utk mempublikasikan susu mana yang ada bakterinya, saja enggan, apalagi sekarang disuruh meyakini tabel?!?!

        Berat badan bukanlah menjadi issue disini…. Sejauh bayi anda SEHAT, LINCAH, CERDAS, masalahnya dimana?!?

    • God Jobs Bu Nina..

      Pertahankan yaa utk selalu memberi si kecil ASI Eksklusif… Jangan mudah stress dan mudah dibujuk rayu utk memberikan Susu Formula oleh orang2 yang tidak bertanggung jawab yaa Bunda….

  62. Asslm.. Anak sya umur 8bln BB 6,7kilo BB lahir 3,4 kilo,, mknnya lahap susunya jg kuat,,, normalkah anak saya?? Skrg anak saya udh mulai merangkak. Gerakanya aktif. Gmn cara menaikaan BB anak saya?

  63. anak saya keytania umur 10 bln, tp BB nya cuma 7,8Kg, penyebanya apa ya dok.., sebaga imformasi susunya sehari 7-8 xml, makanya 2x sehari dan kadang ngemil biskuit,,

  64. Dear Mom & Dad,

    Kalian jangan terlalu sedih apalagi stress mikirin soal berat badan si kecil yaa…

    Yang menjadi main issue disini bukan semata2 soal berat badan tapi KESEHATAN SI KECIL.

    Nggapain si kecil dipaksain minum susu formula, bila ternyata ASI Bundanya banyak??

    Rumor berat badan ini sengaja dibesar2kan oleh satu dua hal oknum physician, yang bisa jadi ada main dengan produsen susu (cmiiw).

    Intinya: Sejauh anak anda SEHAT, tidak ada masalah! Dan harap diingat, ASI adalah yang paling baik! Jikalau ASI cukup, jgn mudah terbuai bujuk rayu dgn mempersoalkan issue Berat Badan, agar si kecil mengkonsumsi Susu Formula.. Itu adalah ulah orang2 yang sangat jahat!

  65. Anak saya umur 16 bulan. makannya susah sekali. minum susu juga susah. maunya hanya minum asi Ibunya. berat badannya 9,5 kg. Badannya terlihat kurus. Gimana ya caranya supaya doyan makan? padahal sudah diberi vitamin ini itu untuk menambah nafsu makan.

  66. dok anak saya arsyi usia 13 bulan berat badannya 8 kg saja,,dlu wktu lahir BB nya 3,5 kg pnjang 5,2 ,,,,dri usia 5 bulan berat badannya susah naik,,dan sering sakit sebulan sekali kadang stu bulan 2 kali,,,saya sudah kasih makn 3 kali sehari,,bubur bikinan sendiri,karena anak saya elergi makanan yg mengandung susu sapi,selingan buah pasti ada dalam satu hari,,tapi anaknya susah makn kadang sampai nangis dan melingkar2 badannya dikasih makn,,,dan dia dari lahir minum ASI,tpi dari umur 6 bulan saya selingin dengan susu formula ,,,tapi arsyi tidak mau ,,,sampai sekarang dia masih minum ASI,,, Gimana dok apakah berat badan anak saya kurang,dan apakah tidak masalah kalo si arsyi sama sekali tidak minum susu formula?dan saya khawatir dia sering sakit satu bulan itu pasti ada sakitnya,,,,,dan kalo makan sering di muntahin,,,,,sebelumnya trmksih ya dok,,balas

  67. assalamu alaikum…anak saya berumur 7 bulan,,,anak sya minum susu ASI,,,tetapai di saat umur 6 bulan,,saya ingin bantu dengan susu formula,,tetapi anak sya tidak suka…udah banyak susu formula yang saya coba minumkan,,,tetapi tetap nggak suka…bagaimanakah anak sya spaya bisa minum susu fomula???

  68. aq jg gt…anakq BBnya pas-pasan bisa dikatakan kurus..ditambah dia abis sakit..jd tambah merosot…kalo aq sih menyiasatinya agak tradisional ya..tp aq sesuaikan dengan umur anakq…dia kan 6bulan jd maemnya belum boleh terlalu padat.. aq udah coba berbagai bubur..akhirnya aq kombinasikan. Dia aq kasih ASI ditambah Sufor..Buburnya (kacang hijau, pisang ambon, dll) aq campur nasi 1 sendok ditambah sedikit air aq blender sampai lembut.. alhamdulillah anakq makannya lahap.. dan sekarang BBnya merangkak naik..
    saya bukan ahli gizi, tapi sejauh ini cara tsb berhasil untuk anak saya..
    semoga bisa membantu ya…

  69. Anak yg pertama beratnya 22kg.. Usianya baru memasuki 2 tahun 6 bulan..ini termasuk kegemukan gak yah?…

  70. Anak saya laki2 waktu lahir bbnya 3050 kg waktu anak saya umurnya 5 bln lbh 2minggu bbnya hanya 7kilo 3ons..normal gak ya??trus bagaimana cara menaikan bbnya sementara anak saya hanya asi ekslusif.

  71. Selamat siang…baby saya usia 2 bulan beratny masih 3,5 kg…pada saat lahir beratny 2,9kg dengan PB 47 cm..apakah berat bayi saya termasuk normal? bagaimana meningkatkan berat badan bayi saya? saat ini susunya S26 gold..
    tolong balasannya d kirim ke email anggijogja@yahoo.co.id

  72. anak saya ktika lahir berat badannya 2,7. tinggi badannya 47 cm. skrg sudah berusia 4 bulan. ktika bulan prtma hingga bulan ke 2 berat badan anak saya setiap bulannya naik 1 kilo dan 8 ons. jdi ktika berusia 2 bulan berat badannya 5,1. tp anehnya ktika menginjak bulan ke 3 dan ke 4 berat badan anak saya naik setiap bulannya hanya 3 ons. skarang usia 4 bln brat badannya hanya 5,6. padahal masih asi ekslusif. kenapa bisa seperti itu ya? apa penyebabnya? apa sbaiknya saya kasih makam saja?

  73. anak saya ktika lahir berat badannya 2,7. tinggi badannya 47 cm. skrg sudah berusia 4 bulan. ktika bulan prtma hingga bulan ke 2 berat badan anak saya setiap bulannya naik 1 kilo dan 8 ons. jdi ktika berusia 2 bulan berat badannya 5,1. tp anehnya ktika menginjak bulan ke 3 dan ke 4 berat badan anak saya naik setiap bulannya hanya 3 ons. skarang usia 4 bln brat badannya hanya 5,6. padahal masih asi ekslusif. kenapa bisa seperti itu ya? apa penyebabnya? apa sbaiknya saya kasih makan saja? apa solusinya agar berat badan anak saya naik banyak?

  74. anak saya ketika lahir beratnya 3.67 sekarang usia 9 bln 8.7kg. waktu umur 4 bulan sudah saya mulai berikan bubur susu. umur 4-6 bulan beratnya naik lumayan cepat karna minumnya kuat dan makannya lahap. namun setelah umur 6 bulan dan sampai sekarang (krn sering muntah ketika makan) makannya sekarang jadi susah dan pola makan dan minumnya jadi kurang. apalagi baru2 ini dia mencret selama 5 hari beratnya langsung susut setengah kilo. mau naikin berat badannya susah banget. yang mau saya tanyakan bagaimana agar si kecil tidak gampang muntah saat diberi makan (makannya sudah bubur nasi) dan susunya bisa kuat seperti dl.

  75. Salam hormat, anak saya skrg usia 9bln dgn BB 6.8 kl dan TB 69 cm, waktu lhr BB 2.8kl TB 48cm. Saya takut anak saya krg gizi, pdhl selera makanny bgs,dan ankny jg aktif. Sampai skrg minumny ASI. Ada yg nyaranin minum sufor bt naikin BB tapi anaknya ga doyan. Menurut dokter normal ga BB ank saya, apakah anak yg ASiexlusif kbnykn tdk gmk?mhon pnjlasnya, trmksh..

  76. Hai
    slam kenal.mom ankku wkt lhr 3,2.tp anaku bb’y smpt trun.
    Wkt umr 2bln bb’y 4kg.trus kmarn 3bln 4,7kg.tu nORMAL GA se ya.ga 1kg ya naek’y.

  77. slamat siang mau nanyak ni.kandungan saya sudah jalan 9 bulan tapi beratnya cuma 2,3.itu normal kah tidak dok.trus itu bisa mempengaruhi pertumbuhannya gak dok sewaktu kelak

  78. Anak deska perempuan waktu lahir bb 2, 7 kg, seminggu kemudian turun menjadi 2,3 kg karna faktor BAB awal yg keserigan, lalu sekarag usianya mendekati 3 minggu =17 hari BB nya jadi 3 kg, Normal tidak kah ? Anak saya ini alergi terhadap susu sapi, SUFOR apa yg baikna utk anak ku yang ada kandungan DHA nya tinggi minta infonya yah kawan……TQ

  79. Ass,,dok anak aq tgl 26 ,meranjak umur 9bln.tp bb’y hanya 8,3kg.wkt lahir bb’y 27 kg,tb 48cm.makan dan minum susu forml sm asih doyan gak pernah nolak.apakah normal bb’y dok?
    Dan skrg badan’y panas dah 2hr.d kaki dan tgn tumbuh bintik2 bening.apakah itu?

  80. dok, anak saya(farras laki2) lahirnya prematur berat badan waktu lahir 1,8 kg,sekarang berat badabnya udah 5,5 kg dan usia nya 7 bulan,makan 2 kali sehari dan susu nya 5 kali dengan takaran 90-120 ml.telapak kaki nya sering berkeringat.dengan ciri demikian apakah anak saya berat badan nya normal ? keringat di kakinya apakah itu biasa untuk usia anak saya?,saya sangat berhasap sekali balasannya ke email saya chaemroza@yahoo.co.id.makasih ya dok

  81. Arafat 11m2w sekarang 9,6kg 78cm.sebentar lg 1th.berat idealnya kan 10kg yah.4ons dlm 2minggu?hmm berat yah
    6m-10m,arafat saya beri makanan sehat sesuai aturan.homemade,no instant,no gulgar.alhamdulilah sampai 10m arafat lahap makannya,sampe dy kena flu singapur,tumbuh 2gigi bawah.dr saat itu mulai susaaaah makan.cuma mau buah&asi&roti.skarang malah saya nyerah.makanany sdh saya tambah gulgar.tp lumayan sesendok makan nasi+lauk+sayur.sekali makan.kadang2 sama sekali ga makan nasi.sedih,ngeliat badannya tdnya sekel,berat,sekarang ringan lembek
    ada ga yah trik hypno parenting biar anak mau makan???

  82. Asalam mualaikum,
    anak saya Abraham Hafiz umurnya sudah 6 bulan 12 hari, tapi berat badannya anakq cuma 6,7 kg, anakq ini tidak mau dikasih sufor apa berat badan anak saya ini masih normal?
    tapi pas umur 6 bulan pas kemarin sudah saya kasih mpasi bermacam macam mpasi, susububur,tim saring, sari buah?
    anakq juga sudah bisa tengkurap dan berguling2 dengan lincah tapi saat di berdirikan kakinya tidak mau tegap gt?

    mohon pencerahannya dan balasannya, masih new mom nich masih 22 thn umur saya jadi belum bayak ilmu tentang bayi?

  83. hai,,
    Bu anak pertama saya namanya viona,, berat badannya susah banget naik,, sekarang aja uda 8 bulan baru 5,7kg,, saya jadi takut.. padahal anak saya suka makan, saya beri bubur+wortel+bayam+hati ayam.. sudah saya bawa kedokter katanya ga pa2 alnya anak saya aktif sekali… sekedar info anak saya baru lahir cuma 2,2kg,, tpi uda mau tengkurap wktu mau dimandiin sama susternya,, makanya mereka bilang anak saya kecil2 cabe rawit..
    minta saran bu,,
    makasii…

    • berfikir positif aja bunda..anak saya raisa BBL 1.3kg TBL 46 cm lahir prematur skg usia 9 bulan BB 6.7kg dan dah mulai belajar du2k.jadi menurut saya sepanjang anak tidak sering sakit dan lincah berarti dia sehat, masalah BB kita harus optimis agar anak semakin meningkat BB nya

  84. ayu wulandari
    hai…. bu anak saya wktu lahrna melalui oprsi caesar bratnya 2,8gram dia lhr 8blan lbh 2mggu skrag usianya jalan 5blan kni bratnya 4,5gram apa itu normal?gmana ya supya cpat naik brat bdanya trus apa dia trnasuk bayi prematur?

  85. ibuk2 disni pada cemas dgberat badan putra putrinya.. sama spt yg sy rasakan. krna susah makan dan tdk mau sufor sdgkn produksi asi jg sdh mnurun..
    sdh jg kalo pd blg kecil..

    • Iya positif thinking saja, memang kita ingin yang terbaik untuk putra putri kita, asalkan putra kita sehat insyaallah tidak apa-apa, karena gemuk juga kadang tidak begitu baik untuk bayi

  86. anak saya susah makan dan juga minum susu formula juga tidak mau
    umur 13 bulan berat badan 6 kg, solusinya apa ya biar mau makan

  87. Mau tanya,anak sya waktu lahir berat badannya 4kg,dg pnjang 52cm dan skarang sudah 2bln dg berat badan 5kg 7ons,berapa panjang anak sya kra2?

  88. Dok anak perempuan saya usia 4 bulan itu berat badan ny 5,5kg. apakh berat itu ideal untuk anak saya.? perlu diketahui berat lahir anak saya 3,1kg dan sekarang anak saya sudah tidak minum ASI., karena saya tinggal bekerja. trs solusi ny agar berat badan anak saya normal bagaimana.?

  89. Dok saya mau tanya anak saya laki2 lahir 2700 dia lahir normal tp dia skt sampai haruz d oksigen sampai 22hari nak sekarang dah 5bln berat badan cm 3.500 vitamin apa yg harus saya berikan biar anak saya cpt gemuk mks seblum nya

  90. kalo bayi bagusnya hrus dikasih asi biar sehat

  91. Mau Tanya anak sy perempuan bb lahir : 2,56 skrg sdh 10 bln beratnya 6,8kg sdh minum sufor sejak 6bulan utk menambah berat bdn bayi mereknya neosure rekomendasi dsa, tapi tetap saja bb Nya masih kurang. Bgmn solusinya yah.. Thx

  92. Assalamualaikum dok,sya habis melahirkan sesar, sudah 4hr ini, BB bayi sya 3,4kg tp stelah berumur 3hr BBnya turun 2kg. Jd BB bayi sya saat ini 3,2kg dan usianya 4hr. Trus di setiap habis nyusu anak sya slalu BAB aja,warna tinjanya hitam tp ga mencret.itu knapa ya dok? Normal ga dengan BB dan kbiasaan anak sya yg d tiap kali nyusu slalu BAB.
    Mkasih dok ats jawabanya.

    • Bayinya kuning bu? Krn kalo 4 hari masih hitam tinjanya kemungkinan kuning/ hyper-bilirubin. Mungkin menyusunya kurang optimal. Itu jg yg nyebabin BB nya turun.

  93. semoga bayi di indonesia sehat semua

  94. bayi sehat maka keluarga akan bahagia maka akan terjadi konspirasi kemakmuran dan uuga kudeta dihati eaa…

  95. banyak yang msh salah ngerti ,, gemuk itu lucu n sehat…?

  96. kalo bayi sering masuk angin kenapa tuh ya?

  97. Kalo anak sy nih gemesin , dr bayi sampe umur 13m minum nutrilon royal dan makan ny dahsyat trus sy ganti dancow dan yg terjadi makan agak berkurang dan bb ny lama naik –“

  98. ass…
    ank.q nmanya adiba skrg umur 7 bln..brt bdn cma 5,6kg.
    kta dokter brt bdan rndh.
    mmng mengganggu prkmbngannya,mnjdi lmbat.akhrnya dkter mnyarankn sya untk mnambah kan sufor..nmanya NEOSURE.dan memberi resep penmbh nafsu mkn.mmg hrganya lbh mhal dri susu biasa.370gr hrga sktar 130ribu..tpi alhmdulillah blm ada 2 minggu brat bdannya jadi 6,3 dan mkannya lahap..smoga ank kita sht sll ya bunda…TERUS BERJUANG……

  99. saya mau tnya nih , ank sya cowo lahir pda bln 2 tgl 26 2014 , ank sya lahir blm waktu higa bb waktu lhir cm 2kg ajh , skyang usia ank sya sudh 3bln, bb ny naik jd 4.5kg , tp smpe skrng ank sya blm bisa mlihat, ap kh pngruh dri kurang bln yah tolng ksih saya solusi ny ap ?

  100. […] Berat badan bayi kurang | kumpulan artikel tentang bayi […]

  101. mau tanya anak saya usia 11bln berat badannya susah naik, masalah tingkah laku ahlam lincah tidak mau diam tidur saja ahlam bisa diam, makan dan susu normal tp berat badan susah sekali naik, tinggi badan bertambah apakah ada masalah dgn pertumbuhannya?

  102. […] Berat Badan Bayi Kurang | kumpulan artikel tentang bayi, … – anak saya pada umur 2 hari kelahiran telah dinyatakan ada masalah di jantung yaitu ASD dan PDA. Kemudian pada umur 17 hari anak saya di operasi ligasi PDA, saat ini pertumbuhan memang agak lambat padahal minum susu nya juga kencang banget. BB lahir …… […]

  103. […] Berat Badan Bayi Kurang | kumpulan artikel tentang bayi, … – anak saya pada umur 2 hari kelahiran telah dinyatakan ada masalah di jantung yaitu ASD dan PDA. Kemudian pada umur 17 hari anak saya di operasi ligasi PDA, saat ini pertumbuhan memang agak lambat padahal minum susu nya juga kencang banget. BB lahir …… […]

  104. dok saya mau tanya , anak saya kan jalan 9bulan tepat nya 2hari lagi, nah pas bulan kemarin pas ditimbang berat nya 6.9kg ,, normal kah?? makanan apa ya biar dd cpt gemuk, skrg aku kash sufor tapi dia kaya yang ga doyan gtu. minta solusinya dok. mkshh

  105. Ayu

    Dok. Saya mau konsultasi, anak saya lahir belum cukup bulan lahir 31 minggu dengan berat badan 1400gram, dan sampai saat ini belum bisa diimunisasi dikarenakan BBnya belum cukup(3kg).
    Pada bulan pertama cuma naik 400gram
    Cuma minum ASI, bulan ke-2 ini b3lum ditimbang.Minum nya si kuat hampir 1 jam sekali. Saya bingung apa gak masalah udah masuk bln ke 2 belum imunisasi? Terima kasih

  106. selamat siang salam kenal ya semuanya.. 🙂

  107. Saya punya anak perempuan pas lahir BB ya 2,7 PB ya 4,7 .tapi skrang usia ya 9 bulan BB ya 6,4 PB 7,4 .berat ya ga ideal ga kaya bayi2 lain anak saya terbilang kurus ,dia makan ya susah dok, gimana ya dok cara mengatasi BB ya yg kurang ideal dan nafsu makan ya

  108. Selamat pagi….
    Ikut nimbrung ya moms…bayi ku usia 4 bln 24 hari…kenaikan BB nya pas awal awal bagus..bisa 200gram dlm seminggu…tp pas nginjak usia nya 3 mau 4 bulan…naik nya ko cm 1 ons dlm sebulan…..normal gx ya?! Skrg bayi ku tampak langsing bgt…perut nya gx gede….asal nya gede montok…bayi ku ASI….jrang pup jg….apa mungkin asi nya kurang….

  109. Umur anak saya 4 bulan 18 hari apakah normal berat badannya 7.2 kg? Terimakasih

  110. Anak saya lahir normal bb 3,1kg. Tp skrg umur 5bln bb nya cma 5,2kg. Pda umur 3-4bln berat bdanya ga brtmbah cma 4kg. Apa yah solusinya? Apa anak saya bisa tumbuh normal. Sya takut anak sya stunting.

Tinggalkan komentar