Tips Mengoptimalkan Perkembangan Gerak/Motorik Bayi 4-6 Bulan

Diambil dari booklet bonus ayahbunda

Usia 4-6 bulan

Setelah gerak reflek menghilang dan gerak motorik mulai muncul, maka
aktivitas si kecil makin bermacam-macam. Pada usia 4 bulan, misalnya, si
kecil sudah dapat tengkurap dan terlentang, menumpu badan pada kaki,
serta dada terangkat menumpu pada lengan.

Di bulan ke-5 usianya, gerakan beyi semakin bervariasi. Otot leher dan
otot tangan bayi, misalnya, semakin baca lebih lanjut

About these ads

75 Tanggapan

  1. Saya sekarang sudah mempunyai anak laki-laki berumur jalan 4 bulan. Ini merupakan anak pertama kami saya dan istri.

    Mudah2an dengan adanya blog “bayikita” ini bisa menambah pengetahuan tentang pertumbuhan anak, khususnya bagi keluarga yang baru memiliki anak.

    Terima kasih atas infonya……

  2. Anak saya umurnya 5 bulan, sudah bisa tengkurap cuma kadang-kadang dia nggak bisa untuk mengotrol tangannya yang masih berada dibawah badannya ketika dia tengkurap..jadi saya selalu membantu tangannya…
    sejak umur 3 bulan setiap malam dia maunya tidurnya tengkurap,sebenarnya itu bagus atau tidak ya, karena saya lihat dia begitu nyenyak kalau tidur tengkurap

    • bunda sebaiknya jgn dibiasakan,setahu saya dgn tdr tengkurap akan membuat baby susah bernafas krn tertindih.sebaiknya saat baby sudah terlelap,balik posisi baby menjadi terlentang.

      • aq pernah baca klo tidur tengkurap it lbh baguz melatih paru2 n agar tidak tersendak.

    • anakku umurnya 4 bulan 17 hari, tidurnya pun sering tengkurap. tp kl dah pules aku terlentangkan dia, tp terkadang dia bisa terlentang sendiri.

  3. Usia anak saya 5,5 bulan. Aktifitas kakinya sudah sangat aktif, bahkan ia sudah bisa sedikit merangkak. Awalnya saya khawatir dengan kegiatan fisiknya itu. Tapi setelah saya baca bayikita, perasaan itu berubah menjadi bangga karena saya tahun pertumbuhannya memang sudah sesuai dengan usianya. Thank’s buat blog bayikita…Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi ibu-ibu yang lain

  4. Alhamdulillah..informasinya sangat bagus. Sekarang putri saya berumur 3 bln, sedang belajar tengkurap.
    “sejak umur 3 bulan setiap malam dia maunya tidurnya tengkurap,sebenarnya itu bagus atau tidak ya, karena saya lihat dia begitu nyenyak kalau tidur tengkurap”
    …justru tidur tengkurap baik untuk bayi agar tidurnya semakin pulas, dengan posisi seperti sujud dalam shalat. Atau dihadapkan ke sebelah kanan. Tapi hati-hati, posisi bayi tidur tengkurap harus selalu diawasi…

  5. anak saya berumur 4 bulan tapi kok kepalanya belum kuat, bagaimana ya cara melatihnya

  6. tanggal 11 september besok anak saya umurnya udah 4 bulan. senang banget hati ini, makin lama lama makin nge gemesin. kalo ditaruh maunya tengkurap, tapi kepalanya masih berat tuh. sabar kali ye….

  7. Ferrelku, 3m3w, akhir akhir ini mulai angkat kaki lalu miringin badannya then tengkurep, tapi baru sekali or dua kali aja, belum sering. Tapi bener tuh yang ditulis di artikel, sering dilatih, diletakkan dlm posisi tengkurep n sebaliknya.
    Oiya kepalanya juga udh kuat,kalo digendong mukanya menghadap depan, pasti tegak, udah jarang mau nyender di dada yang gendong.
    Hidup anak ASI.

  8. [...] Tips Mengoptimalkan Perkembangan Gerak/Motorik Bayi 4-6 Bulan Ditulis pada Nopember 12, 2007 oleh bayikita [...]

  9. anak saya sudah 5 bl blm bs tegak kepalanya kalau digendong menghadap kedepan, masih jatuh aja. Sudah sering dilatih tp blm bs jg. Beratnya jg kurang hanya 5,9kg padahal BB lahir 3,650kg. Sampai saat ini masih ASI tapi agak malas minum karena ditinggal kerja, ASI diperas dan diminumkan dr botol. Bagaimana meningkatkan berat badan dan melatih motoriknya ya? Mhn saran. Tks.

    • mama fakhry … jangan kuatir, bayi tumbuh kembangnya memang bermacam2, coba dilatih terus untuk tengkurep, bisa melatih otot leher supaya kuat, baringkan bayi pegang/genggam kedua tangan bayi seolah2 akan mengangkat bayi, sambil interaksi dengan bayi and says ‘satu dua tiga… ayo angkat badanmu nak?’ gitu bu, untuk menambah berat badan bayi… rata2 untuk bayi dengan asi ekslusif memang cenderung berbadan gempal/padat tapi tidak terlalu gemuk, tergantung pada si bayi jg, kalo minumnya kuat pasti jg gendut, yang membuat bayi gemuk kebanyakan karena diberi tambahan susu formula bu, anak saya sekarang genap usia 4 bulan, berat badan 7 kg, mulai miring dan tengkurep, namun kepala belum kuat angkat, tiap hari saya latih posisi tengkurep, dan sering saya tempatkan di tempat tidur besar dan berinteraksi supaya dia bisa miring dan tengkurep sendiri, gitu bu … semoga bermanfaat ya…

  10. mengomentari mamafakhry … saya juga bekerja.. ASI diperas dan anakku nyusunya pake botol. alhamdulillah diusianya yg 3.5 bln berat badannya sudah 6.5kg. fakhry males minum mungkin karena dotnya dia ga suka … gak seperti puting mamanya, anakku juga awalnya rewel klo nyusu pake botol … nyoba beberapa dot… akhirnya dia hanya cocok dengan satu dot (orthodontik). leher anakku jg dah kuat nyangga kepalanya klo digendong posisi wajah menghadap depan, caranya ya … dilatih terus. smg bermanfaat

  11. anakku 4 bhulan alhamdulillah sudah bisa tengkurap…gerak anggota badanya pun semakin aktif….

  12. anak saya 6 bulan bisa tengkurep sendiri tapi kok tidak bisa balik sendiri ya…apa yang saya harus lakukan lagi padahal saya selalu stimulasi terus….makasi bila ada yang jawab tolong saya ya

  13. Duch artikel ini bagus banget nambah pengetahuan kita., apalagi saya sebagai new mommy…Anakku udah bisa tengkurap dari umur 3 bulan kurang…Sekaranggg…….Arghrrrrr….Makin aktifffff

  14. mohon bantuannya, anak saya usia 4 bulan, kenapa belom bisa tidur miring ya, kalo dimiringkan sepertinya tidak mau pinginnya telentang aja, tapi kalo sesekali ditengkurapkan sepertinya dia menikmati tapi tidak bisa lama-lama. kepalanya sudah bisa diangkat tegak. terima kasih sebelumnya.

  15. Mohon bantuanya,anak saya usia 4 bulan,sejak umur 2 bulan anak saya kalo tidur malam hari selalu pilek napasnya bunyi sampai sekarang.sekarang disertai batuk2 berdahak.yang saya mau tanyakan apakah ini normal/gejala penyakit pernafasan,terimakasih sebelumnya.

  16. Alhamdulillah saat berusia 2,5 bulan, anak saya sudah bisa tengkurap sendiri dan di usia 3 bulan sudah bisa berguling!
    Apakah anak saya terlalu cepat ya?
    Btw, berat badannya kini di usia 4 bulan, diperkirakan sudah 6,5 kg. Apakah itu masih kurang ya?

  17. wahh artikel yg baguss..jadi lebih tahu masalah bayi nie. thanks

  18. anaku 3,5 mINUM asi ma susu kuat dan aktif (ga mau diem/serin gerak)tapi perkembangan berat badan lambat bulan ini cm naek 3 ons knp ya ?

  19. Anakku baru 3 bulan, sudah sangat aktif
    Apa yang mempengaruhi dia seperti itu?

  20. salam.saya dari malaysia.ingin bertanya.Bayi saya berusia 6 bln lebih tapi masih tidak boleh meniarap dengan sendiri.jika ditiarapkan,dia menangis..tetapi jika didudukkan,dia suka bangat..tapi perlu sokongan.
    terima kasih.

  21. Anakku genap 3bln tgl 7bsk. Masih belajar tengkurep nih. Oia,pertanyaan2 yg dtnya tmen2 jawabnya d sini jg ga?Kalo iya,kan bs d liat qt2 jg,yg pny problem yg sama.Jd g nanya2 lg dg ptanyaan yg sama.Gtu

    • bunda22..anakqu nafeeza usia 3m2w dah bisa tengkurep walupun harus dibantu pantatnya didorong,,n kepala nya dah tegak kalo tengkurep..tapi ko kalo digendong lehernya belum tegak banget yah,,,seseklali suka lemes…

  22. anak saya sudah umur 4bln kok blm bisa tengkurap knp ya

  23. anak ku dah 4 bulan 10 hari dari umur 4 hari tangan sama kakinya sangat aktif terus bergerak – gerak , gak pernah diam, tapi sampai sekarang dia belum bisa tengurep sendiri, tapi kalau dimiringkan badanya kadang – kadang bisa tengkurep sendiri kadang – kadang gak, padahl dilatih terus sejak umur 2.5 bulan, alhamdulilah law kepalanya dah kuat, sava berat pada saat umur 4 bulan 8.1 kg mungkin karna berat kali ya…

  24. Anak saya sudah 4,5 bulan BB 7Kg…Alhamdulillah kepala sudah tegak dan sdh bisa tengkurap sendiri. Tapi setelah tengkurap tidak bisa kembali telentang….knp y? Oya, umur berapa bulan kira2 bayi sdh bisa duduk. Trims

  25. azril anak saya 5bulan..satu minggu ini,bdnya klo malam hangat..klo siang normal..atau sebaliknya,tp dia aktif byk gerak sdh tengkurap dan memasukan tangan, kaki kedalam mulutnya.apakah anak saya mengalami infeksi?..pd saat mau pipis agak sedikit rewel..

  26. anak saya sudah menginjak usia 5 bulan, beratnya 8kg udah bisa tengkurep, dan memasukan tangan ke mulu dan kayanya gusinya udd gatel tiap kali tangan saya digigit. klo lihat gambar dia suka banget, kira2 mainan apa ya yg bagus bwt perkembangan anak saya

  27. terima kasih atas info yang diberikan.
    tapi saya mau sedikit bertanya, bayi biasa tumbuh gigi pada umur berapa ya?

  28. salam kenal semua.saya mempunyai anak baru 4 bulan.anak saya sudah bisa tengkurap sendiri tetapi tidak bisa terlentang kembali.apakah mungkin berat bandanya mempengaruhi hal tersebut.berat badan anak saya 8kg.trus bagaimana cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk?

    • ngilangin bekas gigitan nyamuk coba pakai minyak sereh yang bisa dibeli di toko obat, apotik atau warung……kemungkinan krn berat badan jga bisa bu….coba aja ibu kasih stimulasi mbalik secara pelan dan btahap…..good luck

  29. bayi saya berumur 3 bln 2 hari,sebenarnya hal apa saja yang sudah dapat dilakukan untuk bayi seumuran anak saya??saya kuatir terhadap perkembangan anak saya,takut tidak sama dgn anak seumuran dia,masalahnya anak saya belum bisa tengkurap sendiri,biasanya saya miringkan badannya baru dia bisa mulai tengkurap…Untuk seumuran bayi saya sudah boleh diberi makanan tambahan gak??trimakasih untuk waktunya y

  30. anak saya udah dilatih minum dot sampai sekarang (umur 3 bulan) masih tidak mau. Padahal ketika saya kerja minum asinya kan dibotol. sudah dicoba jenis silikon, karet, bentuk bulat, pipih, tapi masih tidak mau. Dot jenis apa ya yang kira2 bayi suka? terimakasih…

    • bu ita kemarin saya jg bingung mau masuk kerja tapi anak saya blom sama sekali di coba susu pakai dot maunya asi tapi saya harus bekerja akhirnya saran temen2 pakai dot hukky yang pipih bentuknya seperti puting , selamat mencoba ya

      • iya bu, sy juga dari awal pake dot hukky dan emang bener anak saya alhamdulillah gk ada kendala aktu minum asi ny pake dot, saran saya jg kl masih gk mau coba di sendok in aj bu, sayang kan asi ny..

  31. anak saya jg mau berumur 5 bln bsk tgl 28 besuk,tp kok jg belum bs tengkurap..sbnrnya dah bs miring,malah hampir tengkurap, tp blm bs memindahkan tangan sendiri, sebab kepalanya pun jg belum begitu kuat untuk mengangkat secara tegak..klo digendong hadap ke depan jg masih menunduk, meski kadang mo angkat tp cm sbntr..pdhl jg sering saya tengkurapkan..bantu donk cari solusinya…

  32. alhamdulillah ……anak saya Keyla umur 5 bln 3 mgg sudah bisa duduk tegak tanpa dibantu dan menjelajah, menjatuhkan mainan, ngga suka digendong …sekarang Keyla sdang belajar berdiri….anknya semangat sekali…apakah tidak ada keanehan di anak saya…?? dimanakah dgn mudah mdapatkan mainan yg menunjang belajarnya……???thks tuk infonya

  33. Waktu umur 3bln anakku sudah bs tengkurap, perkembangannya lumayan cpt lah. skr umur 6,2minggu sudah bs angkat leher, dada, menoleh, dan mulai nungging2, termasuk lambat ga’ ya perkembangan anakku ini, krn kl bc artikel2 rata2 6bln sudah belajar duduk. bagi infonya ya…….. Tq

  34. saya sudah 1bln tdk mmbri asi,gara2nya anak sy titipkn d rmh tante,tp stiap 1mgg,msh sy susui,,skrg Alh.anak dah dekat,tp asi saya kurang&anak g mw.saya ingin mengoptimalkan kmbli.apakah msh bs&bagaimn?serta apkh kualitasnya msh bgs?mhn jawabannya.thx

    • buat mama nadhif, masih kog bu lanjutkan saja, makin sering disusui asinya makin banyak, dulunya juga anak aku begitu 3 minggu gak kuberi asi karena aku sakit tapi setelah sembuh aku beri lagi walaupun bayinya menolak lama2 anak aku mau juga..tetap semangat ya bu..

  35. Saya punya bayi umur 4 bulan lebih tapi belum bisa telengkup,apa ada yg salah dgn bayi saya?

  36. anak saya usia 5 bulan tapi belum juga bisa tengkurap, apakah ada pengaruhnya terhadap perkembangan kognitifnya jika perkembangan motoriknya terhambat. mohon saran para pembaca. terimakasih

  37. sy punya bayi umurx 3 bln lebih tp kok blum tengkurap ya brt anak sy 5,6 apakah brtx normal?anak sy pke dotx jg smbil di ayung apakah itu tdk brbhaya

  38. Dear mommies, dot tidak dianjurkan untuk anak kita,karena bisa bingung puting, asi perah pakai sendok saja. Ada fase2 pada tumbuh kembang anak banyak info dari majalah baik ayahbunda, dll dan jangan melompat krn berbahaya bagi perkembangan otak si bayi. Anak saya hampir 5bulan,bb 7kg-an sudah bisa tengkurap sendiri dan berbalik sendiri tapi tidak sering, mulai belajar duduk. Yg penting kita tetap stimulasi seperlunya saja, krn over stimulasi jg membuat bayi stres, yg terutama bayi harus tetap happy dan mendapatkan banyak pelajaran, kalau sudah mengerti banyak hal kita mulai bisa mendisiplinkan dia, have enjoying time lah mom raising our children

    • tks ya bun, dah tulis artikel seputar baby. benar2 memberikan bnyk pengetahuan. apalagi buat aku yang baru menjadi ibu…anak-ku usia 4 bln, dah mirng2 tp dia kesulitan mengangkat paha saat mau tengkurap, kepala udah tegak. gimana ya bun, supaya anakku bisa tengkurap sndiri…BB anak-ku hanya 5,5 kg.normal gak ya?coz waktu lahir hanya 2,6 kg.

  39. Ankq umr 4bln 12hr BB 7,8kg.klo abs mndi dia bs tengkurap sndri wlaupn tanganx msh trtindih badanx tp klo udah pakai bju susah,pa krn q pkein pampers y jd brt pantatx?

  40. Anaqu da 5bln,alhamdulillah brtnya skrg 6kg,cz riwayat lahir prematur dg bb cm 1,2kg.kecil bgt ya.perkembangannya alhamdulillah sama ma by lhr normal,skrg da bs tengkurep n balik bdnnya msh kdg bs kdg gak…rasanya bahagia bgt liat perkembangan safira

  41. anak saya 4 bln berat 9kg.anak sy sering menggigit tangannya kadang sampai merah.tlg saya bun agar kebiasaan anak saya dapat dihentikan.sudah saya ganti dot jg mainan penggigit tp tetap saja tidak mau.kalo saya larang langsung rewelgmn ya bun

  42. anak saya umur 4,5bln,bratny baru 5,2kg,krna lahir prematur dgn brt bdn 1,9kg,tp alhmdlh wlpn bratny kurang,tp udah bisa tengkurap,dan klu dgendong dpan dah tgak kpalany,d pangku jg udah mulai sy dudukan..bagaimana ya biar bratny cepet naek,pdhl pakai sufor sm asi low

  43. ass. anak saya ‘halim’ usia nya 4 bln dengan bb 10 kg, saya asi exlusif .. seneng sich liat perkmbngan nya walau pn endut tp ttp aktif n ceria, tp halim belum bs tengkrap sndiri wlpun kl gendong di dpn kepala nya sdh angkt sendiri mulai usia 2 bln. kenapa ya ? tlg di bantu ..

  44. dewi’anakku umur y 4 bln tp blm bs tengkurap….dan pertumbuhn berat bdn y lambat pdhl susu yy kuatberat y 4’5kg itu knp y?

  45. KNPA ANK SAYA TIDAK MAU MNUM ASI PAKAI DOT.UMUR 4 BULAN

  46. ankku suka minum susu formula terus menerus dia g’seberapa suka minum asi , gpp kalo suka minum terus terussan ?
    saya minta sarannya dong……..
    skrg umur anakku 3bulan …
    makasih -

  47. anak kami usia 4 bln lebih sudah bs tengkurap sendiri tanpa bantuan, tapi kenapa ya dia suka buang air kecil, tolong informasinya donk…

  48. usia anakku udh 4bln.,tp smpe skrang dy msh blm bs tengkurap sndri y.??miring ke knan n ke kiri jg jrang..dy lbih snang tidur telentang…tp anak ku udh pinter ngoceh.,mhon sranny y..thx

  49. Saya tertarik dgn artikel ini.anak saya skrg usia 4bln

  50. anakku raihan usia 4 bln BB:8.2kg.. bsa tngkurap siy tp tngannya msih trtindih.. pa krna kberatn bdan ya,,?

  51. alhamdulillah anak saya 3 bln sudah bisa tengkurep,,,,pokoknya dah gemesiiin bgt,,,klo dah maenan ma anak saya jd lupa ma mamahnya….haaahaaaa

  52. anak ku usia 4 bulan,waktu usia 3bulan sudah bisa tengkurap sendiri 1-2kali,walaupun kepalanya belum kuat,sekarang ga mau tengkurap lagi??kira-kira apakah itu ga papa?

  53. alhamdulilah anankku 4bulan BB 7,5kg udah tengkurap dari usia 3bulan..kepalanya juga sudah kuat..dan kalau ditidurkan suka langsung bangun sendiri mau duduk..karena suka dilatih dipegang tangannya..ayooo bangun…jadi dia seperti mau bangun..trus waktu bangun langsung minta berdiri…jadi anak memang perlu dilatih…sudah bisa pegang mainan dan langsung dimasukkan ke mulut buat digigit…

  54. Saya pernah baca n denger kalo bayi tidur tengkurap itu emang membuat tdurnya jd nyenyak tp ada risiko susah bernapas n kemungkinan bayi mati mendadak..jd sbaiknya tdurnya tlentang aja..

  55. Anak kami Raka sudah berusia 4,5 bln, sudah bisa tengkurap dan telentang. Awalnya agak susah karena cukup ndut jg badannya, skr BBnya 8,5 kg, tapi sering dilatih dg tiduran tanpa bantal, pampers dilepas, Raka jadi lebih ringan n gampang miring2nya dan tengkurap + telentang. Dan tangan sudah bisa menopang badan,shg dada keatas tegak. Kalo tidur suka miring.

  56. Asalam..
    anak kami berusia 4bulan, tapi belum bisa tengkurap sendiri. kalaupun tengkurap hrus dibantu. miring sudah bisa dan sudah tertawa terbahak-bahak. BB 6,5kg. sebenarnya perkembangan sensorik dan motorik anak saya seharusnya bagaimana ya?thnks

  57. anak saya berusia 3 bulan ,sekarang terkena flu dan batuk gmn ya cara mengatasinya?

  58. Asalam mualaikum,
    anak saya Abraham Hafiz umurnya sudah 6 bulan 12 hari, tapi berat badannya anakq cuma 6,7 kg, anakq ini tidak mau dikasih sufor apa berat badan anak saya ini masih normal?
    tapi pas umur 6 bulan pas kemarin sudah saya kasih mpasi bermacam macam mpasi, susububur,tim saring, sari buah?
    anakq juga sudah bisa tengkurap dan berguling2 dengan lincah tapi saat di berdirikan kakinya tidak mau tegap gt?

    mohon pencerahannya dan balasannya, masih new mom nich masih 22 thn umur saya jadi belum bayak ilmu tentang bayi?

  59. just info aj bunda,kalo pngen tw brat bdan ideal (BBI)byi qt
    caranya (umur byi:2 + 4) cntoh ankq usia 5bln bratny 7kg.jd 5:2=2,5 + 4 = 6,5 jd BBI ny 6,5 kg gt.ankq brarti agak gndut hehe..

  60. anak saya berusia lima bulan sekarang,dia sudah bisa tengkurap tetapi kadang kepalanya suka di tundukan ke bawah,apakah tidak bahaya?

  61. hallo bunda…
    anak saya raisha tengkurap umur 3 bln lbh seminggu, sekarang dah 4,5 bln dah guling2 trus sdh mw narik jempol kaki ky mw dimasukan ke mulut gitu..lucu bgt yaa…wkt umur 4 bln BB nya 6,5 kg ASI.

  62. […] Tips mengoptimalkan perkembangan gerak/motorik bayi 4-6 […]

  63. […] Tips mengoptimalkan perkembangan gerak/motorik bayi 4-6 […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: